Resep Masakan

Resep Bakpia Kukus Jogya

 

Sudah cobain bakpia kukus yang terkenal di Jogya? Yup, bakpia kukus Tugu Jogya!

Selain bakpia pathok, aku pernah dibawain oleh-oleh bakpia kukus Tugu Jogya ini oleh suamiku. Bakpia kukusnya beli 3 varian isian rasa, yaitu keju, cokelat dan kacang hijau. Enak, super empuk, tapi sayangnya gak tahan lama. Waktu itu aku kirim ke kost anak-anakku di Sentul,  ternyata gak nutut, udah rusak sampai sana huhu *iya lah sudah berapa hari itu, dari Jogya, ke Jember, terus ke Sentul, di pengirimannya aja sudah 2 harian. Kalo bakpia pathoknya masih aman, gak rusak, karena memang lebih tahan lama.

Tapi waktu libur kuliah, anak-anak pulang, ada yang ngasih bakpia kukus Tugu Jogya ini, jadi anak-anak akhirnya bisa ngerasain juga bakpia kukusnya, menuntaskan rasa penasaran 🙂

Nah, ini aku nemu resep bakpia kukus ala Jogya di IG @fridajoincoffee kebetulan semua bahan ada jadi langsung deh eksekusi. Cuma gak punya cetakan yang bentuknya setengah lingkaran, jadilah pakai cup muffin aja *maksa hahaha. Resep aslinya kutuliskan di bawah ini, ya.

 

bahan membuat bakpia kukus jogya

 

Resep bakpia kukus

Bahan:

4 butir telur

100 gr gula pasir

1/2 sdt SP (cake emulsifier)

55 gr tepung terigu

10 gr susu bubuk

1/2 sdt baking powder

100 gr mentega, dilelehkan

100 gr selai coklat

cetakan setengah lingkaran, bahan silikon atau teflon…

 

Cara membuat bakpia kukus:

1. Kocok dengan mixer: telur, gula pasir dan SP hingga kental berjejak.

2. Masukkan tepung terigu, susu bubuk dan baking powder. Aduk balik dengan spatula.

3. Tambahkan mentega cair, aduk balik hingga rata dan tidak ada endapan mentega di bawahnya.

4. Tuang ke dalam cup cetakan, cukup 1/2 tinggi cetakan aja.

5. Kukus ke dalam kukusan yang telah dipanaskan. Kukus  selama 10 menit.

6. Kemudian beri filling selai cokelat di tengahnya, lalu tuang adonan lagi di atasnya hingga cetakan penuh.

7. Kukus lagi selama 20 menit supaya matang.

8. Angkat bakpia kukus, keluarkan dari cetakan.

*Resep untuk 7 bakpia kukus

 

 

Cetakan bisa juga pakai cetakan talam kalau ada ya atau wadah apapun yang bentuknya 1/2 lingkaran. Aku pakai cetakan muffin dan 1 mangkok kecil *iseng kucetak di mangkok, karena bentuknya 1/2 lingkaran kan 🙂 Untuk fillingnya karena di rumah gak ada selai cokelat, aku pakai nutela. Kalau punya selai cokelat, pakai aja selai cokelat biar makin mirip dengan bakpia kukus Tugu Jogya.

 

 

Jadi seperti ini bentuknya karena dicetak pakai cup muffin, gak mirip dengan bakpia Tugu Jogya. Harusnya bentuk bakpia kukusnya seperti yang dicetak pakai mangkok (foto tengah), bentuk setengah lingkaran, tapi yang ukuran kecil, kalau yang kupakai ini mangkok, ukurannya gedeeee.

 

resep bakpia kukus jogya

 

Bakpia kukusnya enak, lembuut. Aku sudah 3 kali bikin ini, karena anak-anak suka. Biar gak keseringan makan camilan yang digoreng terus, sesekali bikin yang dikukus.

Buat yang kangen Jogya tapi belum bisa kesana, yuk eksekusi nih resep bakpia kukusnya, bikin sendiri di rumah, bakpia kukus ala Tugu Jogya. Kalau sudah bikin, ntar komen ya, mirip gak  rasanya 😀

 

 

 

 

107 Comments

  1. Fanny_dcatqueen August 9, 2020
    • Lianny August 11, 2020
  2. Farida Pane August 10, 2020
    • Lianny August 11, 2020
  3. NurulRahma August 10, 2020
    • Lianny August 11, 2020
      • nurulrahma August 14, 2020
        • Lianny August 16, 2020
  4. Nchie Hanie August 10, 2020
    • Lianny August 11, 2020
      • Nchie Hanie August 14, 2020
    • Rahmah August 16, 2020
      • Lianny August 16, 2020
  5. Hani S. August 10, 2020
    • Lianny August 11, 2020
  6. Mugniar August 10, 2020
    • Lianny August 11, 2020
  7. Hidayah Sulistyowati August 10, 2020
    • Lianny August 11, 2020
  8. Rohmah August 10, 2020
    • Lianny August 11, 2020
  9. Lisdha August 10, 2020
    • Lianny August 11, 2020
  10. Wiwied Widya August 10, 2020
    • Lianny August 11, 2020
  11. Dian Restu Agustina August 10, 2020
    • Lianny August 11, 2020
  12. Nanik Nara August 11, 2020
    • Lianny August 11, 2020
  13. Faridilla Ainun August 11, 2020
    • Lianny August 11, 2020
  14. Larasati Neisia August 11, 2020
    • Lianny August 11, 2020
  15. meykke santoso August 11, 2020
    • Lianny August 13, 2020
  16. Rani R Tyas August 12, 2020
    • Lianny August 13, 2020
  17. Uniek Kaswarganti August 12, 2020
    • Lianny August 13, 2020
  18. Lina W. Sasmita August 12, 2020
    • Lianny August 13, 2020
  19. diane August 12, 2020
    • Lianny August 13, 2020
  20. Nia Haryanto August 12, 2020
    • Lianny August 13, 2020
      • Nia Haryanto August 16, 2020
        • Lianny August 16, 2020
  21. Nunung Yuni August 12, 2020
    • Lianny August 13, 2020
  22. lendyagasshi August 12, 2020
    • Lianny August 13, 2020
      • lendyagasshi August 16, 2020
        • Lianny August 18, 2020
  23. Siti Hairul August 13, 2020
    • Lianny August 16, 2020
  24. winda - dajourneys.com August 14, 2020
    • Lianny August 16, 2020
  25. Mugniar August 14, 2020
    • Lianny August 16, 2020
  26. riawani elyta August 14, 2020
    • Lianny August 16, 2020
  27. Yati Rachmat August 14, 2020
    • Lianny August 16, 2020
  28. Dessy Achieriny August 14, 2020
    • Lianny August 16, 2020
  29. Tetty Hermawati August 15, 2020
    • Lianny August 16, 2020
  30. Mechta August 15, 2020
    • Lianny August 16, 2020
  31. Bety Kristianto August 15, 2020
    • Lianny August 16, 2020
  32. Susie Ncuss August 15, 2020
    • Lianny August 16, 2020
  33. Keke Naima August 15, 2020
    • Lianny August 16, 2020
  34. Okti Li August 15, 2020
    • Lianny August 16, 2020
  35. indah nuria August 16, 2020
    • Lianny August 16, 2020
  36. Ida Tahmidah August 16, 2020
    • Lianny August 16, 2020
  37. Helena August 16, 2020
    • Lianny August 16, 2020
  38. Husnul August 16, 2020
    • Lianny August 16, 2020
  39. Tuty Queen August 16, 2020
    • Lianny August 16, 2020
  40. Lidya August 16, 2020
    • Lianny August 18, 2020
    • Lianny August 18, 2020
  41. Yuniari Nukti August 16, 2020
    • Lianny August 18, 2020
  42. Rani Yulianty August 16, 2020
    • Lianny August 18, 2020
  43. Noorma August 16, 2020
    • Lianny August 18, 2020
  44. Andy Hardiyanti August 16, 2020
    • Lianny August 18, 2020
  45. Zahra Rabbiradlia August 17, 2020
    • Lianny August 18, 2020
  46. nyi Penengah Dewanti August 17, 2020
    • Lianny August 18, 2020
  47. Stenly rorimpandey August 19, 2020
    • Lianny August 23, 2020
  48. ainun August 22, 2020
    • Lianny August 23, 2020

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.