Kuliner

Oleh-Oleh Khas Malang Yang Pernah Kucoba

 

Malang, salah satu kota di Jawa Timur yang mempunyai banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi. Selain tempat wisata, Malang juga terkenal dengan oleh-oleh dan aneka kulinernya yang enak. Aku terakhir ke Malang bulan February tahun lalu bersama putri sulungku, berdua kami naik kereta api dari stasiun Gubeng Surabaya. Perjalanan kami nyaman aman dan lancar naik kereta Bima Eksekutif.

Nah, kalo pergi ke Malang, wajib dong beli oleh-oleh buat keluarga. Sebetulnya banyak sekali oleh-oleh khas Malang yang terkenal enak, tapi aku cuma pernah mencoba beberapa aja.

 

Ini Oleh-Oleh Khas Malang Yang Pernah Kucoba:

 

1. Aneka olahan Telo : Bakpao Telo, Brownies Kukus Telo, Bakpia Telo, Keripik Telo

Aneka olahan makanan berbahan utama telo atau ubi ini patut dicoba, banyak dijumpai di tempat makan atau pusat oleh-oleh di kota Malang. Waktu itu aku beli aneka olahan telo ini di Repoeblik Telo yang terletak di Jl. Raya Purwodadi No. 01, Kec. Purwodadi Kab. Pasuruan, Jawa Timur.

 

 

Tempatnya cukup luas dan terdapat beragam jenis olahan makanan dari telo ini, seperti bakpao telo, brownies kukus telo, bakpia telo, keripik telo, nugget telo dll. Bakpao telonya ini empuk, rasanya enak manis dengan isian yang bervariasi. Begitu juga dengan brownies dan bakpia telonya, rasanya unik dan enak.

 

2. Pia Cap Mangkok

Pia Cap Mangkok adalah pia yang terkenal di kota Malang, ada sejak tahun 1959. Wuah, udah lama banget, ya! Aku sebetulnya belum pernah beli Pia Cap Mangkok, tapi beberapa kali dapat oleh-oleh, ada yang dari teman, ada yang dari saudara. Pia Cap Mangkok ini kulitnya renyah. Enak juga, tapi untuk pia, aku lebih suka kulit pia yang empuk daripada yang renyah.

 

oleh-oleh khas malang

 

Varian rasa Pia Cap Mangkok sekarang ini sudah beragam dari kacang hijau, cokelat, keju, tangkwe, durian dsb. Tapi kami baru coba yang rasa kacang hijau aja. Outlet Pia Cap Mangkok ini ada beberapa, salah satu diantaranya ada di Jalan Semeru no 25, Klojen, Malang.

 

3. Malang Strudel

Waktu baru pertama kali buka akhir tahun 2014, banyak bersliweran tuh foto-foto Malang Strudel di sosmed. Penasaran kan pengin tau seperti apa rasanya. Jadi saat pergi ke Malang, aku beli Malang Strudel di salah satu outlet resminya yang berada di jalan Semeru no 47, Klojen, Malang.

 

 

Nah ternyata pilihan varian Malang Strudel ini banyak juga, jadi bingung pilih mana. Akhirnya cobain deh Malang Strudel Premium Mangga, Malang Strudel Premium Durian dan Strudel O Apple Almond. Enak juga rasanya. Anak-anakku suka yang durian dan mangga karena memang mereka penyuka buah durian dan mangga.

 

 

Strudel lebih nggak tahan lama dibandingkan dengan oleh-oleh seperti pia dan keripik. Jadi cepat-cepat deh diberikan ke orang yang ingin kita beri oleh-oleh atau jika untuk dimakan sendiri bersama keluarga ya langsung dimakan aja begitu sampai rumah haha.

 

4. Aneka keripik buah

Malang terkenal juga dengan keripik buahnya, seperti keripik pisang, keripik nangka, keripik salak, keripik rambutan, keripik apel dll. Aneka keripik buah ini banyak dijumpai di pusat oleh-oleh kota Malang. Aneka keripik buah ini bisa dijadikan pilihan oleh-oleh yang tepat untuk saudara atau teman karena tahan lama.

Keripik buah yang pernah kucoba adalah keripik apel, keripik nangka, keripik salak. Sayangnya aku lupa motret jadi lupa merk apa aja waktu itu haha. Aku belinya di outlet Malang Strudel. Jadi beli strudel, sekalian aku beli keripik buah juga waktu itu.

