Membuat Roti Manis Isi Pisang Empuk dan Legit

 

Pisang, salah satu buah kesukaanku. Selain dimakan langsung, pisang bisa diolah menjadi berbagai macam menu makanan seperti: kolak pisang, roti pisang, pisang goreng, kue pisang, keripik pisang dll. Semuanya aku sukaaaaa!

Aku pernah mencoba membuat muffin pisang dan brownies pisang super moist, ternyata enak juga loh. Menyusul beberapa waktu lalu, akhirnya aku membuat roti pisang gara-gara ada pisang raja yang udah masak nggak disentuh sama sekali oleh anak-anak. Pisang raja memang lain dengan pisang ambon yang halus mulus. Tapi rasanya sama enaknya sih menurutku, kedua jenis pisang itu rasanya manis. Cuma mungkin anak-anak lebih suka pisang ambon kalo dimakan langsung.

Kepikiran aja waktu itu, sepertinya pisang raja yang sudah matang ini cocok dibikin roti. Ternyata beneran, meskipun nggak kutambahin keju atau cokelat, rasanya tetap enak dan sebentar aja roti pisangnya ludes diserbu anak-anak. Senangnyaaaa! Pisang rajanya akhirnya habis juga meskipun harus dibikin roti dulu hahaha πŸ˜€

Untuk resep roti manisnya, aku pakai resep dari @liliana.wijaya68

 

Resep roti manis isi pisang

Bahan:

260 gr tepung komachi (bisa diganti tepung cakra)

60 gr gula pasir (kalo isiannya manis, gula bisa dikurangi menjadi 55 gr)

15 gr susu bubuk

6 gr fermipan

2 kuning telur + susu cair (suhu dingin kulkas) ditimbang total sekitar 150-160 gr

30 gr unsalted butter

2 gr garam (kalo pakai salted butter garamnya 1 gr saja)

Isian:

Pisang raja ditumis dengan margarin lalu lumuri dengan gula halus biar makin legit

 

Cara membuat roti manis isi pisang:

  1. Campur terigu, fermipan, gula pasir dan susu bubuk, aduk rata sebentar.

2. Masukkan kuning telur dan susu cair, mixer sampai setengah kalis.

3. Terakhir masukkan butter dan garam. Mixer terus sampai benar-benar kalis elastis.

4. Istirahatkan kurang lebih 45 menit sambil persiapkan bahan untuk isi roti.

5. Timbang, bulatkan, beri isian dan bentuk sesuai selera.

6. Letakkan di loyang yang sudah dioles mentega. Istirahatkan lagi 1 Β½ jam atau sampai mengembang dua kali lipat.

7. Oles bagian atasnya dengan susu cair (waktu mau dioven) tanpa kuning telur.

8. Panaskan oven minimal 10 menit sebelumnya, panggang dengan api atas bawah sampai matang suhu 170 derajat C sekitar 20 menit/sampai matang (Lama tergantung ovenΒ  masing-masing dan besarnya roti)

9. Begitu matang, keluar oven langsung oles dengan butter supaya mengkilap dan lembut.

 

Note:

  • Isian bisa ditambahkan cokelat atau keju, ntar jadi roti pisang keju atau roti pisang cokelat.
  • Jika mau roti lebih eksotis, olesan sebelum masuk oven bisa pakai susu cair + kuning telur. Ini aku pakai susu cair aja.
  • Ulen bisa pakai mixer, bisa manual pakai tangan. Aku ulen manual.
  • Pisang rajanya sendiri udah manis dan masih ditambah dengan lumuran gula halus, jadi takaran gulanya kukurangi, aku pakai 50 gr.
  • Butter aku pakai wijsman.
  • Oven aku pakai oven tangkring, sekitar 12 menit udah matang.

 

Bahan Roti Manis Isi Pisang Empuk dan LegitBahan roti manis

 

Cara Membuat Roti Manis Isi Pisang Empuk dan Legit

 

Cara Membuat Roti Manis Isi Pisang Empuk dan Legitadonan roti manis

 

pisang raja legitIsian untuk roti manis

 

Bentuk adonan roti manis isi pisangModel ulirnya nggak mulus, kurang rapi, waktu mengembang adonan jadi mau lepas dari pisangnya haha

 

Roti Manis Isi Pisang Empuk dan LegitTuh lepas semua adonan rotinyaaaa

 

Roti Manis Isi Pisang Empuk dan LegitYang penting rasanya enak, empuk dan legit. Yummy!

 

 

Pisangnya aku pakai separoh untuk satu roti, dan kata anak-anak, pisangnya kurang haha, jadi kapan-kapan kalo bikin lagi aku mau pakai satu pisang untuk satu roti, biar pisangnya lebih kerasa.

Rotinya montok menul-menul, empuk, enaaak, cuma sayangnya bentuknya nggak rapi. Baru pertama kali iniΒ  bikin modelΒ  ulir, jadinya seperti itu, amburadul semua, saat mengembang ulirannya banyak yang lepas hiks.

Yang masih belum kesampaian adalah bikin bolen pisang sendiri. Waktu itu baca cara membuat bolen pisang di postingannya Istiadzah, sepertinya gampang banget, cuma harus beli puff pastry dulu. Ntar kapan-kapan kalo sudah bikin, aku tulis juga deh di blog.

Udah beberapa kali sih pas ke supermarket intip-intip si puff pastry, tapi akhirnya nggak jadi beli. Next kalo ke supermarket lagi harus beli deh, ada beberapa resep pakai puff pastry yang ingin kucobain.

Sekarang, hujan-hujan gini, enaknya makan roti manis isi pisang yang empuk dan legit ini aja, sambil menyeruput teh manis hangat πŸ™‚

 

Be Sociable, Share!

About Lianny

Happy mom with three nice children

This entry was posted in Resep Masakan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

71 Responses to Membuat Roti Manis Isi Pisang Empuk dan Legit

  1. Lidya says:

    Kalau udah dijadiin makanan lain enak ya pisangnya

  2. Gurukecil says:

    Kelihatannya simple ya bikinnya…xixixixi..cobain ah kapan2…

  3. Indah Nuria says:

    Kebayaaaang enak dan empuknya mbaaa.. kalau aku sukanya isi keju hehehe

  4. Waaaah ini mah endeus banget. Aku malah yang jarang bebikinan kayak gini sekarang. Huhuhuhu.

  5. Anindita Ayu says:

    Resepnya ga terlalu susah sepertinya, dan kelihatannya enak banget mbak.. Perlu dicobain nih.. ^^

  6. Sary Melati says:

    Bukmaaaaak :)))
    Udah omong2an sama kakak asyah mau bikin roti isi pisang keju n coklat eh mak lianny posting resepnya. Maaciih :*

  7. Aduh enaknya.. saya suka banget sama roti pisang (apalagi ada coklatnya). Tapi sayang sekarang saya punya preferensi makan. Oya tepung komachi itu apa ya Mbak? Coba bisa dibuat gluten-free, seneng banget deh πŸ™‚

  8. Ria says:

    hujan2, makan roti pisang panassss… bareng keluarga πŸ™‚ nikmat banget mbak ^_^

  9. Kalau baca-baca postingan mbak Lianny ini suka malu sendiri, mbaknya jago bener masak ih. Saya mah udah ngikutin resep, rasanya masih aja ngaco πŸ˜€

    Ujung-ujungnya ya beli. Hihihi

    • Lianny says:

      Aku masih belajaran juga mba, gagal juga sudah sering hahaha.
      Beli jadi memang lebih praktis ya, enaaak πŸ™‚

  10. Nchie Hanie says:

    Atulaah jam segini lihat cemilan, lapeer n ngileer Mbaa.
    Btw aku suka banget roti pisang bentuk beginian, ahh mau rekuest aku mau dua pisangnya biar tambah rasa pisangnya hahhaa
    Nanti aku ambil ke Jember ya Mbaaa

  11. Roti manisnya menggiurkan, bookmark dan siap coba di Dapur manda ni mbak. Makasih ya.

  12. Reni says:

    Belum pernah bikin roti, hrs d coba nih 😊

  13. Nova DW says:

    Aku lebih suka kulit pastrynya hehehe

  14. Ayi says:

    Makasih resepnya mbak.. Kapan-kapan mau coba deh..

  15. Icha faizah says:

    Ngiler liatnya πŸ˜…

    Roti pisang keju coklat emang padu padan yg cocok banget. Pengen nyoba bikin deh tapi kayanya harus beli mixer dulu nih.

    Save dulu, ah.
    Tfs, Mba,

    • Lianny says:

      Nggak harus pakai mixer, ulen pakai tangan juga bisa.
      Cuma memang kalo ada mixer lebih praktis, tangan jadi nggak pegel hehe

  16. Eni martini says:

    Aku suka bangeeet roti pisang, bolu pisang, brownies pisang…duh, jadi pengen.setiap ke blog mb, ngecesss

  17. Pisang yg dah diiris itu kok bikin ku klemecer ya mb li, manisssssss kyknya
    Aku suka klo step2nya dijembreng jelas gini

  18. Apura says:

    Isi blognya bikin laper semua sih mba… Kelihatannya roti pisangnya enak bingit. Mauu

  19. nur rochma says:

    Aku suka beli roti isi pisang, baik yang ada coklatnya, kejunya. Pokoknya suka. Tapi kalau mau bikin sendiri khawatir saja. Jangan-jangan nanti gatot (gagal total). Bolehlah nyoba resepnya.

  20. Dian Safitri says:

    Pisang itu diapain aja enak. Aku suka banget sama pisang soalnya.
    Enggak akan nolak kalau dikasih roti pisang ini, Mbak. ehehehe…
    Aku belum pernah bikin roti, kapan-kapan coba ah.

  21. Ratna Dewi says:

    Roti manis isi pisang ini favoritku banget dari kecil. Hmmm ternyata bikinnya gampang-gampang susah ya. Tapi penasaran juga pengen praktikin resepnya.

  22. ade anita says:

    Ovenku rusak euy dan belum sempet sempet juga buat memperbaikinya. Kalo liat resep yg dipanggang jadi gigit jariiiii

  23. April Hamsa says:

    Roti favoritkuuuuu. Aku simpan resepnya ya mbak. Kapan2 kalau dah punya oven aku akan bikin sendiri aamiiiin hahaha
    Btw kalau pisangnya dicelup coklat dulu bisa gk ya?
    Yg kyk roti piscok gtu gmn bikinnya?

    • Lianny says:

      Amin, semoga segera punya oven ya mba.
      Bisa, ntar jadi roti pisang cokelat.
      Isiannya pakai pisang dan cokelat serut juga bisa mba, ntar saat dipanggang cokelat serutnya kan leleh.

  24. Aku kalo makan roti pisang gini ga suka pake tambahan coklat ato apapun mba. Malah bikin rasa roti pisangnya jd kalah :p. Enakan roti ama pisangnya ajaaa :D. Enak banget tuh sambil minun coklat panas πŸ˜€

  25. tutyqueen says:

    Ini roti kesukaanku mbak..roti pisang 😊

  26. Waduh menggoda sekali…caba nanti saya buat di rumah ah..makasih mbak

  27. Dunia Faisol says:

    Aku tergoda poll mbak,,,,, hehehehehehe, bisa nyoba bikin lah, besok-besok

  28. Keke Naima says:

    Kalau roti pisang, biasanya saya suka πŸ™‚

  29. widiarsana says:

    ngiler pengen nyoba makanan ini, thanks resepnya buat bunda dirumah biar bisa di buatin hehehe

  30. Eni Rahayu says:

    wah, gampang sekali, cobaa aaahh… makasih resepnya ya mbak

  31. Ikrom says:

    kalo dapet roti ini aku seklau penasaran gimana gulungnya
    tapi emang sulit ya mbak
    ah jadi lapeer

  32. uwaaaaa aku kan jadi pengen
    ntar kalo mau kumpul2 BJS, bawalah rotinyaaaa
    pengen nyicipin πŸ˜€

    mbak, nggak sekalian nyoba bikin es pisang ijo? sama-sama pakai pisang raja looh

    • Lianny says:

      Es pisang ijo enaaak, belum pernah bikin, ntar aku googling resep dulu.
      Kalo gampang bolelah dicoba, kalo susah skip dulu haha *cari resep yang gampang2 aja πŸ˜€

  33. Munasya says:

    Resep inilah yang sedang saya cari, makasih sharingnya. Ijin praktekin

  34. Terimakasih banyak atas informasi dan resep yang diberikan, semoga bermanfaat

  35. Mba Li emang jagonya bikin ngiler deh, hahahaa
    Aku udah lama banget nggak pernah bikin roti manis. Harus nyoba bikin lagi nih, udah lupa sama resep yang dulu aku pakai, mbak

  36. Gusti Trisno says:

    Mauuuu hehehe. Bawa ketika kopdar ya, Mbak. πŸ™‚

  37. Terimakasih banyak bunda atas resepnya. Saya telah mencobanya dirumah dan Alhamdulillah anak-anak suka. Terimakasih banyakya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *