Perkedel Daging

Perkedel pasti sudah tidak asing dengan lidah kita ya. Biasanya makanan ini dipakai sebagai pendamping nasi kuning. Dan banyak juga yang menyajikan perkedel bersama dengan masakan sup.

Saat awal-awal aku membuat perkedel, aku merebus kentangnya terlebih dahulu baru kemudian dihaluskan. Setelah itu diberi tepung terigu dan telur yang dicampur menjadi satu lalu digoreng. Rasanya enak sih, cuman terkadang kentangnya terlalu lembek.

Kemudian baru aku tau resep perkedel yang lain, yaitu dengan cara kentangnya digoreng terlebih dahulu, bukan direbus. Tidak memakai tepung, dan telur tidak dicampur menjadi satu dengan adonan, melainkan cuma digunakan sebagai pelapis terakhir saja. Akhirnya aku coba bikin deh perkedel dengan cara ini, ternyata memang lain rasanya, tetap lembut tetapi tidak lembek, dan rasanya lebih gurih.

 

Perkedel Daging

Kalau aku lihat-lihat resep perkedel di majalah, ada yang menambahkan bawang goreng yang dihaluskan agar lebih gurih lagi. Tetapi aku tidak memakai bawang goreng, jadi cukup kentang ditambah dengan daging sapi, jadi aku menyebut masakan ini Perkedel Daging.

Anakku terkadang pengen dimasakkan kaldu daging, jadi daging sapi kupilih yang bagian lulur dalam. Kemudian daging itu kucincang sampai halus ( jika punya blender daging hasilnya pasti akan semakin halus). Daging kemudian kumasak dengan air sampai empuk, kami menyebutnya kaldu daging. Kalau sedang sakit radang tenggorokan, anakku biasanya suka makan kaldu daging ini bersama bubur polos.

Gb. Bubur dan kaldu daging

Nah daging matang dari kaldu daging ini yang biasanya kubuat memasak perkedel daging. Awalnya sih aku cuma coba-coba saja menambahkan daging itu dalam masakan perkedel , karena saat itu ada sisa daging dari masakan kaldu daging yang kubuat. Ternyata setelah jadi, rasanya enak dan sampai sekarang kalau memasak perkedel selalu memakai tambahan daging, jika tidak ada dagingnya kok rasanya ada yang kurang ya he he …

 

Resep Masakan Perkedel Daging

Bahan :

4 buah kentang ukuran sedang

150 gram daging sapi cincang

1 butir telur

2 siung bawang putih

Garam secukupnya

Minyak untuk menggoreng

 

Cara Memasak:

1. Kupas kulit dan cuci bersih kentang, lalu potong-potong menjadi beberapa bagian.

2. Panaskan minyak dalam wajan dan goreng potongan kentang sampai matang.

3. Haluskan kentang yang sudah digoreng *aku biasa pake uleg an*.

4. Haluskan bawang putih dengan garam secukupnya.

5. Campurkan dengan kentang yang sudah dihaluskan tadi.

6. Tambahkan daging cincang *aku biasa pake daging cincang yang sudah empuk dan matang, dihaluskan lagi pake uleg an agar semakin lembut* ke dalam campuran kentang dan bawang putih tadi.

7. Kocok telur.

8. Ambil sedikit adonan kentang dan bentuk menjadi bulat pipih, lakukan sampai adonan habis.

9. Celupkan satu bulatan kentang kedalam kocokan telur dan goreng dalam minyak dengan api sedang.

10. Goreng hingga berwarna kuning keemasan. *Menggorengnya cukup sebentar saja, karena bahan adonan sudah matang semuanya*.

 

Selesai ! Perkedel Daging siap disajikan bersama Sup Ayam. Jika ingin dimakan sebagai cemilan bisa juga kok. Selamat mencoba …

 

Be Sociable, Share!

About Lianny

Happy mom with three nice children
This entry was posted in Resep Masakan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

11 Responses to Perkedel Daging

  1. Selesai, aku suka perkedel bikinan ibuku. Kentangnya digoreng diberi bawang goreng dan telurnya buat pencelup ketika mau digoreng *hihiii.

    Sudah lama kali, aku enggak bikin perkedel *entah…tapi kata teman-temanku memang pada suka di kukus, bukan di rebus…hihiii, mengirit minyak.

    Salam
    Astin

    • Lianny says:

      Bukan digoreng maksudnya mbak? Iya klo makanan itu memang selera orang nggak sama ya. Aku belum pernah nyobain kentang yang diberi bawang goreng, kapan-kapan mau nyobain ah …

  2. Andy says:

    perkedel daging kaya salah satu menu Bali deh, kalau kagak salah
    tapi tetap mba, beda tangan beda rasa, hehehe

    • Lianny says:

      Iya betul itu. Beda tangan beda rasa ya. Bahkan resep yang sama sekalipun, rasanya bisa beda karena orangnya yang masak berbeda πŸ™‚

  3. keke naima says:

    sy biasanya jg di goreng dulu. Rasanya lebih enak dan tanpa di kasih tepung. Tapi kalo malesnya lagi kumat, beli mashed potato trus goreng haha

    • Lianny says:

      Iya mak Myra, bikin perkedel ini prosesnya memang perlu waktu agak lama ya. Klo lagi males, memang enak yang tinggal goreng aja he he ..

  4. looks delicious πŸ™‚

  5. hana sugiharti says:

    Kalau suamiku malah suka perkedel lembek aku suka yang agak krispi hehe jadi setengah mateng angkat separo separonya lagi di keringin hehe

  6. nyam-nyam banget kalau dimakan dengan nasi panas ya? hmm ….

  7. Mantap artikelnya sist, bisa menjadi inspirasi. Thanks for share.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*