Resep Masakan

Pare, Si Pahit Yang Berkhasiat

Pertama kali melihat kakakku makan pare, aku enggan untuk mencicipi apalagi ikut memakannya. Padahal katanya sih enak, tapi memang sedikit ada rasa pahitnya. Eh baru setelah mempunyai anak sekarang ini aku mau mencicipinya. Mulanya sih ada warung makan prasmanan di kotaku yang menjual beraneka masakan sayur dan beraneka lauk ikan serta daging. Setelah diambilkan nasi putihnya, pelanggan tinggal menunjuk saja mau sayur dan lauk apa yang diinginkan. Nah salah satu sayur yang waktu itu kulihat adalah sayur pare ini, dioseng-oseng dengan teri dan cabai. Sepertinya kok menarik yah, dan sewaktu aku coba, benarrrr… wuuueeenaaaakkkk rasanya.  Rasanya juga tidak terlalu pahit, ditambah teri dan rasa pedasnya membuat makan terasa nikmat, apalagi nasinya masih hangat.

Setelah itu aku mulai suka dengan sayur pare ini.  Rasa pahit bisa dikurangi dengan sedikit tips ketika memasak pare. Tips nya yaitu pare diberi garam dan di remas-remas, diamkan beberapa menit dan cuci. Setelah itu baru dimasak, maka rasa pahitnya akan berkurang.

Tetapi ternyata rasa pahit dari pare ini yang malah sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, itu yang aku baca dari berbagai majalah kesehatan.

Diantaranya adalah dari buku”Makanan Anti Kanker”:

Pare merupakan sayuran dan mempunyai kegunaan luas sebagai obat tradisional, berfungsi untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti kencing manis, wasir, kerusakan hati, diare, jantung , sariawan, batuk, juga diduga dapat menurunkan risiko kanker dengan cara menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Rasa pahit yang berasal dari komponen glikosidanya yaitu momordisin ternyata mampu menurunkan risiko kanker darah (leukemia). Untuk itu, sebaiknya rasa pahit pada pare tidak perlu dihilangkan.


Ok, teman … coba deh mencicipi sayur pare , si pahit yang berkhasiat dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita ……

Resep Sayur Pare pedas dengan Teri Medan:
Bahan:
2 buah pare ukuran sedang
100 g ikan teri medan
1 buah cabai merah besar
2 siung bawang putih
Garam, merica, gula
Minyak untuk menumis

Cara masaknya:
1.    Cuci pare, kemudian belah menjadi dua bagian, buang bijinya. Setelah itu potong sesuai selera.
2.    Cuci ikan teri.
3.    Cincang bawang putih.
4.    Iris tipis cabai merah besar. Jika suka pedas tambahkan cabai merah kecil.
5.    Panaskan minyak, tumis bawang putih dan cabai sampai tercium aromanya.
6.    Masukkan teri, aduk-aduk sebentar, masukkan pare.
7.    Tambahkan garam,merica dan gula sesuai selera, tumis sampai masak.
8.    Angkat dan sajikan dengan nasi hangat.

2 Comments

  1. Pingback: Suka Pare yang Pahit | Langkah Catatanku November 22, 2013
  2. biskuit bayi November 16, 2014
    • Lianny November 16, 2014

Leave a Reply