[Nostalgia] Makanan Anak Kost Murah Meriah

 

[Nostalgia] Makanan Anak kost murah meriahSource image: wikipedia

 

Habis Reuni Perak dengan teman-teman SMA beberapa waktu lalu, jadi inget-inget zaman muda dulu, saat wajah masih unyu unyu dan badan masih langsing hehehe. Terus keinget juga masa kuliah, cari kost deket kampus biar enak, pulang pergi kampus tinggal jalan kaki aja deh. Kalo kata Mak Irits Β sih ini namanya pengiritan jadi anak kost πŸ˜€

Bukan cuma transport aja yang diirit, tapi juga makanannya. Karena di tempat kostku nggak boleh masak maacem-macem, ya terpaksa harus beli atau rantangan. Kalo masak mie instan, goreng telur, nganggetin masakan, bikin nasgor ya masih bolehlah.

Tapi emang aku dasarnya males masak, apalagi kompornya masih kompor minyak tanah, yang ada sumbu-sumbunya itu lho. Idupin kompornya rada ribet, apalagi pas matiinnya, ditiup-tiup nggak mati-mati juga apinya, diciprat-ciprat pake air nggak mati juga, terpaksalah ambil air agak banyak buat menyiram kompor supaya mati. Basah dimana-mana deh, abis itu langsug kabur ke kamar hahaha *jangan ditiruuuu, eh nggak mungkin ditiru ya, kan sekarang pakenya kompor gas, praktis!

 

Ngomong-ngomong aku mau [nostalgia] makanan anak kost murah meriah yang biasa kumakan saat kuliah dulu:

 

Rantangan

Nasi putih sudah ada di kost, jadi tinggal cari lauknya aja sih. Kalo nggak mau bingung cari makan apa, ya rantangan aja, bisa pilih menu yang kita suka. Kalo lauknya agak banyak ya bisa kubuat dua atau tiga kali makan biasanya *tetep nih pengiritan hahaha. Eh harganya waktu itu juga lumayan murmer kok.Β 

 

Gorengan

Deket tempat kost, kalo sore ada yang jual gorengan seperti ote-ote, tahu goreng, pisang goreng, jagung bakar dll. Aku suka beli gorengan di situ, kalo pas ada lauk lain buat makan malem, ya gorengannya langsung dimakan gitu aja. Nah, kalo nggak ada lauk buat makan malem, gorengannya dijadikan lauk, dimakan dengan nasi. Ya, liat gorengannya juga, tahu goreng, tempe goreng, ote-ote dan lumpia goreng masih bisa kumakan dengan nasi, buat dijadikan lauk. Mungkin karena kebiasaan ini, jadi aku makan gorengan dengan nasi ya rasanya enak-enak aja, padahal orang lain ada yang nggak bisa, aneh tuh, masa gorengan dimakan dengan nasi? πŸ˜€

 

Bakso

Siapa yang nggak suka bakso? Makanan ini paling favorit deh buat anak kuliahan. Aku juga suka makan bakso, apalagi bakso yang mangkal deket kost, gorengannya yang aku suka, waktu itu beda dari gorengan tukang bakso lain. Gorengannya dari kentang, enaaak!

 

Nasi goreng dug dug

Kami sekost nyebutnya begitu karena abang penjualnya kalo keliling disertai dengan bunyi dug dug dug. Nah suka beli deh nasi goreng dug dug ini. Ada sih menu lain seperti mie goreng dan cap cay, tapi paling sering beli ya nasi gorengnya itu. Kalo sekarang, entah apa masih ada penjual nasi goreng keliling seperti ini, kayaknya udah jarang. Kebanyakan sekarang punya tempat mangkal sendiri, jadi udah nggak keliling lagi ya.

 

Tahu tek

Nah kalo tahu tek ini lewat depan kost malem hari, sekitar jam 10 malem. Kalo lagi laper malem-malem saat begadang ngerjain tugas kuliah, teman-teman sekost suka beli nih tahu tek. Aku ikut-ikutan beli juga, ternyata enak rasanya. Duh jadi pengin ngerasain tahu tek Surabaya lagi nih, udah lama nggak makan.

 

Mie instan

Sekarang mie instan banyak varian rasanya ya, kalo dulu kan nggak. Coba waktu itu varian rasa mie instan banyak seperti sekarang, bisa cobain satu-satu deh varian rasanya hahaha.

 

Telur

Masak paling gampang ya bikin telur dadar atau telur ceplok aja. Nggak sampe 5 menit jadi!

 

Abon

Nah ini makanan paling super duper praktis deh, nggak usah masak segala. Nggak boleh kosong nih persediaan abon, wajib ada. Jadi kalo bangun telat, nggak sempat masak telur ceplok ya makan abon, begitu juga kalo duit udah menipis, jalan keluarnya ya makan dengan abon aja hihi.

 

Nah itu makananku dulu saat kost, yang 3 terakhir itu wajib ada, harus selalu tersedia di kost an deh. Jadi pengin tau nih, teman-teman waktu kuliah dulu, ngekost juga nggak? Kalo iya, share dong makanan apa aja yang sering dimakan saat kost dulu πŸ˜€

 

 

Be Sociable, Share!

About Lianny

Happy mom with three nice children

This entry was posted in Personal and tagged , , . Bookmark the permalink.

