Reviews & Sponsored

Praktisnya Belanja Menggunakan Kartu Kredit

 

A : “Kamu kalau belanja keperluan rumah tangga biasanya lebih suka bayar cash atau kartu kredit?”
B : “Aku pake kartu kredit biasanya.”
A : “Nggak takut pake kartu kredit?”
B : “Takut? Nggak tuh sudah biasa. Memang kenapa mesti takut?”
A : “Itu tuh tetanggaku, pake kartu kredit malah kelimpungan sekarang, bunganya gede banget, belum lagi dendanya.”
B : “Nah, makanya jangan sampe telat bayar tagihan kartu kreditnya biar nggak kena bunga dan denda. Pake kartu kredit itu harus disiplin dan tepat waktu, pasti semuanya aman dan malah banyak keuntungan yang akan kita dapat kok.”
A : “Benar juga, ya. Belanja pake kartu kredit praktis banget.”

 

Yup, berbelanja menggunakan kartu kredit sekarang memang sudah tak asing lagi, karena banyak manfaat yang bisa didapatkan antara lain :
1. Praktis, karena tak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak.
2. Banyak reward dan program hadiah yang menguntungkan.
3. Bisa digunakan untuk berbelanja online.
4. Transaksi dapat dilakukan di seluruh dunia.
5. Ada fasilitas cicilan 0% yang menguntungkan kita.

 

Aku masih ingat nih saat antri kasir di sebuah mall dua tahun lalu. Waktu itu beberapa hari menjelang Idul Fitri. Mall ramai dengan pengunjung, terutama yang membeli baju. Kebetulan waktu itu anakku perlu membeli baju untuk keperluan pentas seni di sekolah, jadi mau nggak mau terpaksalah cari di mall meskipun rame.

Belinya cuma satu baju tapi harus mengantri lama banget karena antrian banyak meskipun kasirnya ada 3 orang. Nah, di barisanku ini kulihat kok lama banget ya melayani satu orang saja, sedangkan 2 barisan kasir di sebelah lumayan cepet lho melayaninya. Ternyata di barisanku ini kebanyakan pembayarannya memakai uang tunai.

Nah, ada satu orang pembeli yang dilayani lebih dari 15 menit. Setelah kuintip-intip ternyata belanjaannya memang banyak banget, dan pembeli tadi bayarnya dengan uang tunai bertumpuk-tumpuk. Bukan ratusan ribuan, melainkan ada yang 20 ribuan, ada yang 10 ribuan, jadilah kasirnya mesti teliti menghitungnya, pantesan lama. Coba saja pembeli tadi memakai kartu debet atau kartu kredit, pasti lebih praktis, apalagi dalam keadaan antrian panjang seperti itu. Tapi ya kembali lagi sih, mau pake tunai atau kartu kredit, itu semua pilihan sendiri-sendiri, ya.

Kartu kredit sangat membantu selama pemakaiannya tidak sembarangan dan pembayarannya selalu tepat waktu. Pemilihan kartu kredit yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan pastinya akan sangat bermanfaat.

Sekarang ada perusahaan startup yang bergerak di bidang teknologi financial di Indonesia yaitu cermati.com. Cermati ini didirikan oleh para teknologis dari Silicon Valley, dengan visinya menjadikan informasi finansial lebih mudah diakses dan lebih berguna bagi setiap orang dengan menggunakan platform teknologi.

 

cermati.com

 

Lewat web Cermati ini, kita akan bisa membandingkan dan mencari kartu kredit dari berbagai bank sebelum memutuskan pilihan, tentunya disesuaikan dengan gaya hidup dan kebutuhan kita.

Sebagai contoh : Aku pribadi suka kartu kredit yang memberi reward cashback. Dan karena biasanya kalau berbelanja keperluan bulanan untuk rumah tangga misalnya sabun, odol, minyak goreng, makanan, buah dan sebagainya kulakukan di Carrefour, jadilah aku apply kartu kredit Mega Carrefour. Dengan kartu kredit ini akan didapat cashback 1,5 % untuk seluruh transaksi di Carrefour. Selain itu ada diskon 5% untuk pembelanjaan produk private label di Carrefour.

Nah, untuk yang suka travelling bisa pilih kartu kredit dengan reward yang menawarkan banyak promo diskon untuk tiket penerbangan atau hotel.

 

Untuk membandingkan berbagai kartu kredit, langkahnya cukup mudah :

1. Buka web Cermati.

2. Pilih menu kartu kredit, klik semua kartu kredit, nanti akan muncul pilihan berbagai kartu kredit. Bandingkan semua fitur utama seperti cashback, reward, airmiles, cicilan ringan, serta promo makan atau belanja.

 

cermati kartu kredit

 

3. Untuk informasi lebih lanjut, klik info lengkap, akan terlihat penjelasan yang lebih lengkap tentang kartu kredit tersebut beserta promo-promonya.

 

cermati.com

 

Tidak hanya mengulas tentang kartu kredit saja, Cermati juga memberikan informasi tentang kredit tanpa agunan, kredit multi guna, kredit motor, tabungan, tabungan berjangka dan deposito. Berbagai artikel keuangan juga bisa kita dapatkan agar kita bisa cermat dan pintar mengelola keuangan. Yuk, mulai sekarang kita belajar cermat berfinansial.

 

30 Comments

  1. Noe June 24, 2015
    • Lianny June 24, 2015
  2. Sumarti Saelan June 24, 2015
    • Lianny June 24, 2015
  3. echaimutenan June 24, 2015
    • Lianny June 24, 2015
  4. Grace Melia June 24, 2015
    • Lianny June 24, 2015
  5. Suzie Icus June 24, 2015
    • Lianny June 24, 2015
  6. mak irul June 24, 2015
    • Lianny June 25, 2015
  7. Indah Nuria Savitri June 24, 2015
    • Lianny June 25, 2015
  8. Keke Naima June 24, 2015
    • Lianny June 25, 2015
  9. Sary Melati (@saryahd) June 25, 2015
    • Lianny June 25, 2015
  10. Lia June 25, 2015
    • Lianny June 25, 2015
  11. kania June 25, 2015
    • Lianny June 25, 2015
  12. cputriarty June 26, 2015
    • Lianny June 26, 2015
  13. handdriati July 3, 2015
    • Lianny July 4, 2015
  14. Bayu Rohmantika July 4, 2015
    • Lianny July 7, 2015
  15. sabda awal July 6, 2015
    • Lianny July 7, 2015

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.