Resep Masakan

Resep Olahan Kentang Sederhana Untuk Sarapan

 

resep olahan kentang sederhana untuk sarapanResep Olahan Kentang Sederhana Untuk Sarapan

 

Ada banyak stok kentang di rumah? Yuk, bikin berbagai menu olahan dari kentang buat sarapan. Sesekali sarapan kentang, bukan nasi. Sama-sama mengenyangkan 🙂

 

 

Resep Olahan Kentang Sederhana Untuk Sarapan

 

1. Kentang Iris

 

resep olahan kentang sederhana untuk sarapan - kentang iris

 

Resep Kentang Iris (untuk 4 porsi)

Bahan:

3 buah kentang ukuran kecil

1/2 sdt garam

1/4 sdt merica bubuk

2 butir telur

2 sdm saus BBQ

50 gr keju parut

2 sdm minyak untuk memasak

 

Cara membuat:

  1. Iris tipis kentang. Bubuhi garam dan merica bubuk.
  2. Tata kentang di atas pan anti lengket yang sudah dioles minyak sedikit melingkar seperti bunga.
  3. Masak di atas api kecil sambil ditutup sampai setengah matang.
  4. Pecahkan telur di bagian tengah. Biarkan sampai matang.
  5. Coret-coret dengan saus BBQ. Taburkan keju.

Note:

  • Saat memotong kentang bisa menggunakan peeler agar irisannya tipis dan rapi.
  • Tutup bagian atas kentang saat dipanggang agar bagian atas kentang matang dan nggak kering.
  • Pecahkan telur di dalam mangkuk kecil dulu, lalu tuang di pan agar posisi kuning telur berada di tengah.

 

 

Sebetulnya bingung juga menata kentang melingkar sedikit seperti bunga itu gimana ya, jadi ya kubuat melingkar seperti ini, nggak punya peeler juga jadi kentangnya kuiris biasa aja. Aku bikin ini 2 kali karena kurang banyak kalau dimakan buat 3 orang hehe.

Masaknya kilat, nggak ribet sama sekali. Untuk saosnya karena di rumah nggak punya saos BBQ, aku ganti dengan saos tomat. Teman-teman kalau bikin, coba deh pakai saos BBQ, pasti rasanya lebih mantap.

 

2.  Kentang Telur Dalam Cup

 

 

resep olahan kentang sederhana untuk sarapan - kentang telur dalam cup

 

Resep Kentang Telur Dalam Cup (untuk 9 buah)

Bahan:

2 buah kentang, kukus,potong kotak 2 x 2 cm

Bahan siraman:

4 butir telur

25 gr keju parut

1 buah wortel diparut

50 ml susu cair

1 batang daun bawang, diiris

1/2 sdt garam

1/8 sdt merica bubuk

 

Cara membuat:

1. Ambil kentang, letakkan di dalam loyang muffin yang sudah dioles tipis margarin. Tekan kentang dengan menggunakan rolling pin hingga penyet. Sisihkan.

2. Aduk rata bahan siraman. Tuang di atas kentang. Oven 170 derajat celcius 20 menit hingga matang.

 

 

 

Harusnya ini kan untuk 9 buah, tapi aku bikin jadi 12 buah, jadinya ya seperti ini, isian cup muffinnya nggak bisa penuh, hasilnya jadi lebih mini-mini *eh tapi lucu juga yaaa 🙂

 

3. Caserol Kentang

 

resep olahan kentang sederhana untuk sarapan - caserol kentang

 

Resep Caserol Kentang (untuk 6 potong)

Bahan:

2 buah kentang, dikukus setengah matang, potong 1 x 1 cm.

1 buah wortel, dipotong kotak keci;-kecil

100 gr buncis, dipotong 1 cm

3 butir telur

200 ml susu cair

1/2 sdt garam

1/8 sdt merica bubukua

1/2 sdt pala bubuk

50 gr keju parut

 

Cara membuat:

1. Tata kentang, wortel dan buncis di dalam pinggan tahan panas. Sisihkan.

2. Kocok lepas telur. Tuang susu cair ke dalam telur sedikit-sedikit sambil dikocok lepas. Bubuhi garam, merica bubuk dan pala bubuk. Aduk rata.

3. Tuang di atas kentang. Taburkan keju.

4. Oven dengan api bawah suhu 180 derajat celcius 30 menit sampai matang.

 

 

 

4. Pastel Tutup

 

resep olahan kentang sederhana untuk sarapan - pastel tutup

 

Resep bisa dilihat di postingan: Resep Pastel Tutup Firhan MasterChef Indonesia, Cocok Untuk Menu Sahur

 

Yup, itu tadi berbagai resep olahan kentang sederhana untuk sarapan, silahkan dicoba ya. Resep 1,2, dan 3 aku dapat dari Bonus Saji edisi 377 *gara-gara di rumah aja nih jadi bongkar-bongkar kumpulan resep masakan di lemari haha. Nah kalau resep yang no 4 itu resepnya Firhan MCI 6.

Semua menu olahan kentang ini hampir sama ya bahan-bahan utamanya, yaitu kentang, telur dan keju. Makannya juga lebih nikmat kalau dicocol pakai saos tomat dan saos sambal.

Dari semua resep tadi yang sudah kucoba, anak-anak paling suka dengan rasa pastel tutup dan agak kurang suka dengan caserol kentang (mungkin karena ada buncisnya yang dipotongnya agak besar ini, anak-anak memang kurang suka makan buncis hiks).

Selamat mengolah kentang 🙂

 

91 Comments

  1. HM Zwan April 26, 2020
    • Lianny April 28, 2020
  2. Yeni Sovia April 27, 2020
    • Lianny April 28, 2020
  3. Rach Alida April 27, 2020
    • Lianny April 28, 2020
  4. Nchie Hanie April 27, 2020
    • Lianny April 28, 2020
  5. Nanik Nara April 28, 2020
    • Lianny April 28, 2020
  6. Ophi Ziadah April 28, 2020
    • Lianny April 28, 2020
  7. Uniek Kaswarganti April 28, 2020
    • Lianny April 28, 2020
  8. Rosanna Simanjuntak April 28, 2020
    • Lianny April 28, 2020
  9. Nurul Sufitri April 28, 2020
    • Lianny April 30, 2020
  10. Tri mei April 28, 2020
    • Lianny April 30, 2020
  11. Keke Naima April 28, 2020
    • Lianny April 30, 2020
  12. Farida Pane April 29, 2020
    • Lianny April 30, 2020
  13. Indah Juli April 29, 2020
    • Lianny April 30, 2020
  14. Damar Aisyah April 29, 2020
    • Lianny April 30, 2020
  15. Neti April 29, 2020
    • Lianny April 30, 2020
  16. Suciarti Wahyuningtyas April 29, 2020
    • Lianny April 30, 2020
  17. Herva Yulyanti April 29, 2020
    • Lianny April 30, 2020
      • Herva yulyanti May 1, 2020
        • Lianny May 11, 2020
  18. Dzulkhulaifah April 29, 2020
    • Lianny April 30, 2020
  19. Risa Mutia April 29, 2020
    • Lianny April 30, 2020
  20. Dian Restu Agustina April 29, 2020
    • Lianny April 30, 2020
  21. Wiwied Widya April 29, 2020
    • Lianny April 30, 2020
  22. Hidayah Sulistyowati April 29, 2020
    • Lianny April 30, 2020
  23. Dessy Achieriny April 29, 2020
    • Lianny April 30, 2020
  24. RACHMANITA April 29, 2020
    • Lianny April 30, 2020
  25. Lina W. Sasmita April 29, 2020
    • Lianny April 30, 2020
      • Lina W. Sasmita May 1, 2020
        • Lianny May 11, 2020
  26. lendyagasshi April 29, 2020
    • Lianny April 30, 2020
      • lendyagasshi May 1, 2020
        • Lianny May 11, 2020
  27. Reyne Raea April 30, 2020
    • Lianny April 30, 2020
  28. Ria Nugros April 30, 2020
    • Lianny April 30, 2020
  29. winda - dajourneys.com April 30, 2020
    • Lianny April 30, 2020
  30. indah AiJ April 30, 2020
    • Lianny April 30, 2020
  31. Dwina May 1, 2020
    • Lianny May 11, 2020
  32. Diah Alsa May 1, 2020
    • Lianny May 11, 2020
  33. Sri Widiyastuti May 1, 2020
    • Lianny May 11, 2020
  34. Rach Alida May 1, 2020
    • Lianny May 11, 2020
  35. Rani Yulianty May 1, 2020
    • Lianny May 11, 2020
  36. Rani Yulianty May 1, 2020
  37. Nurul Fitri Fatkhani May 1, 2020
    • Lianny May 11, 2020
  38. Yuni Handono May 1, 2020
    • Lianny May 11, 2020
  39. Arda Sitepu May 1, 2020
    • Lianny May 11, 2020
  40. indah nuria May 1, 2020
    • Lianny May 11, 2020
  41. Siti Hairul May 1, 2020
    • Lianny May 11, 2020
  42. Uniek Kaswarganti May 1, 2020
    • Lianny May 11, 2020
  43. Eni Martini May 3, 2020
    • Lianny May 11, 2020

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.