Resep Masakan

Orak Arik Wortel Buncis Telur Masakan Pertamaku

 

Orak Arik Wortel Buncis Telur

 

Aku dulu nggak bisa masak.

Sekarang? Bisa dong, tapi masak yang gampang-gampang, nggak bisa yang terlalu ribet dan cetar membahana seperti di Master Chef. Cukuplah kalo untuk masak buat keluarga aja.

Sebelum nikah tuh aku cuma bisa masak tumis/cah sayur, goreng tempe, goreng tahu, goreng telur dan masak mie instan hehe. Jadi kasihan banget deh suamiku, nikah sama aku makan cuma tumis sayur sama tahu tempe goreng aja. Hari Senin, masak cah buncis sama tempe goreng, hari Selasa masak cah kangkung sama tahu goreng, hari Rabu masak cah sawi sama telur goreng, begitu terus cuma sayurnya aja yang diganti-ganti tiap hari. Mungkin suamiku bosen kali ya makan itu itu aja, tapi dia nggak bilang apa-apa sih πŸ˜€

Ada satu masakan yang aku rekam dalam ingatanku saat aku mengintip Mama memasak waktu aku SMA dulu, dan akhirnya aku tanya langsung ke Mama cara membuatnya. Nama masakannya orak arik, gampang sih hampir sama seperti cah sayur yang bumbunya cuma bawang putih, garam, gula dan merica aja, cuma ini ditambah dengan telur. Buat aku yang nggak suka masak, masak orak-arik ini termasuk kategori yang agak sulit waktu itu. Akhirnya aku coba juga masak orak arik. Wuah senengnya saat berhasil membuat masakan ini dan ternyata rasanya enak. Bisa dibilang orak arik wortel buncis telur masakan pertamaku *yang cah sayur dan goreng tahu tempe nggak masuk hitungan karena gampang banget.

Mulai dari itu, lama kelamaan aku sadar juga, apalagi saat sudah punya anak, mau nggak mau kan pingin masak aneka masakan buat keluarga tercinta, biar irit dan sehat tentunya. Jadilah aku mulai belajar masak ikan dan aneka masakan yang nggak terlalu sulit seperti sup sayur yang tinggal cemplang cemplung itu, lanjut belajar masak semur. Aku memberanikan diri mencacah daging sapi untuk bikin kaldu daging buat anak-anak. Masak ikan meskipun agak ngeri melihat mata ikannya melotot, mengupas kulit udang meskipun tangan jadi merah dan gatal-gatal karena alergi. Eh lama-lama mulai ketagihan, ternyata memasak itu menyenangkan ya.

Orak arik yang bahannya cuma wortel, buncis dan telur ini termasuk masakan favorit keluarga. Namanya unik ya, tapi cocok juga sih masakan ini dinamai orak arik karena cara masaknya memang seperti itu, dicampur aduk gitu.

Ini masaknya cuma sebentar, nggak sampai 10 menit sudah jadi, yang lama itu mengiris wortelnya bisa sampai setengah jam sendiri. Biasanya di awal irisan tipis-tipis eh lama kelamaan jadi agak lebih tebal karena tangan sudah pegel. Setelah matang, sebentar aja juga sudah ludes hahaha. Sebetulnya aku punya alat pemotong sayur tapi menurutku kurang kecil dan kurang tipis irisan-irisannya.

 

bahan orak-arik

Bahan membuat orak arik

 

Kalo Mama biasanya masak orak arik ini dengan daging ayam juga, tapi aku lebih suka masak sayurnya saja. Yang aneh nih, anak-anak itu kalo diminta makan buncis selalu nggak mau, eh begitu dimasak orak arik ini mereka seneng aja makannya. Mungkin nggak terlalu kerasa buncisnya karena aku pakenya juga nggak banyak-banyak, lebih banyakan wortelnya. Orak arik Bisa dibuat untuk isian lumpia juga lho, sudah pernah nyoba dan rasanya tetep enak.

Alat yang perlu disiapkan wadah untuk sayuran, talenan dan pisau yang tajam biar cepet mengirisnya.

 

resep orak arikPotong wortel, iris tipis memanjang

 

Teman-teman pasti sudah tau cara membuat orak arik ini. Tapi aku tulis aja deh resepnya, siapa tau ada anak gadis yang belum bisa masak nyasar ke blogku ini hehe.

 

Resep Orak Arik Wortel Buncis Telur

 

Bahan :

5 buah wortel ukuran sedang

15 buah baby buncis

2 telur (aku pakai 3 buah telur ayam kampung yang ukuran agak kecil)

ΒΌ kg daging ayam/udang

3 siung bawang putih

Garam, merica, gula secukupnya

Air setengah gelas

 

Cara membuat :

  1. Bersihkan wortel, kupas kulitnya, potong sepanjang 3 cm, iris tipis.

2. Bersihkan buncis, iris kecil-kecil.

3. Bersihkan daging ayam/udang, potong kecil-kecil.

4. Panaskan 3 sdm minyak goreng, tumis bawang putih sampai harum, masukkan daging ayam/udang, aduk sampai berubah warna.

5. Masukkan irisan buncis dan wortel tadi, aduk sebentar.

6. Tuang air, masukkan bumbu gula, merica dan garam sesuai selera.

7. Jika air sudah hampir habis, masukkan telur.

8. Aduk hingga tercampur rata, masak sebentar hingga matang.

9. Orak arik siap dihidangkan.

 

Gampang banget ya.

Memasak orak arik ini mengingatkanku satu hal, yaitu kesabaran. Seperti halnya memasak orak arik yang mengiris sayurnya butuh waktu agak lama, dikerjakan sedikit-sedikit sampai akhirnya selesai semua, demikian juga hidup. Untuk mencapai puncak kesuksesan, kadang diperlukan juga kesabaran dan keuletan. Setahap demi setahap sampai akhirnya bisa mencapai tujuan. Mungkin butuh proses yang panjang tapi keuletan kita pada akhirnya akan membawa pada keberhasilan. Huff, sok bijak banget sih, maaf ya mulai ngelantur hihi.

 

cara membuat orak-arik

Memasak Orak Arik

 

Resep Orak Arik wortel buncis telur

Orak arik wortel buncis telur siap disantap

 

Jadi intinyaaaaa… beliin dong alat yang bisa mempermudah mengiris wortel ini, biar praktis dan cepet masaknya *kabur sebelum digetok rame-rame πŸ˜€

O’ya aku pingin tau juga, apa masakan pertamamu?

 

48 Comments

  1. Lidya January 27, 2016
    • Lianny January 28, 2016
  2. Hairi Yanti January 27, 2016
    • Lianny January 28, 2016
  3. Liberto Amin January 27, 2016
    • Lianny January 28, 2016
  4. Gustyanita pratiwi January 27, 2016
    • Lianny January 28, 2016
  5. Dani January 27, 2016
    • Lianny January 28, 2016
  6. Dita January 28, 2016
    • Lianny January 28, 2016
  7. Bibi Titi Teliti January 28, 2016
    • Lianny January 28, 2016
  8. Heni Puspita January 28, 2016
    • Lianny January 30, 2016
  9. selvy January 28, 2016
    • Lianny January 30, 2016
  10. Ceritaeka January 28, 2016
    • Lianny January 30, 2016
  11. Windah January 28, 2016
    • Lianny January 30, 2016
  12. eda January 28, 2016
    • Lianny January 30, 2016
  13. Dian January 28, 2016
    • Lianny January 30, 2016
  14. vera January 28, 2016
    • Lianny January 30, 2016
  15. Silviana Noerita January 29, 2016
    • Lianny January 30, 2016
  16. kania January 29, 2016
    • Lianny January 30, 2016
  17. ayaa January 29, 2016
    • Lianny January 30, 2016
  18. dewitya January 29, 2016
    • Lianny January 30, 2016
  19. Indah nuria savitri January 30, 2016
    • Lianny February 1, 2016
  20. Lusi January 31, 2016
    • Lianny February 1, 2016
  21. cputriarty January 31, 2016
    • Lianny February 1, 2016
  22. Dwi Puspita February 1, 2016
    • Lianny February 1, 2016
  23. Noe February 2, 2016
    • Lianny February 2, 2016
  24. Winda Carmelita April 27, 2016
    • Lianny April 29, 2016

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.