42 Responses to [Nostalgia] Makanan Anak Kost Murah Meriah

  1. Noe says:

    Kalo dulu aku ngekost, masak nasi aja, beras bawa dr rumah. sayurnya beli di warung makan. Lbh hemaat. Hahaha

    • Lianny says:

      Oh masak nasi sendiri ya Noe? Aku sudah dapat nasi putih dari kost, tinggal nambah lauknya aja πŸ™‚

  2. Dulu zaman kuliah aku favorit nasi goreng. Hohoho

  3. Mbaaa, ini makanan sampai sekarang masih jadi kesukaan aku mbaa. Hihihihi

  4. Prih says:

    Postingan yg mengait kenangan jaman rantangan….beneran rantang susun 3 untuk nasi, sayur dan lauk.
    Kalau mudik dibawain abon, sambal pecel dan kering tempe teri kacang oleh ortu.

  5. Kalau aku ada lagi nich mbak, bawa makanan khas Cilacap. Ikan asin, namanya ikan jambal. Digorengnya ukuran kecil aja, nasi sepiring trus sayur…huaaa nikmate poll

  6. rahmiaziza says:

    Kalo aku, mie instan, tempe penyet, rames, sama nasi kucing, atau angkringan kalo orang jogja nyebutnya. Nasi plus lauk dibungkus kecil2. Jamanku dulu harganya serebuan.

  7. Bakso dan mi instant, makanan yang sangat susah saya hindari wkwkwk

  8. isnuansa says:

    Mie instan, telor sama abon juaranya pengiritan, Mbak hahaha… Nggak ngalamin ngekost sih, jadi ya nggak ngirit-ngirit amat makannya kalo di rumah udah disediain. Kadang kalo jajan makan siang aja yang harus ngirit karena uang sakunya terbatas. πŸ™‚

  9. Jasmi Bakri says:

    Mie instan dan telor tu stok wajib saya dikosan.. kalo habis duit dan habis stok, melipir aja ke kosan temen minta diberi makan nasi sepiring + lauk. Sebagai balasan, saya bantu beresin kamar dia. Saya hobi beberes soalnya. Hehehe

  10. Fanny f nila says:

    Pas kuliah di aceh, aku jrg jajan krn biaya kos nya udh include makan 3x sehari mba :p. Makanya kalopun jajan cuma utk cemal cemil..

    Pas aku pindah ke malaysia, ga bisa deh include ama makan 3x, krn keluarga tempat aku honestay, chinese. Maklumlah.. Soalnya mereka kan juga masak pork, jd aku ga mungkin makan di sana.. Dr situ hrs beli :D. Nah yg paling aku suka biasanya lauk kari india.. Hahahaha apalagi aku udh ada langganan.. Uncle india, yg baiiik bgt.. Aku cm beli lauk ayam misalnya, suka ditambahin sayur.. Kangen ih ama uncle itu.. Makanya sampe skr aku suka bgt lauk2 india :D. 4 thn makan itu trs pas kuliah :p

  11. ikrom says:

    gorengan itu paling able nahan laper meski gak sehat, tapi mau gimana lagi?

  12. Bella says:

    Hihihi jadi inget masak pake kompor minyak tanah πŸ˜‚
    Kalo versi adat saya
    1. klo ga Ada lauk pake garem atau nasi digoreng campur terasi sama bawang. (Ini sih makanan sy lg kecil wktu nenek lg bokek πŸ˜‚)
    2. Pake sambel goang mentah enak bgt. Sama krupuk lebih asik kalo Ada ikan asin (diadaptasi Dr generasi me generasi πŸ˜‚)

    Makan gorengan anget pake nasi anget emang enak bgt. Apalgi biking sendiri gorengannya,

  13. Enny Mamito says:

    Gorengan & mie instan identik banget sama kost ya mbk. Termasuk saya πŸ˜€

  14. Inda chakim says:

    Numpang nostalgiaan di sini aahhhh
    Tengkiu ya mak, πŸ˜€

  15. Hastira says:

    kalau aku dulu suka burjo , murmer dan bikin kenyang

  16. nur rochma says:

    Pernah ikut katering (rantangan), kitanya nggak peduli soal rasa lagi. Dimakan saja. Dan bapak penjual nasgor itu mangkalnya di perempatan gang dekat kostku. Ini kalau malas nggak beli makan sorenya.

    Pernah juga masak, tapi jarang. Aku dulu nggak suka masak. Pakai kompor minyak, tapi sering diam-diam pakai kompor gas punya ibu kost. (Semoga ibu kost memaafkan.) Ini kalau ibu kostnya lagi di dalam kamar, tidur. Pakai deg-degan pula. Tapi ada teman yang bagian mengawasi kamar ibu kost. Ya Allah, ternyata aku anak kost yang nakal.

    • Lianny says:

      hahaha ntar ibu kost mendadak bangun, ketauan dong πŸ™‚
      Jadi inget dulu aku bareng teman2 sekost ambil mangga di halaman buat rujakan, tentu pas ibu kost lagi pergi *nggak boleh ditiru ini haha πŸ˜€

  17. Yah..si mbanya malah reunian makanan.. saya masih makan yg itu juga masalahnya.. gagal move on ke makanan kekinian πŸ™‚

  18. suga says:

    Kalo yang bakso, sampe sekarang masih menjadi terfavorit. Kalau lagi pengiritan, biasanya ada warung nasi yang harganya nggak UMR, beda sama warung nasi yg lainnya (alias muraah banget). Ciri-cirinya warung sederhana, rame pembelinya, biasanya sih seperti itu. Hehe

  19. Lusi says:

    Dulu kalau nggak punya duit makan batagor depan gang kosan. Lah sekarang batagor kok mahal juga ya? Heheee

  20. dulu selalu gak ketinggalan mie instant mbak waktu ngekost. Kayaknya itu makanan wajib sejuta umat deh hehe

  21. Sampai sekarang pun kalau lagi bosan makan, saya makan nasi pakai gorengan dan sambal atau saus sambal. Yang penting ada sambalnya. Tahu tek saya belum pernah nyoba, haha… Kalau abon malah cukup mahal juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *