Resep Puding Jagung Manis Lembut

 

Resep Puding Jagung Manis Lembut

 

Teman-teman udah pernah bikin cemilan dari jagung nggak? Biasanya dibikin apa?

Kalo aku biasanya bikin dadar jagung aja, dimakan dengan sayur bayam. Pernah juga bikin jagung rebus kemudian diberi susu kental manis, meses dan parutan keju.

Ternyata jagung bisa juga loh dibikin jadi puding. Kulihat banyak resep puding jagung dengan berbagai variasi. Ada puding jagung susu, puding jagung santan, puding jagung susu dan santan, puding jagung cokelat. Nah, kan jadi bingung pilih resep yang mana. Aku sesuaikan aja deh dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Kebetulan ada susu kental manis dan santan kara juga. Jadilah aku bikin puding jagung yang pakai santan dan susu kental manis.

Hasilnya menurutku enak dan lembut. Dimakan dingin-dingin dengan vla vanilla, tambah nikmat.

 

Bahan Puding Jagung ManisBahan puding jagung manis

 

Resep puding jagung manis

Bahan:

2 buah jagung manis

60 gr gula pasir (sesuai selera)

1/4 sdt vanili

3 sachet susu kental manis putih

1 bungkus agar-agar putih

2 sachet santan instan ukuran 60 gr diberi air hingga 500 ml

1 sdm tepung maizena

sejumput garam dapur

 

Cara membuat:

  1. Serut jagung manis, blender bersama sebagian air santan. Saring, buang ampasnya.

2. Campur sisa air santan, blenderan jagung dan bahan-bahan lainnya dalam panci, aduk rata.

3. Masak di atas api sedang sambil terus diaduk hingga mendidih.

4. Tuang dalam cetakan. Dinginkan. Bisa disajikan dengan vla vanilla jika suka.

 

Cara membuat puding jagung manis

 

Puding jagung manis lembut

 

Catatan:

  • Lebih kerasa mana santan atau susunya? Ini lebih kerasa santannya. Kalo mau nggak seberapa kerasa santannya ya bisa dikurangi, jadi pakai satu aja santan instannya. Yang nggak suka santan atau menghindari santan, bisa juga skip santannya, jadi pakai susu aja.
  • Cari jagung manis yang warnanya kuning, jadi nanti warna pudingnya bisa kuning cantik. Ini aku pakai jagung manis yang satu agak kuning, satunya kuning pucat, jadinya ya warnanya jadi krem pucat gini, kurang cantik sih warnanya. Bisa juga pakai sedikit pewarna kuning jika mau, aku nggak pake.
  • Untuk gulanya juga bisa disesuaikan sendiri. Hasil pudingnya ini sudah manis kok, cuma memang nggak manis sekali. Tapi karena dimakannya dengan vla yang rasanya manis, jadi rasanya pas. Vla nya aku pakai vla instan vanilla, beberapa bulan lagi udah kedaluwarsa, cepat-cepat kupakai aja vla ini daripada nanti kelupaan tau-tau nggak bisa dipakai. Nah, kalo pudingnya dimakan tanpa vla, mungkin bisa ditambah takaran gulanya biar lebih manis rasanya *bagi yang suka manis-manis πŸ˜€
  • Puding ini hasilnya agak padat tapi teksturnya lembut, jika ingin pudingnya lebih lembut lagi, takaran airnya bisa ditambah.

 

Duh, banyak amat ya catatannya! Maaf, maaf… lebih baik cepat dicobain deh resep puding jagung manis lembut ini!

 

Be Sociable, Share!

About Lianny

Happy mom with three nice children
This entry was posted in Resep Masakan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

107 Responses to Resep Puding Jagung Manis Lembut

  1. Infotekno says:

    Waah patut dicobaaa, aku jagung manis paling banter bikin dadar aja, atau buat campuran sayur. Hahah

  2. Mba LIanny, kalau pakai jagung manis yang sudah dipreteli lalu di rebus dan diblender juga bisa kan ya mba. Biar isi jagungnya lebih kerasa
    Makasih resepnya mba πŸ™‚

  3. Yeni Sovia says:

    Wahhh bunda, dari gambarnya aja udah keliatan lembut pudingnya. Bikin saya, busui jadi laper. Anak2nya pasti beruntung ya, punya bunda yang jago bikin cemilan sehat πŸ˜ƒ

  4. Yessi Greena says:

    bisa dicoba nih buat bekal si boy ke sekolah πŸ˜€

  5. dari fotonya juga udah menggiurkan

  6. Khoirur Rohmah says:

    Bisa dicoba nihhh
    Aku juga jagung manis. Suka lagi klo ada jagung dibikin dadar jagung. Hihiiii
    Bisa dicoba ahh ide masakanpuding jagungnya Mbk Lianny 😍😍😍

  7. Wahyu says:

    Langsung di screenshot, mau dipraktekin buat camilan si bayi 😊

    • Lianny says:

      Ini resepnya pakai santan dan susu. Kalo untuk bayi (terutama dibawah satu tahun) mungkin bahannya bisa diganti dengan yang bisa dikonsumsi untuk usia segitu. Santan bisa di skip, dan susunya diganti dengan susu khusus untuk bayi yang biasa diminum.

  8. Yurmawita says:

    Hmmm laper mba. Cobain ah Resep nya kalau di parut jagung ya bisa kan ya, bendera lagi rusak ahhh

  9. nur rochma says:

    Dulu pernah bikin puding jagung manis, resep dari buku masakan. tapi kok kurang cocok. Pengen nyoba resep mba Lianny. Ada santan biasanya gurih.

  10. Shine says:

    ya ampuuun mbaaa, bikin eces liatnya. kebetulan bgt di kulkas ada stok jagung. maju ah langsung eksekusi. thanks ya mba

  11. Eni martini says:

    Aku suka pudingbya, sering makan klo di acara wedding party.

  12. Rotun Df says:

    Belum pernah dibikin puding, Mba. Paling banter ya perkedel jagung, wkwkwk. Makasih resepnya Mba, cocok banget buat Palopo yang lagi puanaaas gini.

  13. Dian Safitri says:

    Kemarin dapat jagung manis cuma direbus gitu aja. Enggak kepikir dijadiin puding. Patut dicoba nih kalau dapat lagi. Terima kasih resepnya, Mbak. Mau coba ahhhh

  14. Utie adnu says:

    Noted mba resepnya pernah makan tapi Blum pernah buat sendiri.. enak memang nuhun ya,,,tmbh cemilan kelg ini

  15. Mas Glend says:

    Kebetulan belum pernah membuat. Tapi kalau diamati hasil akhirnya lumayan bagus mbak. Cuma dari segi warnya aja bisa ditambahi sesuai selera. Pakai 2 warna saya rasa sudah cukup hehe

  16. Lusi says:

    Ooo pantesan aku bikin kok gimana gitu. Ternyata harus disaring ya. Nyoba lagi ah :))

  17. Okti says:

    Kebetulan semua bahan ada. Mau coba ah…
    Selama ini beli jagung kalau gak buat campuran sayur asam ya buat bakwan jagung aja hehehe

  18. tutyqueen says:

    Aku biasanya jagung direbus gitu aja mbak sesekali beli jagung yang pakai susu dan keju, boleh juga nih nyobain resep pudingnya.

  19. Hastira says:

    terlihat lembut ya, di lidah pastinya terasa nikmat, coba ah

  20. Itu kira-kira kalau gak pakai santan bisa gak ya? Gak suka santan euy -__-

    Mbak Lianny ini, udahlah jago masak, jago moto pula. Kalau tetanggaan mah, saya udah apply sebagai tester pertama nih hahahah

  21. lendyagasshi says:

    Gak kepikiran bikin puding jagung.
    Selama ini cuma dibuat bala-bala sama jasuke, seperti yang mba Lianny bilang….jagungnya digodog lalu kasih susu kental manis sama parutan keju.

    Untuk 1 resep, butuh 2 jagung manis aja yaa, mba?
    Siip…sip, aku coba mbak…

    Soalnya aku dan anakku yang kedua hobi banget ngemilin jagung.

  22. duuhh mbaak lianny selalu suka sama resep2nyaa πŸ˜€
    btw aku beberapa kali udah nyobain resepnya mbak hihi

  23. Alvidha says:

    Kyaaaa.. Aku jagung lovers! Sepertinya harus nyoba bikin ini weekend besok! Thanks infonya Mbake πŸ™‚

  24. Eni Rahayu says:

    Waah… Gambarnya aja menggoda apalagi aslinya. Hehe… Pernah saya coba bikin tapi jagungnya terlalu berasa. Kurang pas takarannya. Haha… Jadinya trauma mau bikin lagi. Makasih sharingnya mbak lian ntar cobain aah…

  25. Indah Juli says:

    Anak-anakku nggak terlalu suka puding yang manis banget, cocok nih sama puding jagung ini.
    Daku pinjam resepnya ya πŸ™‚

  26. April Hamsa says:

    nyam, makasih resepnya mbak. Makanan ini meski puding tapi sbnrnya jg ada kandungan karbonya kan. COcok nih kalau pas anak2 GTM dibikinin puding ini πŸ˜€
    TFS

  27. jagung lovers aku mba, di rebus aja suka apalagi di puding, pinjem resepnya y

  28. lialathifa says:

    nyam, nyam, keliatannya lembut dan gurih nih, sedap banget. Ooh iya ya, sebaiknya disaring ampasnya, tapi sayang juga kalau dibuang ampasnya, dibikin bakwan aja kali ya, hihi..

