Resep Masakan

Resep Bistik Jawa a la My Mom

 

Kalo dengar kata beef steak (bistik) biasanya pasti kebayang daging yang lumayan tebel dengan sedikit saos yang agak kental. Nah kalo Mama yang buat bistik, biasanya daging sapinya dibuat galantine atau diiris tipis-tipis.

Saosnya (aku sebut kuah ya) lumayan banyak dan nggak terlalu kental. Banyak yang menyebut bistik yang biasanya dibuat mama ini adalah bistik Jawa. Yup, mungkin juga ya, karena Mama sendiri dulu tinggalnya di Solo.

Biasanya bistik ini disajikan dengan telur, daun selada, wortel, buncis, kentang goreng dan kentang yang diiris tipis-tipis. Nah ini kebetulan nggak ada stok wortel, buncis dan selada, jadilah tambahannya cuma kentang goreng aja. Waktu itu juga lagi males ngiris kentang tipis-tipis jadi ini juga aku skip hehehe. Beginipun sudah enak kok. Ntar kalo sudah buat lagi dengan sayur yang lebih lengkap, aku update deh fotonya.

Untuk kuahnya bisa dibuat kental atau agak cair sesuai selera. Kalo dimakan gitu aja sih menurutku enak yang agak kental. Berhubung anak-anak suka kuah yang banyak dan mereka makan bistik daging ini dengan sedikit nasi, kuahnya sengaja kubuat lebih banyak dan agak cair.

Β Berikut resep bistik Jawa a la my Mom.

 

Resep Bistik Jawa a la my Mom

Bahan :

ΒΌ kg daging sapi lulur dalam

Pala, Merica, garam, gula secukupnya

3 siung bawang merah

3 siung bawang putih

4 buah tomat

3 sdm kecap manis

Β 2 sdm maizena

1300 ml air untuk kuah

Telur

 

Cara membuat:

  1. Iris daging sapi tipis-tipis
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, pala, merica dan garam secukupnya, campurkan irisan daging tadi.
  3. Tambahkan 3 sendok makan kecap manis.
  4. Diamkan sekitar 30 menit agar bumbu meresap.
  5. Rebus telur sampai matang, angkat dan kupas telur.
  6. Panaskan wajan, masukkan 2 sdm minyak goreng lalu masukkan daging sapi beserta bumbu rendamannya, tumis sampai daging berubah warna.
  7. Tambahkan air.
  8. Siapkan panci kecil berisi air, masukkan tomat. Rebus tomat sampai agak lunak, angkat dan tiriskan.
  9. Saring tomat untuk diambil sarinya, caranya cukup ditekan-tekan aja pake sendok. Masukkan dalam kuah berisi daging tadi. Tambahkan pala, merica, garam dan gula secukupnya. Koreksi rasanya.
  10. Tambahkan telur rebus yang sudah dikupas.
  11. Masak sampai daging empuk.
  12. Tambahkan 2 sdm maizena dicampur sedikit air, masukkan dalam kuah agar kuah sedikit mengental.
  13. Sajikan hangat.

 

 

Sajikan bistik daging sapi dengan :

  • Sayur seperti wortel dan buncis. Rebus sebentar, potong-potong dengan panjang sekitar 4 cm atau sesuai selera.
  • Daun selada
  • Kentang goreng dan kentang yang diiris tipis-tipis.

 

Baca juga : Lapis daging Spesial a la my Mom

 

Langkah-langkah pembuatannya sebagai berikut :

 

Resep Bistik Jawa Daging SapiIris tipis daging, lumuri dengan bumbu, diamkan sampai bumbu meresap

 

 

Cara membuat Bistik JawaTumis daging dengan bumbu perendam hingga berubah warna

 

 

Cara membuat Bistik JawaTambahkan air

 

 

Resep Bistik Jawa a la my MomTambahkan telur rebus dan bumbu2 lainnya

 

 

Resep Bistik Jawa Daging SapiSaring tomat untuk diambil sarinya, masukkan ke dalam kuah bistik

 

 

Resep Bistik Jawa Daging Sapi ala my MomSebagai pelengkap tambahkan kentang goreng, daun selada, wortel, buncis dan kentang yang diiris tipis

 

 

 Bistik Jawa a la my MomIni bistik Jawa a la my Mom. Sayang kurang sayur pelengkapnya haha.

 

Jadi deh bistiknya. Yuk, cobain juga resep bistik Jawa a la my Mom πŸ™‚

 

 

 

32 Comments

  1. Lidya May 12, 2016
    • Lianny May 13, 2016
  2. Arinta Adiningtyas May 12, 2016
    • Lianny May 13, 2016
  3. Astin Astanti May 12, 2016
    • Lianny May 13, 2016
  4. Turis cantik May 12, 2016
    • Lianny May 13, 2016
  5. Ika Puspitasari May 12, 2016
    • Lianny May 13, 2016
  6. Ceritaeka May 12, 2016
    • Lianny May 13, 2016
  7. Prih May 12, 2016
    • Lianny May 13, 2016
  8. Bibi Titi Teliti May 12, 2016
    • Lianny May 13, 2016
  9. momtraveler May 13, 2016
    • Lianny May 13, 2016
  10. HM Zwan May 13, 2016
    • Lianny May 13, 2016
  11. Fanny F Nila May 13, 2016
    • Lianny May 13, 2016
  12. Dwi Puspita May 13, 2016
    • Lianny May 14, 2016
  13. cputriarty May 14, 2016
    • Lianny May 18, 2016
  14. Nchie Hanie May 18, 2016
  15. Yoekaa May 19, 2016
  16. Ade Satrio May 27, 2016
    • Lianny May 27, 2016
  17. Hidayah Sulistyowati March 1, 2018
    • Lianny March 1, 2018

Leave a Reply