Resep Masakan

Resep Telur Gabus Keju

 

Resep Telur Gabus Keju Renyah

 

Telur gabus keju merupakan salah satu kue kering yang aku suka selain kue nastar. Hhhm… kalo sudah makan kue kering rasanya nggak bakal cukup kalo nggak nambah dan nambah lagi, tau-tau udah abis setengah toples hahaha.

Aku belum pernah bikin sendiri telur gabus keju ini, biasanya beli. Nah beberapa hari lalu kok pengin nyoba bikin sendiri ya. Intip resep punya mb Endang JTT kok sepertinya gampang bikinnya. Kebetulan semua bahannya aku punya. Ya udah, langsung bikin deh.

 

Ini kutuliskan resepnya.

 

Resep Telur Gabus Keju

Bahan:

250 gr tepung sagu/kanji/tapioka

2 butir telur ukuran besar

100 gram keju cheddar, parut

50 gram mentega, suhu ruang

1/4 sdt garam

minyak untuk menggoreng.

 

Bahan Telur Gabus Keju

 

Cara membuat:

  1. Masukkan telur, keju parut dan mentega ke dalam blender. Proses hingga lembut.

2. Siapkan mangkuk, masukkan tepung ke dalam mangkok. Buat lubang di tengah dan masukkan keju, telur dan mentega yang sudah diblender tadi. Aduk rata dengan spatula lalu uleni dengan jari-jari hingga adonan kalis.

3. Tuangkan minyak dingin ke dalam wajan.
Ambil sejumput adonan, pelintir sehingga berbentuk silinder dengan ujung-ujung runcing. Masukkan daalam minyak dingin dalam wajan tadi.

4. Jika sudah banyak adonan yang terendam minyak, nyalakan api kompor dan goreng adonan dengan api sedang. Adonan akan mengeras sendiri dan terpisah dari adonan lainnya jika minyak sudah panas. Jadi jangan khawatir adonan lengket satu sama lain. Balikkan kue dan goreng hingga matang. Angkat bagian pinggir dulu jika sudah matang. Tiriskan. Matikan kompor dan biarkan minyak dingin baru lanjutkan menggoreng sisanya.

 

cara membuat telur gabus kejuMelintir adonannya ini memang harus telaten

 

Ternyata emang super gampang kok bikinnya, nggak sampe 10 menit adonan siap dibentuk. Nah yang bikin lama ternyata melintir adonannya itu, adonan dibentuk silinder dengan ujung-ujung runcing. Nggak telaten melintir adonannya. Untung ada bala bantuan, si bungsu mau ikutan melintir adonan kue. Jadi bisa lebih cepat selesai.

Akhirnya adonan kue kering habis juga, meskipun bentuknya nggak sama, ada yang panjang, pendek, kecil, gendut… abaikan deh. Sekarang waktunya menggoreng. Nah menggorengnya ini juga yang bikin lama karena adonan dimasukkan harus dalam minyak yang dingin biar bentuknya bisa mulus, nggak berlubang-lubang.

 

cara membuat telur gabus kejuWajannya item ya hahaha. Aku kalo goreng2 pake wajan ini karena satu-satunya yang melengkung, yang lainnya fry pan, alasnya datar.

 

Karena nggak muat kalo semua adonan digoreng sekaligus jadi dibagi menjadi beberapa kali goreng. Gorengan pertama selesai, harus nunggu minyak dingin dulu baru bisa menggoreng lagi. Bisa sih nggak nunggu lama dengan cara memakai 2 wajan, tapi ya pemakaian minyak jadi banyak. Kalo aku sayang dengan minyaknya, jadi pakai satu wajan aja deh.

 

Telur Gabus Keju Renyah

Biarkan kuenya benar-benar dingin baru masukkan toples, tutup rapat.

 

Telur Gabus Keju Renyah

Telur gabus keju ini jadinya sekitar 400 gram nantinya, cukup banyak buat cemal-cemil sambil nonton TV

 

Tepungnya ini aku pake tepung sagu. Hasilnya renyah. Jika ingin lebih renyah lagi bisa ditambahkan satu kuning telur ke dalam adonannya.

Gampang kan bikinnya? Yuk, cobain resep telur gabus keju ini! 😀

 

44 Comments

  1. Noe May 19, 2017
    • Lianny May 23, 2017
  2. Hidayah Sulistyowati May 19, 2017
    • Lianny May 23, 2017
  3. Enny Mamito May 20, 2017
    • Lianny May 23, 2017
  4. Fanny F Nila May 20, 2017
    • Lianny May 23, 2017
  5. Tian Lustiana May 22, 2017
    • Lianny May 23, 2017
  6. Jalan-Jalan KeNai May 22, 2017
    • Lianny May 23, 2017
  7. Gustyanita Pratiwi May 23, 2017
    • Lianny May 23, 2017
  8. Saribainbridge May 23, 2017
    • Lianny May 23, 2017
  9. antung apriana May 23, 2017
    • Lianny May 23, 2017
  10. Yeni Sovia May 23, 2017
    • Lianny May 23, 2017
  11. indah nuria savitri May 23, 2017
    • Lianny May 25, 2017
  12. Astin Astanti May 24, 2017
    • Lianny May 25, 2017
  13. Dwi Puspita May 25, 2017
    • Lianny May 25, 2017
  14. herva yulyanti May 25, 2017
    • Lianny May 29, 2017
  15. Rach Alida Bahaweres May 25, 2017
    • Lianny May 29, 2017
  16. Ety Abdoel May 25, 2017
    • Lianny May 29, 2017
  17. Lusi May 27, 2017
    • Lianny May 29, 2017
  18. NLP Semarang May 31, 2017
    • Lianny June 1, 2017
  19. Ranny June 5, 2017
    • Lianny June 5, 2017
  20. Rini Uzegan June 6, 2017
    • Lianny June 6, 2017
  21. imeldasutarno June 13, 2017
    • Lianny June 15, 2017
  22. Nita Lana Faera June 17, 2017
    • Lianny June 17, 2017

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.