Kuliner

Repoeblik TelO

Sudah pernah mampir ke Repoeblik TelO belum? Repoeblik TelO merupakan pusat oleh-oleh yang khas banget dan sangat unik, terdapat di Jalan Raya Purwodadi Kab. Pasuruan. Tanggal 8 Maret 2013 lalu, aku berkesempatan mampir di tempat itu untuk membeli oleh-oleh sepulang dari kota Batu, Malang. Sangat mudah menemukan pusat oleh-oleh ini, karena selain letaknya berada di tepi jalan raya, tempatnya juga cukup luas. Tempat parkirnya juga cukup luas sehingga bus pariwisata yang kutumpangi dengan mudahnya parkir di sana. Warna dominan ungu menyapa pandanganku selanjutnya.

Repoeblik TelO - "Health Is Our Priority"

Repoeblik TelO – “Health Is Our Priority”

Repoeblik TelO ini tidak hanya merupakan pusat oleh-oleh saja lho, tetapi juga ada cafe nya. Meski tidak terlalu luas, tetapi cukup nyaman untuk nongkrong bersama teman, atau beristirahat bersama keluarga jika sedang melakukan perjalanan ke kota Malang. Kita bisa melepas lelah disana sambil menikmati berbagai makanan olahan dari telo, apalagi disana ada fasilitas free hotspot juga lho.

Bakpao TelO

Bakpao TelO

Saat masuk ke dalam ruangan, pandangan mataku langsung terfokus pada berbagai makanan yang dipajang di situ. Uniknya semua makanan itu ternyata berasal dari bahan dasar Telo atau ubi jalar dengan penyajian yang bervariasi dan mengundang selera untuk mencobanya. Telo yang biasanya dikenal sebagai makanan orang desa dengan penyajian yang sangat sederhana yaitu dikukus atau digoreng, tak nampak di situ. Sebagai gantinya telo itu diolah menjadi beragam jenis makanan seperti : Brownies Telo kukus, Nugget Telo, Pizza Telo, Ice Cream Telo, Sandwich-hotdog Telo, Bakpao telo dan masih banyak lagi. Beragam jenis kue basah juga ada seperti : ke donat, kue lumpur, kue mangkok dan masih banyak lagi.

Aku sangat terkesan sekali dengan warna ungu yang mendominasi kue-kue tersebut, warna ungu itu identik dengan telo berwarna ungu, warnanya cantik sekali. Selain telo ungu, yang umum biasanya adalah telo kuning. Semua kue basah itu dipajang tersendiri, kita bisa langsung membayar di situ. Sedangkan untuk olahan telo seperti keripik telo dan makanan kering lainnya ditempatkan tersendiri dengan kasir yang berbeda, kita bisa memilih sendiri seperti di supermarket.

Ingin sekali berlama-lama di situ, tetapi apa daya waktu untuk membeli oleh-oleh cuma 1/2 jam saja. Tidak bisa lama-lama karena perjalanan pulang masih kurang lebih 4 jam lagi. Waktu sudah menunjukkan jam 4 sore, jadi sekitar jam 8 malam sampe di rumah. Ingin juga membeli berbagai kue basah itu, tapi kuurungkan karena kue basah tidak tahan lama dibanding olahan kue kering.

Repoeblik TelO

Repoeblik TelO

Sempat bingung juga, beli oleh-oleh apa ya buat teman dan keluargaku, apalagi waktunya terbatas, bisa-bisa ditinggal rombongan bus kalau kelamaan. Akhirnya yang kubeli adalah : Bakpao telo, Brownies kukus telo, keripik telo ungu, opak telo cilembu, opak telo ungu. dan beras merah organik 1 kilo. Setelah itu bayar di kasir dan waktunya melanjutkan perjalanan lagi, pulang Jember. O ya tas kresek yang kita terima berwarna putih ada tulisan “Repoeblik TelO – health is our priority” dibawahnya dituliskan juga alamat pusat dan cabang yang ada, serta websitenya juga, Jika ingin lebih praktis karena oleh-oleh yang dibeli banyak, Repoeblik TelO menyediakan kardus juga, cukup hanya menambah 8 ribu saja.

Sesampai di rumah udah jam 9 malam, bakpao telo yang kubeli langsung ludes dimakan saat itu. Bakpao telo inilah ikon yang paling terkenal di Repoeblik TelO. Meski sudah pernah mencicipi, tetapi tetap saja lidah ini berdecak nikmat. Begitu bakpao dibelah dua, aroma telo nya sangat terasa. Bakpaonya terasa empuk, meski sedikit lengket di gigi tetapi rasanya sangat nikmat. Cocok deh jika makannya masih dalam keadaan hangat, hmmm yummy.

Brownies Kukus Telo

Brownies Kukus Telo

Paginya, giliran si brownies kukus telo yang dicobain. Brownies kukus telo itu yang bikin aku penasaran, karena belum pernah mencobanya. Gimana sih rasa brownies yang terbuat dari telo?

