Resep Bistik Jawa a la My Mom

 

Kalo dengar kata beef steak (bistik) biasanya pasti kebayang daging yang lumayan tebel dengan sedikit saos yang agak kental. Nah kalo Mama yang buat bistik, biasanya daging sapinya dibuat galantine atau diiris tipis-tipis.

Saosnya (aku sebut kuah ya) lumayan banyak dan nggak terlalu kental. Banyak yang menyebut bistik yang biasanya dibuat mama ini adalah bistik Jawa. Yup, mungkin juga ya, karena Mama sendiri dulu tinggalnya di Solo.

Biasanya bistik ini disajikan dengan telur, daun selada, wortel, buncis, kentang goreng dan kentang yang diiris tipis-tipis. Nah ini kebetulan nggak ada stok wortel, buncis dan selada, jadilah tambahannya cuma kentang goreng aja. Waktu itu juga lagi males ngiris kentang tipis-tipis jadi ini juga aku skip hehehe. Beginipun sudah enak kok. Ntar kalo sudah buat lagi dengan sayur yang lebih lengkap, aku update deh fotonya.

Untuk kuahnya bisa dibuat kental atau agak cair sesuai selera. Kalo dimakan gitu aja sih menurutku enak yang agak kental. Berhubung anak-anak suka kuah yang banyak dan mereka makan bistik daging ini dengan sedikit nasi, kuahnya sengaja kubuat lebih banyak dan agak cair.

Β Berikut resep bistik Jawa a la my Mom.

 

Resep Bistik Jawa a la my Mom

Bahan :

ΒΌ kg daging sapi lulur dalam

Pala, Merica, garam, gula secukupnya

3 siung bawang merah

3 siung bawang putih

4 buah tomat

3 sdm kecap manis

Β 2 sdm maizena

1300 ml air untuk kuah

Telur

 

Cara membuat:

  1. Iris daging sapi tipis-tipis
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, pala, merica dan garam secukupnya, campurkan irisan daging tadi.
  3. Tambahkan 3 sendok makan kecap manis.
  4. Diamkan sekitar 30 menit agar bumbu meresap.
  5. Rebus telur sampai matang, angkat dan kupas telur.
  6. Panaskan wajan, masukkan 2 sdm minyak goreng lalu masukkan daging sapi beserta bumbu rendamannya, tumis sampai daging berubah warna.
  7. Tambahkan air.
  8. Siapkan panci kecil berisi air, masukkan tomat. Rebus tomat sampai agak lunak, angkat dan tiriskan.
  9. Saring tomat untuk diambil sarinya, caranya cukup ditekan-tekan aja pake sendok. Masukkan dalam kuah berisi daging tadi. Tambahkan pala, merica, garam dan gula secukupnya. Koreksi rasanya.
  10. Tambahkan telur rebus yang sudah dikupas.
  11. Masak sampai daging empuk.
  12. Tambahkan 2 sdm maizena dicampur sedikit air, masukkan dalam kuah agar kuah sedikit mengental.
  13. Sajikan hangat.

 

 

Sajikan bistik daging sapi dengan :

  • Sayur seperti wortel dan buncis. Rebus sebentar, potong-potong dengan panjang sekitar 4 cm atau sesuai selera.
  • Daun selada
  • Kentang goreng dan kentang yang diiris tipis-tipis.

 

Baca juga : Lapis daging Spesial a la my Mom

 

Langkah-langkah pembuatannya sebagai berikut :

 

Resep Bistik Jawa Daging SapiIris tipis daging, lumuri dengan bumbu, diamkan sampai bumbu meresap

 

 

Cara membuat Bistik JawaTumis daging dengan bumbu perendam hingga berubah warna

 

 

Cara membuat Bistik JawaTambahkan air

 

 

Resep Bistik Jawa a la my MomTambahkan telur rebus dan bumbu2 lainnya

 

 

Resep Bistik Jawa Daging SapiSaring tomat untuk diambil sarinya, masukkan ke dalam kuah bistik

 

 

Resep Bistik Jawa Daging Sapi ala my MomSebagai pelengkap tambahkan kentang goreng, daun selada, wortel, buncis dan kentang yang diiris tipis

 

 

 Bistik Jawa a la my MomIni bistik Jawa a la my Mom. Sayang kurang sayur pelengkapnya haha.

