Resep Masakan

Resep Bitterballen Lembut dan Praktis

 

Resep bitterballen lembut dan praktis

 

Sudah hari Minggu lagi nih, nyantai dulu dong dari kesibukan rutin sehari-hari. Bikin cemilan lagi, yuk. Hhhmm bikin bitterballen aja deh.

Apa itu bitterballen? Bitterballen adalah nama makanan dari Belanda, rasanya sih mirip dengan kroket. Beda bitterballen dengan kroket :

  • Kroket dibuat dari campuran kentang yang dihaluskan, dibentuk lonjong.
  • Bitterballen dibuat dari campuran tepung terigu, daging sapi, margarin dan susu, berbentuk bulatan kecil.

Persamaannya, baik kroket ataupun bitterballen biasanya dibalut dengan tepung panir atau tepung roti, lalu digoreng. Biasanya disajikan dengan saus mayo atau mustard.

Bitterballen mestinya pake tepung terigu saja, tapi kali ini aku tambahin juga tepung kentang, karena masih ada stok tepung kentang di rumah. Jadi rasanya nih, perpaduan antara kroket dan bitterballen hihihi. Anak-anak suka dengan hampir semua aneka olahan kentang, terutama kroket manis keju. Sebentar saja pasti ludes deh dimakan anak-anak.

Nah, kali ini bikin yang isinya daging ayam dan wortel, tanpa keju. Resepnya punya mb Diah Didi http://www.diahdidi.com/2014/08/resep-bitterballen-lembyutttt_27.html, tapi yang kubuat ini lebih sederhana karena tidak memakai bawang bombay, seledri dan jagung manis rebus. Nggak punya jagung manis sih di rumah, sedangkan bawang bombay dan seledri anak-anak nggak begitu suka. Jadilah aku skip bahan-bahan itu. Tepung panir halus aku ganti dengan tepung roti yang agak kasar. Jadi terasa deh crunchy nya, yummy πŸ˜€

Resep bitterbalen lembut dan praktis ada di bawah ini, ya.

 

bahan membuat bitterballen*Bahan untuk membuat bitterballen *

 

bitterballen*Bentuk adonan menjadi bulatan kecil, gulingkan ke tepung panir, gulingkan ke kocokan telur dan gulingkan lagi ke tepung panir *

 

cara membuat bitterballen*Adonan bitterballen siap digoreng *

 

Resep Bitterbalen Lembut dan praktis

 

Β Bahan :

100 gram tepung kentang flakes.

50 gram daging ayam rebus, cincang

Wortel rebus 1 buah, iris kotak kecil

150 ml susu cair putih

50 gram tepung terigu protein sedang

1/4 sendok teh merica bubuk

1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk ( optional )

Garam dan gula pasir sesuai selera

Pelapis :

1 butir telur

100 gram tepung panir

Cara membuat :

1. Seduh tepung kentang dengan 200 ml air panas sehingga menjadi kentang tumbuk yang halus.

2. Panaskan satu sendok margarine, masukkan daging ayam dan wortel, aduk rata.

3. Kecilkan api. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil di aduk hingga berbutir

4. Masukkan susu cair, aduk terus hingga menjadi adonan yang kental dan licin.

5. Masukkan tepung kentang yang sudah di seduh tadi, aduk rata.

6. Terakhir, masukkan garam, merica, kaldu ayam bubuk dan gula pasir sesuai selera, aduk rata. Hasil adonannya ini nanti keset tapi lembut dan mudah dibentuk.

7. Bentuk bulat-bulat kecil adonannya. Gulingkan ke tepung panir , celup ke kocokan telur, gulingkan lagi ke tepung panir.

8. Goreng di api sedang hingga warnanya kuning keemasan.

 

bitterballen lembut dan praktis*Bitterballen lembut dan praktis *

 

Nah, jadi deh bitterballen lembut dan praktis ini. Isiannya kurang banyak dikit sih menurutku, kurang terasa daging ayam dan wortelnya, coba kalo ditambah jagung manis rebus pipil dan keju melted sepertinya rasanya akan lebih mantap deh. Kapan-kapan mau nyobain buat lagi ah.

Sajikan bitterballen yang masih hangat ini dengan mustard, saus mayo, saus sambal, saus tomat atau cabe rawit. Terserah deh sukanya yang mana. Kalo anak-anakku tetep sukanya pake saus tomat dan saus sambal, kalo aku tinggal ceplus aja dengan cabe rawit hihihi.

Yuk, nyobain buat bitterballen lembut dan praktis ini. Asyik buat cemilan keluarga di hari Minggu.

 

36 Comments

  1. gustyanita pratiwi November 1, 2015
    • Lianny November 1, 2015
  2. Indi Sugar November 1, 2015
    • Lianny November 1, 2015
  3. Hidayah Sulistyowati November 1, 2015
    • Lianny November 1, 2015
  4. @danirachmat November 1, 2015
    • Lianny November 1, 2015
  5. Indah Nuria Savitri November 1, 2015
    • Lianny November 2, 2015
  6. fee November 2, 2015
    • Lianny November 2, 2015
  7. dian farida November 2, 2015
    • Lianny November 2, 2015
  8. Ayunovanti November 2, 2015
    • Lianny November 2, 2015
  9. Hairi Yanti November 2, 2015
    • Lianny November 2, 2015
  10. Irawati Hamid November 2, 2015
    • Lianny November 2, 2015
  11. mi asta November 2, 2015
    • Lianny November 2, 2015
  12. Ika Puspitasari November 2, 2015
    • Lianny November 2, 2015
  13. puputs November 2, 2015
    • Lianny November 3, 2015
  14. wati November 3, 2015
    • Lianny November 3, 2015
  15. Ramadani Idaham November 3, 2015
    • Lianny November 3, 2015
  16. Lidya November 3, 2015
    • Lianny November 3, 2015
  17. echaimutenan November 3, 2015
    • Lianny November 3, 2015
  18. Fikri November 5, 2015
  19. Lusi September 2, 2016

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.