Resep Masakan

Resep Bola-Bola Ubi (Bobobi) Ungu Kopong

 

 

resep bola-bola ubi (bobobi) ungu kopong

 

Udah pernah nyoba makan bola-bola ubi kopong belum?

Aku makan bola-bola ubi kopong pertama kali di Surabaya. Awalnya sih waktu jalan-jalan di GWalk Citraland Surabaya saat liburan sekolah bulan Juni lalu, kok melihat ada yang jualan bola-bola ubi. Bentuk ubi nya bulet, lucuuuu, jadi tertarik buat beli. Yang jual ternyata nggak cuma satu, tapi ada beberapa, nah bingung kan mau pilih yang mana. Akhirnya nyobain beli di salah satu penjual, beli satu bungkus saja sekedar memuaskan rasa penasaran. Ternyata tengahnya kopong loh, rasanya juga enak, cuma ya ituuu nggak berani makan banyak-banyak gorengan, ingat umur ingat kolesterol #uhuks.

Nah, 2 bulan lalu tiba-tiba si bungsu Alicia nunjukin hp nya, dia melihat cara membuat bola ubi kopong di youtube-nya Elisabeth Wang. Lah kok aku jadi tertarik bikin bola ubi sendiri yah, sepertinya nggak terlalu susah bikinnya. Kebetulan hari itu bapak penjual sayur langgananku bawa ubi, cuma ubinya bukan ubi kuning tapi ubi putih. Biasanya yang sering dibuat bola ubi adalah ubi yang warnanya kuning, jadi nanti hasilnya bisa terlihat cokelat keemasan, dalamnya juga cantik warna kuning.

Nggak apa deh, cobain dulu lah pakai seadanya ubi, pikirku. Taraaaa, seneng banget, berhasil bikin bola ubi kopong, tengahnya beneran kopong, rasanya juga enaaaak. Makannya pas anget-anget, jadi kulitnya renyah, cuma sedikit kemanisan buatku. Duh kalo nggak ingat ini gorengan, sudah lap lep aja bola ubi ini masuk mulut hahaha.

 

Hasil percobaan pertama pakai ubi warna putih, seperti ini kalo tengahnya kopong. Kalo pakai ubi kuning, tengahnya bisa cantik warna kuning.

 

Dua minggu kemudian, bapak penjual sayur langgananku bawa ubi lagi, kali ini ubi warna ungu. Kepikiran deh pengin bikin lagi bola ubi, sekalian buat kuposting di blog ini. Waktu bikin yang pertama pakai ubi putih, aku cuma motret hasil jadinya aja. Ya udah akhirnya aku beli ubi ungunya dan langsung bikin, apalagi waktu itu ada Alicia yang pulang sekolah lebih pagi, jadi bisa bantuin bulet-buletin adonannya. Asyik!

 

bahan bola-bola ubi ungu kopong

Bahan bola ubi ungu kopong

 

Ternyata kalo ubinya ungu malah agak susah menentukan ini sudah matang apa belum gorengannya, apalagi bikinnya ini sudah sore. Kalo warna putih kan langsung keliatan warnanya jadi kuning. Begitu juga kalo ubi kuning, gorengan yang matang warnanya cokelat keemasan.

Aku tulis resep bola-bola ubi (bobobi) ungu kopong di bawah ini, dengan sedikit modifikasi. Untuk percobaan kedua, takaran gulanya aku kurangi dikit. Resep aslinya pakai 125 gr gula halus, ini aku pakai 100 gr gula halus aja, sudah manis rasanya. Juga baking powdernya, di video cuma disebutkan 1 sendok baking powder, nah itu 1 sendok teh atau 1 sendok makan ya maksudnya? Sepertinya sih 1 sendok makan, tapi akhirnya aku bikin pakai 1 sdt aja , tetap berhasil kok.

 

 

Resep Bola-Bola Ubi (Bobobi) Ungu Kopong

Bahan:

400 gr ubi jalar kuning

100 gr gula halus

100 gr tepung tapioka

50 gr tepung maizena

1 sdt baking powder

 

Cara Membuat:

  1. Kukus ubi jalar kuning sampai matang.

2. Hancurkan ubi yang telah dikukus pakai garpu hingga lembut. Buang serat-seratnya jika ada. Diamkan sebentar hingga agak dingin.

3. Campurkan gula halus, tepung maizena, tepung tapioka dan baking powder sedikit demi sedikit sambil diayak. Aduk hingga rata.

4. Tutup adonan dengan plastik selama kurang lebih 1 jam.

5. Setelah itu bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil

6. Siapkan wajan, isi dengan minyak agak banyak, nyalakan kompor. Jika minyak sudah sedikit panas, masukkan bola bola ubi tadi.

7. Goreng hingga matang, jangan lupa tekan-tekan bola ubi agar tengahnya bisa kopong. ( Baca tips di bawah resep ini )

8. Angkat, tiriskan.

 

cara membuat bola-bola ubi ungu kopong

Ubi kukus dihaluskan

 

cara membuat bola-bola ubi ungu kopong

Campur dengan bahan-bahan lainnya

 

Tutup plastik dan diamkan sekitar 1 jam

 

cara membuat bola-bola ubi ungu kopong

Adonan dibentuk bulet. Ini buletannya kurang rapi dan ukurannya nggak sama 😀

 

cara membuat bola-bola ubi ungu kopong

Abaikan wajannya ya hehe, ini wajan buruk rupa kesayanganku yang biasa kupakai buat menggoreng.

 

 

Ada beberapa tips nih untuk membuat bola-bola ubi kopong anti gagal:

  • Setelah ubi kukus dihancurkan hingga lembut, diamkan sebentar. Setelah agak dingin baru campur dengan bahan-bahan lainnya.
  • Untuk bola ubi ini lebih baik digunakan gula halus. Jika pakai gula pasir biasa, takutnya jika pencampuran kurang rata, pada saat adonan bola ubi digoreng akan lebih cepat menjadi gosong.
  • Takaran gulanya bisa disesuaikan dengan rasa manis ubinya. Kan ada yang ubinya sudah manis, ada ubi yang nggak terlalu manis saat dimakan. Cicipi aja ubi setelah ubi dikukus. Jika ubi sudah manis, takaran gula bisa disesuaikan.
  • Gunakan minyak panas yang agak banyak hingga bola ubi bisa terendam sepenuhnya saat digoreng.
  • Ada yang mengatakan, dalam keadaan minyak dingin (kompor belum dinyalakan) adonan bola ubinya dimasukkan, baru setelah itu kompor dinyalakan. Nah aku ini pakai minyak yang sudah dipanaskan dikit sesuai tips di video yang aku lihat. Dia bilang sudah mencoba kalo adonan dimasukkan dalam keadaan minyak dingin, bagian bawah adonan akan tertekan di wajan sehingga hasil bola ubinya nanti akan gepeng, nggak ngembang. Betul enggaknya aku juga nggak tau, karena belum coba bikin bola ubi goreng pakai minyak dingin. Jika teman-teman udah pernah coba goreng pakai minyak dingin, sharing yah, tetap berhasil bola ubinya ngembang bulet atau enggak?
  • Masukkan adonan bola ubi ke wajan nggak boleh terlalu penuh dan sering-sering deh gerakkan bola ubinya biar bola ubi bisa ngembang bagus, api jangan terlalu besar biar nggak gosong.
  • Saat menggoreng, begitu adonan bola ubi masuk, jangan langsung ditekan bola ubinya, biarkan kulitnya matang dulu. Setelah terlihat matang baru tekan-tekan bola ubinya agar tengahnya bisa kopong. Memang saat ditekan bola ubi akan gepeng sesaat tapi akan bulet lagi kok terkena minyaknya.

 

bola-bola ubi ungu kopong

Yang ini tengahnya sudah kopong, tapi belum sempurna, masih ada dikit adonan di bagian pinggir

 

Ini hasilnya, bola-bola ubi ungu, jadi banyak, ada sekitar 30 buah bola ubinya *tergantung besar kecilnya bulatan. Bisa langsung ketauan, hasil gorengan bola ubinya kopong atau enggak. Ambil gorengan bola ubi tadi, rasakan, jika agak berat biasanya masih belum kopong sempurna. Yang tengahnya kopong biasanya terasa ringan. Yuk, buktikan! 😀

Bola ubi kopong ini enaknya dimakan anget, kulit bola ubinya terasa renyah. Masih penasaran nih bikin bola ubi pakai ubi kuning, pasti hasilnya akan lebih cantik.

 

 

63 Comments

  1. Noe January 6, 2018
    • Lianny January 11, 2018
  2. Nita Lana Faera January 6, 2018
    • Lianny January 11, 2018
  3. Dwi Septiani January 6, 2018
    • Lianny January 11, 2018
  4. Antung apriana January 6, 2018
    • Lianny January 11, 2018
  5. Hairi Yanti January 6, 2018
    • Lianny January 11, 2018
  6. ike yuliastuti January 7, 2018
    • Lianny January 11, 2018
  7. Hastira January 8, 2018
    • Lianny January 11, 2018
  8. Nchie Hanie January 8, 2018
    • Lianny January 11, 2018
  9. Rach Alida Bahaweres January 8, 2018
    • Lianny January 11, 2018
  10. Maya Siswadi January 8, 2018
    • Lianny January 11, 2018
  11. Lusi January 8, 2018
    • Lianny January 11, 2018
  12. Annisa January 8, 2018
    • Lianny January 11, 2018
  13. Muthmainnah Yuria January 8, 2018
    • Lianny January 11, 2018
  14. Ira duniabiza January 8, 2018
    • Lianny January 11, 2018
  15. Atiqo January 8, 2018
    • Lianny January 11, 2018
  16. tutyqueen January 9, 2018
    • Lianny January 11, 2018
  17. Alaika Abdullah January 9, 2018
    • Lianny January 11, 2018
  18. Anindita Ayu January 9, 2018
    • Lianny January 11, 2018
  19. Nova DW January 9, 2018
    • Lianny January 11, 2018
  20. Jalan-Jalan KeNai January 9, 2018
    • Lianny January 11, 2018
  21. rizka edmanda January 10, 2018
    • Lianny January 11, 2018
  22. Rani R Tyas January 13, 2018
    • Lianny January 15, 2018
  23. Yuniari Nukti January 13, 2018
    • Lianny January 15, 2018
  24. Beautyasti1 January 16, 2018
    • Lianny January 17, 2018
  25. Fanny Fristhika Nila January 17, 2018
    • Lianny January 17, 2018
  26. nur rochma January 17, 2018
    • Lianny January 18, 2018
  27. Hidayah Sulistyowati January 25, 2018
    • Lianny January 25, 2018
  28. tia putrii January 30, 2018
    • Lianny January 30, 2018
  29. nita February 11, 2018
    • Lianny February 13, 2018
  30. Esti February 16, 2018
    • Lianny February 17, 2018
  31. Nita mbul February 21, 2018
    • Lianny February 22, 2018
  32. sam March 22, 2018

Leave a Reply