Resep Bola-Bola Ubi (Bobobi) Ungu Kopong

 

 

resep bola-bola ubi (bobobi) ungu kopong

 

Udah pernah nyoba makan bola-bola ubi kopong belum?

Aku makan bola-bola ubi kopong pertama kali di Surabaya. Awalnya sih waktu jalan-jalan di GWalk Citraland Surabaya saat liburan sekolah bulan Juni lalu, kok melihat ada yang jualan bola-bola ubi. Bentuk ubi nya bulet, lucuuuu, jadi tertarik buat beli. Yang jual ternyata nggak cuma satu, tapi ada beberapa, nah bingung kan mau pilih yang mana. Akhirnya nyobain beli di salah satu penjual, beli satu bungkus saja sekedar memuaskan rasa penasaran. Ternyata tengahnya kopong loh, rasanya juga enak, cuma ya ituuu nggak berani makan banyak-banyak gorengan, ingat umur ingat kolesterol #uhuks.

Nah, 2 bulan lalu tiba-tiba si bungsu Alicia nunjukin hp nya, dia melihat cara membuat bola ubi kopong di youtube-nya Elisabeth Wang. Lah kok aku jadi tertarik bikin bola ubi sendiri yah, sepertinya nggak terlalu susah bikinnya. Kebetulan hari itu bapak penjual sayur langgananku bawa ubi, cuma ubinya bukan ubi kuning tapi ubi putih. Biasanya yang sering dibuat bola ubi adalah ubi yang warnanya kuning, jadi nanti hasilnya bisa terlihat cokelat keemasan, dalamnya juga cantik warna kuning.

Nggak apa deh, cobain dulu lah pakai seadanya ubi, pikirku. Taraaaa, seneng banget, berhasil bikin bola ubi kopong, tengahnya beneran kopong, rasanya juga enaaaak. Makannya pas anget-anget, jadi kulitnya renyah, cuma sedikit kemanisan buatku. Duh kalo nggak ingat ini gorengan, sudah lap lep aja bola ubi ini masuk mulut hahaha.

 

Hasil percobaan pertama pakai ubi warna putih, seperti ini kalo tengahnya kopong. Kalo pakai ubi kuning, tengahnya bisa cantik warna kuning.

 

Dua minggu kemudian, bapak penjual sayur langgananku bawa ubi lagi, kali ini ubi warna ungu. Kepikiran deh pengin bikin lagi bola ubi, sekalian buat kuposting di blog ini. Waktu bikin yang pertama pakai ubi putih, aku cuma motret hasil jadinya aja. Ya udah akhirnya aku beli ubi ungunya dan langsung bikin, apalagi waktu itu ada Alicia yang pulang sekolah lebih pagi, jadi bisa bantuin bulet-buletin adonannya. Asyik!

 

bahan bola-bola ubi ungu kopong

Bahan bola ubi ungu kopong

 

Ternyata kalo ubinya ungu malah agak susah menentukan ini sudah matang apa belum gorengannya, apalagi bikinnya ini sudah sore. Kalo warna putih kan langsung keliatan warnanya jadi kuning. Begitu juga kalo ubi kuning, gorengan yang matang warnanya cokelat keemasan.

Aku tulis resep bola-bola ubi (bobobi) ungu kopong di bawah ini, dengan sedikit modifikasi. Untuk percobaan kedua, takaran gulanya aku kurangi dikit. Resep aslinya pakai 125 gr gula halus, ini aku pakai 100 gr gula halus aja, sudah manis rasanya. Juga baking powdernya, di video cuma disebutkan 1 sendok baking powder, nah itu 1 sendok teh atau 1 sendok makan ya maksudnya? Sepertinya sih 1 sendok makan, tapi akhirnya aku bikin pakai 1 sdt aja , tetap berhasil kok.

 

 

Resep Bola-Bola Ubi (Bobobi) Ungu Kopong

Bahan:

400 gr ubi jalar kuning

100 gr gula halus

100 gr tepung tapioka

50 gr tepung maizena

1 sdt baking powder

 

Cara Membuat:

  1. Kukus ubi jalar kuning sampai matang.

2. Hancurkan ubi yang telah dikukus pakai garpu hingga lembut. Buang serat-seratnya jika ada. Diamkan sebentar hingga agak dingin.

3. Campurkan gula halus, tepung maizena, tepung tapioka dan baking powder sedikit demi sedikit sambil diayak. Aduk hingga rata.

4. Tutup adonan dengan plastik selama kurang lebih 1 jam.

5. Setelah itu bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil

6. Siapkan wajan, isi dengan minyak agak banyak, nyalakan kompor. Jika minyak sudah sedikit panas, masukkan bola bola ubi tadi.

