Resep Masakan

Resep Roti Goreng Isi Daging Sapi

Resep Roti Goreng Isi Daging Sapi

 

Yuhuuu, setelah sekian lama vakum bikin-bikin camilan, akhirnya kemarin bikin roti goreng. Anakku udah nodong aja, mama sudah lama nggak bikin roti katanya. Iya sih, lagi males, males nguleni adonannya, maklum masih mengandalkan kekuatan tangan hehehe.

Jadi waktu kemarin bapak penjual sayur langgananku bawa daging sapi, asyik deh langsung beli. Pertamanya bingung, mau bikin bakpao isi daging atau roti goreng isi daging.Β  Kalo bakpao isi daging udah pernah coba bikin, bisa dilihat di postingan: Membuat Bakpao Isi Daging Cincang

Nah kemarin akhirnya bikin roti goreng isi daging saja karena aku belum pernah bikin. Resep roti goreng isi daging ini aku liat di IG @xanderskitchen. Kebetulan bahan-bahannya juga masih ada semua di rumah. Ya udah, langsung eksekusi deh!

Resep roti goreng isi daging sapi aku tulis di bawah ini, ya!

 

Resep Roti GorengΒ 

Bahan:

450 gr tepung cakra

50 gr tepung segitiga

40 gr sagu tani

80 gr gula pasir

50 gr susu bubuk

50 gr butter

40 gr margarin

2 sdt fermipan

1 butir kuning telur

2 butir telur utuh

225 – 250 ml susu cair dingin

sejumput garam

Tambahan: putih telur dan tepung panir

 

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan jadi satu dalam mixer, kecuali garam dimasukkanΒ  terakhir setelah semua bahan tercampur rata. Uleni sampai kalis elastis.

2. Bulatkan adonan jadi satu, diamkan selama kurang lebih 30 – 45 menit.

3. Timbang @50 gr. Bentuk bulat-bulat, diamkan lagi 10 menit.

4. Bentuk dan isi, biarkan mengembang.

5. Balur dengan putih telur, masukkan di tepung panir. Lakukan sampai habis. Goreng sampai matang.

 

 

Resep Isian roti goreng

Bahan:

300 gr daging sapi cincang

1 buah bawang bombay cincang

3 butir bawang merah, iris kasar

1 batang daun bawang, iris kasar

kecap manis

saus tiram

kecap asin

merica putih

merica hitam

garam, gula, air secukupnya

1 sdm terigu dilarutkan dengan air

 

Cara memasak:

  1. Tumis bawang bombay dan bawang merah sampai harum

2. Masukkan daging cincang tambahkan saus, kecap, merica, garam , gula aduk rata sampai berubah warna

3. Tambahkan air secukupnya, masak sampai air menyusut dan daging empuk. Cicipi, kalo kurang rasa silahkan tambah kecap dll.

4. Sebelum diangkat, masukkan daun bawang dan larutan terigu. Masak sampai mengental tapi tidak terlalu kering. Kalo isinya terlalu kering, malah nggak enak.

 

bahan roti goreng

Bahan roti goreng

 

Aku bikinnya cuma 1/2 resep saja, maklum kekuatan tangan yang sudah tuwir ini cuma sanggup ngulen adonan paling banyak sekitar 1/4 kg tepung. Dulu pernah nguleni 1/2 kg tepung karena memang bikin agak banyakan, mau kuberikan ke mertua. Ya emang jadi sih, tapi setelah itu pergelangan tangan jadi nyeri selama beberapa hari *umur memang nggak pernah bohong πŸ˜€

 

cara membuat roti goreng

Campur bahan, uleni sampai kalis elastis

 

cara membuat roti goreng

Diamkan adonan sekitar 30 – 45 menit

 

cara membuat roti goreng

Timbang adonan @50 gr, bulatkan dan diamkan 10 menit

 

Daging sapi cincang untuk isian roti goreng

Siapkan bahan isian *step by step cara pembuatan sudah pernah kutulis di postingan bakpao

 

cara membuat roti goreng

Gilas, beri isi dan bentuk

 

cara membuat roti goreng

Ini sebenarnya mau kubentuk lonjong, cuma nggak rapi jadinya malah panjang-panjang πŸ™‚

 

cara membuat roti goreng

Siapkan putih telur dan tepung panir

 

Aku nggak punya tepung panir, jadi pakai stok tepung roti yang masih sisa setengah bungkus di rumah, tepung roti merk Mama Suka.

 

Taraaa! Hasilnya lumayan montok ndut waktu digoreng. Rasanya enaaak! Suka dengan resep ini. Makan satu nggak bakal cukup, pengin makan lagi. Aku aja sampai makan 2 rotiΒ  *sebetulnya pengin nambah lagi hahaha. Dari 1/2 resep yang kubuat, jadi 10 buah roti goreng. Jadi kalo teman-teman bikin satu resep seperti yang kutulis di atas tadi, hasilnya sekitar 20 buah roti goreng. Banyak, ya? Cocok bikin roti goreng ini kalo lagi kumpul rame-rame bareng keluarga atau teman.

 

Roti Goreng Isi Daging Sapi

 

Roti Goreng Enak

Rotinya kokoh, makannya saat masih anget, krenyes-krenyes luarnya, dalamnya empuk

 

Note:

  • Susu cair dimasukkan sedikit-sedikit, lihat adonan, bisa lebih atau kurang dari jumlah diatas.
  • Untuk memanir roti ambil putih telur lain, telur yang tertulis di bahan semua masuk adonan roti.
  • Ini tadi adonan setelah mengembang ada 2 buah adonan yang malah kebuka ujung-ujungnya. Jadi sebelum digulingkan ke putih telur, bisa dicubit-cubit lagi adonannya biar rapat dan nggak keluar isiannya waktu digoreng.

 

Roti Goreng Empuk

 

Roti Goreng Isi Daging Sapi

 

Hayuk, segera eksekusi resep roti goreng isi daging sapi ini! Cocok buat variasi camilan anak-anak. Bikin roti goreng sendiri di rumah pastinya jauh lebih hemat dan sehat. Selamat mencoba, hati-hati ketagihan, ya πŸ˜€

 

 

68 Comments

  1. Beautyasti1 February 21, 2018
    • Lianny February 22, 2018
  2. Nita mbul February 21, 2018
    • Lianny February 22, 2018
  3. Mayuf February 21, 2018
    • Lianny February 22, 2018
      • Mayuf February 24, 2018
  4. kania February 22, 2018
    • Lianny February 22, 2018
  5. Naqiyyah Syam February 22, 2018
    • Lianny February 22, 2018
  6. turiscantik February 22, 2018
    • Lianny February 22, 2018
  7. Rach Alida Bahaweres February 22, 2018
    • Lianny February 22, 2018
  8. Nathalia DP February 22, 2018
    • Lianny February 22, 2018
  9. Anggraeni Septi February 22, 2018
    • Lianny February 22, 2018
  10. nur rochma February 22, 2018
    • Lianny February 22, 2018
  11. Okti Li February 22, 2018
    • Lianny February 22, 2018
  12. Munasyaroh February 22, 2018
    • Lianny February 22, 2018
  13. Khoirur Rohmah February 22, 2018
    • Lianny February 22, 2018
  14. Nita Lana Faera February 22, 2018
    • Lianny February 23, 2018
  15. Fanny Fristhika Nila February 23, 2018
    • Lianny February 23, 2018
  16. Lina W. Sasmita February 23, 2018
    • Lianny February 23, 2018
  17. satria tujuh salju February 23, 2018
    • Lianny March 1, 2018
  18. Reyne Raea February 24, 2018
    • Lianny March 1, 2018
  19. Noe February 25, 2018
    • Lianny March 1, 2018
  20. HM Zwan February 25, 2018
    • Lianny March 1, 2018
  21. Ririe Khayan February 27, 2018
    • Lianny March 1, 2018
  22. Aul Howler February 28, 2018
    • Lianny March 1, 2018
  23. Indah Nuria February 28, 2018
    • Lianny March 1, 2018
  24. Ammar Dental March 1, 2018
    • Lianny March 1, 2018
  25. Hidayah Sulistyowati March 1, 2018
    • Lianny March 1, 2018
  26. Dwi Puspita March 2, 2018
    • Lianny March 5, 2018
  27. Bibi Titi Teliti March 3, 2018
    • Lianny March 5, 2018
  28. Ade anita March 6, 2018
    • Lianny March 8, 2018
  29. EstadioD March 7, 2018
  30. putra March 9, 2018
    • Lianny March 10, 2018
  31. Waya Komala March 10, 2018
    • Lianny March 12, 2018
  32. Ambar Pravita March 11, 2018
    • Lianny March 12, 2018
  33. Vhieta March 11, 2018
    • Lianny March 12, 2018
  34. Annisa Nurami April 7, 2018
    • Lianny April 17, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.