Personal

[Nostalgia] Makanan Anak Kost Murah Meriah

 

[Nostalgia] Makanan Anak kost murah meriahSource image: wikipedia

 

Habis Reuni Perak dengan teman-teman SMA beberapa waktu lalu, jadi inget-inget zaman muda dulu, saat wajah masih unyu unyu dan badan masih langsing hehehe. Terus keinget juga masa kuliah, cari kost deket kampus biar enak, pulang pergi kampus tinggal jalan kaki aja deh. Kalo kata Mak Irits  sih ini namanya pengiritan jadi anak kost 😀

Bukan cuma transport aja yang diirit, tapi juga makanannya. Karena di tempat kostku nggak boleh masak maacem-macem, ya terpaksa harus beli atau rantangan. Kalo masak mie instan, goreng telur, nganggetin masakan, bikin nasgor ya masih bolehlah.

Tapi emang aku dasarnya males masak, apalagi kompornya masih kompor minyak tanah, yang ada sumbu-sumbunya itu lho. Idupin kompornya rada ribet, apalagi pas matiinnya, ditiup-tiup nggak mati-mati juga apinya, diciprat-ciprat pake air nggak mati juga, terpaksalah ambil air agak banyak buat menyiram kompor supaya mati. Basah dimana-mana deh, abis itu langsug kabur ke kamar hahaha *jangan ditiruuuu, eh nggak mungkin ditiru ya, kan sekarang pakenya kompor gas, praktis!

 

Ngomong-ngomong aku mau [nostalgia] makanan anak kost murah meriah yang biasa kumakan saat kuliah dulu:

 

Rantangan

Nasi putih sudah ada di kost, jadi tinggal cari lauknya aja sih. Kalo nggak mau bingung cari makan apa, ya rantangan aja, bisa pilih menu yang kita suka. Kalo lauknya agak banyak ya bisa kubuat dua atau tiga kali makan biasanya *tetep nih pengiritan hahaha. Eh harganya waktu itu juga lumayan murmer kok. 

 

Gorengan

Deket tempat kost, kalo sore ada yang jual gorengan seperti ote-ote, tahu goreng, pisang goreng, jagung bakar dll. Aku suka beli gorengan di situ, kalo pas ada lauk lain buat makan malem, ya gorengannya langsung dimakan gitu aja. Nah, kalo nggak ada lauk buat makan malem, gorengannya dijadikan lauk, dimakan dengan nasi. Ya, liat gorengannya juga, tahu goreng, tempe goreng, ote-ote dan lumpia goreng masih bisa kumakan dengan nasi, buat dijadikan lauk. Mungkin karena kebiasaan ini, jadi aku makan gorengan dengan nasi ya rasanya enak-enak aja, padahal orang lain ada yang nggak bisa, aneh tuh, masa gorengan dimakan dengan nasi? 😀

 

Bakso

Siapa yang nggak suka bakso? Makanan ini paling favorit deh buat anak kuliahan. Aku juga suka makan bakso, apalagi bakso yang mangkal deket kost, gorengannya yang aku suka, waktu itu beda dari gorengan tukang bakso lain. Gorengannya dari kentang, enaaak!

 

Nasi goreng dug dug

Kami sekost nyebutnya begitu karena abang penjualnya kalo keliling disertai dengan bunyi dug dug dug. Nah suka beli deh nasi goreng dug dug ini. Ada sih menu lain seperti mie goreng dan cap cay, tapi paling sering beli ya nasi gorengnya itu. Kalo sekarang, entah apa masih ada penjual nasi goreng keliling seperti ini, kayaknya udah jarang. Kebanyakan sekarang punya tempat mangkal sendiri, jadi udah nggak keliling lagi ya.

 

Tahu tek

Nah kalo tahu tek ini lewat depan kost malem hari, sekitar jam 10 malem. Kalo lagi laper malem-malem saat begadang ngerjain tugas kuliah, teman-teman sekost suka beli nih tahu tek. Aku ikut-ikutan beli juga, ternyata enak rasanya. Duh jadi pengin ngerasain tahu tek Surabaya lagi nih, udah lama nggak makan.

 

Mie instan

Sekarang mie instan banyak varian rasanya ya, kalo dulu kan nggak. Coba waktu itu varian rasa mie instan banyak seperti sekarang, bisa cobain satu-satu deh varian rasanya hahaha.

 

Telur

Masak paling gampang ya bikin telur dadar atau telur ceplok aja. Nggak sampe 5 menit jadi!

 

Abon

Nah ini makanan paling super duper praktis deh, nggak usah masak segala. Nggak boleh kosong nih persediaan abon, wajib ada. Jadi kalo bangun telat, nggak sempat masak telur ceplok ya makan abon, begitu juga kalo duit udah menipis, jalan keluarnya ya makan dengan abon aja hihi.

 

Nah itu makananku dulu saat kost, yang 3 terakhir itu wajib ada, harus selalu tersedia di kost an deh. Jadi pengin tau nih, teman-teman waktu kuliah dulu, ngekost juga nggak? Kalo iya, share dong makanan apa aja yang sering dimakan saat kost dulu 😀

 

 

42 Comments

  1. Noe May 10, 2017
    • Lianny May 14, 2017
  2. Silviana Noerita May 10, 2017
    • Lianny May 14, 2017
  3. Rach Alida Bahaweres May 10, 2017
    • Lianny May 14, 2017
  4. Prih May 10, 2017
    • Lianny May 14, 2017
  5. Astin Astanti May 11, 2017
    • Lianny May 14, 2017
  6. rahmiaziza May 11, 2017
    • Lianny May 14, 2017
  7. Tian Lustiana May 12, 2017
    • Lianny May 14, 2017
  8. isnuansa May 12, 2017
    • Lianny May 14, 2017
  9. Jasmi Bakri May 14, 2017
    • Lianny May 15, 2017
  10. Fanny f nila May 15, 2017
    • Lianny May 15, 2017
  11. ikrom May 15, 2017
    • Lianny May 16, 2017
  12. Bella May 15, 2017
    • Lianny May 16, 2017
  13. Enny Mamito May 15, 2017
    • Lianny May 16, 2017
  14. Inda chakim May 15, 2017
    • Lianny May 16, 2017
  15. Hastira May 16, 2017
    • Lianny May 16, 2017
  16. nur rochma May 16, 2017
    • Lianny May 16, 2017
  17. Kornelius ginting May 16, 2017
    • Lianny May 16, 2017
  18. suga May 16, 2017
    • Lianny May 16, 2017
  19. Lusi June 13, 2017
    • Lianny June 13, 2017
  20. imeldasutarno June 13, 2017
    • Lianny June 15, 2017
  21. Nita Lana Faera June 17, 2017
    • Lianny June 17, 2017

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.