 

Jadi deh bistiknya. Yuk, cobain juga resep bistik Jawa a la my Mom πŸ™‚

 

 

 

Be Sociable, Share!

About Lianny

Happy mom with three nice children
This entry was posted in Resep Masakan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

31 Responses to Resep Bistik Jawa a la My Mom

  1. Lidya says:

    agak miirp semur gitu ya Mbak Li

  2. Ini kalo di Solo namanya Selad. πŸ™‚

  3. Waaa resep bistik turun temurun nantinya ya, aku pernah bikin juga, bistik a la a la gitu. Aanak anakku suka banget, karena daging ditumisnya itu…bikin gurih.

    • Lianny says:

      Iya, resep turun temurun hahaha. Kalo diiris tipis-tipis gini dagingnya, jadi empuk, anak-anak gampang makannya.

  4. Turis cantik says:

    Waahh keliatannya enak. Jadi laparrr

  5. Waah…ternyata gampang ya bikin bistik jawa. Mumpung punya stock daging..bikin ah πŸ˜€

  6. Ceritaeka says:

    Kok kayanya sulit yaaaa >.<
    Aku minta bikinin aja gimana, Mbaaaak?
    *dijitak*

  7. Prih says:

    Ini bistik Solo kesukaan kami sekeluarga besar Jeng, rasa lokal banget. Sala.

  8. mbaaaaak,…
    Itu seriusan bikin ngileeeer!
    *anaknya mudah tergiur*

    Gak pake bumbu penyedap yah mbak? Jagoan ih…*ketahuan sukanya MSG hehe…*
    Masalahnya di rumahku gak pernah punya pala mbak,..
    Semua masakanku bumbunya sama, cuman garem sama masako doang bhahahaha…*sedih*

    • Lianny says:

      Kalo mau dikasih bumbu penyedap juga gpp kok mbak Erry.
      Bumbu lainnya kan bisa beli tuh di warung Mama Ajeng hehe

  9. momtraveler says:

    Tampilanya mirip selat solo ya mak. Cuma kalo selat solo pake galantine dan banyak sayurnya. Ish… pagi2 dibuat ngeces sama mak lianny nih :p

    • Lianny says:

      Mestinya ini juga pake sayur, cuma karena stok sayur habis jadinya nggak pake sayur hahaha. Iya betul, Mama juga suka bikin bistik galantin, kuahnya sama dengan ini.

  10. HM Zwan says:

    ibuku lumayan sering bikin bistik,enak bangettt..cuma pakai nasi apanas aja enak^^

  11. Fanny F Nila says:

    mayones kuningnya ga dibikin sekalian mbak? πŸ™‚ aku paling suka selat solo ato bistik jawa ini.. mertuaku kan solo… jd kalo mudik ksana ga pernah lupa ke selat solo mbak lies.. dan untugnya pembantu mama juga pinter masak ini, trutama mayones kuningnya itu, enaaaak bgtt.. ga terasa amis, manis gurih.. itu yg bikin selat solo jadi makin enak :D..Aku pribadi lbh suka kalo dagingnya agak tebel… kadang2 mama bikinnya yg diiris biasa, ato kadang dibikin rollade πŸ™‚

    • Lianny says:

      Wah aku malah belum pernah nyoba selat solo mbak Lies. Ada mayones kuningnya ya? Duh kapan-kapan kalo ke Solo mesti nyobain deh.

  12. Dwi Puspita says:

    Kayake gampang buatnya nih…tapi ngelakoninya yg susyahhhh

  13. cputriarty says:

    Pasti sensasinya manis ya makli. Sekilas mungkin kayak semur ya hehehe

  14. Nchie Hanie says:

    woow bistik jawa yang begituh menggda..
    nyomot telornya aah!!

  15. Yoekaa says:

    Tadinya aku pikir bistik itu stik yang kecil-kecil itulo mbak ternyata semacam steak berkuah… atao apa semur hahah

  16. Ade Satrio says:

    baru tahu kalau ada bistik jawa,padahal aku orang jawa :3 enak nih kayaknya…

  17. Pingback: 5 Macam Olahan Daging Sapi Yang Cocok Untuk Anak - Lianny HendrawatiLianny Hendrawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *