Kuliner

Makanan Enak Apa di Gili Trawangan Lombok?

 

Makanan Enak Apa di Gili Trawangan Lombok? Itu yang jadi pertanyaan kami saat tiba di Gili Trawangan Lombok. Tentu aja penginnya sih makan enak dengan harga yang murah *semua penginnya juga gitu kan, ya? haha.

Kami tiba di Gili Trawangan tanggal 2 Juni 2019 dan menginap di Hotel Vila Ombak Gili Trawangan Lombok.Β  Saat di Gili Trawangan ini, kami nggak banyak kulineran, karena cuma semalam saja di sini. Jadi ya cuma makan malam (tgl 2 Juni 2019), makan pagi dan makan siang aja (tgl 3 Juni 2019) sebelum menuju ke Senggigi.

Baca: Itinerary Liburan Keluarga ke Lombok 5 Hari 4 Malam

 

 

Makan Malam di Night Market Gili Trawangan Lombok

 

Nggak usah khawatir nggak ada makanan kalo malam hari di Gili Trawangan Lombok ini. Suasana kalo malam jauh lebih rame dibanding dengan pagi dan siang hari. Makan di pinggir pantai, ditemani gemerlap lampu dan live music, wow pasti happy banget!

Malam hari ada night market Gili Trawangan, selain berderet tempat makan dan cafΓ© yang banyak juga di sekitar situ. Tempatnya di depan pelabuhan, di sekitaran hotel Vila Ombak tempat kami menginap. Jadi emang strategis banget deh menginap di hotel Vila Ombak itu.

Kalo malam hari di Gili Trawangan, sebaiknya coba makanan di night marketnya ini, karena adanya cuma malam hari aja. Kalo tempat makan dan cafΓ© kan tetap ada, kita masih bisa ke sana di pagi atau siang hari.

Nah, saking banyaknya makanan di night market Gili Trawangan ini, sampe bingung mau coba makanan yang mana. Aku tertarik tuh dengan seafood nya, dari ikan, kepiting, lobster dll semua keliatan fresh dan segeeeer. So yummy deh BBQ an seafood tambah jagung bakar. Cumaaaa akhirnya kami nggak makan seafood, dan nggak nanya juga harganya berapaan itu karena kami tertarik dengan antrian di satu tempat makan. Itu turis asing kok pada antri di situ.

 

makanan enak apa di gili trawangan lombok

ikutan antri, coba tebak aku yang mana, hayoo?

 

Ya, udah tradisi kan, ngeliat yang rame gini, malah jadi kepo. Sebetulnya males antri, tapi karena penasaran akhirnya ya ikutan antri juga haha. Ternyata itu makanan Indonesia, model prasmanan gitu, menunya banyak, ditata di meja, jadi kita tinggal tunjuk aja mau menu apa *jangan lupa bayar ho ho ho. Jadi setelah tunjuk-tunjuk mau lauk apa, penjualnya akan nyebut harganya berapa dan kita nanti langsung bayar.

Ada sambal diletakkan di paling ujung meja, kalo mau sambal tinggal ambil sendiri aja, waktu itu ada 2 macam sambal, satu yang pedas, satunya yang nggak terlalu pedas.

Aku cuma sempat motret makananku dan makanan anakku aja. Ribet cari tempat duduk kosong. Udah antrinya panjang, masih harus nyari tempat duduk yang kosong pula. Rasanya bagaimana? Enak sih, karena ini makanan Indonesia, ya lidahku cocok-cocok aja.

 

night market gili trawangan lombok

 

Ini makanan yang aku pesan, nasi putih, sedikit mie, sayur (seperti sayur asem tapi nggak ada kuahnya), terong balado, ayam, dadar jagung + sambal, harga 25 ribu rupiah.

 

night market gili trawangan lombok

 

Makanan anakku ini, nasi putih, kare ayam, telur, teri, dan kentang balado.

Kami beli gorengan juga, lumpia, tahu isi, dan satu lagi apa ya, lupaaa, semuanya ada 15 buah, total harganya Rp 150.000,-. Berarti 1 buah gorengan itu harganya Rp 10.000,-

Kami nggak tau juga perhitungan harga makanannya seperti apa. Kalo kata suamiku (dia nebak2), mungkiiin tiap satu lauk yang kita pilih dihitung Rp 5000,- Jadi kalo kita pilih 5 lauk, ya nanti harganya Rp 25.000,- Tapi mungkin tergantung lauk yang kita pilih juga sih, ya. Yang jelas, ini termasuk murah kok, dan sangat bikin kenyang πŸ˜€

 

Makan pagi di Warung Dewi Gili Trawangan Lombok

 

Esok harinya, sekitar jam 8 pagi, kami makan pagi di Warung Dewi. Dari hotel Vila Ombak, jalan kaki lurus aja ke sebelah kiri. Nanti ada gang kecil, nah di situlah warung Dewi ini. Di depan warung Dewi ini ada pasar kecil. Awalnya kami mengira agak sulit menemukan warung ini, tapi ternyata nggak kok, berbekal Google Map aja waktu itu.

 

Sisi luar warungnya ditutup kain, mungkin karena masih bulan puasa ya, ini beberapa hari jelang Lebaran

 

Ada rawon, urap-urap dan aneka lauk yang bisa kita pilih. Aku pengin nyobain rawonnya, tapi ternyata belum matang.

 

warung dewi gili trawangan lombok

 

Makanan yang aku pesan, nasi putih, daging dimasak mirip gulai (aku lupa namanya), oseng teri pare dan sambal beberuk kacang panjang + sambal. Di Lombok memang terkenal beberuk terong. Beberuk terong adalah makanan khas Lombok yang dibuat dari lalapan terong dan kacang panjang dengan sambal tomat yang pedas. Sambal beberuk yang kumakan ini cuma kacang panjang, terongnya nggak ada waktu itu.

 

warung dewi gili trawangan lombok

 

Makanan suami, nasi putih, sayur tewel, oseng kangkung, telur dan udang + sambal. Teman suamiku juga pesan yang sama dengan ini.

Kami makan bertiga dengan menu tadi, minumnya teh hangat + tambah 3 bungkus buat anak-anakku (nasi putih, telur dadar dan ayam goreng ), total harga semuanya Rp 160.000,-

Ya, masih termasuk murah lah, kisaran Rp 30.000,- tentunya tergantung lauk yang kita pilih ya. Rasanya lumayan enak, cuma waktu itu telur dadar dan ayam goreng yang dibungkus itu agak keasinan dikit sih. Porsi nasinya cukup banyak.

Jadi yang pengin makan masakan Indonesia dengan harga yang lumayan murah di Gili Trawangan, khususnya pagi dan siang hari, bisa mampir di Warung Dewi ini. Kalo malam hari bisa cobain makanan di night market aja, sayang dilewatkan karena adanya kan cuma malam hari.

 

Makan siang di Kayu CafΓ© Gili Trawangan Lombok

 

Setelah check out, kami makan siang dulu sebelum lanjut menuju ke Senggigi. Kalo siang, suasana lebih sepi dibanding malam hari yang banyak berderet makanan. Kami bingung mau masuk cafe atau tempat makan yang mana. Akhirnya masuklah di salah satu cafe yang ada di situ, namanya Kayu Cafe.

Di dalam waktu itu rame pengunjungnya, jadi kami makan di luar aja, menghadap ke pantai.

Lihat harganya, lumayan mahal, kisaran Rp 30.000,- ke atas. Kami berlima cuma pesen 3 menu, kurang tau juga porsinya seberapa, ntar kalo banyak kan bisa nggak habis kekenyangan.

Ini menu yang kami pesan waktu itu, suami dan anak-anakku yang pilih.

 

kayu cafe gili trawangan lombok

 

Pilihan anakku yang cowok, Beetroot sauce pasta – with creamy beetroot sauce, kale and feta cheese. Harga Rp 65.000,-

 

kayu cafe gili trawangan lombok

 

Pilihan anakku paling gede, Lemon salmon linguine – linguine pasta with lemon, salmon & parmesan. Harga Rp 85.000,-

 

makanan enak apa di gili trawangan lombok

 

Pilihan suamiku, Bagels (served with French fries) smoked salmon – lemony cream cheese sauce, cucumber, salmon, apple. Harga Rp 75.000,-

 

makan siang di kayu cafe gili trawangan lombok

 

Minuman : tropical refresh (harga Rp 42.000,-), yummy green juice (harga Rp 42.000,-) Β dan covita mojito (harga Rp 50.000,-)

Ternyata porsi makanannya biasa, penampakannya menarik. Aku icip dikit ketiga menu tadi. Rasanya? Kalo aku sih nggak terlalu suka, rasanya aneh di lidahku *kayaknya lidahku kurang cocok dengan pasta yang creamy gitu haha. Untung aja anak-anakku cocok dengan menu pesanan mereka masing-masing. Kata mereka, enak! Mereka makan sampai habis. Syukurlah, udah harganya lumayan mahal kalo mereka nggak suka kan jadi mubazir dong kalo nggak dimakan.

Yang masih bisa kumakan itu pesanan suami, kentang gorengnya, enaak. Akhirnya menu pesanan suami ini dimakan anakku yang paling kecil.

Di Kayu Cafe ini juga ada nasi goreng, kata suami mestinya aku pesen nasi goreng aja, menu paling aman buatku πŸ˜€ Akhirnya aku dan suami melipir, mau cari makanan di tempat lain untuk kami berdua.

 

Gili Gelato di Gili Trawangan Lombok, Yummy!

 

Melihat gili gelato, jadi pengin beli. Sebetulnya malam kemarin udah pengin beli tapi udah kekenyangan akhirnya nggak jadi beli. Dan untuk makan siangku dan suami, kami akhirnya beli 1 buah croissant dan 1 cup gili gelato 2 rasa aja untuk dibagi berdua. Aku lupa harganya berapa waktu itu, kalo nggak salah, croissant nya Rp 10.000,- dan harga gili gelato untuk 1 rasa Rp25.000,- 2 rasa Rp 45.000,-

 

gili gelato gili trawangan lombok

 

Nah, ini aku suka! Croisantnya enak, gelatonya juga enak. Yummy! Cuma, gelatonya itu cepet mencair, jadi nggak boleh lama-lama ngabisinnya, harus cepet. Kalo ke Gili Trawangan lagi, aku akan beli gili gelato ini lagi.

Yup, itu aja sih makanan yang kami coba saat di Gili Trawangan. Sebetulnya masih penasaran pengin nyobain seafood di night marketnya dan juga pizza yang dari banyak review yang kubaca itu rasanya enak. Tapi berhubung kami cuma semalam nginep di sini, ya udah, cuma itu aja yang bisa kami coba.

Teman-teman yang udah pernah nyobain seafood di night market gili Trawangan, komen ya, kisaran berapaan itu harganya. Atau teman-teman ada makanan favorit sendiri saat di Gili Trawangan, sharing2 ya! πŸ˜€

 

96 Comments

  1. D Sukmana Adi August 30, 2019
  2. nur rochma September 1, 2019
  3. Lianny September 3, 2019
  4. Lianny September 3, 2019
  5. Reyne Raea September 3, 2019
  6. nurulrahma September 3, 2019
  7. Nefertite Fatriyanti September 3, 2019
  8. Mpo Ratne September 4, 2019
  9. Tetty Hermawati September 4, 2019
  10. Lianny September 4, 2019
  11. Lianny September 4, 2019
  12. Lianny September 4, 2019
  13. Lianny September 4, 2019
  14. Lianny September 4, 2019
  15. Jalan-Jalan KeNai September 4, 2019
  16. Lianny September 4, 2019
  17. Ujame Gaja September 4, 2019
  18. Arda Sitepu September 4, 2019
  19. Lianny September 5, 2019
  20. Lianny September 5, 2019
  21. Natara September 5, 2019
  22. Lianny September 5, 2019
  23. Nia K. Haryanto September 5, 2019
  24. Rach Alida September 5, 2019
  25. Monica Anggen September 5, 2019
  26. Lianny September 5, 2019
  27. Indah Nuria September 5, 2019
  28. Lidya September 5, 2019
  29. Lusi September 5, 2019
  30. Lianny September 5, 2019
  31. Lianny September 5, 2019
  32. Lianny September 5, 2019
  33. Lianny September 5, 2019
  34. Lianny September 5, 2019
  35. Ida September 5, 2019
  36. Dewi Natalia September 5, 2019
  37. Lianny September 5, 2019
  38. Lianny September 5, 2019
  39. Kurnia amelia September 5, 2019
  40. Uniek Kaswarganti September 5, 2019
  41. Jalan-Jalan KeNai September 5, 2019
  42. Siska Dwyta September 5, 2019
  43. lendyagasshi September 5, 2019
  44. mutia nurul rahmah September 5, 2019
  45. Lianny September 5, 2019
  46. Lianny September 5, 2019
  47. Lianny September 5, 2019
  48. Lianny September 5, 2019
  49. Lianny September 5, 2019
  50. Lianny September 5, 2019
  51. Nanik Nara September 5, 2019
  52. Farida Pane September 5, 2019
  53. nurulrahma September 5, 2019
  54. Lianny September 5, 2019
  55. Lianny September 5, 2019
  56. Lianny September 5, 2019
  57. Tanti Amelia September 5, 2019
  58. Lianny September 5, 2019
  59. Ainhy Edelweiss September 5, 2019
  60. Dzulkhulaifah September 5, 2019
  61. Nurul Fitri Fatkhani September 6, 2019
  62. Hidayah Sulistyowati September 6, 2019
  63. Lianny September 6, 2019
  64. Lianny September 6, 2019
  65. Lianny September 6, 2019
  66. Lianny September 6, 2019
  67. ivonie September 7, 2019
  68. Suciarti Wahyuningtyas September 7, 2019
  69. Nunung yuni September 7, 2019
  70. Lianny September 7, 2019
  71. Lianny September 7, 2019
  72. Lianny September 7, 2019
  73. Uniek Kaswarganti September 7, 2019
  74. Sapti nurul hidayati September 7, 2019
  75. Milda Ini September 7, 2019
  76. Dian Restu Agustina September 7, 2019
  77. Utie adnu September 7, 2019
  78. Rachmanita September 7, 2019
  79. Siti Hairul September 7, 2019
  80. Lina W. Sasmita September 7, 2019
  81. Echaimutenan September 7, 2019
  82. Larasatinesa September 7, 2019
  83. Fanny F Nila September 7, 2019
  84. Nia K. Haryanto September 7, 2019
  85. Lianny September 8, 2019
  86. Lianny September 8, 2019
  87. Lianny September 8, 2019
  88. Lianny September 8, 2019
  89. Lianny September 8, 2019
  90. Lianny September 8, 2019
  91. Lianny September 8, 2019
  92. Lianny September 8, 2019
  93. Lianny September 8, 2019
  94. Lianny September 8, 2019
  95. Lianny September 8, 2019
  96. Lianny September 8, 2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.