Resep Masakan

No Knead Bread ala Sangjin Ko – Roti Empuk dan Lembut Tanpa diuleni, Tanpa Telur

 

No Knead Bread Sangjin Ko - Roti Empuk dan Lembut Tanpa Diuleni Tanpa Telur

 

No Knead Bread ala Sangjin Ko – Roti Empuk dan Lembut Tanpa Diuleni, Tanpa Telur. Ternyata bisa juga lho membuat roti tanpa perlu keluar tenaga ekstra buat menguleni atau membanting-banting adonannya. Hanya tinggal mencampur-campur bahan saja dan kesabaran untuk menunggu adonan didiamkan agar mengembang hehe. O’ya roti ini juga tidak menggunakan telur lho dan tidak pakai mixer juga. Asyik, kan? Roti yang dihasilkan bisa empuk dan lembut.

Resep roti ini dari Sangjin Ko, seorang master roti dari Indonesia yang menetap di Korea. Sangjin Ko sudah menerbitkan buku antara lain: “Rahasia Membuat Roti Sehat & Lezat dengan Ragi Alami” dan “Membuat Sendiri Aneka Roti, Cookies & Kue Lezat 100% Tanpa Dioven.”

Penasaran pengin coba membuat juga No Knead Bread ala Sangjin Ko? Resepnya ada di bawah ini, ya.

 

No Knead Bread by Sangjin Ko

Bahan :

120 ml susu

100 ml air

40 gr gula pasir halus (bisa diblender dulu) <– Aku pake gula halus

4 gr garam

6 gr ragi instan

260 gr tepung terigu protein tinggi

40 gr tepung terigu protein rendah

30 gr mentega/margarin, cairkan

Isian : keju, cokelat, kismis, daging dll sesuai selera

Olesan : 1 kuning telur + 1 sdm susu cair

 

Cara membuat :

  1. Masukkan susu cair, air, gula, garam, aduk sampai larut.

2. Taburkan ragi instan pada mangkuk tersebut dan diamkan 5 menit. Jika ragi sudah tercampur dengan air, aduk dengan sendok hingga larut.

3. Masukkan campuran terigu yang sudah diayak, lalu aduk menggunakan sendok kayu hingga membentuk adonan yang kenyal.

4. Masukkan mentega cair dan aduk hingga rata. Tekstur adonan yang dihasilkan sedikit lengket.

5. Tutup mangkuk dengan plastik wrap atau bisa juga menggunakan serbet bersih. Fermentasikan selama 20 menit

6. Setelah 20 menit, taburi tangan dengan tepung terigu dan kempiskan adonan. Balik adonan bagian bawah dan bentuk bulat. Fermentasikan lagi selama 20 menit.

7. Ulangi proses fermentasi ini selama 3 kali.

8. Setelah melalui 3 kali proses fermentasi, tutup adonan dengan plastik dan simpan di kulkas selama 5-6 jam atau semalaman agar menghasilkan adonan yang lebih lembut. Tapi kalau mau langsung dibentuk dan dioven juga bisa.

9. Keluarkan adonan dari kulkas, kempiskan dan dibagi menjadi beberapa bagian dengan berat masing-masing 50gr, lalu bulatkan.

10. Pipihkan adonan dan beri isian. Tata dalam loyang yang sudah dialasi kertas roti. Diamkan selama 15 menit.

11. Olesi permukaan adonan dengan bahan olesan dan panggang dengan suhu 190’C selama 15 menit.

12. Setelah dikeluarkan dari oven, panas-panas oles dengan butter. Siap disajikan.

 

Resep roti tanpa ulen ini mungkin sudah lama ngehits ya, tapi aku baru tau 2 minggu lalu. Duh telat banget deh taunya. Langsung penasaran dengan resep roti yang nggak perlu diuleni ini, tapi nggak langsung praktek haha.

Nah minggu lalu saat mau membuat cheesekut dan mengeluarkan mixer untuk mengocok cream cheese, aku baru tau kalo mixerku rusak gara-gara jatuh hiks. Lha nggak bisa dong membuat kue kalo mixernya rusak? Eeh langsung inget dengan resep roti tanpa ulen ini yang tinggal campur-campur aja, girang banget kan. Mari kita coba!

 

Bahan No Knead Bread Sangjin Ko - Roti Empuk Lembut Tanpa diuleni

Susu cair, air hangat, gula pasir dan fermipan. Campur bahan, langkah 1 dan 2

 

CaraMembuatNoKneadBreadSangjinKoRoti EmpukLembutTanpaUlen

Bila berbusa atau bergelembung menandakan ragi aktif

 

Bahan No Knead Bread Sangjin Ko - Roti Empuk Lembut Tanpa diuleni

Bahan-bahan lainnya

 

CaraMembuatNoKneadBreadSangjinKoRoti EmpukLembutTanpaUlen2

Campur semua bahan, langkah 3 dan 4

 

Cara Membuat No Knead Bread Sangjin Ko - Roti Empuk Lembut Tanpa diuleni

Adonan yang dihasilkan. Tutup plastik, fermentasikan 20 menit

 

CaraMembuatNoKneadBreadSangjinKoRoti EmpukLembutTanpaUlen4Kempiskan adonan, bentuk bulat. Tutup plastik, fermentasikan 20 menit. Ulangi sebanyak 3 kali.

 

CaraMembuatNoKneadBreadSangjinKoRoti EmpukLembutTanpaUlen5Setelah 3 kali fermentasi, tutup adonan dengan plastik dan masukkan kulkas 5-6 jam atau semalaman.

 

CaraMembuatNoKneadBreadSangjinKoRoti EmpukLembutTanpaUlen6Adonan setelah dikeluarkan dari kulkas

CaraMembuatNoKneadBreadSangjinKoRoti EmpukLembutTanpaUlen7Bagi menjadi beberapa bagian, masing-masing 50 gram

 

CaraMembuatNoKneadBreadSangjinKoRoti EmpukLembutTanpaUlen8Bentuk adonan dan beri isian.

 

CaraMembuatNoKneadBreadSangjinKoRoti EmpukLembutTanpaUlen9

Taruh di atas loyang, diamkan 15 menit sampai mengembang

 

CaraMembuatNoKneadBreadSangjinKoRoti EmpukLembutTanpaUlen10Adonan tampak mengembang setelah 15 menit.

 

CaraMembuatNoKneadBreadSangjinKoRoti EmpukLembutTanpaUlen16

Olesi permukaan roti dengan bahan olesan.

 

CaraMembuatNoKneadBreadSangjinKoRoti EmpukLembutTanpaUlen11

Oven sekitar 15 menit sampai matang. Aku masih belum punya oven listrik, jadi pakai otang.

 

Percobaan pertama.

Hari Rabu malam, aku akhirnya membuat adonan roti yang tanpa telur dan tanpa diuleni ini. Seneng banget saat tau kalo adonan roti ini tanpa telur karena telur di rumah emang lagi habis. Aku baru tau esok harinya saat membaca resepnya lagi, ternyata tetep perlu telur 1 biji untuk diambil kuningnya aja buat olesan roti. Berhubung aku nggak ada telur sama sekali jadi rotinya cuma kuberi olesan susu cair aja, nggak pake kuning telur.

 

Resep roti empuk dan lembut tanpa diuleni ala Sangjin Ko

Bahan isian sesuai selera. Aku membuat roti cokelat blok, roti cokelat meses, roti keju dan roti meses keju.

 

Adonan kumasukkan kulkas sekitar jam 22.00 malam, besok paginya jam 04.50 adonan kukeluarkan dari kulkas dan kupanggang. Untuk isian aku pakai cokelat blok, meses dan keju. Anak-anak suka roti ini, dan yang paling mereka suka adalah roti dengan isian cokelat blok. Roti ini cepet habisnya, malah si bungsu minta dibuatin lagi.

 

Roti Empuk dan Lembut Tanpa diuleni ala Sangjin KoRoti yang sudah matang

 

Roti Empuk dan Lembut Tanpa diuleni ala Sangjin Ko

Percobaan pertama ini jadi 8 buah roti.

 

Percobaan kedua.

Sabtu malam, aku nyobain resep ini untuk yang kedua kalinya. Kali ini telur sudah beli dan beli butter juga untuk olesan rotinya setelah matang.

Kalau di percobaan pertama aku pakai margarin blue band yang dicairkan, di percobaan kedua ini aku tetep pakai blueband tapi blue band cake dan cookie. Aromanya lebih wangi. Untuk isian kali ini aku pakai cokelat blok aja.

 

Cara membuat Roti Empuk dan Lembut Tanpa diuleni

Isian pake cokelat blok. Potong kecil-kecil.

 

Cara Membuat No Knead Bread Sangjin KoHasilnya yang sudah jadi. Percobaan kedua ini jadi roti sebanyak 11 buah.

 

 

Rotinya enak sekali, beneran deh hasilnya empuk dan lembut. Saat roti masih panas, oles dengan butter. Hhhhm roti empuk dan lembut, berpadu dengan butter dan cokelat blok leleh, rasanya enaaak. Yummy!

 

No Knead Bread Sangjin Ko

Roti cokelat empuk dan lembut tanpa diuleni

 

Roti Empuk Lembut Tanpa DiUleni

Rotinya enak, empuk dan lembut sekali. Saat masih panas dioles butter. Yummy!

 

Untuk tepungnya di resep menggunakan 260 gram tepung terigu protein tinggi dan 40 gram protein rendah. Berhubung kehabisan tepung protein rendah, aku pakai tepung protein tinggi (Cakra Kembar) dan protein sedang (Segitiga biru). Tetap lembut dan empuk kok. Kapan-kapan mau coba membuat pakai tepung protein rendah dan margarinnya pakai butter aja. Lebih enak, lembut dan empuk, kali ya hehe.

 

Tips :

  • Untuk mengembangan ragi biasanya digunakan gula dan air hangat. Jangan terlalu panas, karena jika terlalu panas, raginya akan mati dan tidak akan aktif sama sekali. Jika permukaan campuran menjadi berbusa atau bergelembung, maka raginya aktif dan dapat ditambahkan ke bahan-bahan lain sesuai resep.
  • Adonan roti ini sedikit lengket, jadi taburi dulu tangan dengan tepung jika akan membulatkan adonan.

 

Yuk, buat juga No Knead bread ala Sangjin Ko – Roti Empuk dan Lembut Tanpa diuleni, Tanpa Telur ini!

Selamat mencoba 🙂

 

34 Comments

  1. Rinda Gusvita` March 14, 2016
    • Lianny March 14, 2016
  2. prima hapsari March 14, 2016
    • Lianny March 14, 2016
  3. andyhardiyanti March 14, 2016
    • Lianny March 14, 2016
  4. Gustyanita Pratiwi March 14, 2016
    • Lianny March 14, 2016
  5. momtraveler March 14, 2016
    • Lianny March 14, 2016
  6. heni prasetyorini March 14, 2016
    • Lianny March 14, 2016
  7. Aprillia Ekasari March 14, 2016
    • Lianny March 15, 2016
  8. Heni Puspita March 15, 2016
    • Lianny March 15, 2016
  9. cputriarty March 17, 2016
    • Lianny March 18, 2016
  10. Noe March 17, 2016
    • Lianny March 18, 2016
  11. Lidya March 17, 2016
    • Lianny March 18, 2016
  12. Silviana Noerita March 18, 2016
    • Lianny March 18, 2016
  13. fanny fristhika nila March 19, 2016
    • Lianny March 20, 2016
  14. Lusi March 22, 2016
  15. Hamacaan March 23, 2016
    • Lianny March 23, 2016
  16. Astin Astanti March 26, 2016
    • Lianny March 29, 2016
  17. Dwi Puspita March 29, 2016
  18. Endang April 15, 2016
  19. masgenset April 26, 2016

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.