Personal

Mengembangkan Jiwa Wirausaha Anak

Mengembangkan Jiwa Wirausaha Anak

 

Kemarin saat blogwalking di blog guru kecil, aku baca postingan tentang Nung yang berjualan criping telo. Jadi keinget dengan anak sulungku yang waktu SD dulu pernah berjualan bolpen. Ceritanya waktu itu, tante pemilik mobil antar jemput yang biasa mengantarnya pulang sekolah itu berjualan bolpen. Nah anakku ini niatnya membantunya dengan cara menawarkan bolpen ke teman-temannya. Ternyata kok laku, banyak yang beli juga. Tapi nggak berlangsung lama sih karena ada larangan berjualan di lingkungan sekolah waktu SD itu.

Aku sendiri sependapat dengan bu guru Cheila kalo anak-anak boleh aja berjualan di sekolah, selama dilakukan di jam istirahat dan tidak menggangu proses KBM. Itu termasuk salah satu pembelajaran juga sih menurutku, mereka akan belajar untuk:

 

Melatih mental dan keberanian

Nggak semua lho anak-anak berani untuk berjualan ke teman-temannya. Kadang, ada perasaan takut. Misalnya saja, takut diejek oleh teman-temannya, takut ditolak, takut nggak ada yang mau beli dsb. Berjualan seperti ini akan melatih mental dan keberanian sang anak.

Belajar untuk ulet dan pantang menyerah

Kesuksesan nggak akan secara ajaib muncul begitu saja. Semuanya pasti diawali dengan hal-hal kecil seperti ini. Anak-anak akan belajar untuk ulet dan pantang menyerah meskipun mungkin akan menghadapi berbagai penolakan atau situasi yang tidak diharapkannya.

Mandiri

Anak-anak dengan jiwa wirausaha seperti itu ke depannya akan semakin mandiri. Mungkin suatu saat mereka akan bisa membiayai sekolah mereka sendiri dengan hasil dari jualannya itu. Bahkan nggak menutup kemungkinan, suatu saat nanti mereka akan menjadi seorang pengusaha sukses. Siapa yang tau?

 

Sekedar sharing, aku punya seorang kenalan yang umurnya sekitar 10 tahun di bawahku, sebut saja si A. Sejak masih SMA di A nggak malu untuk berjualan. Kadang dia ambil sejumlah roti dari toko roti dan dijualnya, kadang jualan minuman dll. Akhirnya si A mampu membiayai kuliahnya dengan hasil dari jualannya itu. Salut sekali! Jiwa wirausaha yang ada dalam dirinya membawa dampak yang positif.

Nah, sama dengan anak sulungku. Kalo kuperhatikan anak sulungku mempunyai jiwa wirausaha yang lebih besar dibanding adik-adiknya. Sekarang udah SMA, dia cerita kalo teman-temannya banyak kok yang jualan waktu istirahat. Ada yang jual cup cakes, nasi bakar, tas, macem-macem deh.

Hah? Sekolah jadi seperti β€œpasar” dong kalo gitu? Nggak! Karena mereka bukan bawa barang jualannya terus nawar-nawari temannya pas istirahat, bukan gitu sih. Tapi teman-temannya udah pesen dulu beberapa hari sebelumnya, ntar di sekolah cuma ngasih barang yang udah dipesan itu aja saat istirahat atau saat pulang sekolah. Nggak akan mengganggu proses KBM tentunya.

Anakku sendiri udah 2 bulan ini mencoba jualan kosmetik. Syukurlah, udah banyak yang beli juga. Aku bilang, keuntungan penjualan kumpulin, dikit-dikit kan nanti bisa jadi banyak. Nggak nyangka deh, anak-anak SMA juga suka dandan ya sekarang. Aku dulu SMA cuma pake bedak bayi aja, pakai lipstik malah setelah nikah hahaha.

 

Mengembangkan Jiwa Wirausaha Anak

 

So, balik lagi ke topik awal. Menurutku, jiwa wirausaha anak-anak semestinya nggak boleh dimatikan, malah justru didorong untuk berkembang. Dengan catatan tentu saja nggak mengganggu pelajarannya, urusan sekolah tetap yang utama, kan. Dan jika dilakukan di jam istirahat sekolah, tetap dipastikan nggak membuat teman-temannya merasa terganggu. Terakhir, kalo guru dan pihak sekolah mengizinkan tentu saja. Kalo kebijakan sekolah tidak membolehkan anak-anak berjualan di lingkungan sekolah ya lebih baik nggak dilanggar deh, jualannya di luar lingkungan sekolah aja ya πŸ˜€

 

48 Comments

  1. Gurukecil April 19, 2017
    • Lianny April 20, 2017
  2. ade anita April 19, 2017
    • Lianny April 20, 2017
  3. Uniek Kaswarganti April 19, 2017
    • Lianny April 20, 2017
  4. dhonnies April 19, 2017
    • Lianny April 20, 2017
  5. Idah Ceris April 20, 2017
    • Lianny May 2, 2017
  6. kado biru April 21, 2017
    • Lianny May 2, 2017
  7. Saat Santai April 21, 2017
    • Lianny May 2, 2017
  8. khairiah April 21, 2017
    • Lianny May 2, 2017
  9. Sijai April 22, 2017
    • Lianny May 2, 2017
  10. Ronal Gigih April 23, 2017
    • Lianny May 2, 2017
  11. Nofantoro April 23, 2017
    • Lianny May 2, 2017
  12. Mak Irits April 23, 2017
    • Lianny May 2, 2017
  13. BlogDokter April 26, 2017
    • Lianny May 2, 2017
  14. Noe April 27, 2017
    • Lianny May 2, 2017
  15. siswonesia April 30, 2017
    • Lianny May 2, 2017
  16. jubah muslim pria May 1, 2017
    • Lianny May 2, 2017
  17. Sebentar Saja May 2, 2017
    • Lianny May 2, 2017
  18. Fanny Fristhika Nila May 2, 2017
    • Lianny May 3, 2017
  19. Ria May 3, 2017
    • Lianny May 3, 2017
  20. AbdulMc May 4, 2017
    • Lianny May 14, 2017
  21. agugus.com May 4, 2017
    • Lianny May 7, 2017
  22. abid abdullah May 5, 2017
    • Lianny May 7, 2017
  23. Astin Astanti May 11, 2017
    • Lianny May 14, 2017
  24. falahalfal May 17, 2017
    • Lianny May 17, 2017

Leave a Reply