Tulisan Yang Menang Lomba/GA

Meningkatkan Value Blog

Blog anny.blogdetik.com sekarang berumur 5 tahun, umur yang sama dengan umur blogku ini. Aku belajar menulis blog pertama kalinya di blogspot pada bulan Juni 2008. Kemudian mencoba ngeblog di Blogdetik pada bulan Juli 2008. Belajar ngeblog itu sangat menyenangkan, aku menjadi tahu apa itu blogwalking atau dikenal dengan BW. Dan ternyata postingan kita juga bisa dikomentari oleh orang lain. Senang sekali saat posting pertama kali di Blogdetik dan baru beberapa menit kemudian ada yang memberi komentar. Aku masih ingat saat itu komentar pertama datang dari tonosaur dan kw. Blog Anny ini juga sering kukunjungi, juga blog Julie dan juga blog Uni. Bagi yang memulai ngeblog jaman-jaman itu kurasa sangat kenal dengan blog-blog tersebut.

Tak terasa sudah lima tahun berlalu ya.. Aku sempat vakum selama 2 tahun dan mulai aktif lagi tahun 2011. Saat itu mulai bertebaran teman-teman yang mengadakan Giveaway, entah trend itu mulai tahun berapa yah, yang jelas aku tidak tau sama sekali. Jadi tahun 2011 saat aku mulai aktif ngeblog lagi itulah, aku baru tau. Ternyata Giveaway yang marak di kalangan blogger itu adalah memberikan suatu hadiah kepada sahabat blogger lainnya, tentu dengan beberapa syarat yang harus diikuti pula.

 

Blog itu sendiri tentu saja harus diurus, kalau cuma membuat blog terus dibiarkan menganggur tidak ada postingan rasanya mubazir juga ya. Bagiku pribadi banyak keuntungan yang sudah kudapatkan dari ngeblog ini:

1. Aku bisa menuangkan segala ide/pikiran/uneg-uneg yang mengganjal di kepalaku. Seperti menulis sebuah diary, begitu juga dengan blog. Setelah menulis, maka pikiran akan menjadi lebih tenang, lebih lega. Jadi menulis adalah sebuah terapi jiwa juga.

2. Aku mendapat banyak teman lewat blog, meski cuma di dunia maya, tapi aku merasakan pertemanan itu betul-betul nyata.

3. Aku mulai menemukan passion ku dalam menulis, suatu hal yang memang sejak kecil kusenangi.

4. Aku bisa membagikan pengalaman atau pengetahuan kepada orang lain lewat blogku, dan tentu saja aku akan sangat senang sekali jika apa yang sudah kutulis bisa bermanfaat bagi orang lain.

5. Lewat blog aku mulai bisa mendapat penghasilan sendiri, meski tak seberapa tapi senangnya luar biasa.

6. Aku bisa mendapat hadiah dari lomba blog / GA yang kuikuti. Tentu bukan itu tujuan utama dalam menulis, tapi buatku hadiah itu merupakan bonus/reward dari segala usaha dan kerja keras yang sudah kulakukan.

Karena itulah akupun mulai menyadari bahwa blog pun memiliki value yang bisa dilihat oleh blogger lain. Tentu harus diupayakan agar value blog bisa meningkat. Aku mengamati juga blogku saat aku aktif dan saat aku vakum, tentu berbeda sekali.

 

Meningkatkan Value Blog

Ada beberapa hal yang bisa meningkatkan value blog menurut pandanganku pribadi :

1. Aktif membuat postingan. Kalau dulu aku posting 2 bulan sekali, sekarang aku mencoba untuk posting paling sedikit seminggu sekali.

2. Karena aku mempunyai beberapa blog pribadi, maka aku harus membagi postingan secara rata, tentu juga disesuaikan dengan tema masing-masing blog.

3. Ide menulis bisa datang dari mana saja. Tetapi tentu saja tata krama dalam menulis juga harus diperhatikan, janganlah membuat tulisan yang berisi sumpah serapah atau hal-hal yang menyinggung perasaan orang lain. Contohnya jangan menulis yang berhubungan dengan SARA dan semacamnya.