 

5. Sari Apel
Kalau sari apel ini aku belum pernah beli juga, tapi dapat dari saudaraku yang pergi ke Kusuma Agro Wisata. Nah, pulang dari situ, mereka memberiku oleh-oleh sari apel. Enak, apalagi kalau diminum dingin, manis segaar!

Baca juga: Mencicipi Kuliner Malang

 

Yup, itulah beberapa oleh-oleh khas Malang yang sudah pernah kucoba. Kalau teman-teman, udah pernah coba oleh-oleh khas Malang apa aja? Suka yang mana? Yuk, sharing, yaaa! 😊

 

 

 

93 Comments

  1. Okti Li September 25, 2019
    • Lianny September 26, 2019
    • Dedew September 28, 2019
      • Lianny September 28, 2019
  2. nurulrahma September 25, 2019
    • Lianny September 26, 2019
  3. Tetty Hermawati September 25, 2019
    • Lianny September 26, 2019
  4. Inda Chakim September 26, 2019
    • Lianny September 26, 2019
  5. nurulrahma September 26, 2019
    • Lianny September 26, 2019
  6. diane September 26, 2019
    • Lianny September 27, 2019
  7. indah nuria September 26, 2019
    • Lianny September 27, 2019
  8. Hanny Nursanty September 26, 2019
    • Lianny September 27, 2019
  9. Jalan-Jalan KeNai September 26, 2019
    • Lianny September 27, 2019
  10. Wiwied Widya September 26, 2019
    • Lianny September 27, 2019
  11. Hidayah Sulistyowati September 26, 2019
    • Lianny September 27, 2019
      • Hidayah Sulistyowati September 27, 2019
        • Lianny September 28, 2019
  12. Rohyati Sofjan September 26, 2019
    • Lianny September 27, 2019
  13. Monica Anggen September 27, 2019
    • Lianny September 27, 2019
  14. Ida September 27, 2019
    • Lianny September 27, 2019
  15. Hastira September 27, 2019
    • Lianny September 27, 2019
  16. Prita HW September 27, 2019
    • Lianny September 27, 2019
  17. Uniek Kaswarganti September 27, 2019
    • Lianny September 27, 2019
  18. susie ncuss September 27, 2019
    • Lianny September 27, 2019
  19. April Hamsa September 27, 2019
    • Lianny September 27, 2019
  20. RAch Alida September 27, 2019
    • Lianny September 27, 2019
  21. Ainhy Edelweiss September 27, 2019
    • Lianny September 27, 2019
  22. Dewi adikara September 27, 2019
    • Lianny September 27, 2019
  23. Lina W. Sasmita September 27, 2019
    • Lianny September 27, 2019
  24. Inna Riana September 27, 2019
    • Lianny September 27, 2019
  25. Kurnia amelia September 27, 2019
    • Lianny September 27, 2019
  26. Arda Sitepu September 27, 2019
    • Lianny September 27, 2019
  27. Sandra Nova September 27, 2019
    • Lianny September 28, 2019
  28. Nunung yuni September 27, 2019
    • Lianny September 28, 2019
  29. tanti amelia September 27, 2019
    • Lianny September 28, 2019
  30. lendyagasshi September 28, 2019
    • Lianny September 28, 2019
  31. Jiah September 28, 2019
    • Lianny September 28, 2019
  32. artha September 28, 2019
    • Lianny September 28, 2019
  33. Cindy Vania September 28, 2019
    • Lianny September 29, 2019
  34. Milda Ini September 28, 2019
    • Lianny September 29, 2019
  35. Echaimutenan September 28, 2019
    • Lianny September 29, 2019
  36. Lina W. Sasmita September 28, 2019
    • Lianny September 29, 2019
  37. Mirna September 28, 2019
    • Lianny September 29, 2019
  38. Suciarti Wahyuningtyas September 28, 2019
    • Lianny September 29, 2019
  39. Ety Abdoel September 29, 2019
    • Lianny September 29, 2019
  40. Rosanna Simanjuntak September 30, 2019
    • Lianny October 1, 2019
  41. Via Rinzeani October 2, 2019
    • Lianny October 2, 2019
  42. Ira Hamid October 2, 2019
    • Lianny October 7, 2019
  43. Fanny Fristhika Nila October 11, 2019
    • Lianny October 14, 2019
  44. ellafitria October 13, 2019
    • Lianny October 14, 2019
  45. Bondan Family October 14, 2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.