Hobby

Mendongeng Seru dengan Boneka Jari

 

Saat aku kecil dulu, mama sering bercerita saat aku akan tidur malam. Cerita sebelum tidur selalu kutunggu. Yang masih kuingat adalah cerita tentang Timun Mas dan Kleting Kuning. Aku tak pernah bosan mendengar ceritanya, meski sering diulang-ulang. Mama sering ketiduran saat bercerita , jadilah diulang lagi besok malamnya. Mungkin mama terlalu capek dan ngantuk sehingga ketiduran.

Akupun sering membacakan cerita untuk anak-anakku saat mereka kecil dulu. Mereka paling senang kalau aku bercerita dengan binatang-binatang sebagai tokohnya. Ya, dongeng binatang dengan tokoh singa, kelinci, tikus, gajah, katak, semut dan lain-lainnya. Apalagi kalau suaranya dibuat berbeda, misalnya suara singa agak berat dan suara kelinci dibuat lebih kecil dan halus.

Aku bercerita dengan memakai boneka milik anak-anak sendiri. Memang, jadinya mereka nggak ketiduran saat aku mendongeng, karena antusiasnya mereka mendengarkan. Begitu cerita selesai barulah mereka memejamkan mata untuk tidur dan berpesan supaya aku mendongeng lagi besok malamnya. Sekarang sih, anak-anak sudah gede, jadi aku jarang mendongeng lagi, ya sesekali saja kalau mereka minta.

Mendongeng dengan bantuan alat peraga asyik dan seru sekali. Selain boneka tangan, bisa digunakan boneka jari untuk alat peraga mendongeng. Anak-anak suka sekali dengan boneka jari karena bentuknya yang kecil terlihat lucu dan imut sekali. Cocok untuk dongeng binatang yang melibatkan banyak tokoh binatang di dalamnya.Kalau satu jari untuk satu boneka binatang, jadilah nanti ada 10 boneka binatang di dua tangan, banyak sekali, ya.

Boneka jari ini bisa dikatakan sebagai mainan edukatif juga lho. Misalnya saja saat bermain dengan boneka jari berbentuk binatang, anak-anak bisa mengembangkan daya imajinasinya, belajar mengenal bentuk dan karakter aneka binatang yang ada. Tidak terbatas hanya boneka binatang saja, berbagai macam bentuk lainnya bisa dibuat, misalnya buah-buahan, sayuran, tokoh kartun (misal doraemon), keluarga dsb. Kalau aku pribadi sih, paling suka dengan aneka binatang yang bentuknya imut banget.

 

bermain boneka jari* Contoh boneka jari bentuk binatang *

 

Beberapa tahun lalu, saat melihat-lihat buku kreasi dengan kain flannel, ada yang membahas tentang boneka jari. Akhirnya aku beli buku itu karena ingin mencoba membuat boneka jari sendiri. Memang boneka jari dari kain flanel ini bentuknya sederhana, tapi aku suka. Seneng banget saat bonekanya jadi, iiihhh imutnya. Aku sudah membuat beberapa boneka jari saat anak-anak masih kecil. Sudah banyak yang hilang karena dibuat mainan juga oleh anak-anak.

 

boneka jari kain flanel

 

Kemarin lusa, aku menemukan satu boneka jari berbentuk tikus yang warna birunya sudah mulai lusuh. Wuahh jadilah pengin nyoba membuat lagi dengan sisa-sisa kain flannel yang ada di lemari. Aku pengin membuat kelinci sih sebenarnya, keliatannya lucu banget kelinci yang sedang memegang wortel itu, tapi kain flanel warna putihnya nggak ada. Akhirnya aku mencoba membuat boneka singa bersama anak bungsuku Alicia, dia membantu menjahit bagian badan singanya. Juga membantu memasukkan benang ke lubang jarum, maklumlah mamanya ini paling males kalau urusan memasukkan benang itu karena sering gagalnya deh *mata sudah mulai buram2 hahaha 😀

 

Membuat boneka jari dari kain flanel

Bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat boneka jari : Kain flannel, benang, gunting, dakron, hiasan mata, lem serbaguna.

Cara membuat (secara umum) :

Pola dari buku digambar di kertas dan digunting. Guntingan pola kertas tadi ditempelkan di kain flannel, dan gunting. Ikuti instruksi dalam bukunya, mulai jahit untuk wajah, badan, kaki dan tangan. Gabungkan semuanya. Selesai.

 

boneka jari

boneka jari singa dan tikus

 

Akhirnya jadi juga tuh boneka jari singanya, meskipun nggak terlalu rapi karena membuatnya cepet-cepetan *ih alesan ya hahaha. Besok-besok mau membuat yang lain lagi ah. Imut banget. Lucu, kan?

Jadi punya ide, liburan sekolah nanti kalau nggak pergi kemana-mana, bisa nyobain bikin kreasi dari kain flannel lagi bersama anak-anak.

Yuk mendongeng seru dengan boneka jari! 😀

 

32 Comments

  1. Uniek Kaswarganti February 3, 2015
    • Lianny February 5, 2015
  2. Indah Juli February 3, 2015
    • Lianny February 5, 2015
  3. evisrirezeki February 3, 2015
    • Lianny February 5, 2015
  4. resep kue February 3, 2015
    • Lianny February 5, 2015
  5. Dwi Puspita Nurmalinda February 4, 2015
    • Lianny February 5, 2015
  6. Liswanti February 4, 2015
    • Lianny February 5, 2015
  7. Lidya February 4, 2015
    • Lianny February 5, 2015
  8. astin February 4, 2015
    • Lianny February 5, 2015
  9. Lieshadie February 6, 2015
    • Lianny February 6, 2015
  10. nindi azzahra February 7, 2015
    • Lianny February 9, 2015
  11. Salman Faris February 10, 2015
    • Lianny February 10, 2015
  12. Hilda Ikka February 10, 2015
    • Lianny February 10, 2015
  13. harjanti.dede July 12, 2015
    • Lianny July 13, 2015
  14. adu October 15, 2015
    • Lianny October 16, 2015
  15. Rani R Tyas October 20, 2015
    • Lianny October 20, 2015
  16. suci February 14, 2017
    • Lianny February 14, 2017

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.