Resep Masakan

Resep Puding Jagung Manis Lembut

 

Resep Puding Jagung Manis Lembut

 

Teman-teman udah pernah bikin cemilan dari jagung nggak? Biasanya dibikin apa?

Kalo aku biasanya bikin dadar jagung aja, dimakan dengan sayur bayam. Pernah juga bikin jagung rebus kemudian diberi susu kental manis, meses dan parutan keju.

Ternyata jagung bisa juga loh dibikin jadi puding. Kulihat banyak resep puding jagung dengan berbagai variasi. Ada puding jagung susu, puding jagung santan, puding jagung susu dan santan, puding jagung cokelat. Nah, kan jadi bingung pilih resep yang mana. Aku sesuaikan aja deh dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Kebetulan ada susu kental manis dan santan kara juga. Jadilah aku bikin puding jagung yang pakai santan dan susu kental manis.

Hasilnya menurutku enak dan lembut. Dimakan dingin-dingin dengan vla vanilla, tambah nikmat.

 

Bahan Puding Jagung ManisBahan puding jagung manis

 

Resep puding jagung manis

Bahan:

2 buah jagung manis

60 gr gula pasir (sesuai selera)

1/4 sdt vanili

3 sachet susu kental manis putih

1 bungkus agar-agar putih

2 sachet santan instan ukuran 60 gr diberi air hingga 500 ml

1 sdm tepung maizena

sejumput garam dapur

 

Cara membuat:

  1. Serut jagung manis, blender bersama sebagian air santan. Saring, buang ampasnya.

2. Campur sisa air santan, blenderan jagung dan bahan-bahan lainnya dalam panci, aduk rata.

3. Masak di atas api sedang sambil terus diaduk hingga mendidih.

4. Tuang dalam cetakan. Dinginkan. Bisa disajikan dengan vla vanilla jika suka.

 

Cara membuat puding jagung manis

 

Puding jagung manis lembut

 

Catatan:

  • Lebih kerasa mana santan atau susunya? Ini lebih kerasa santannya. Kalo mau nggak seberapa kerasa santannya ya bisa dikurangi, jadi pakai satu aja santan instannya. Yang nggak suka santan atau menghindari santan, bisa juga skip santannya, jadi pakai susu aja.
  • Cari jagung manis yang warnanya kuning, jadi nanti warna pudingnya bisa kuning cantik. Ini aku pakai jagung manis yang satu agak kuning, satunya kuning pucat, jadinya ya warnanya jadi krem pucat gini, kurang cantik sih warnanya. Bisa juga pakai sedikit pewarna kuning jika mau, aku nggak pake.
  • Untuk gulanya juga bisa disesuaikan sendiri. Hasil pudingnya ini sudah manis kok, cuma memang nggak manis sekali. Tapi karena dimakannya dengan vla yang rasanya manis, jadi rasanya pas. Vla nya aku pakai vla instan vanilla, beberapa bulan lagi udah kedaluwarsa, cepat-cepat kupakai aja vla ini daripada nanti kelupaan tau-tau nggak bisa dipakai. Nah, kalo pudingnya dimakan tanpa vla, mungkin bisa ditambah takaran gulanya biar lebih manis rasanya *bagi yang suka manis-manis 😀
  • Puding ini hasilnya agak padat tapi teksturnya lembut, jika ingin pudingnya lebih lembut lagi, takaran airnya bisa ditambah.

 

Duh, banyak amat ya catatannya! Maaf, maaf… lebih baik cepat dicobain deh resep puding jagung manis lembut ini!

 

107 Comments

  1. Infotekno August 5, 2017
    • Lianny August 11, 2017
  2. Rach Alida Bahaweres August 7, 2017
    • Lianny August 8, 2017
  3. Yeni Sovia August 7, 2017
    • Lianny August 8, 2017
  4. Yessi Greena August 7, 2017
    • Lianny August 8, 2017
  5. harga tablet samsung August 7, 2017
    • Lianny August 8, 2017
  6. Khoirur Rohmah August 8, 2017
    • Lianny August 8, 2017
  7. Wahyu August 8, 2017
    • Lianny August 8, 2017
  8. Yurmawita August 8, 2017
    • Lianny August 9, 2017
  9. nur rochma August 8, 2017
    • Lianny August 9, 2017
  10. Shine August 8, 2017
    • Lianny August 9, 2017
  11. Eni martini August 8, 2017
    • Lianny August 9, 2017
  12. Rotun Df August 8, 2017
    • Lianny August 9, 2017
  13. Dian Safitri August 8, 2017
    • Lianny August 9, 2017
  14. Utie adnu August 8, 2017
    • Lianny August 9, 2017
  15. Mas Glend August 8, 2017
    • Lianny August 9, 2017
  16. Lusi August 8, 2017
    • Lianny August 9, 2017
  17. Okti August 9, 2017
    • Lianny August 9, 2017
  18. tutyqueen August 9, 2017
    • Lianny August 9, 2017
  19. Hastira August 9, 2017
    • Lianny August 9, 2017
  20. andyhardiyanti August 9, 2017
    • Lianny August 9, 2017
  21. lendyagasshi August 9, 2017
    • Lianny August 9, 2017
  22. Rusydina Tamimi August 9, 2017
    • Lianny August 11, 2017
  23. Alvidha August 9, 2017
    • Lianny August 11, 2017
  24. Eni Rahayu August 10, 2017
    • Lianny August 11, 2017
  25. Indah Juli August 10, 2017
    • Lianny August 11, 2017
  26. April Hamsa August 10, 2017
    • Lianny August 11, 2017
  27. moms institute August 12, 2017
    • Lianny August 14, 2017
  28. lialathifa August 12, 2017
    • Lianny August 14, 2017
  29. Maria Soraya August 12, 2017
    • Lianny August 14, 2017
  30. rani August 14, 2017
    • Lianny August 14, 2017
  31. Resep masakan August 14, 2017
    • Lianny August 22, 2017
  32. budidaya sawit August 14, 2017
    • Lianny August 22, 2017
  33. Fanny Fristhika Nila August 14, 2017
    • Lianny August 22, 2017
  34. Fillyawie August 14, 2017
    • Lianny August 22, 2017
  35. Septia August 15, 2017
    • Lianny August 22, 2017
  36. Desy Yusnita August 15, 2017
    • Lianny August 22, 2017
  37. Nita Lana Faera August 16, 2017
    • Lianny August 22, 2017
  38. Erta Jayanti August 16, 2017
    • Lianny August 22, 2017
  39. Syarifani August 16, 2017
    • Lianny August 22, 2017
  40. Nita kodok buntals blog August 16, 2017
    • Lianny August 22, 2017
  41. Williana Nana (@willynana) August 17, 2017
    • Lianny August 22, 2017
  42. Nurul Sufitri August 17, 2017
    • Lianny August 22, 2017
  43. Pu August 17, 2017
    • Lianny August 22, 2017
  44. Jiah August 17, 2017
    • Lianny August 22, 2017
  45. Keke Naima August 17, 2017
    • Lianny August 22, 2017
  46. muti mimut August 17, 2017
    • Lianny August 22, 2017
  47. adi August 18, 2017
    • Lianny August 22, 2017
  48. Mugniar August 21, 2017
    • Lianny August 22, 2017
  49. Andreas August 22, 2017
    • Lianny August 23, 2017
  50. Via Etirentia August 22, 2017
    • Lianny August 23, 2017
  51. Ikrom August 23, 2017
    • Lianny August 23, 2017
  52. Tabemonogatari September 5, 2017
    • Lianny September 5, 2017
  53. Ria September 8, 2017
    • Lianny September 11, 2017
  54. haris October 12, 2017

Leave a Reply