Kuliner Reviews & Sponsored

Makan Malam Bersama Keluarga di Resto Cak Sis Jember

 

Saat sulungku ulang tahun seminggu yang lalu, seperti yang sudah kami rencanakan akhirnya kami makan malam di luar saja bersama keluarga, setelah siangnya dia mendapat kejutan dari teman-temannya.

Kami memilih restoran seafood karena anak-anak ingin makan kepiting. Memang sudah lama sih nggak makan kepiting, terakhir makan ada lebih dari setahun yang lalu. Lebih sering makan ikan saja daripada kepiting.

Sebenarnya di Jember, ada banyak tempat makan yang menyajikan aneka masakan seafood, baik yang model kaki lima atau restoran. Malam itu kami pergi ke Resto Cak Sis yang ada di jalan Kartini Jember. Pingin nyobain aja karena kami belum pernah makan di resto ini. Resto Cak Sis di Jalan Kartini ini merupakan cabang dari Cak Sis yang ada di alun-alun Jember.

Kalo yang di alun-alun Jember model kaki lima, aku beberapa kali pernah beli bawa pulang. Yang disajikan hanya masakan seafood, nggak ada aneka sayur seperti tumis kangkung, cuma sayur lalap aja. Tapi pengunjungnya rame banget lho.

Nah resto Cak Sis yang di jalan Kartini ini lebih komplit, selain menyajikan masakan seafood juga ada masakan Chinese food nya seperti mie, cap cay, nasi goreng, tumis sayur dan sebagainya. Untuk seafoodnya, bisa pilih kepiting, udang, cumi, lobster mutiara, kerang dan aneka ikan seperti kakap, kerapu, dorang dan gurami.

Kami datang sekitar jam setengah enam sore waktu itu, suasana masih sepi. Tempatnya luas, kita bisa memilih tempat yang di bagian depan atau yang di dalam. Kami memilih tempat yang di bagian dalam saja. Ada ornamen-ornamen natal dan pohon Natal kecil dipajang di situ karena memang waktu itu sudah mendekati hari Natal.

 

pohon natalPohon natal

 

bagian depan resto cak sis jember

Tempat duduk di bagian depan

 

bagian dalam resto cak sis jemberTempat duduk di bagian dalam

 

Setelah melihat menu yang ada, kami memilih beberapa menu masakan, antara lain kepiting, kerang, kakap, cah kangkung dan sapo tahu. Untuk minumnya anak-anak pilih es teh, aku seperti biasa minum air mineral botol saja.

Karena masih sepi, nggak terlalu lama menunggu, masakan sudah datang. Meja kaca tempat menaruh makanannya bisa diputar, jadi enak deh kalo mau ambil makanan yang agak jauh tinggal diputar aja.

 

Resto Cak Sis Jember

Meja kaca tempat menaruh makanannya bisa diputar

 

O’ya yang aku agak heran kenapa anak-anak nggak minum es jeruk padahal biasanya es jeruk itu favorit mereka banget deh.

“Biasanya minum es jeruk. Kok nggak minum es jeruk?”

“Ma, kalo makan seafood, minumnya kan nggak boleh es jeruk, nanti bisa keracunan.”

Ternyata mereka pernah baca kalo makan seafood nggak boleh minum es jeruk nanti bisa keracunan. Nah, bener nggak sih dilarang makan seafood berbarengan minum es jeruk? Fakta atau cuma mitos aja?

Yang aku pernah baca di detik health, sebenarnya nggak apa-apa kok makan seafood dengan es jeruk sebagai minumannya, berikut kutipannya.

 

Menurut Leona Victoria Djajadi, BSc, MND, ahli gizi peraih gelar Master of Nutrition and Dietetics dari University of Sydney, Australia, informasi tersebut sama sekali tidak benar. “Jeruk dan seafood tidak ada reaksi negatifnya jika dimakan berbarengan. Justru jeruk (lemon dan nipis) jika diminum dengan makanan yang tinggi lemak bisa meluruhkan lemaknya jadi tidak terserap tubuh,” ungkapnya kepada detikHealth dan ditulis pada Senin (23/6/2014).

dr Titi Sekarindah, MS, SpGK, pakar gizi dari Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta juga menuturkan jika ada orang yang mengalami keracunan setelah mengonsumsi keduanya ada kemungkinan udang yang dimakan tersebut tidak fresh atau tidak bagus, misalnya saja mengandung arsenik.

Selain itu bisa juga disebabkan oleh terlalu banyaknya udang atau jus jeruk yang dikonsumsi. Jus jeruk diketahui bersifat asam, bagi orang yang memiliki masalah pada lambung bisa mengganggu pencernaannya. Kalo orangnya normal, tidak mengkonsumsi udang dan jeruk secara berlebihan dan udang yang dimakan juga fresh, itu tidak apa-apa atau tidak memicu terjadinya keracunan.

Karena itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya kita pilih udang atau lobster yang masih fresh, tidak mengonsumsinya secara berlebihan tapi dalam batas normal saja serta pada orang dengan gangguan lambung sebaiknya hindari minuman asam.

 

Yup, seperti itu sih yang pernah kubaca. Memang lebih enak minum air putih saja kali yah hehehe.

Ini menu-menu yang kami pesan :

 

kakap bakar samuderaKakap Bakar Samudera, harga per ons Rp 12.500

 

kerang hijau

Kerang hijau, harga per porsi Rp 25.000

 

kepiting jumbo asam manis

Kepiting jumbo asam manis, harga per ons Rp 24.000

 

cah kangkung cumi

Cah Kangkung Cumi, harga Rp 25.000

 

sapo tahu goreng

Sapo Tahu Goreng, harga Rp 25.000

 

Untuk rasanya, menurutku semuanya enak, anak-anak suka. Ikan bakar samudera tidak pedas, bumbunya enak banget. Kerangnya bumbunya juga enak, cuma ada rasa pedasnya dikit. Kepitingnya juga mantap abis deh, cuma memang ribet aja makannya kalo kepiting hehehe. Yah, setahun sekali nggak apa-apa deh makan kepiting 🙂

Satu lagi nih yang jadi perhatianku di resto ini, sabun cair untuk tangannya kental, nah aku suka ini. Sebenarnya ini cuma hal kecil aja yah, tapi suka bikin sebel juga sih. Biasanya kan ada tempat makan yang sabun cairnya dicampur air agak banyak, jadi meski sudah beberapa kali disabun, tangan rasanya masih bau aja. Di resto Cak Sis ini sabun cairnya kental, jadi sekali pake, tangan sudah nggak bau lagi deh.

 

tempat makan seafood di jember

 

Kalo mampir ke Jember, resto Cak Sis ini bisa jadi salah satu pilihan jika ingin makan aneka seafood bersama teman-teman atau keluarga. Tempatnya nyaman, rasa masakannya juga enak.

 

Resto Cak Sis

Jl. Kartini no.64 Jember

Telp. (0331) 485529

 

29 Comments

  1. Turiscantik December 26, 2015
    • Lianny December 27, 2015
  2. Astin Astanti December 26, 2015
    • Lianny December 27, 2015
  3. Vhoy Syazwana December 26, 2015
    • Lianny December 27, 2015
  4. rahmiaziza December 27, 2015
    • Lianny December 27, 2015
  5. Diah indri December 27, 2015
    • Lianny December 27, 2015
  6. Lidya December 27, 2015
    • Lianny December 27, 2015
  7. fanny fristhika nila December 27, 2015
    • Lianny December 27, 2015
  8. ade anita December 27, 2015
    • Lianny December 27, 2015
  9. Ratna Dewi December 27, 2015
    • Lianny December 28, 2015
  10. Idah Ceris December 28, 2015
    • Lianny December 28, 2015
  11. Noe December 28, 2015
    • Lianny December 28, 2015
  12. Waya Komala December 28, 2015
    • Lianny December 28, 2015
  13. Hidayah Sulistyowati December 29, 2015
    • Lianny December 30, 2015
  14. cputriarty January 1, 2016
    • Lianny January 1, 2016
  15. Wahyu Ipda Riyanto May 1, 2016

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.