Resep Masakan

Membuat Roti Manis Isi Pisang Empuk dan Legit

 

Pisang, salah satu buah kesukaanku. Selain dimakan langsung, pisang bisa diolah menjadi berbagai macam menu makanan seperti: kolak pisang, roti pisang, pisang goreng, kue pisang, keripik pisang dll. Semuanya aku sukaaaaa!

Aku pernah mencoba membuat muffin pisang dan brownies pisang super moist, ternyata enak juga loh. Menyusul beberapa waktu lalu, akhirnya aku membuat roti pisang gara-gara ada pisang raja yang udah masak nggak disentuh sama sekali oleh anak-anak. Pisang raja memang lain dengan pisang ambon yang halus mulus. Tapi rasanya sama enaknya sih menurutku, kedua jenis pisang itu rasanya manis. Cuma mungkin anak-anak lebih suka pisang ambon kalo dimakan langsung.

Kepikiran aja waktu itu, sepertinya pisang raja yang sudah matang ini cocok dibikin roti. Ternyata beneran, meskipun nggak kutambahin keju atau cokelat, rasanya tetap enak dan sebentar aja roti pisangnya ludes diserbu anak-anak. Senangnyaaaa! Pisang rajanya akhirnya habis juga meskipun harus dibikin roti dulu hahaha πŸ˜€

Untuk resep roti manisnya, aku pakai resep dari @liliana.wijaya68

 

Resep roti manis isi pisang

Bahan:

260 gr tepung komachi (bisa diganti tepung cakra)

60 gr gula pasir (kalo isiannya manis, gula bisa dikurangi menjadi 55 gr)

15 gr susu bubuk

6 gr fermipan

2 kuning telur + susu cair (suhu dingin kulkas) ditimbang total sekitar 150-160 gr

30 gr unsalted butter

2 gr garam (kalo pakai salted butter garamnya 1 gr saja)

Isian:

Pisang raja ditumis dengan margarin lalu lumuri dengan gula halus biar makin legit

 

Cara membuat roti manis isi pisang:

  1. Campur terigu, fermipan, gula pasir dan susu bubuk, aduk rata sebentar.

2. Masukkan kuning telur dan susu cair, mixer sampai setengah kalis.

3. Terakhir masukkan butter dan garam. Mixer terus sampai benar-benar kalis elastis.

4. Istirahatkan kurang lebih 45 menit sambil persiapkan bahan untuk isi roti.

5. Timbang, bulatkan, beri isian dan bentuk sesuai selera.

6. Letakkan di loyang yang sudah dioles mentega. Istirahatkan lagi 1 Β½ jam atau sampai mengembang dua kali lipat.

7. Oles bagian atasnya dengan susu cair (waktu mau dioven) tanpa kuning telur.

8. Panaskan oven minimal 10 menit sebelumnya, panggang dengan api atas bawah sampai matang suhu 170 derajat C sekitar 20 menit/sampai matang (Lama tergantung ovenΒ  masing-masing dan besarnya roti)

9. Begitu matang, keluar oven langsung oles dengan butter supaya mengkilap dan lembut.

 

Note:

  • Isian bisa ditambahkan cokelat atau keju, ntar jadi roti pisang keju atau roti pisang cokelat.
  • Jika mau roti lebih eksotis, olesan sebelum masuk oven bisa pakai susu cair + kuning telur. Ini aku pakai susu cair aja.
  • Ulen bisa pakai mixer, bisa manual pakai tangan. Aku ulen manual.
  • Pisang rajanya sendiri udah manis dan masih ditambah dengan lumuran gula halus, jadi takaran gulanya kukurangi, aku pakai 50 gr.
  • Butter aku pakai wijsman.
  • Oven aku pakai oven tangkring, sekitar 12 menit udah matang.

 

Bahan Roti Manis Isi Pisang Empuk dan LegitBahan roti manis

 

Cara Membuat Roti Manis Isi Pisang Empuk dan Legit

 

Cara Membuat Roti Manis Isi Pisang Empuk dan Legitadonan roti manis

 

pisang raja legitIsian untuk roti manis

 

Bentuk adonan roti manis isi pisangModel ulirnya nggak mulus, kurang rapi, waktu mengembang adonan jadi mau lepas dari pisangnya haha

 

Roti Manis Isi Pisang Empuk dan LegitTuh lepas semua adonan rotinyaaaa

 

Roti Manis Isi Pisang Empuk dan LegitYang penting rasanya enak, empuk dan legit. Yummy!

 

 

Pisangnya aku pakai separoh untuk satu roti, dan kata anak-anak, pisangnya kurang haha, jadi kapan-kapan kalo bikin lagi aku mau pakai satu pisang untuk satu roti, biar pisangnya lebih kerasa.

Rotinya montok menul-menul, empuk, enaaak, cuma sayangnya bentuknya nggak rapi. Baru pertama kali iniΒ  bikin modelΒ  ulir, jadinya seperti itu, amburadul semua, saat mengembang ulirannya banyak yang lepas hiks.

Yang masih belum kesampaian adalah bikin bolen pisang sendiri. Waktu itu baca cara membuat bolen pisang di postingannya Istiadzah, sepertinya gampang banget, cuma harus beli puff pastry dulu. Ntar kapan-kapan kalo sudah bikin, aku tulis juga deh di blog.

Udah beberapa kali sih pas ke supermarket intip-intip si puff pastry, tapi akhirnya nggak jadi beli. Next kalo ke supermarket lagi harus beli deh, ada beberapa resep pakai puff pastry yang ingin kucobain.

Sekarang, hujan-hujan gini, enaknya makan roti manis isi pisang yang empuk dan legit ini aja, sambil menyeruput teh manis hangat πŸ™‚

 

71 Comments

  1. Lidya October 3, 2017
    • Lianny October 4, 2017
  2. Gurukecil October 3, 2017
    • Lianny October 4, 2017
  3. Indah Nuria October 3, 2017
    • Lianny October 4, 2017
  4. Istiadzah Rohyati October 3, 2017
    • Lianny October 4, 2017
  5. Anindita Ayu October 4, 2017
    • Lianny October 4, 2017
  6. Sary Melati October 4, 2017
    • Lianny October 4, 2017
  7. Anissa Rizkianti October 4, 2017
    • Lianny October 4, 2017
  8. Ria October 4, 2017
    • Lianny October 4, 2017
  9. andyhardiyanti October 4, 2017
    • Lianny October 4, 2017
  10. Nchie Hanie October 4, 2017
    • Lianny October 4, 2017
  11. Ima satrianto October 4, 2017
    • Lianny October 4, 2017
  12. Reni October 4, 2017
    • Lianny October 4, 2017
  13. Nova DW October 4, 2017
    • Lianny October 4, 2017
  14. Ayi October 4, 2017
    • Lianny October 4, 2017
  15. Icha faizah October 4, 2017
    • Lianny October 4, 2017
  16. Eni martini October 4, 2017
    • Lianny October 4, 2017
  17. Nita kodok buntals blog October 4, 2017
    • Lianny October 6, 2017
  18. Apura October 4, 2017
    • Lianny October 6, 2017
  19. nur rochma October 4, 2017
    • Lianny October 6, 2017
  20. Dian Safitri October 4, 2017
    • Lianny October 6, 2017
  21. Ratna Dewi October 4, 2017
    • Lianny October 6, 2017
  22. ade anita October 5, 2017
    • Lianny October 6, 2017
  23. April Hamsa October 5, 2017
    • Lianny October 6, 2017
  24. Fanny Fristhika Nila October 5, 2017
    • Lianny October 6, 2017
  25. tutyqueen October 6, 2017
    • Lianny October 6, 2017
  26. Doni Nurdiansyah October 6, 2017
    • Lianny October 6, 2017
  27. Dunia Faisol October 6, 2017
    • Lianny October 9, 2017
  28. Keke Naima October 6, 2017
    • Lianny October 9, 2017
  29. widiarsana October 8, 2017
    • Lianny October 9, 2017
  30. Eni Rahayu October 9, 2017
    • Lianny October 9, 2017
  31. Ikrom October 10, 2017
    • Lianny October 12, 2017
  32. Rhoshandhayani KT October 11, 2017
    • Lianny October 12, 2017
  33. Munasya October 13, 2017
    • Lianny October 16, 2017
  34. KAOS FULL PRINT October 31, 2017
  35. Hidayah Sulistyowati November 2, 2017
  36. Gusti Trisno November 14, 2017
    • Lianny November 15, 2017
  37. HAFIDZ KONVEKSI November 21, 2017

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.