7. Goreng hingga matang, jangan lupa tekan-tekan bola ubi agar tengahnya bisa kopong. ( Baca tips di bawah resep ini )

8. Angkat, tiriskan.

 

cara membuat bola-bola ubi ungu kopong

Ubi kukus dihaluskan

 

cara membuat bola-bola ubi ungu kopong

Campur dengan bahan-bahan lainnya

 

Tutup plastik dan diamkan sekitar 1 jam

 

cara membuat bola-bola ubi ungu kopong

Adonan dibentuk bulet. Ini buletannya kurang rapi dan ukurannya nggak sama πŸ˜€

 

cara membuat bola-bola ubi ungu kopong

Abaikan wajannya ya hehe, ini wajan buruk rupa kesayanganku yang biasa kupakai buat menggoreng.

 

 

Ada beberapa tips nih untuk membuat bola-bola ubi kopong anti gagal:

  • Setelah ubi kukus dihancurkan hingga lembut, diamkan sebentar. Setelah agak dingin baru campur dengan bahan-bahan lainnya.
  • Untuk bola ubi ini lebih baik digunakan gula halus. Jika pakai gula pasir biasa, takutnya jika pencampuran kurang rata, pada saat adonan bola ubi digoreng akan lebih cepat menjadi gosong.
  • Takaran gulanya bisa disesuaikan dengan rasa manis ubinya. Kan ada yang ubinya sudah manis, ada ubi yang nggak terlalu manis saat dimakan. Cicipi aja ubi setelah ubi dikukus. Jika ubi sudah manis, takaran gula bisa disesuaikan.
  • Gunakan minyak panas yang agak banyak hingga bola ubi bisa terendam sepenuhnya saat digoreng.
  • Ada yang mengatakan, dalam keadaan minyak dingin (kompor belum dinyalakan) adonan bola ubinya dimasukkan, baru setelah itu kompor dinyalakan. Nah aku ini pakai minyak yang sudah dipanaskan dikit sesuai tips di video yang aku lihat. Dia bilang sudah mencoba kalo adonan dimasukkan dalam keadaan minyak dingin, bagian bawah adonan akan tertekan di wajan sehingga hasil bola ubinya nanti akan gepeng, nggak ngembang. Betul enggaknya aku juga nggak tau, karena belum coba bikin bola ubi goreng pakai minyak dingin. Jika teman-teman udah pernah coba goreng pakai minyak dingin, sharing yah, tetap berhasil bola ubinya ngembang bulet atau enggak?
  • Masukkan adonan bola ubi ke wajan nggak boleh terlalu penuh dan sering-sering deh gerakkan bola ubinya biar bola ubi bisa ngembang bagus, api jangan terlalu besar biar nggak gosong.
  • Saat menggoreng, begitu adonan bola ubi masuk, jangan langsung ditekan bola ubinya, biarkan kulitnya matang dulu. Setelah terlihat matang baru tekan-tekan bola ubinya agar tengahnya bisa kopong. Memang saat ditekan bola ubi akan gepeng sesaat tapi akan bulet lagi kok terkena minyaknya.

 

bola-bola ubi ungu kopong

Yang ini tengahnya sudah kopong, tapi belum sempurna, masih ada dikit adonan di bagian pinggir

 

Ini hasilnya, bola-bola ubi ungu, jadi banyak, ada sekitar 30 buah bola ubinya *tergantung besar kecilnya bulatan. Bisa langsung ketauan, hasil gorengan bola ubinya kopong atau enggak. Ambil gorengan bola ubi tadi, rasakan, jika agak berat biasanya masih belum kopong sempurna. Yang tengahnya kopong biasanya terasa ringan. Yuk, buktikan! πŸ˜€

Bola ubi kopong ini enaknya dimakan anget, kulit bola ubinya terasa renyah. Masih penasaran nih bikin bola ubi pakai ubi kuning, pasti hasilnya akan lebih cantik.

 

 

Be Sociable, Share!

About Lianny

Happy mom with three nice children

This entry was posted in Resep Masakan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

46 Responses to Resep Bola-Bola Ubi (Bobobi) Ungu Kopong

  1. Noe says:

    Ubii kukus aja udh enak, dan bakal aku habiskan. Malas proses bikin adonan sampe goreng2 aku maah πŸ˜€

    • Lianny says:

      hahaha iya, dikukus aja memang sudah enak ya Noe. Ini sih buat variasi aja kalo misal bosen masak ubi dikukus melulu πŸ˜€

  2. Wah enak juga ini, tinggal pakai cocolan gula merah atau maizena. Saya kalau masak kurang nyaman pakai minyak dingin, jadi mendingan pakai tips setelah minyak panas ini ya. Oh kalau pakai ubi ungu malah lebih dilihat banget ya kadar matangnya. Tadinya saya kita ditekannya itu pas masih adonan, ternyata pas lagi digorengnya.

