Resep Masakan

Rainbow Cake Kukus

 

Rainbow Cake Kukus

 

Bikin kue kukus aja deh kali ini ya, lagi males ngeluarin oven. Sama kok ini dengan kue kukus biasa, cuma warnanya aja dibikin warna-warni biar keliatan lebih menarik. Lihat resep kue ini di IG @tintinrayner.

Ya, sebenarnya sih bikin kue ini karena pengin uji coba peralatan masak baru, tahan nggak dikukus, jangan-jangan pecah. Eh ternyata beneran nggak pecah, senangnya!

Baca juga: 9 Tips Mengatasi Anak Susah Makan

 

Cuma warna kuenya rada-rada pastel, kurang cerah karena aku cuma pakai pewarna makanan 2 tetes aja, nggak mau banyak-banyak. Mungkin teman-teman punya pewarna makanan yang sekali tetes warnanya udah keliatan banget, share ya di komen.

 

bahan membuat rainbow cake kukusBahan membuat rainbow cake kukus

 

 

Resep Rainbow Cake Kukus

Bahan:

4 butir telur

190 gr gula pasir butiran halus

1 sdt emulsifier (SP/TBM)

150 gr tepung kunci/segitiga

3/4 sdt vanilli cream bubuk

1 sachet susu bubuk ( aku pakai Dancow )

150 gr minyak goreng

1 sachet susu kental manis putih

Pewarna/esens sesuai selera

 

Cara membuat:

1. Kocok telur, gula pasir, emulsifier sampai kental berjejak.

2. Masukkan campuran tepung terigu dan susu bubuk bergantian dengan campuran minyak goreng dan SKM ke dalam kocokan telur tadi. Jangan lupa kurangi speed mixer.

3. Matikan mixer, aduk balik pakai spatula hingga rata. Pisahkan menjadi beberapa bagian dan beri warna sesuai selera.

4. Lapisi loyang dengan kertas roti. Kukus tiap layer sekitar 5-6 menit. Tumpuk lagi dengan warna lainnya sampai selesai. Setelah semua warna lengkap, kukus lagi 15-20 menitan.

 

Nggak terlalu susah ya bikin kue ini, cuma memang butuh kesabaran saat ngukusnya karena butuh beberapa kali tuang adonan dan kukus. Bisa digunakan loyang ukuran diameter 18 cm.

 

Cara membuat rainbow cake kukus

 

Aku pakai 5 warna: hijau, merah muda, orange, merah dan ungu

 

Cara membuat rainbow cake kukusWarna terakhir, merah, setelah itu kukus lagi 15-20 menitan

 

Cara membuat rainbow cake kukus

Apinya kebesaran nih, jadi permukaan cake paling atas agak bergelombang

 

Warnanya kurang cerah, itu yang paling bawah warnanya ungu loh, jadi keliatan seperti warna cokelat ya. Eh tapi lucu juga rainbow cake kukusnya kalo dipotong mungil-mungil seperti ini

 

Seperti biasa kalo bikin kue kukus, dandangnya dipanasi terlebih dahulu sebelum loyang dimasukkan. Kemudian saat dikukus, tutup dandang dilapisi dengan serbet bersih agar air nggak menetes ke dalam adonan.

Aku jarang bikin kue yang dikukus karena susah banget ngatur saringan dandangnya, suka miring-miring nggak jelas *kode nih buat cari dandang baru hahaha 😀

Sore hari, minum teh hangat sembari nyemilin rainbow cake kukus ini, nikmatnyaaaa! Bisa juga dibuat bekal anak sekolah, kuenya dipotong kecil-kecil, lucu!  Enaknya ya kalo bikin kue-kue yang dikukus seperti ini, nggak bakal bikin sakit tenggorokan. Aman deh buat anak-anak. Nyam… nyam!

 

 

 

 

 

 

60 Comments

  1. Noe December 8, 2017
    • Lianny December 9, 2017
  2. Fakhruddin December 9, 2017
    • Lianny December 9, 2017
  3. Hastira December 9, 2017
    • Lianny December 9, 2017
  4. Mildaini December 9, 2017
    • Lianny December 9, 2017
  5. indiRa December 9, 2017
    • Lianny December 9, 2017
  6. Nuniek Kharisma Rosalina December 9, 2017
    • Lianny December 9, 2017
  7. Rita Asmaraningsih December 9, 2017
    • Lianny December 9, 2017
  8. Okti Li December 9, 2017
    • Lianny December 9, 2017
  9. momsinstitute December 9, 2017
    • Lianny December 9, 2017
  10. Atiqo December 9, 2017
    • Lianny December 9, 2017
  11. Beautyasti1 December 9, 2017
    • Lianny December 9, 2017
  12. Helena December 9, 2017
    • Lianny December 10, 2017
  13. Indah Juli December 10, 2017
    • Lianny December 10, 2017
  14. Nova DW December 10, 2017
    • Lianny December 10, 2017
  15. Rach Alida Bahaweres December 10, 2017
    • Lianny December 13, 2017
  16. Ceritaeka December 10, 2017
    • Lianny December 13, 2017
  17. Ucig December 11, 2017
    • Lianny December 13, 2017
  18. Witri Prasetyo Aji December 11, 2017
    • Lianny December 13, 2017
  19. Anindita Ayu December 11, 2017
    • Lianny December 13, 2017
  20. Lusi December 12, 2017
    • Lianny December 13, 2017
  21. Ririe Khayan December 13, 2017
    • Lianny December 13, 2017
  22. ardentus December 13, 2017
    • Lianny December 13, 2017
  23. Retno December 14, 2017
    • Lianny January 1, 2018
  24. Shabrina Anggraini December 15, 2017
    • Lianny January 1, 2018
  25. Adriana Dian December 15, 2017
    • Lianny January 1, 2018
  26. Dee - HDR December 20, 2017
    • Lianny December 20, 2017
  27. Hidayah Sulistyowati December 21, 2017
    • Lianny December 21, 2017
  28. Erwin Pratama December 21, 2017
    • Lianny January 1, 2018
  29. Nathalia DP January 4, 2018
  30. Indah Nuria January 4, 2018
  31. Nita Lana Faera January 13, 2018
    • Lianny January 15, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.