Resep Nastar Isi Cokelat Lembut dan Lumer Dimulut

 

Resep Nastar Isi Cokelat Lembut dan Lumer dimulut

Resep Nastar Isi Cokelat Lembut dan Lumer Dimulut

 

Sudah buat kue kering apa aja nih untuk Lebaran?

Kalo kue kering favoritku sih kue nastar yang lembut dan lumer di mulut. Duh bisa habis banyak kalo nemu kue nastar seperti itu.

Kemarin malam saat belanja di supermarket, sudah banyak dipajang aneka kue kering, isinya cuma sedikit harganya kok agak mahal ya. lalu kepikiran, kenapa nggak buat kue kering sendiri aja?

Baca juga: Kastengel, Kue Kering Pertamaku

Akhirnya tadi siang aku nekat bikin nastar, tapi berhubung nggak punya selai nanas dan aku juga males bikin selai sendiri dari buah nanas asli, isiannya aku ganti jadi isian cokelat.

Untuk bahan kulit nastarnya aku pake resep dari mbak Endang JTT, sedangkan isian cokelatnya aku pake resep dari mbak Ricke Ordinarykitchen. Resep aslinya aku tulis di bawah ini ya. Dari resep tersebut, aku mencoba membuat Β½ resep aja, baik untuk kulit nastar maupun isiannya. Mau buat satu resep penuh kok takut gagal, bisa nggak sih nastar ini dibuat tanpa mixer. Jadilah nyoba Β½ resep aja dulu buat percobaan pertama πŸ˜€

 

Nastar Isi Cokelat Lembut dan Lumer dimulut

Bahan kulit nastar :

 

Bahan Kulit Nastar Isi Cokelat

 

200 gram mentega (aku pake wijsman)

50 gram margarine

90 gram gula halus (gula pasir diblender juga bisa)

3 butir kuning telur

100 gram susu bubuk

250 gram tepung terigu protein rendah (aku pake kunci biru)

100 gram maizena

1 sdt vanili ekstrak atau ΒΌ sdt vanili bubuk/essens (aku pake vanili essens)

Bahan olesan:Β  kuning telur, minyak sayur dan susu kental manis, aduk rata

Bahan isi cokelat:

 

Bahan Isian cokelat

 

100 gram tepung terigu protein sedang, ayak (aku pake segitiga biru)

20 gram cokelat bubuk

90 gram gula pasir

35 gram butter/margarine (aku pake blue band cookie)

35 gram air matang

75 gram dark cooking chocolate (aku pake dcc colatta)

 

Cara membuat isian :

 

Cara membuat Isian Nastar Isi Cokelat

 

 

Isian cokelat

 

  1. Dark cooking cokelat dicincang atau diparut agar mudah melelehkannya nanti.

2. Campur dan ayak tepung terigu dan cokelat bubuk. Sisihkan.

3. Campur gula pasir, butter/margarine dan air. Panaskan dengan api kecil sambil diaduk hingga mendidih dan gula larut.

4. Masukkan dark cooking chocolate cincang, aduk hingga seluruh cokelat meleleh dan tercampur rata. Matikan api.

5. Masukkan campuran tepung terigu dan cokelat bubuk, aduk rata dengan sendok kayu. Nyalakan kembali api kecil, aduk hingga membentuk adonan pasta yang licin dan kalis. Angkat. Biarkan hingga agak hangat.

6. adonan isi dan bentuk bulatan yang disesuaikan dengan besar kecilnya ukuran nastar. Sisihkan.

 

Cara membuat kulit nastar :

 

Cara Membuat Kulit Nastar Isi Cokelat

 

Nastar Isi Cokelat

 

  1. Kocok mentega, margarine, gula halus dan vanilli sebentar saja pake mixer, hanya agar lembek dan tercampur saja. Karena mixerku rusak, jadi aku kocok menggunakan whisk (pengocok telur) aja.

2. Masukkan kuning telur satu persatu. Matikan mixer.

3. Masukkan campuran tepung terigu dan susu bubuk sedikit demi sedikit, aduk dengan sendok kayu/spatula hingga tercampur rata.

4. Bungkus adonan dengan plastik wrap dan istirahatkan adonan di dalam kulkas selama + 1 jam. Skip proses ini jika adonan cukup luwes untuk dibentuk.