4. Sebagai seorang Blogger tentu saja blogwalking ke rumah maya sahabat blogger itu penting. Akan banyak teman-teman baru yang didapat dan tentu saja akan banyak pengetahuan yang bisa kita serap. Jangan mengharap orang lain BW ke tempat kita tetapi kita tidak membalasnya. Aku sendiri berusaha untuk membalas setiap kunjungan yang masuk ke dalam blogku, meski tidak harus saat itu juga.

5. Dulu aku tidak pernah share postinganku ke sosial media, salah satunya saat itu aku memang tidak mengerti bagaimana caranya. Tapi lambat laun aku mulai mengamati, bahwa saat postingan di share di Facebook atau twitter atau social media lainnya, maka pengunjung blog kita juga akan meningkat. Karena itulah sekarang, setiap kali aku selesai membuat postingan, aku share tulisanku di sana.

6. Untuk bisa menghasilkan tulisan yang berkualitas, tentu harus banyak membaca dan belajar. Tak ada faktor usia untuk belajar, jadi belajar dan belajar terus itu wajib dilakukan. Dengan begitu tentunya tulisan kita akan meningkat dan menjadi lebih baik dari hari ke hari. Ibarat pisau tentu jika diasah terus menerus maka akan semakin tajam.

7. Membuat sebuah tulisan dan di publish untuk bisa dibaca orang lain, berarti tulisan itu bukan milik kita sendiri melainkan sudah menjadi milik umum. Dan pembaca terkadang tidak semuanya setuju dengan apa yang sudah kita tulis. Nah, saat inilah kita harus bisa berlapang dada, menerima segala pujian dengan ucapan terima kasih dan syukur, sebaiknya menerima segala saran dan kritikan dengan senang hati juga, karena justru dari situlah kita bisa berkembang maju. Jangan hanya mau dipuji saja tapi tak mau dikritik/ diberi saran.

8. Sekarang sudah marak yang namanya kopdar antar blogger. Aku baru sekali kopdar, itupun cuma dengan satu orang saja. Ke depan semoga aku bisa berkesempatan untuk kopdar dengan teman-teman blogger lainnya, karena hal ini bisa mempererat pertemanan, dari teman di dunia maya bisa menjadi teman yang nyata.

9. Tidak semua orang bisa menulis di blog dan membuat blog, dan ternyata di kalangan para orang tua di sekolah juga begitu. Terkadang ada yang bertanya dan tentu aku menerangkan semampu yang aku bisa. Rasanya bahagia banget bisa membagikan ilmu yang kita miliki kepada orang lain. Toh saat awal-awal membuat blog aku dulu juga sempet bingung, nah sekarang setelah bisa kenapa tidak membagikannya kepada yang kurang bisa. Intinya jangan pelit untuk bagi-bagi ilmu deh ..

10. Seorang blogger juga tidak boleh sombong. Sekarang banyak sekali lomba Blog / GA yang diadakan, dengan mengikutinya ada beberapa keuntungan yang bisa didapat. Blog kita akan update, tulisan akan semakin terasah, mendapat banyak teman baru, dan kalau menang dapat hadiah. Bagiku hadiah bukan alasan utama, jika menang hadiah itu adalah bonus/ reward dari kerja dan usaha kita. Membuat postingan juga termasuk usaha bukan? Dan yang patut diingat adalah tidak kecewa jika kalah, tidak sombong jika menang. Menang kalah itu biasa dalam suatu pertandingan.

 

Nah, itulah beberapa hal yang kulakukan untuk meningkatkan value blog.

Akhir kata kuucapkan : Selamat Ulang Tahun blog Anny yang kelima,

semoga semakin maju dan berkembang dan memberi inspirasi bagi banyak orang.

Fight Never Ending mbak Anny …

 

8 Comments

  1. rahmi August 13, 2013
    • Lianny August 15, 2013
  2. @afanrid August 13, 2013
    • Lianny August 15, 2013
  3. Lusi September 6, 2013
  4. andre December 7, 2015
    • Lianny December 7, 2015
  5. pengawet makanan - markaindo January 4, 2016

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.