Begitu kardus browniesnya terbuka, terlihat bwornies berwarna coklat seperti kue brownies pada umumnya, dan ada tulisan “Telo” diatasnya. Wow, jadi pengen cepet nyobain deh.

Ada tulisan Telo - nya

Ada tulisan Telo – nya

Setelah kuiris menjadi beberapa potong, aku mencoba sepotong kue brownies itu. Pengen tahu rasanya?

Irisan Brownies Kukus Telo

Irisan Brownies Kukus Telo

 Hhhhmmmm kalau menurutku sih rasa telonya tidak terlalu terasa seperti bakpao telo. Manis dan nyaris sama dengan rasa kue brownies biasa, cuma ini agak sedikit padat. Anak-anak suka lho dengan brownies kukus telo ini, sebentar saja sudah habis he .. he…

Untuk keripik telo ungu nya renyah dan manis khas telo. Opak telo cilembunya juga sama, rasanya manis. Dan dua-duanya terasa banget rasa telonya.

Kapan-kapan kalau pergi ke Malang, aku mau nyobain ah makanan lainnya *penasaran pengen icip-icip* . Cobain aja deh, mampir di Repoeblik TelO ini, dijamin bakalan bingung mau nyoba yang mana he he …

Manfaat telo

Manfaat telo

O ya di belakang kardus Brownies Kukus Telo itu terdapat uraian tentang kandungan dan manfaat dari si telo, ini dia tulisannya:

Telo Is The King of Vegetables

Kandungan dan manfaat Telo :

1. Menempati ranking 1 dari 58 jenis sayuran. (Diranking oleh Nutrition Action Health Letter,USA).

2. Memiliki kandungan vitamin A sebanyak 4 kali wortel, sangat baik untuk mencegah penyakit kebutaan. (sumber : WHO)

3. Memiliki Beta Carotene yang berguna sebagai pendukung pertumbuhan tulang, gigi, rambut dan kulit. (sumber : Dr. sanjay Gupta, CNN.com).

4. Memiliki kandungan gula yang rendah dan alami, sehingga cocok untuk penderita diabetes. (sumber: CNN.com).

5. Kandungan telo mendekati fat-free, cholesterol-free dan rendah sodium, sangat cocok untuk program diet. (sumber: Dr. Robert Cordell, emeritus professor of cardiothoracic surgery at wake forest University, School Pf Medicine, USA).

6. Mengandung zat antioksidan yang dapat membantu pencegahan penyakit jantung, kanker, pembentukan system imunitas dalam tubuh serta memperlambat proses penuaan. (sumber: ahli gizi Indonesia).

7. Karbohidrat yang dikandung telo masuk dalam klasifikasi Low Glycemix Index (LGI,54), artinya komoditi ini sangat cocok untuk penderita diabetes. (sumber : Dr. dr Elvina Karyadi, M.Sc Pusat Gizi Universitas Indonesia).

8. Serat pangan (dietary fiber) ubi jalar baik untuk pencernaan, rafinosa pada ubi jalar berfungsi sebagai prebiotik (makanan untuk mikroba baik dalam usus besar). Ubi jalar juga merupakan sumber kalsium yang baik, yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan gigi. (sumber WHO).

Wah ternyata selain mengenyangkan, telo juga banyak manfaatnya bagi kesehatan. Ayo cobain makan si telo ini yahh ….

Repoeblik TelO

Pusat : Jl. Raya Purwodadi No. 01, Kec. Purwodadi Kab. Pasuruan, Jawa Timur.

              Telp. +62341 428717, 425542

Cabang :

1. Jl. H.A.A. Kasim, Perum Batu Mas Blok A2 No. 1-2 ( Samping Masjid Cheng Ho), Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur.

Telp. +62343 630900

2. Rest Area Km 147, Tol Cileunyi, Kodya Bandung

Webmail : www.spat-indonesia.or.id                 Email : spat@indosat.net.id

Harga

Harga bakpao telo perbiji Rp 3000 – Rp. 4000, tergantung isian nya, boleh juga beli paket isi 6, 8 dan 12 biji, tentu harga lebih murah.

Harga Opak Ungu/ Cilembu : Rp. 16.000

Harga Brownies Oven / Kukus : Rp. 22.500

Harga Keripik telo ungu : Rp. 13.500

Harga beras merah organik : Rp.15.000

 

19 Comments

  1. rinibee March 20, 2013
    • admin March 30, 2013
  2. yuniarinukti March 20, 2013
    • admin March 30, 2013
  3. leni wijayanti March 20, 2013
    • admin March 30, 2013
  4. trise April 4, 2013
    • admin April 5, 2013
  5. Ety April 13, 2013
    • admin April 22, 2013
  6. Rahmatya November 26, 2013
  7. bambang October 3, 2015
    • Lianny October 3, 2015
  8. Gigi Putih January 4, 2016
  9. widyanti yuliandari January 24, 2016
    • Lianny January 24, 2016
  10. Angga mahendra April 19, 2017
    • Lianny April 20, 2017

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.