  29. Maria Soraya says:

    aku suka bikin puding susu, belum pernah bikin puding jagung, makasih ya mak resepnya detail, kudu coba nih besok

  30. rani says:

    baru tahu jagung bisa jadi puding. ntar saya coba lah sapa tahu enak.

  31. Mantaps nih resep puding jagungnya, buatnya bisa sekalian dengan bikin perkedel jagung yah.makasih resepnya

  32. Terima kasih resepnya mba, untuk belajar dirumah πŸ™‚

  33. Akuuu, suka banget ama jagung :D. Buatku jagung mah enak diapain aja.. Di bikin minuman, menu makanan berat, puding gini, ttp aja enak πŸ™‚ .. Mamaku prnh bikin mba, tp ga sering. kita sekeluarga lbh milih sup jagung.

    Tapi baca resep ini aku jd kangen jg ama puding jagung.. Mau coba deh.. Kalo anak lanang sprtinya bakal suka. Tp kakanya ini ga suka jagung. Aku pgn tau, apa kalo jagungnya dialusin begini dia msh ga suka ato jd suka yaaa πŸ˜€

    • Lianny says:

      iya, sup jagung enak, anak-anak juga suka.
      Anaknya suka santan nggak, Fan? Kalo nggak suka, santan skip, pake susu aja.

  34. Fillyawie says:

    Enak banget ini πŸ‘, pasti wanginya jagung banget. Jadi pengen nyoba resepnya 🀀.

  35. Septia says:

    Jagung biasanya aku perkedel dan sesekali dibuat bubur jagung, tp kalo bubur jagung lumayan ribet buatnya.

    Lihat puding jagung ya Mba buat, kayaknya lbh mudah dan enak kelihatannya. Nanti coba resepnya Mba deh.. Makasih ya Mba udh berbagi

  36. Desy Yusnita says:

    Jagung biasanya kalo ga di rebus ya dibikin bakwan jagung. Sepertinya enak dan mudah dicoba ini ya……

  37. Pakai maizena gini tambah lembut ya. Jagung manis emang enak banget sih dibikin pudding atau semacam jus.

  38. Erta Jayanti says:

    Wah bisa dicoba nih, kalo aku paling banter direbus doang ditambah keju sama skm aja
    Hehehee

  39. Syarifani says:

    Dulu pernah bikin puding jagung ini. Enak buat camilan. Yummy..

  40. Kyaaaa step2nya detil banget
    Kebetulan dari kmaren pengrn bikin cemilan dingin manis
    Jadi pingin nyobain ih

  41. Bagai makan jagung dalam bentuk kenyal ya kayaknya? ahhh jadi kepengen coba aduh penasaran hehehe :v

    willynana.blogspot.com

  42. Mbak Lianny, aku mau coba ah bikin puding jagung ini. Tapi kayaknya milih jagungnya nesti yg manis2 ya kalo sepet gitu jd buat bakwan hehehe… misal ga diblender tetap bintil2 gini enak juga makannya ya hihi 😊

  43. Pu says:

    Saya kurang suka jagung. Resep ini mungkin bs dicoba siapa tahu minta ke jagung jd menggugah selera

  44. Jiah says:

    Aku biasanya cuma dibikin rebus sama bakwan jagung. Ternyata dibuat resep lain juga oke ya, Mak

  45. Keke Naima says:

    Kelihatan lembut pudingnya, Mbak. πŸ™‚

  46. muti mimut says:

    Resep puding jagungnya boleh dicoba nih, biasanya saya hanya bikin perkedel jagung saja yang relatif praktis

  47. adi says:

    Wah boleh di coba tu, kreasi puding menarik, jadi pengen ncoba mbuat.Kalau dah jadi kalau di taruh di kulkas enak ngak yaa???? terima kasih resepnya….

  48. Mugniar says:

    Wah enak, nih. Makasih resepnya ya Mak.

  49. Andreas says:

    bisa dicoba nih… bahan2 nya juga terjangkau
    jadi pingin buat sekarang ini

  50. mau coba ach. makasih ya kak resepnya.

  51. Ikrom says:

    wah aku bookmark
    nanti bisa dikurangi santannya kan mbak, biasa pengidap maag
    enak ini seger

  52. Tetiba setelah lihat post Mba Lianny kok jadi pengen makan pudding ya? Menggugah selera sekali mba, tapi aku belum pernah sama sekali ngerasain pudding rasa jagung. Kayanya ada kremes-kremesnya ya? Aduh makin bikin ngiler.. Terima kasih resepnya mba. Bisa aku pake nih kalo mau buat puding, secara aku amatiran dalam masalah masak-memasak πŸ˜€

  53. Ria says:

    intinya, masing2 resep disesuaikan dengan keinginan yg masak… catatan buat tambahan informasi, betul? BETUL dooong ^_^

  54. haris says:

    mantap nih resepnya, pulang ini ajak istri ah buat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *