Membuat Bakpao Isi Daging Cincang

 

Membuat Bakpao Isi Daging Cincang

 

Udah lama nih nggak posting resep masakan.

Ada yang kangen dengan postingan resepku nggak? πŸ˜€

Bikin Bakpao yuk!

Sebetulnya sih kemarin pagi aku mau nyobain resep dari xanderskitchen, mau bikin roti goreng yang isinya daging sapi cincang. Tapi berhubung nggak ada saos tiram, bawang bombay dan tepung panirnya, akhirnya nggak jadi bikin. Kemarin malem langsung ke supermarket beli bahan-bahan tersebut supaya hari ini bisa eksekusi resep.

Nah tadi pagi, waktu masih subuh, langsung semangat bikin isian dagingnya. Rencananya mau bikin rotinya setelah anak-anak berangkat sekolah. Eeeh anakku yang cowok bangun tidur pagi mengeluh tenggorokannya rada nggak enak. Duh, gagal deh rencana bikin roti gorengnya. Ntar makan goreng-gorengan malah tambah sakit tenggorokan anakku.

Ngeliat isian daging yang sudah mateng, jadi mikir bikin bakpao isi daging aja deh, empuk, nggak bakalan bikin sakit tenggorokan. Ntar kapan-kapan aja deh bikin roti gorengnya. Resep isian roti gorengnya ini enak juga lho dimakan dengan nasi, apalagi nasi anget, hhhm sedaap.

Ini resep daging cincangnya, bisa untuk isian roti goreng atau isian bakpao.

 

Resep daging cincang

Bahan:

300 gr daging sapi cincang

1 buah bawang bombay cincang

3 butir bawang merah, iris kasar

1 batang daun bawang, iris kasar

Kecap manis, saus tiram, kecap asin, merica putih, merica hitam,

Garam, gula , air secukupnya

1 sdm tepung terigu dilarutkan dengan air

 

bahan isian bakpao

 

Cara memasak:

  1. Tumis bawang merah dan bawang bombay sampai harum.

2. Masukkan daging cincang, tambahkan saus, kecap, merica, garam, gula, aduk rata sampai berubah warna.

3. Tambahkan air secukupnya, masak sampai air menyusut dan daging empuk. Cicipi, koreksi rasa.

4. Sebelum diangkat, masukkan daun bawang dan larutan terigu. Masak sampai mengental tapi tidak terlalu kering.

 

Cara memasak daging cincang

 

Daging cincang

 

Resep Bakpao

Bahan:

400 gr tepung cakra

100 gr tepung segitiga

1 sdm ragi instan

250 ml air

50 gr butter

1 butir putih telur

Sejumput garam.

Note: Aku nyoba bikin setengah resep iniΒ  (200 gr tepung cakra, 50 gr tepung segitiga, 120 ml air, 25 butter, 1 putih telur, 3 gr ragi instan) + kutambahi gula 30 gr *resep aslinya nggak ada gula.

 

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan kecuali butter dan garam, dimasukkan setelah bahan lain tercampur rata. Uleni hingga kalis elastis.

2. Bagi menjadi beberapa bagian, isi dan bentuk adonan. Diamkan sampai mengembang 2 kali lipat

3. Kukus dalam kukusan yang sudah dipanaskan sekitar 10 menit dengan api besar.

 

Kali ini aku pake resep killer soft bread aja buat bikin bakpao, tapi tepung cakranya kucampur dengan tepung segitiga sedikit.

Warna bakpao nggak bisa putih karena aku nggak pakai mentega putih tapi Β pakai butter. Hasilnya empuk dan lembut, kulit bakpao nya juga nggak keriput setelah dikeluarkan dari dandang. Kapan-kapan mau nyobain bikin bakpao pake resep yang lain.

 

Membuat Bakpao Isi Daging CincangSetelah adonan dibagi, isi dengan daging cincang, bentuk dan diamkan sampai mengembang

 

Membuat Bakpao Isi Daging CincangCari kertas roti nggak keliatan, kebiasaan naruh sembarangan sih. Jadi pake kertas seadanya aja

 

Membuat Bakpao Isi Daging CincangAdonan sudah mengembang, siap dikukus

 

Membuat Bakpao Isi Daging Cincang

Ngukusnya rada ribet, kumasukkan dalam panci ini biar nggak kena air dandang. Jadinya ya dempet-dempetan gini, membuat bentuk bakpaonya juga nggak bisa bulat cantik

 

Bakpao Isi Daging CincangBakpao sudah matang, nggak pake mentega putih jadi warna bakpao nggak putih

 

Bakpao Isi Daging Cincang

Ternyata isiannya kurang banyak, padahal kupikir tadi isinya kebanyakan lho haha

 

Update :

Berhubung daging cincang masih ada separoh, hari ini aku buat bakpao lagi. Kalo kemarin aku pake resep KSB untuk bikin bakpaonya. Tadi pagi aku pake resep bakpao yang kutulis di atas, di postingan ini.

Untuk warnanya, terlihat lebih putih yang ini. Rasanya sama-sama enak, cuma aku pribadi lebih suka pake resep ini. Suami dan anak-anak waktu kutanya, bakpaonya enak yang kemarin atau yang ini. Mereka semua bilang enak yang kali ini πŸ˜€

Oya di resep atas itu memang tidak pakai gula resep aslinya. Aku tambahin gula sendiri tadi. Untuk setengah resep di atas aku pakai 30 gr gula.

 

Bakpao Isi Daging Cincang

 

Bakpao Isi Daging Cincang

 

 

Tips pembuatan bakpao (by xanderskitchen)

  1. Untuk hasil yg lebih lembut gunakan tepung segitiga. Kalo suka bakpao lebih kenyal pakai tepung cakra. Bisa dengan mencampur kedua jenis tepung ini seperti resep di atas.

2. Bakpao lebih empuk pakai kuning telur tapi nanti pao yang dihasilkan warnanya tidak putih. Bila suka bakpao yg agak kenyal, bisa pakai putih telurnya aja.

3. Agar warna bakpao putih, pakai mentega putih.

4. Kukus bakpao dalam kukusan yang sudah benar-benar panas. Bungkus tutupnya dengan kain supaya air tidak menetesi bakpao. Bakpao nggak bakalan mulus kalo kena tetesan air.

5. Kukus bakpao jangan lama-lama, cukup 10 menit. Bakpao akan mengkerut keriput begitu keluar kukusan kalo terlalu lama mengukusnya.

6. Untuk hasil bakpao yang lebih mulus, rajin latihan membentuk bakpao. Kalo bentuk bakpao sebelum dikukus sudah nggak mulus otomatis hasil bakpao setelah dikukus juga nggak mulus.

7. Supaya bakpao nggak kering dan keras setelah dingin, simpan dalam wadah tertutup atau bungkusin plastik satu-satu.

 

Bakpao isi daging ini cocok juga lho buat bekal anak sekolah, bergizi dan mengenyangkan. Yuk, membuat bakpao isi daging cincang juga!

 

Be Sociable, Share!

About Lianny

Happy mom with three nice children

This entry was posted in Resep Masakan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

33 Responses to Membuat Bakpao Isi Daging Cincang

  1. Lidya says:

    Berapa kali ngukus nih mbak

  2. Istiadzah says:

    Aaaaahhh sedep beneeerrrr. 😻😻😻😻😻

  3. Nanti mau nyoba ah. Kayaknya yummy banget πŸ˜‰

  4. Waaaah pasti enaaak ini mba.. keliatannya yummy bangeeet πŸ˜‰

  5. Siti Hairul says:

    Aku mau bikin bakpao lagi, kmrn Salma diceritain Nini nya katanya sarapanku waktu kecil pake bakpao isi kare ayam hahahaha. Jadi ditagih bikin bakpao hahahaha

  6. Carra says:

    Akuuuu, Maaak, yang kangen sama postingan resepnya. Hahahaha.
    #kode

  7. Mba LIanny, daging ayam dicampur udang kayaknya enak juga sebagai isian ya. Cuzz ah langsung aku pengen mencoba πŸ™‚

  8. Hastira says:

    nyam-nyam, hem enaknya , aku suka abkpau isi ayam, dimkan hangat2

  9. Yaaaaa aku jadi ngiler ini hihi, kue bapao mirip kue moho ya mb li, aku pengen s3kali2 nyobain yang daging, seringnya sih kacang ijo kalo ga coklat, lama2 bosan
    kayaknya yang daging gurih ni

    • Lianny says:

      Aku malah baru denger kue moho, apa itu? ntar googling ah.
      Cobain Nit, bakpao isi daging ayam atau daging sapi, enak juga πŸ™‚

  10. Fanny f nila says:

    Ah bakpaaao.. Kesukaanku.. Sayangnya bakpao yg srg dijual di pinggir jalan rasanya suka ga enak.. Keras trs isiannya kacau banget.. Biasanya aku beli bakpao di toko langganan di pluit mba.. Ituuu enaaaakkk bangett.. Lembut rotinya. Isiannya ada ayam tumis, coklat ama kacang merah.. Jd laper aku :D. Mau bikin sendiri aku rada sayang.. Sayang kalo gagal ntr :p hihihi

  11. utie adnu says:

    Anakku yg lk suka banget bakpao mba,,, cuma isi kacang ijo n ayam suwir noted nih buat modifikasi secara blm Penh buat juga,,, mau nyoba tq y

  12. Ria says:

    ternyata beda merk utk tepung terigu jg berpengaruh pada kekenyalan roti ya *ketauan deh cuman doyan makan gak pernah masak*

  13. Wihhh berongga ya mbak. Kalo isinya beda nih dengan yang pernah aku buat. Pengen nyoba deh isinya pakai resep mba Li, enggak pakai bawang putih ya.

  14. wah aku suka banget sama bak pao. Kalau di Kediri penjual yang paling terkenal tulisan di gerobaknya “Kim Yen”. Kapan-kapan mau buat juga. Makasih ya mbak Li resepnya πŸ˜€

  15. Lusi says:

    Kok aku bikin selalu garing ya? Nggak bisa moist. Nyoba resep ini ah

  16. cputriarty says:

    hmmm yummy favoritku nih juga bapao mbaa

  17. Wahh… bikin ngiler aja nih bu, ijin nyoba yaa
    trims resepnya lohh

  18. Raden says:

    Terima kasih ibu Lianny telah memposting resep bakpau ini, sudah lama saya mencari bagaimana cara membuat bakpau, semoga saya bisa praktekan di rumah untuk anak anak saya.

  19. SYUNAMOM says:

    Kepengen eksekusi segera, mumpung masih ada stok daging dikulkas nih, tinggal cari butter doang, TFS mba resepnya ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *