Resep Fudgy Brownies

 

resep fudgy brownies

 

Dua minggu lalu waktu aku ke supermarket, si sulung ikut. Eeeh dia ambil adonan es krim instan dan dimasukkan ke dalam keranjang belanjaan. Aku taunya pas bayar di kasir hahaha. Es krimnya baru kubuat beberapa hari lalu, tinggal nambahin air es aja lalu dimixer. Praktis banget, hasilnya lembut.

Pesan anak-anak nih, kalo es krim sudah dibuat, aku mesti buat juga pancake atau brownies biar bisa dimakan sama es krimnya itu. Searching deh resep brownies, banyak yang mirip sih, cuma beda takaran dcc, mentega dan tepungnya. Untuk tekniknya, ada yang dcc dilelehkan bareng mentega, ada yang mixer dulu telur dan gula sampai kental, ada yang pake baking powder.

Akhirnya aku nyobain resep fudgy brownies yang tampaknya simple, nggak ribet. Dan nyari yang jumlah dcc nya kurang dari 200 gram, karena sisa stock dcc di rumah waktu itu cuma sekitar 170 gram aja. Tekstur fudgy brownies yang dihasilkan ini crunchy diluar, bagian dalamnya fudgy dan moist. Sumber resep dari Martha Stewart yang dimodifikasi oleh Vikanomias_Kitchen. Resepnya kutulis di bawah ini:

 

Resep Fudgy Brownies

Bahan:

80 gram margarin

85 gram tepung terigu serbaguna (aku pake segitiga biru)

20 gram cokelat bubuk

150 gram dark cooking chocolate (DCC) (Aku pake colatta)

180 gram gula pasir

2 butir telur

 

Cara membuat:

  1. Panaskan oven 180’C. Siapkan loyang, oles margarin dan alasi dengan baking paper (lebihkan atasnya sekitar 3 cm untuk memudahkan mengeluarkan brownies dari loyang, karena brownies jangan dikeluarkan dengan cara dibalik). Sisihkan. Ukuran loyang bisa pakai yang 30 x 10 x 5 cm.

2. Lelehkan DCC

3. Ayak terigu dan cokelat bubuk, aduk rata, sisihkan.

4. Kocok gula dan margarin dengan whisker atau mixer kecepatan rendah sampai gula larut, kemudian masukkan telur, aduk rata cukup sampai tercampur. Lalu masukkan ayakan terigu dan cokelat bubuk, aduk rata sebentar.

5. Masukkan cokelat leleh (tekstur jangan terlalu cair) dan aduk rata (jangan over mix)

6. Tuang ke dalam loyang (adonan kental karena mengandung banyak cokelat). Panggang dalam oven sampai matang (tes tusuk kematangan) sekitar 30 menit (kinerja tiap oven berbeda, sesuaikan oven masing-masing). Permukaan akan terbentuk β€œShiny Crust” khas brownies dan bagian tengah sudah kokoh bila ditekan.

7. Keluarkan dari oven. Diamkan dalam loyang minimal 15 menit. Keluarkan brownies dengan cara mengangkat kertas roti/baking paper. Biarkan masih dengan kertas roti/baking paper dinginkan di atas rak kawat (cooling rack). Setelah dingin potong-potong dengan menggunakan pisau tajam agar rapi.

 

bahan fudgy brownies

Bahan Fudgy Brownies

 

Step by step membuat fudgy brownies:

 

lelehkan dcc

Lelehkan dcc

 

Campur tepung dan cokelat bubuk

Ayak tepung dan cokelat bubuk, aduk rata

 

cara membuat fudgy browniesCara membuat fudgy brownies

 

Aku pake otang nih manggang browniesnya, nggak ada kertas roti jadi loyangnya cuma kuoles margarin dan tabur sedikit tepung aja.

Baca juga: Resep Choco Lava Cake, No Mixer No Oven

 

Percobaan pertama buat brownies, aku pake loyang 20 x 10 x 4 cm, kurang gede ini loyangnya. Aku panggang 30 menit, ternyata bagian luar brownies terlalu kering, untung bagian dalamnya nggak. Dimakan dengan es krim tetap enak dan langsung diserbu anak-anak, habis browniesnya. Syukurlah.

 

browniesPercobaan pertama buat brownies, bagian luar terlalu kering. Bagian dalamnyaΒ  memang nggak kering sih, tapi kurang moist menurutku.

 

brownies with ice creamEnak juga dimakan dengan es krim. Ini naruh es krim dan choco chipsnya asal naruh aja, ehh begitu selesai kok jadinya gini. Mirip si guk-guk atau apalah ini. Diliat-liat lucu juga ya hahaha.

 

Percobaan kedua. Berhubung es krim masih ada sisa, dan brownies habis, besoknya aku coba buat lagi, kali ini sambil intip-intip ovennya hahaha. Pake loyang ukuran 18 x 18 x 7 cm. Sekitar 20 menitan, aku liat shiny crust sudah keluar, bagian tengahnya sudah kokoh dan waktu tes tusuk, ada sedikit remah lembab nempel di tusuk gigi. Berarti udah matang dong ini, jadi aku keluarin aja browniesnya.

 

fudgy browniesPercobaan kedua ini pake loyang kotak 18 x 18 x 7 cm

 

fudgy brownies

 

Jadi emang waktu manggang di resep itu nggak bisa dijadikan patokan ya, harus sesuaikan dengan oven masing-masing karena tiap oven pasti beda. Apalagi buat yang pake otang sepertiku ini, harus rajin intip ovennya juga hahaha.

 

fudgy browniesKarena nggak pake kertas roti, jadi bingung ngeluarin browniesnya. Akhirnya ya dipotong-potong aja di loyangnya.

 

Kali ini browniesnya sesuai dengan yang kuharapkan, brownies bagian luar crunchy dan bagian dalamnya moist. Β Suka banget! Ada beberapa potong sisa brownies yang kusimpan sampai besok paginya, eh rasanya malahh tambah enak. Cobain deh bikin dan rasakan sendiri!

 

fudgy browniesIni belum ada setengah jam keluar oven, sudah dipotong-potong. Cruncy di luar, fudgy & moist dalamnya. Suka!

 

resep fudgy browniesFudgy brownies. Sengaja nggak kukasih almond karena anak-anak nggak suka, jadi buat yang polosan gini aja, malah enak dimakan dengan es krim.

 

Aku biasanya nggak terlalu suka brownies panggang, lebih suka brownies kukus karena teksturnya lebih halus lembut. Tapi habis nyobain fudgy brownies ini, mendadak jadi suka juga brownies panggang. Enak! πŸ˜€

Kapan-kapan aku mau cobain buat brownies dengan teknik beda, yang gula dan telur dimixer dulu sampai kental. Penasaran aja pengin tau rasanya gimana. Juga mau nyobain brownies kukus *banyak penginnya, semoga nggak males prakteknya.Β 

 

Tips:

  • Cara melelehkan dcc dengan cara di tim:Β  Potong kecil-kecil / serut dcc untuk mempercepat lelehnya. Masukkan dalam mangkok. Siapkan panci kecil berisi air. Letakkan mangkok isi dcc di atas panci berisi air. Dasar panci berisi cokelat jangan sampai menyentuh panci berisi air tadi.Β  Panaskan panci dengan api kecil, tidak usah sampai mendidih, cukup panas aja matikan api. Aduk-aduk terus hingga coklat meleleh.
  • Panggang brownies selama sekitar 30 menit atau hingga permukaan brownies tampak retak-retak dan ketika disentuh sudah kokoh (mengeras). Bisa dilakukan tes tusuk untuk menguji kematangan. Tes dengan tusuk gigi, jika ada adonan masih basah menempel, berarti brownies masih belum matang. Jika ada sedikit remah lembab menempel, berarti brownies sudah matang. Tidak apa-apa, bagian dalam yang lembek nanti akan mengeras dengan sendirinya ketika brownies sudah dingin. Jangan terlalu berlebihan memanggang karena brownies yang dihasilkan akan terlalu kering dan kurang fudgy. Jika tidak ada yang menempel di tusuk gigi berarti sudah over baked, kelamaan manggangnya.

 

Be Sociable, Share!

About Lianny

Happy mom with three nice children
This entry was posted in Resep Masakan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

94 Responses to Resep Fudgy Brownies

  1. Mba, brownies jenis ini emang di tengah agak basah ya mbaa . Sipp asyik resepnya ya mbaa. Terima kasih

  2. ninda says:

    kak lian aku juga biasanya pakai di mixer sampek kental sih
    sama belom nyoba yg panggang juga
    kapan2 coba ah
    tapi mungkin telornya yanglebih banyak ya

  3. resep2 mbak lia selalu bikin ngiler -_-
    aku pngen nyobain bebeapa resep yang mbak liat posting belom ada waktu aja T^T aku pengen nyobain yg cheesecake, kalo yg brownies ini butuh banyak peralatan, di messku ngga ada mixer, apalagi oven T^T

    • Lianny says:

      Brownies ini aku ngaduknya nggak pake mixer, pake whisker aja, tapi pake oven sih hehehe.
      Yup, yang oreo chese cake gampang, cuma masukin kulkas aja nanti πŸ™‚

  4. prih says:

    Jeng Lianny, kemampuan backing dan cooking selain untuk memanjakan buah hati juga bakalan disenangi sahabat loh Jeng, jadi semakin sering praktik oleh pesanan. Salam hangat

  5. Dwi Puspita says:

    Ya Allah…enak sekali. Bener2 bikin gregetan deh… pgen nyoba juga. Tapi masih belum bisa dgn anak…

  6. Nchie Hanie says:

    Mbaaaa…Mbaaaa atulah..
    pagi2 dah disuguhin kaya begini,
    Itu makanan favorit akuu,

    Jadi lapeer pengen yang manis2

  7. Ety Abdoel says:

    Yang kusuka dr bikin brownies panggang itu aduk adonannya gak perlu mengembang.
    Mudah jadinya.

  8. Okti Li says:

    Yang panas-panas, dimakan sama es krim…
    gak kebayang gimana rasanya ya?
    Harus cob! πŸ™‚

  9. Wuiiih pengin ikut nyobain mba, biasanya aq pake tepung premix biar cepet hihiii.. dasar males. Tapi skrg klo bikin ga ada yg ngabisin, yg doyan roti lagi merantau πŸ™‚

  10. PutriKPM says:

    Ya ampun salah baca ginian pas jam kerja dan jam makan siang masih 2 jam lagi hiksss ini kok kayaknya enak banget sihhhhhh

  11. Vita Masli says:

    Maaakk..manisnyaaa. 180gr.

  12. Fanny f nila says:

    Kalo brownies drdulu aku slalu lbh seneng yg panggang mba, krn rasanya lbh chewy2 gimana gitu :p. Kalo kukus ga doyan krn trlalu lembut dan coklatnya suka pahit :D. Rsanya j mirip bolu biasa kebanyakan. Belum prnh sih nyoba bikin sendiri, pdhl mamaku bilang brownies itu kue paling gampang utk pemula krn sbnrnya ini bolu bantet hihihihi… Tp malah jd lbh enK drpd bolu yaa :D. Pokoknya kalo buatku coklatnya jgn pahit aja, aku pasti suka

    • Lianny says:

      hahaha iya brownies disebut bolu bantat ya, tapi enaaak.
      Iya juga, cokelat bubuknya bisa pengaruh juga, ada yang dikit aja rasanya pahit.

  13. HM Zwan says:

    mauuuu…. brownis model fudgy ini seksi kali kalo di foto,pingin ngabisinnnn^^

  14. wah, boleh jg nih dicoba resepnya πŸ™‚

    Budy | Travelling Addict
    Blogger abal-abal
    http://www.travellingaddict.com

  15. Yang nggak pake panggang, bisa, gak, mbak?

  16. LIZA says:

    aku juga mau dong dibuAtin brownies sama mbak lianny

  17. eleeeuh eleeuh bikin ngileeerr lg..
    pengen nyoba eksekusi tp blm punya oven, heu

  18. rita dewi says:

    Noted resepnya 😊

  19. Noe says:

    Haha.. es krim nya kayak snowball yg kepalanya jatuh malahan menurutku. Lucuu

  20. Inna Riana says:

    makk… aku mau minta ajaah fudgy browniesnyaa

  21. Lendyagasshi says:

    Fotonya aja menarriikk banget, mba..

    Pernah bikin, tapi bantet..huuhuu..jadi kapok bikin.
    Coba pake resep dari mba Lianny..

    Haturnuhun.

  22. Lingga says:

    Luar biasaaaa..mba ajarin baking doong..ya ampun yg aku bisa cuma bikin pudiing..ngeliat begini jd pengen belajar. Makasih tipsnya mba

  23. Fudgy browniesnya yg kedua kejnya lumer banget ya mbak… bisa nambah itu klo dimakaan sma es krim hheee

  24. Udah lama pengen buat brownies sendiri. Sekarang dapet resep dari Mbak Lianny, deh. Simpen resepnya ah…makasih ya…

  25. cputriarty says:

    Emang ya postingan mbk li itu selalu sukses.bikin ngiler. Jadi bingung ujan2 gini mau nyari Fudgy cake brownis di mana.hahaha☺

  26. cumilebay says:

    Ini buat temen minum teh sore2 kalo gerimis
    jadi kayak nya kurang manja kalo buat makan ice cream hahaha

  27. Helena says:

    brownies kukus aja ada gak? Gak punya oven nih mak.

  28. lindaleenk says:

    pas jam makan siang baca ini :))
    duh lapar

  29. Noted ah, aku suka banget sama brownies mak apalagi rasa cokelat

  30. hmmm… lezattt bgt kalo uda nyangkut di perut tuh brownies πŸ˜€

  31. elsawati says:

    aduh kayaknya enak tuh brownies nya, aku belum bisa-bisaa

  32. Uci says:

    Mba, krenyes banget kliatan enak gituuu ini. Ini langsung jadi yaa mba, ngga pake gagal hehe

  33. dikatama says:

    Ngeliat fotonya aja kayaknya enak banget.

    Boleh dicoba resepnya πŸ™‚

  34. Jadi ngeces pengen nyobain mba… enak bangek kayaknya

  35. Tipsnya sangat membantu mba… ndak sabar pengen nyobain…

  36. indah nuria says:

    kebayaaang enaknya ini..tapi pasti manis aja yaa πŸ™‚

  37. desi says:

    wah lengkap sekali tutorialnya, meskipun bisa buat, sepertinya rasanya tidak se enak yang ibu lianny bikin…

  38. Alma Wahdie says:

    Lebaran kmren pertama kali nyobain bikin brownies panggang. Udahlah overcooked, trus pas ngeluarin dari loyangnya malah kubalik, mba x_x
    Baru tau ternyata baiknya ga dibalik ya. Hehee. Catet aah.

    Untunglah, asal kue coklat pasti laris di rumah LOL

  39. geguritan says:

    roti faforitku nih,, kadang kalau lagi laper bisa abis sendiri 1 kotak brownies,, habis itu langsung neg hahaha πŸ˜€

  40. ASI Bunda says:

    aku sukanya mah makannya doang, kalau suruh masak paling nanti juga gosong :)….

  41. nola says:

    aku juga sering searching resep brownies dan rata-rata mirip, pas nemu resep yang beda jadi galau, mau praktekin yang mana.. kalo ngeliat resep mbak ini sepertinya sakseus ya.. ku mau coba bikin ahh.. thanks ya mbak.. πŸ˜€

  42. Lidya says:

    pingin beli oven lagi ah, yg punyaku agak error nih

  43. Di luar hujan, terus liat brownies ini. Hmmmm bikin ngiler bgt mbak.

  44. Adam Green says:

    wuihh, enak banget yah, jdi ngiler deh liat brownies kayak gini, kayaknya istri saya harus latihan nih cara buat brownies yang enak kayak mba, hehehe
    terima ksih dan salam kenal mba

  45. enak banget kaya nya, jadi pingin coba

  46. lirik lagu says:

    emang ajib deh nih brownies

  47. Dita says:

    Mbak, ak kmaren coba bikin dengan resep yg berbeda sih…..
    Minta tips donk biar kanan kiri n bawahnya bisa kering…
    Maklum pemula mbak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*