5. Keluarkan adonan, gilas dan isi adonan dengan bulatan pasta cokelat, bulatkan.

6. Tata kue diatas loyang yang telah dioles sedikit margarine, bisa juga dialasi dengan kertas minyak. Beri jarak antar kue, jangan terlalu berdekatan.

7. Panggang di oven yang telah dipanaskan sebelumnya, suhu oven sekitar 150 derajat aja. Aku sendiri pake oven kompor (otang) jadi suhunya kubuat sedikit lebih rendah, sekitar 120 derajat aja.

8. Panggang sekitar 15 menit, keluarkan dan beri olesan, masukkan kembali dan oven lagi hingga kuning kecoklatan sekitar 15 menit. (Lama pemanggangan tidak sama, sesuaikan dengan oven masing-masing).

9. Keluarkan dari oven dan biarkan kue hingga dingin terlebih dahulu sebelum dimasukkan dalam toples kedap udara.

 

Kebetulan anak-anak sudah libur sekolah, jadi aku minta tolong si bungsu untuk bantuin aku buat kue nastar ini. Aku seneng banget si bungsu mau bantuin, dari campur bahan, mbuletin pasta cokelatnya sampai mengisi dan mbuletin kulit nastarnya, kami kerjakan berdua.

Ternyata bikin nastar itu capek banget ya, padahal bikin cuma Β½ resep aja lho dan dikerjakan berdua. Nah gimana ibu-ibu yang jualan kue nastar puluhan toples dan dikerjakan sendirian, wuahh apa nggak capek itu? Kalo aku sudah semaput kali πŸ˜€

Maksud hati sih ingin buat nastar yang imut-imut, tapi mbuletinnya kebesaran, Β½ resep ini cuma jadi 38 biji aja, mestinya kalo dibuat lebih kecil bisa tuh sampe 50 biji. Sedangkan isian cokelatnya sudah kami buat bulet keciiiil, jadi 70 biji. Jadinya isian cokelatnya malah sisa, sementara ini aku masukin kulkas dulu, entah tuh bisa dibikin apa. Kalo nggak ada ide, ya paling-paling nanti dicemilin gitu aja, enak juga kok. Lha tadi aja mbuletin cokelatnya juga sambil nyemilin dikit-dikit hehehe.

 

Resep Nastar Isi Cokelat Lembut dan Lumer dimulut

 

Percobaan pertama membuat nastar ini, bentuknya masih nggak karuan, ada yang besar, ada yang kecil, nggak bisa bulat mulus juga hiks. Tapi meski bentuknya nggak begitu cantik, rasa nastarnya ini lembut dan lumer di mulut, enaaaak. Aku suka! Emang sih kalo aku pribadi lebih suka isiannya selai nanas, tapi diisi dengan isian cokelat ini juga enak kok. Sesekali nastar isi cokelat, buat variasi.

 

Nastar Isi Cokelat Lembut dan Lumer dimulut

 

Yuk, cobain resep nastar isi cokelat lembut dan lumer dimulut ini, untuk Lebaran!

 

Be Sociable, Share!

About Lianny

Happy mom with three nice children
This entry was posted in Resep Masakan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

46 Responses to Resep Nastar Isi Cokelat Lembut dan Lumer Dimulut

  1. cputriarty says:

    Emng sudah super repot bikin 1/2 resep ya makli, kalo aku nyari praktisnya ya tinggal ngemplok aajaa☺

  2. cputriarty says:

    Wow rasanya pasti maknyus ya makli,sungguh perjuangan bikin 1/2 resep aja☺

  3. Ardiba says:

    Dari fotonya aku kok terbayang bakpia ya? Hihi

  4. Aku klo nastar sukanya selainya yang buanyak hihi, kdi kulitnya tipis, begitu dicokot maknyus selai, hua mantabbb
    #lagi kode kodempasuamo nih aku biar dibeliin panggangan ahahahha

  5. td beli kue lebaran ama temen kantor mbak :D.. beli yg udh mainstream ajalah ;p.. nastar, kastangel ama putri salju.. nastar aku jg doyan bgt.. tp dulu pas kecil ga prnh suka ama nenas nya.. pasti isiannya ga aku makan, jd cuma makan yg bgian luas ;p.. malah kalo bantuin mama bikin, aku sengaja bikin yg khusus utk aku tanpa isian apa2 ;p hihihihi.. tp makin gede, lama2 jd suka sih ama isian nenas gitu :D.. Tapi temen kantorku ini ngeganti isiannya ama apel.. enak juga trnyata, malah aku lbh doyan kalo isiannya apel gitu

  6. Ety Abdoel says:

    Kue kalau memakai campuran mentega dan margarine biasanya enak dan harum, saya suka.
    Hm, begitulah mba kalau masak bareng anak-anak. Yang penting melatih mereka mengenal dapur.

  7. Shine says:

    Ya ampuuun mbaaa, itu nastarnyaaa menggoda bangeet, nyesel deh mampir sini, ahaha πŸ˜…

    Mau ta’ praktekin ah nanti pas pulkam, tfs mbaa

  8. Duh.. siang siang gini, puasa liat nastar isi cokelat jadi ngeces… heheh

  9. Riri kusnadi says:

    Haduuuuu mbak enaakkk bgt kayanyaa nastar itu … Semoga bisa dipraktekin lebaran ini. Makasih ya mbak

  10. Ibu jerapah says:

    Huaaa nastar isi coklat? Pengen nyobaaa..
    Kayaknya enak buanget!
    Makasih sharenya ya mba.. Selalu bikin ngiler deh kalau jalan-jalan ke sini. Sllrpp

  11. siti hairul says:

    aq copas yo mbLi, sudah bikin selai nanas nih. siap2 deh seminggu ini rumahku bau kue yg dipanggang. para tetangga maafkeun diriku yaaaa πŸ™‚

    • Lianny says:

      Wah aku mau selai nanasnya mak Irul hehehe.
      Bikin selainya males nih aku, kebayang ribetnya, penginnya beli aja buat isian nastar πŸ˜€

  12. Nufazee says:

    Ngileerr, kayaknya buatnya mudah ya, terus bahannya gak begitu ribet, tinggal ngumpulin niat aja nih dan beli bahan2nya wkwkwk

  13. Sukses buat saya ngiler deh, Mbak. πŸ™‚ Bahannya mudah di dapat ya..tapi cara pengerjaannya memang butuh tenaga ekstra ya ..he..he… belum lagi nyuci peralatannya..maka dari itu saya sukanya pesen aja ke tetangga he he he

  14. Ceritaeka says:

    Nggak ada waktu lagi buat bikin begini-begini >.<
    padahal dulu rajin bikin hehehe

  15. Ophi Ziadah says:

    waah enyak enyaak
    coklatnya mantep pulak..
    nastar isi selai nanas aja anak2 demen banget, apalagi isi coklat pake lumer di mulut pulak nyammmm

  16. Noe says:

    Kirim ke serang dong mba Li. Hahah

  17. saya suka banget coklat nih… cocok deh kalau bikin ini, Makasih Mba.. kadang bosen sama nastar yang biasa πŸ™‚

  18. Waaah, aku malah belum bikin mbak, dan kemarin udah tertarik waktu mbak Li unggah fotonya di IG. Ntar aku coba variasi dengan isian coklat deh, kayaknya enak nih πŸ™‚

  19. Aaaaampuuun, nastar isi coklaaaat πŸ˜€ juaraaaaa, paling sukaaa ini akuuu mah sama coklat-coklat πŸ˜€

  20. Wah saya sudah lihat2 resepnya, kalau mau bikin kue mau datang ke blog mba lianny aja ada foto2nya dan jelas sekali cara2nya. makasih yaa mba

  21. Lidya says:

    praktekknay nanti deh habi slebaran ) makasih resepnya mba li

  22. baiqrosmala says:

    waah thank you atas resepnya mak.. terlihat sangat enak dan perlu dicoba resepnya. Salam kenal πŸ™‚

  23. Eksapedia says:

    WAh boleh nih mbak, biasanya kalau lebaran ini adalah makanan yg paling saya buru πŸ˜€ ehehehe…

  24. Lusi says:

    Kalau bikin kayak gini pasti sambil dicemilin anak2ku. Tapi Lebaran ini nggak bikin karena dikasih kakak ipar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*