Resep Masakan

Lempeng Pisang Mudah Dibuat dan Enak

 

lempeng pisang mudah dibuat dan enak

 

Beberapa hari lalu dapat kiriman dari Mama. Selain kue kering, ada buah-buahan juga di dalamnya, termasuk satu sisir pisang kepok. Kulihat kulit pisangnya sudah mulai berwarna cokelat kehitaman, tapi pisang di dalamnya masih bagus. Itu pertanda pisangnya sudah matang dan harus cepat-cepat diolah.

Buah pisang termasuk paling gampang diolah menjadi berbagai macam cemilan. Aneka olahan pisang antara lain: pisang digoreng, dimakan langsung, dipanggang, dibuat kolak, dibuat menjadi kue, dibuat menjadi keripik dll. Bisa dibuat menjadi smoothies juga untuk minumannya.

Aku tanya anak-anak, pisangnya mau dibuat apa? Mereka pingin digoreng aja. Akhirnya setengah sisir pisang kepok itu kubuat pisang goreng. Pisang goreng ini memang merupakan olahan pisang yang paling mudah dibuat, sebentar saja sudah jadi.

Tinggal setengah sisir pisang yang belum diolah. Kupikir dibuat kolak pisang enak juga, tapi nggak ada ubi dan daun pandan kok rasanya kurang nikmat ya. Selain itu juga rada ribet membuatnya *sifat males lagi muncul nih.

Iseng aku browsing resep olahan pisang kepok, langsung deh muncul banyak resep yang bikin tambah bingung mau nyoba membuat yang mana. Setelah mengintip sana sini, aku tertarik dengan resep lempeng pisang punya mb Endang di JTT. Kelihatannya gampang, bahannya tinggal dicampur-campur aja, diaduk rata dan siap digunakan.

Rencananya aku mau nyoba membuat lempeng pisang ini besok siangnya setelah anak-anak pulang sekolah. Tapi malah berubah pikiran, besok paginya jam 04.30 pagi setelah masak nasi kok malah pingin membuat lempeng pisang. Bisa buat sarapan atau bekal anak-anak sekolah, pikirku. Setelah menyiap-nyiapkan bahan, mulai mencampur bahannya sudah jam 05.00 pagi.

 

bahan membuat lempeng pisang

Bahan lempeng pisang

 

Saat mencampur bahannya cepet, tapi memanggangnya yang agak lama karena satu-satu. Aku pakai pan anti lengket mini yang bentuknya bulat, biar besarnya bisa sama. Mulai deh riweuh, apalagi anak-anak sudah mulai bangun. Belum lagi itu bapak penjual sayur langganan sudah datang di depan rumah.

Akhirnya sliwar sliwer ke dapur dan ke depan, lempeng pisang yang terakhir jadi gosong deh. Memang mudah membuat lempeng pisang ini, tapi buat aku lebih enak membuatnya setelah anak-anak berangkat sekolah, bisa lebih tenang. Kalo gini asli deh semrawut semua, dapurnya berantakan banget dan baru bisa membereskannya setelah pulang ngantar anak sekolah hahaha.

 

haluskan pisangHaluskan pisang

 

Campur bahan lempeng pisang lainnyaCampur bahan-bahan lainnya, aduk rata

 

iris pisangIris tipis beberapa buah pisang untuk diletakkan di atas adonan yang dipanggang

 

panggang adonan lempeng pisang di pan anti lengket

Panggang adonan di pan anti lengket

 

Adonan lempeng pisang jadinya 8 buah menggunakan pan mini ini. Si bungsu Alicia sudah selesai sarapan, lempeng pisang ini baru jadi. Akhirnya 2 buah lempeng pisang dimasukkan kotak makan dan dibawanya buat bekal sekolah. Sementara kedua kakaknya sarapan dengan lempeng pisang itu. Tinggal 1 buah lempeng pisang, buat si Papa. Aku ngicip aja sedikit, rasanya enak. Pantesan si Alicia pulang sekolah, minta dibikinin lagi πŸ˜€

 

cara membuat lempeng pisang mudah dibuat dan enak

Lempeng pisang siap dihidangkan

 

Mau buat juga lempeng pisang yang mudah dibuat dan enak ini? Yuk, dibawah ini resepnya, ya.

 

Resep Lempeng Pisang mudah dibuat dan Enak

Resep dari : http://www.justtryandtaste.com/2011/01/lempeng-pisang.html

 

Bahan :

300 gr pisang kepok (4 buah pisang kepok)

2 buah pisang kepok, diiris tipis untuk hiasan di permukaannya.

200 gram tepung terigu serba guna (Aku pakai tepung terigu segitiga biru)

150 gram gula pasir

50 gram susu cair

1 butir telur ayam

Β½ sdt baking powder

ΒΌ sdt garam

ΒΌ sdt kayu manis bubuk (Aku skip)

Mentega secukupnya, untuk mengolesi pan

 

Cara membuat :

  1. Kupas pisang kepok, masukkan dalam mangkuk dan haluskan menggunakan sendok.

2. Tambahkan semua bahan lainnya yaitu : tepung terigu, gula pasir, susu cair, telur, baking powder, dan garam. Aduk rata.

3. Panaskan pan datar anti lengket, olesi dengan sedikit mentega, tuang 1 sdm adonan sayur ke atasnya. Tata beberapa irisan pisang di atas adonan. Panggang dengan api kecil hingga matang dan bawahnya berwarna kecoklatan.

4. Balikkan adonan dan panggang hingga kue matang.

5. Angkat dan siap disajikan.

 

resep lempeng pisang mudah dibuat dan enak

 

lempeng pisang enak

 

Selamat mencoba πŸ™‚

 

50 Comments

  1. Hairi Yanti February 15, 2016
    • Lianny February 15, 2016
  2. Fita Chakra February 15, 2016
    • Lianny February 15, 2016
  3. Fanny fristhika nila February 15, 2016
    • Lianny February 15, 2016
  4. resep pizza katalogibu.com February 15, 2016
    • Lianny February 15, 2016
  5. Syahransyah February 15, 2016
    • Lianny February 15, 2016
  6. Lusi February 15, 2016
    • Lianny February 16, 2016
  7. Indi Sugar February 16, 2016
    • Lianny February 16, 2016
  8. Rosanna Simanjuntak February 16, 2016
    • Lianny February 16, 2016
  9. Bibi Titi Teliti February 16, 2016
    • Lianny February 16, 2016
  10. Lidha Maul February 16, 2016
    • Lianny February 16, 2016
  11. Dwi Puspita February 16, 2016
    • Lianny February 16, 2016
  12. Kornelius ginting February 16, 2016
    • Lianny February 16, 2016
  13. Mukhsin Pro February 16, 2016
    • Lianny February 16, 2016
  14. Astin Astanti February 16, 2016
    • Lianny February 16, 2016
  15. Jiah February 16, 2016
    • Lianny February 16, 2016
  16. Lily Widjaja February 16, 2016
    • Lianny February 16, 2016
  17. Prih February 16, 2016
    • Lianny February 17, 2016
  18. Hidayah Sulistyowati February 16, 2016
    • Lianny February 17, 2016
  19. CatatanRia February 16, 2016
    • Lianny February 17, 2016
  20. indra February 17, 2016
    • Lianny February 17, 2016
  21. Ratna February 17, 2016
    • Lianny February 17, 2016
  22. Indah Nuria Savitri February 17, 2016
    • Lianny February 18, 2016
  23. cputriarty February 22, 2016
    • Lianny February 22, 2016
  24. Lidya February 22, 2016
    • Lianny February 22, 2016
  25. Tian Lustiana February 22, 2016
    • Lianny February 22, 2016

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.