Aneka Tips

Menyetrika Tidak Selalu Membosankan

 

menyetrika tidak selalu membosankanSumber gb : www.tribunnews.com

 

“Pakaiannya kok kusut sekali? Sudah dikibas sebelum dijemur?”

“Belum.”

“Nah, kalo mau dijemur, kibaskan dulu pakaiannya, agar saat kering nanti nggak terlalu kusut.”

Itu salah satu pesan Mama saat aku membantunya menjemur pakaian waktu itu. Memang sangat nggak enak kalo pakaian kita jadi kusut setelah dicuci dan dijemur, menyetrika jadi lebih membutuhkan waktu lama.

Sejak kelas 6 SD aku sudah terbiasa menyetrika pakaian satu keluarga. Buatku meyetrika itu lebih menyenangkan dibandingkan membersihkan kamar mandi (termasuk bak mandinya juga). Namanya juga anak kecil, waktu itu kalau ada yang protes hasil setrikaku kurang rapi, aku suka ngambek hahaha.

Ngomongin setrika kok jadi ingat Melly yang waktu itu memperlihatkan foto pakaian yang hendak disetrikanya, seabreg-abreg itu pakaiannya, haduh membayangkan setrika segitu banyak ampun deh, mending minta tolong jasa laundry aja buat setrika hahaha.

Menyetrika tidak selalu membosankan kok. Jika dilakukan dengan hati gembira, kegiatan ini nggak akan terasa, tau-tau sudah selesai aja.

 

Serba-serbi menyetrika

 

Jemur pakaian dengan benar

Kibaskan dan bentangkan pakaian saat akan dijemur, jangan sampai ada lipatan agar waktu kering pakaian tidak kusut. Balik pakaian saat dijemur agar warna pakaian tidak pudar terkena cahaya matahari langsung.

 

Lihat label pakaian

Sebelum mulai menyetrika, lihat dulu label dan petunjuk yang biasanya ada di bagian pinggang atau leher  pakaian. Sesuaikan kadar panas setrika dengan bahan pakaiannya.

 

Menyetrika Celana

Lipat terlebih dulu di bagian lubang kaki yang terdapat jahitannya, satukan bagian yang terdapat jahitan. Rapikan jahitan dan mulai menyetrika, lipat celana dari bawah menjadi 3 bagian.

 

Bra

Bra tidak boleh disetrika karena akan merusak bentuk cup dan merusak elastisitas bra. Kita bisa menumpuknya dengan catatan cup bagian depan menghadap atas.

 

Menyetrika kain beludru atau wol

Pakain beludru atau wol bisa disetrika dengan setrika uap.

 

Kaos yang ada sablonan

Untuk kaos yang ada sablonannya, sebaiknya disetrika secara terbalik agar gambar sablonnya tidak rusak atau lengket terkena suhu panas.

 

Cairan pelicin pakaian

Kita bisa menggunakan cairan pelican pakaian agar hasil setrikaan tidak kusut dan lebih rapi.

 

Dengarkan musik

Menyetrika sambil mendengarkan musik favorit kita, bisa membuat hati kita lebih riang. Pekerjaan menyetrika akan terasa lebih menyenangkan.

 

Jangan menunda

Jangan menunda menyetrika baju dan membiarkannya menumpuk.

 

Memang kadang kita sibuk dengan pekerjaan lain, jadi nggak sempat setrika. Kadang juga sifat males datang, mau setrika hari ini tunda besok. Besok mau setrika tunda besok lusa, jadilah pakaian tambah lama tambah menumpuk. Akhirnya apa? Tambah males kan menyetrikanya *pengalaman pribadi nih. Kalo sudah terpaksa, akhirnya dikerjain juga setrika bajunya, sampai berjam-jam saking banyaknya. Akibatnya badan pegel semua.

Aku nggak terbiasa menyetrika sambil duduk, kurang rapi kelihatannya. Jadi selama ini aku setrika sambil berdiri. Bayangkan deh setrika berjam-jam sambil berdiri itu gimana, capek banget hiks. Akhirnya nggak mau menunda setrika lagi, ya paling lama 2 hari sekali aja setrikanya. Udah kapok 😀

Itu sedikit serba-serbi menyetrika. Semoga kegiatan menyetrika kita tidak lagi membosankan. Semangat!

 

23 Comments

  1. Melly Feyadin March 30, 2016
    • Lianny April 1, 2016
  2. Sekolah Bisnis Online March 30, 2016
    • Lianny April 1, 2016
  3. puput March 30, 2016
    • Lianny April 1, 2016
  4. Evi Sri Rezeki March 30, 2016
    • Lianny April 1, 2016
  5. Astin Astanti March 31, 2016
    • Lianny April 1, 2016
  6. Fita Chakra March 31, 2016
    • Lianny April 1, 2016
  7. Lidya March 31, 2016
    • Lianny April 1, 2016
  8. Mugniar March 31, 2016
    • Lianny April 1, 2016
  9. Ade Anita March 31, 2016
    • Lianny April 1, 2016
  10. Ophi Ziadah March 31, 2016
    • Lianny April 1, 2016
  11. Lusi April 5, 2016
    • Lianny April 19, 2016
  12. cputriarty May 18, 2016

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.