Resep Telur Gabus Keju

 

Resep Telur Gabus Keju Renyah

 

Telur gabus keju merupakan salah satu kue kering yang aku suka selain kue nastar. Hhhm… kalo sudah makan kue kering rasanya nggak bakal cukup kalo nggak nambah dan nambah lagi, tau-tau udah abis setengah toples hahaha.

Aku belum pernah bikin sendiri telur gabus keju ini, biasanya beli. Nah beberapa hari lalu kok pengin nyoba bikin sendiri ya. Intip resep punya mb Endang JTT kok sepertinya gampang bikinnya. Kebetulan semua bahannya aku punya. Ya udah, langsung bikin deh.

 

Ini kutuliskan resepnya.

 

Resep Telur Gabus Keju

Bahan:

250 gr tepung sagu/kanji/tapioka

2 butir telur ukuran besar

100 gram keju cheddar, parut

50 gram mentega, suhu ruang

1/4 sdt garam

minyak untuk menggoreng.

 

Bahan Telur Gabus Keju

 

Cara membuat:

  1. Masukkan telur, keju parut dan mentega ke dalam blender. Proses hingga lembut.

2. Siapkan mangkuk, masukkan tepung ke dalam mangkok. Buat lubang di tengah dan masukkan keju, telur dan mentega yang sudah diblender tadi. Aduk rata dengan spatula lalu uleni dengan jari-jari hingga adonan kalis.

3. Tuangkan minyak dingin ke dalam wajan.
Ambil sejumput adonan, pelintir sehingga berbentuk silinder dengan ujung-ujung runcing. Masukkan daalam minyak dingin dalam wajan tadi.

4. Jika sudah banyak adonan yang terendam minyak, nyalakan api kompor dan goreng adonan dengan api sedang. Adonan akan mengeras sendiri dan terpisah dari adonan lainnya jika minyak sudah panas. Jadi jangan khawatir adonan lengket satu sama lain. Balikkan kue dan goreng hingga matang. Angkat bagian pinggir dulu jika sudah matang. Tiriskan. Matikan kompor dan biarkan minyak dingin baru lanjutkan menggoreng sisanya.

 

cara membuat telur gabus kejuMelintir adonannya ini memang harus telaten

 

Ternyata emang super gampang kok bikinnya, nggak sampe 10 menit adonan siap dibentuk. Nah yang bikin lama ternyata melintir adonannya itu, adonan dibentuk silinder dengan ujung-ujung runcing. Nggak telaten melintir adonannya. Untung ada bala bantuan, si bungsu mau ikutan melintir adonan kue. Jadi bisa lebih cepat selesai.

Akhirnya adonan kue kering habis juga, meskipun bentuknya nggak sama, ada yang panjang, pendek, kecil, gendut… abaikan deh. Sekarang waktunya menggoreng. Nah menggorengnya ini juga yang bikin lama karena adonan dimasukkan harus dalam minyak yang dingin biar bentuknya bisa mulus, nggak berlubang-lubang.

 

cara membuat telur gabus kejuWajannya item ya hahaha. Aku kalo goreng2 pake wajan ini karena satu-satunya yang melengkung, yang lainnya fry pan, alasnya datar.

 

Karena nggak muat kalo semua adonan digoreng sekaligus jadi dibagi menjadi beberapa kali goreng. Gorengan pertama selesai, harus nunggu minyak dingin dulu baru bisa menggoreng lagi. Bisa sih nggak nunggu lama dengan cara memakai 2 wajan, tapi ya pemakaian minyak jadi banyak. Kalo aku sayang dengan minyaknya, jadi pakai satu wajan aja deh.

 

Telur Gabus Keju Renyah

Biarkan kuenya benar-benar dingin baru masukkan toples, tutup rapat.

 

Telur Gabus Keju Renyah

Telur gabus keju ini jadinya sekitar 400 gram nantinya, cukup banyak buat cemal-cemil sambil nonton TV

 

Tepungnya ini aku pake tepung sagu. Hasilnya renyah. Jika ingin lebih renyah lagi bisa ditambahkan satu kuning telur ke dalam adonannya.

Gampang kan bikinnya? Yuk, cobain resep telur gabus keju ini! πŸ˜€

 

Be Sociable, Share!

About Lianny

Happy mom with three nice children
This entry was posted in Resep Masakan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

26 Responses to Resep Telur Gabus Keju

  1. Noe says:

    Aku pernah nih bikin telur gabus keju waktu sok2 rajin bikin cemilan untuk mas daffa dulu. Haha

  2. Ya ampun jadi diingatkan lama nggak bikin telur gabus ini. Aku juga pakai wajan dua mbak, biar bisa gantian dan dingin minyaknya saat adonan dicemplungin abis dipilin2

  3. Enny Mamito says:

    Ternyata bikinnya gak serumit bayanganku, mbak.. AKu suka banget cemilan ini. Thaks for share yaa πŸ™‚

  4. Fanny F Nila says:

    ini cemilan favoritku :).. dulu ada temen kantor yg mamanya jualan kue, salah satunya gabus keju… dan aku slalu beli apalagi pas lebaran.. enaaak bgt.. kejunya berasa gitu mba… sayang kita udh ga sekantor :(.. dan ga tau kemana… jd udah lama ga mesen lagi… pgn bikin sendiri, tp kok ya nunggu mood ga dtg2 mba ;p hueheheheh… kalo kamu deket mah, aku lgs mesen ini πŸ˜€

  5. Catet ah resepnya, buat kue lebaran hhii. FAvorite banget soalnya ini

  6. Saya suka telur gabus tapi yang dikasih gula merah. Cuma saya lupa namanya πŸ˜€

  7. Mb lu, ciyus kmaren pas liat di ig dikau upload foto tgabus keju ini aku langsung ngiler, terus malemnya bela belain nyari di toko snack #iya aku blom bisa bikin hihih

  8. Kayanya mudah ya mba, Mau di coba ah 😍😍, makasih ya resepnya

  9. udah lama pengen nyoba bikin cemilan ini tapi nggak jadi melulu. he

  10. Yeni Sovia says:

    Wah ternyata bahannya gampang ya bun n cara masaknya ga ribet ya. Mksh bun udah mau berbagi resepnya πŸ˜ƒ

  11. aku mau buaaat aah mbaa..ini enak bangeeeet πŸ™‚

    • Lianny says:

      Iya enak Mama Bo. Kalo Bo et Obi suka keju, bisa ditambahin dikit kejunya biar tambah kerasa πŸ™‚

  12. Mbaaak mjulus banget hasul telur gabusnya? aku pernah bikiin gak sealus dan semulus ini. Aku waktu bikin, pakai 2 wajan. Jadi, gantian, minyak ini panas, pakai minyak dari wajan satunya, gantian gitu mbak, biar cepet selesainya. Aku kepingin bikin begini lagiii

  13. Dwi Puspita says:

    Sepertinya mudah sekali… bahannya mudah, cara bikinnya mudah..yg agak repot melintirnya. Save ah buat jajanan sehat anakku. Tengkyu mbak resepnya 😊

    • Lianny says:

      Betul! Mudah banget, cuma blender dan campur tepung aja, yang memakan waktu agak lama memang bagian melintir adonannya itu πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *