Resep Masakan

Resep Kue Kering Untuk Lebaran, Full Butter Cookies Lembut Mudah Dibuat

 

resep kue kering untuk lebaran

 

Bulan puasa tinggal menghitung hari dan itu artinya Lebaran juga makin dekat. Biasanya menjelang Lebaran mulai banyak yang bikin kue kering. Kalo nggak sempet bikin kue kering ya beli aja, praktis hehehe. Tapi kalo bisa bikin sendiri pastinya lebih puas, ya kaaaan?Β Beberapa waktu lalu aku nyobain resep kue kering untuk Lebaran, full butter cookies lembut dan mudah dibuat, resepnya mba Fatmah Bahalwan NCC.

Aku selalu suka kue kering yang pakai butter, aromanya wangi dan kue nya bisa lembut, enak! Bahannya dikit dan cara membuatnya juga gampang. Bahagia banget lah kalo nemu resep seperti ini.

 

Resep Kue Kering Untuk Lebaran

 

Teman-teman suka makan kue kering apa nih waktu Lebaran? Kalo aku paling suka kue nastar, putri salju, kastengels, lidah kucing, gabus telur dll. Duh banyak amat ya, hehe iya, hampir semua kue kering aku suka *lalu badan tambah melar πŸ˜€

Tapi bener loh, makan kue kering itu kayak makan kacang, begitu masuk mulut sekali, bakalan nggak bisa berhenti, keterusan deh lap lep lap lep, eeh tau-tau abis setoples hahaha.

Ini resep kue kering untuk lebaran yang sudah pernah kutulis di blog. Silahkan cari aja yaΒ  di kategori resep masakan.

 

  1. Nastar

Kue kering dengan isian nanas ini merupakan salah satu kue kering favoritku. Cuma belum pernah bikin sendiri nastar isi nanas karena males bikin isian nanasnya, sepertinya ribet hehehe. Pengin sih nyobain bikin, cuma si bungsu waktu itu minta nastar isi cokelat, jadilah bikin nastar isi cokelat. Enak juga sih, tapi tetep mah kalo buat aku, isian nanas lebih nikmat.

 

2. Kastengel

Nah kalo ini sih buat yang suka banget dengan keju. Kue kering dengan rasa asin gurihnya keju, enak juga.

 

3. Putri Salju

Kue kering dengan rasa manis bercampur gurihnya kacang ini memang banyak yang suka. Tapi ada juga yang nggak terlalu suka kacang ya. Alternatif lainnya, bisa diganti dengan keju, rasanya tetap enak. Aku pernah bikin nih putri salju keju lumer, beneran enak, lumer di mulut.

 

4. Gabus Keju

Nah kalo gabus keju ini kue kering yang digoreng. Kalo mau bikin sendiri, harus siapin waktu ya karena proses melintir adonannya itu rada lama kalo dilakukan sendiri. Kalo mau cepet, kerahkan bala bantuan, suami atau anak-anak hehehe.

 

5. Full butter cookies

Kue yang terakhir ini paling gampang deh bikinnya dibandingkan dengan ke empat kue kering lainnya. Seneng nemu resep full butter cookies, bahan utama cuma 5 aja, ditambah satu bahan lagi yaitu vanili, ini bisa pakai bisa nggak, cuma bikin aroma lebih wangi aja sih.

 

Resep kutulis di bawah ini, ya.

 

Resep Full Butter Cookies

Bahan full butter cookies:
300 gr butter/mentega
150 gr gula halus
3 butir kuning telur
400 gr terigu protein sedang/rendah (Aku pakai tepung kunci biru)
75Β  gr susu bubuk (aku pakai susu bubuk Dancow)
1 sdt vanili

 

Cara membuat full butter cookies:

  1. Campurkan butter dan gula halus. Mikser sebentar saja, sekedar supaya tercampur rata.
  2. Masukkan telur, mikser lagiΒ sebentar sampaiΒ rata saja.
  3. Masukkan tepung terigu, susu bubuk dan vanila. Aduklah dengan sendok kayu sampaiΒ rata.
  4. Bisa dicetak sesuai selera. Panggang di oven dengan suhu 150 derajat CelsiusΒ selama 20 menit atau sampai matang.

 

 

 

bahan membuat full butter cookies

 

 

Berhubung aku nggak punya cetakan kue kering, jadilah aku pakai tutup botol air kemasan buat bikin buletan-buletannya. Kalo teman-teman punya cetakan kue, bentuk bintang, bunga dll silahkan saja dipakai, pasti bentuknya akan lebih cantik dari ini.

 

kue kering lebaran full butter cookies

 

full butter cookies lembut mudah dibuat

full butter cookies

Olesan kuning telurnya kurang banyak dan kurang merata ini. Tapi rasanya enak, lumer, ngeprul di mulut karena memang full butter ya. Cocok banget buat teman minum teh di sore hari.

 

Sederhana dan gampang banget kan bikinnya ini. Buat teman-teman yang nggak punya banyak waktu tapi tetap pengin nyobain resep kue kering untuk lebaran, cobain deh resep kue kering full butter cookies ini.

Teman-teman suka kue kering apa? Share di komen, ya!

 

67 Comments

  1. Abu Alifa May 12, 2018
    • Lianny May 12, 2018
  2. Silviana Noerita May 13, 2018
    • Lianny May 13, 2018
  3. Rusydina Tamimi May 14, 2018
    • Lianny May 14, 2018
  4. Suciarti Wahyuningtyas May 14, 2018
    • Lianny May 14, 2018
  5. Leli May 14, 2018
    • Lianny May 14, 2018
  6. prih May 14, 2018
    • Lianny May 15, 2018
  7. meutia rahmah May 14, 2018
    • Lianny May 15, 2018
  8. atiqo May 14, 2018
    • Lianny May 15, 2018
  9. lendyagasshi May 14, 2018
    • Lianny May 15, 2018
  10. Eni martini May 15, 2018
    • Lianny May 15, 2018
  11. Bibi Titi Teliti May 15, 2018
    • Lianny May 15, 2018
  12. Faridilla Ainun May 15, 2018
    • Lianny May 15, 2018
  13. April Hamsa May 15, 2018
    • Lianny May 15, 2018
  14. Citra May 15, 2018
    • Lianny May 15, 2018
  15. irni May 15, 2018
    • Lianny May 15, 2018
  16. Rach Alida Bahaweres May 15, 2018
    • Lianny May 15, 2018
  17. Anggraeni Septi May 15, 2018
    • Lianny May 15, 2018
  18. Lina Sasmita May 16, 2018
    • Lianny May 16, 2018
  19. Himawan Sant May 16, 2018
    • Lianny May 16, 2018
  20. Mayuf May 16, 2018
    • Lianny May 17, 2018
  21. Dian Safitri May 16, 2018
    • Lianny May 17, 2018
  22. Nova Violita May 16, 2018
    • Lianny May 17, 2018
  23. Utie adnu May 17, 2018
    • Lianny May 17, 2018
  24. Lusi May 17, 2018
    • Lianny May 17, 2018
  25. Dey May 17, 2018
    • Lianny May 17, 2018
  26. Nur Rochma May 17, 2018
    • Lianny May 17, 2018
  27. Juli May 18, 2018
    • Lianny May 18, 2018
  28. andyhardiyanti May 18, 2018
    • Lianny May 18, 2018
  29. Ratna Dewi May 18, 2018
    • Lianny May 21, 2018
  30. Beautyasti1 May 20, 2018
    • Lianny May 21, 2018
  31. Satria salju May 20, 2018
    • Lianny May 21, 2018
  32. Icha faizah May 21, 2018
    • Lianny May 21, 2018
  33. Ersa May 22, 2018
    • Lianny May 22, 2018

Leave a Reply

My Instagram