Resep Masakan

Resep Nastar Isi Cokelat Lembut dan Lumer Dimulut

 

Resep Nastar Isi Cokelat Lembut dan Lumer dimulut

Resep Nastar Isi Cokelat Lembut dan Lumer Dimulut

 

Sudah buat kue kering apa aja nih untuk Lebaran?

Kalo kue kering favoritku sih kue nastar yang lembut dan lumer di mulut. Duh bisa habis banyak kalo nemu kue nastar seperti itu.

Kemarin malam saat belanja di supermarket, sudah banyak dipajang aneka kue kering, isinya cuma sedikit harganya kok agak mahal ya. lalu kepikiran, kenapa nggak buat kue kering sendiri aja?

Baca juga: Kastengel, Kue Kering Pertamaku

Akhirnya tadi siang aku nekat bikin nastar, tapi berhubung nggak punya selai nanas dan aku juga males bikin selai sendiri dari buah nanas asli, isiannya aku ganti jadi isian cokelat.

Untuk bahan kulit nastarnya aku pake resep dari mbak Endang JTT, sedangkan isian cokelatnya aku pake resep dari mbak Ricke Ordinarykitchen. Resep aslinya aku tulis di bawah ini ya. Dari resep tersebut, aku mencoba membuat Β½ resep aja, baik untuk kulit nastar maupun isiannya. Mau buat satu resep penuh kok takut gagal, bisa nggak sih nastar ini dibuat tanpa mixer. Jadilah nyoba Β½ resep aja dulu buat percobaan pertama πŸ˜€

 

Nastar Isi Cokelat Lembut dan Lumer dimulut

Bahan kulit nastar :

 

Bahan Kulit Nastar Isi Cokelat

 

200 gram mentega (aku pake wijsman)

50 gram margarine

90 gram gula halus (gula pasir diblender juga bisa)

3 butir kuning telur

100 gram susu bubuk

250 gram tepung terigu protein rendah (aku pake kunci biru)

100 gram maizena

1 sdt vanili ekstrak atau ΒΌ sdt vanili bubuk/essens (aku pake vanili essens)

Bahan olesan:Β  kuning telur, minyak sayur dan susu kental manis, aduk rata

Bahan isi cokelat:

 

Bahan Isian cokelat

 

100 gram tepung terigu protein sedang, ayak (aku pake segitiga biru)

20 gram cokelat bubuk

90 gram gula pasir

35 gram butter/margarine (aku pake blue band cookie)

35 gram air matang

75 gram dark cooking chocolate (aku pake dcc colatta)

 

Cara membuat isian :

 

Cara membuat Isian Nastar Isi Cokelat

 

 

Isian cokelat

 

  1. Dark cooking cokelat dicincang atau diparut agar mudah melelehkannya nanti.

2. Campur dan ayak tepung terigu dan cokelat bubuk. Sisihkan.

3. Campur gula pasir, butter/margarine dan air. Panaskan dengan api kecil sambil diaduk hingga mendidih dan gula larut.

4. Masukkan dark cooking chocolate cincang, aduk hingga seluruh cokelat meleleh dan tercampur rata. Matikan api.

5. Masukkan campuran tepung terigu dan cokelat bubuk, aduk rata dengan sendok kayu. Nyalakan kembali api kecil, aduk hingga membentuk adonan pasta yang licin dan kalis. Angkat. Biarkan hingga agak hangat.

6. adonan isi dan bentuk bulatan yang disesuaikan dengan besar kecilnya ukuran nastar. Sisihkan.

 

Cara membuat kulit nastar :

 

Cara Membuat Kulit Nastar Isi Cokelat

 

Nastar Isi Cokelat

 

  1. Kocok mentega, margarine, gula halus dan vanilli sebentar saja pake mixer, hanya agar lembek dan tercampur saja. Karena mixerku rusak, jadi aku kocok menggunakan whisk (pengocok telur) aja.

2. Masukkan kuning telur satu persatu. Matikan mixer.

3. Masukkan campuran tepung terigu dan susu bubuk sedikit demi sedikit, aduk dengan sendok kayu/spatula hingga tercampur rata.

4. Bungkus adonan dengan plastik wrap dan istirahatkan adonan di dalam kulkas selama + 1 jam. Skip proses ini jika adonan cukup luwes untuk dibentuk.

5. Keluarkan adonan, gilas dan isi adonan dengan bulatan pasta cokelat, bulatkan.

6. Tata kue diatas loyang yang telah dioles sedikit margarine, bisa juga dialasi dengan kertas minyak. Beri jarak antar kue, jangan terlalu berdekatan.

7. Panggang di oven yang telah dipanaskan sebelumnya, suhu oven sekitar 150 derajat aja. Aku sendiri pake oven kompor (otang) jadi suhunya kubuat sedikit lebih rendah, sekitar 120 derajat aja.

8. Panggang sekitar 15 menit, keluarkan dan beri olesan, masukkan kembali dan oven lagi hingga kuning kecoklatan sekitar 15 menit. (Lama pemanggangan tidak sama, sesuaikan dengan oven masing-masing).

9. Keluarkan dari oven dan biarkan kue hingga dingin terlebih dahulu sebelum dimasukkan dalam toples kedap udara.

 

Kebetulan anak-anak sudah libur sekolah, jadi aku minta tolong si bungsu untuk bantuin aku buat kue nastar ini. Aku seneng banget si bungsu mau bantuin, dari campur bahan, mbuletin pasta cokelatnya sampai mengisi dan mbuletin kulit nastarnya, kami kerjakan berdua.

Ternyata bikin nastar itu capek banget ya, padahal bikin cuma Β½ resep aja lho dan dikerjakan berdua. Nah gimana ibu-ibu yang jualan kue nastar puluhan toples dan dikerjakan sendirian, wuahh apa nggak capek itu? Kalo aku sudah semaput kali πŸ˜€

Maksud hati sih ingin buat nastar yang imut-imut, tapi mbuletinnya kebesaran, Β½ resep ini cuma jadi 38 biji aja, mestinya kalo dibuat lebih kecil bisa tuh sampe 50 biji. Sedangkan isian cokelatnya sudah kami buat bulet keciiiil, jadi 70 biji. Jadinya isian cokelatnya malah sisa, sementara ini aku masukin kulkas dulu, entah tuh bisa dibikin apa. Kalo nggak ada ide, ya paling-paling nanti dicemilin gitu aja, enak juga kok. Lha tadi aja mbuletin cokelatnya juga sambil nyemilin dikit-dikit hehehe.

 

Resep Nastar Isi Cokelat Lembut dan Lumer dimulut

 

Percobaan pertama membuat nastar ini, bentuknya masih nggak karuan, ada yang besar, ada yang kecil, nggak bisa bulat mulus juga hiks. Tapi meski bentuknya nggak begitu cantik, rasa nastarnya ini lembut dan lumer di mulut, enaaaak. Aku suka! Emang sih kalo aku pribadi lebih suka isiannya selai nanas, tapi diisi dengan isian cokelat ini juga enak kok. Sesekali nastar isi cokelat, buat variasi.

 

Nastar Isi Cokelat Lembut dan Lumer dimulut

 

Yuk, cobain resep nastar isi cokelat lembut dan lumer dimulut ini, untuk Lebaran!

 

46 Comments

  1. cputriarty June 25, 2016
    • Lianny June 25, 2016
  2. cputriarty June 25, 2016
    • Lianny June 25, 2016
  3. Ardiba June 25, 2016
    • Lianny June 25, 2016
  4. Gustyanita Pratiwi June 25, 2016
    • Lianny June 25, 2016
  5. fanny fristhika nila June 25, 2016
    • Lianny June 26, 2016
  6. Ety Abdoel June 26, 2016
    • Lianny June 26, 2016
  7. Shine June 26, 2016
    • Lianny June 26, 2016
  8. Witri prasetyo aji June 26, 2016
    • Lianny June 26, 2016
  9. Riri kusnadi June 26, 2016
    • Lianny June 26, 2016
  10. Ibu jerapah June 26, 2016
    • Lianny June 26, 2016
  11. siti hairul June 26, 2016
    • Lianny June 26, 2016
  12. Nufazee June 26, 2016
    • Lianny June 27, 2016
  13. Nurul Fitri Fatkhani June 27, 2016
    • Lianny June 27, 2016
  14. Ceritaeka June 27, 2016
    • Lianny June 27, 2016
  15. Ophi Ziadah June 27, 2016
    • Lianny June 27, 2016
  16. Noe June 27, 2016
    • Lianny June 29, 2016
  17. Arina Mabruroh June 27, 2016
    • Lianny June 29, 2016
  18. Hidayah Sulistyowati June 29, 2016
    • Lianny June 29, 2016
  19. febridwicahya July 2, 2016
    • Lianny July 3, 2016
  20. Ernawati Lilys July 3, 2016
    • Lianny July 3, 2016
  21. Lidya July 4, 2016
    • Lianny July 4, 2016
  22. baiqrosmala July 16, 2016
    • Lianny July 18, 2016
  23. Eksapedia July 17, 2016
  24. Lusi July 25, 2016

Leave a Reply