  3. Dwi Septiani says:

    Aku baru tau loh mb ada jenis makanan ky gini.. Hehehe.. Mungkin laku yaa klo dijual di Lampung sini.. Xixixi.. Makasih resepnya mbak.. Langsung aku save πŸ˜€

  4. Wah kok bisa kopong gitu ya? Jadi penasaran. Kayaknya enak ya, mbak kuenya

  5. Hairi Yanti says:

    Saya pernah icip, Mbak. Beli waktu ada festival makanan gitu. 7 biji 15 ribu. Hehehe… Lihat penjualnya ngegoreng, emang ditekan-tekan gitu ya ngegorengnya. Lumayan lama juga nunggu matang mungkin karena apinya ga besar. Makasiih resepnya ya mbak πŸ™‚

  6. boleh nih dicoba resepnya, buat camilan si kecil kayagnya asik nih

  7. Hastira says:

    wah camilan yang enak dan murah meriah ya, ubi ungu memang enak

  8. Nchie Hanie says:

    Bola-bola ubi cemilan paporit keluarga sedari kecil, mamaku sering bikin eh nurun ke anak2nya kalo lagi ga ada makanan bikin ini deh.
    Cuma aku belom pernah nyoba yang ubi ungu Mba, seringya yang kuning, tampilannya ceriaa.
    Hmm, jadi mau atulaah..

    Eh btw banyak juga sih dijual di tukang gorengan, cuma kopong banget dan bola2nya gede,jadi pas dimakan rasanya alot.

    • Lianny says:

      Nah, betul! Yang warna kuning terlihat lebih cantik ya Nchie, aku belum nyoba pakai ubi kuning.
      Enak bikin yang nggak terlalu gede bola ubinya, selain lebih cepat matang, juga bakal lebih kriuk ya.

  9. Halo mbaa. Aku kira ditengahnya akan padat dan teryata kosong ya mba.
    Mau ah coba, tapi udah lama juga aku nggak mencoba ubi ungu

  10. Maya Siswadi says:

    Liat bola-bola ubi gini kog aku jadi keingetan tahu bulat yaaa. Persis kek gini, kopong tengahnya. Tapi aku jadi penasaran pengen coba bikin sendiri gampang keknya yaa

  11. Lusi says:

    Bener juga ya, kalau ungun susah buat tau sdh matang atau belum. Tapi wujudnya lebih bagus, lucu.

  12. Annisa says:

    Wah bisa dicoba nih buat camilan sehari-hari. Lebih sehat juga ya. Kalau beli kadang minyaknya udah dipake berkali kali dan udah item banget. Makasih ya mbak buat resepnya. Nice to try

  13. Unik banget bisa kopong dalamnya..
    Jadi pengen buat juga nih mba..

  14. Wahaaa.. kebtulan di rumah nenek ada ubi ungu. Kemarin2 dibikin puding aja. Diolah sperti resep mba Lianny kece juga inih. Anak2 spertinya ga cukup satu… xixixi…

    Siap bookmark besok2 dipraktekin.

  15. Atiqo says:

    Duh mbaa bikin ngiler, coba argh kapan-kapan πŸ˜…πŸ˜…. Tfs yaa mbaa

  16. tutyqueen says:

    Mbaak..aku ngiiler huhu pengen buat mudah-mudahan berhasil πŸ™‚

  17. Aih, dirimu rajin banget sih, Mba…. Pasti anak2 hepi banget deh mamanya rajin bikin camilan kyk gini. πŸ™‚

  18. Anindita Ayu says:

    Harus segera dieksekusi nih nanti sore. Makasih resepnya mbak. ^^

  19. Nova DW says:

    Namanya mirip film kartun kesukaan anakku : Boboiboi hehe. Kelihatannya enak nih mbak ^^

  20. Gak meletup saat digoreng ya, Mbak? Saya masih agak takut-takut kalau bikin ini

  21. jarang-jarang nih aku BW sampe ngulang bac 2-3 kali biar paham betul hihi.. aku kasi bintang juga artikelnya supaya nanti bisa diliat lagi. segera dicoba ah! terima kasih sharing nya mba

  22. Rani R Tyas says:

    Bisa kopong gitu ya.. apa karena pengaruh baking powder itu ya? Macam donat juga bisa ngembang.

  23. Wah, baru tau ada makanan Ubi Kopong, Mbak. Sambil baca saya mikir, kok bisa kopong, ya. Padahal Ubi kan berat..
    Kayaknya untuk tau jawabannya, perlu dieksekusi nih! πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *