Buku

Komik Mak Irits

 

komik mak irits

 

Cerita : Rahmi Aziza

Desain Karakter : Alfa Robbi

Ilustrator/gambar : Burhan Arif

Penyunting : Juliagar R.N.

Penata Letak : Vienz

Desain Cover : eNKA

Penerbit : anak kita

 

Nyari komik Mak Irits ini penuh perjuangan banget. Bolak-balik pergi ke toko buku, terus nyari-nyari di bagian komik kok nggak ada ya buku Mak Irits. Akhirnya setelah yang ke sekian kalinya nggak nemu komik Mak Irits ini, bertanyalah ke pegawai di sana. Eh pegawainya juga bingung, nyari-nyari di bagian komik sampe keringetan nggak nemu-nemu. Padahal dilihat di komputer ada kok stok komik Mak Irits. Untungnya akhirnya ketemu juga nih, mau tahu ada dimana komik Mak Irits nangkring? Itu tuh di bagian buku-buku lucu, tepat di samping buku Ernest P. dan Raditya Dika hihihi.

Sudah kebayang isinya yang lucu, tergambar dari cover bukunya yang dominan kuning cerah dan gambar Mak Irits yang matanya gede itu. Pegawai toko buku yang nyerahin buku Mak Irits tadi liat covernya sudah senyum-senyum aja tuh, jangan-jangan mau ikutan beli komik Mak Irits juga buat isterinya atau pacarnya πŸ˜€

Yup, sekarang Komik Mak Irits sudah di tangan, semangat 45 deh baca komik ini. Baru baca lembar-lembar awal kok jadi pingin ketawa keras-keras, pingin teriak juga sih, lha gimana dong mak jleb bener nih ceritanya. Mulai membatin : Aku kan juga seperti itu! Lha kok sama sepertiku ya! *Menertawakan diri sendiri πŸ™‚

Tahan napas sampe lembar terakhir dibaca, lalu teriak keras-keras : β€œINI GUE BANGET!!!!!”

 

Nih, contohnya aja di sini :

#8 Akibat Multitasting (hal 9)

 

hal 9 mak irits

 

Hahahaha itu sih sama denganku, masak terus tinggal ngeblog, Lha daripada nungguin rebusan telur atau ayam mateng, ya sudah ditinggal ngerjain pekerjaan lain aja. Eh tau-tau ada asap dari dapur, woahh gosong tuh masakan sekaligus pancinya, padahal panci baru beli seminggu. Nasib…nasib… mau irit waktu, malah habis panci baru, masakan nggak bisa dimakan lagi. Jadilah harus beli masakan diluar, dan artinya keluar uang lagii hiiiks.

 

#14 Kan Sudah Dibayar! (Hal 15)

 

hal 15 mak irits

 

Jadi kesindir deh, biasanya kalo ke hotel aku suka ambil tuh sabun, kopi dan sandal hotel. Lumayan kan bisa dipake di rumah #upss *kan sudah dibayar πŸ˜€

 

#77 Tambah Cabainya (hal 94)

 

hal 94 mak irits

 

Nah ini bener banget, biasanya kalo beli gorengan seperti lumpia atau resoles, suka ada cabai hijaunya, bisa tuh dikumpulin lagi cabainya. Irit kan, nggak usah beli cabai lagi di bapak penjual sayur keliling langgananku. Lha biasanya di situ belinya mesti banyak aja, satu plastik. Kebanyakan dong, lha yang suka cabai cuma aku dan suami aja, beli setengah plastik nggak bisa. Kalo dapet cabai dari bonus beli gorengan, asyik banget. Iya kan, iya kannnn??

 

Contohnya cukup 3 aja deh ya, lainnya baca sendiri, yang pasti seperti nemu teman yang sehati, sama-sama irits *tutup muka pake panci diskonan. Eh tapi irit boleh-boleh aja kan, selama nggak kelewatan. Kalo kelewatan namanya pelit huahahaha.

Komik ini nyantai dan menghibur banget, kalo lagi galau atau stress baca aja deh komik Mak Irits ini, hati jadi bahagia *nemu teman yang seperjuangan, sama2 irit hahaha. Emak-emak memang harus irit dong untuk menghemat anggaran belanja keluarga *kencengin ikat pinggang.

Komik dengan tebal halaman 126 + 6 halaman curhatan dari penulisnya ini meski lucuΒ  tetapi nggak sekedar menghibur aja sih, tapi buatku bisa banget buat instropeksi diri lewat cerita-cerita yang disajikan, irit boleh kok, tapi jangan sampe deh iritnya kelewatan.

 

komik mak irits

 

Yang paling kusuka dari komik Mak Irits ini adalah tips ala mak Iritsnya.

Harapanku sih segera terbit komik kedua, ketiga dst. Tips ala Mak Iritsnya wajib ada tuh, biar bisa dipraktekkan hihi. Kalo lembarannya sih, nggak usah berwarna deh. Lebih keren dan cocok seperti ini saja, lebih menggambarkan keiritan Mak Irits lho.

Kalo bisa buat animasi mak Irits segera diwujudkan, siapa tau Mak Irits jadi ngetop seperti Doraemon trus difilmkan. Aku liat video singkatnya di fanpage aja sudah penasaran, keren banget!

Terakhir, aku mau ucapin Selamat ulang tahun Mak Irits yang ke 1, semoga makin kece, makin top, makin terkenal, makin hits, makin irits dan makin sering bagi2 hadiah buat kita-kita. Oke πŸ˜€

 

selamat ulang tahun ke 1 mak irits

 

Kado buat Mak Irits, isinya :

Senjata mak irits aja ya… KALKULATOR, biar tambah semangat itung-itungnya dan Voucher DISKON *terima ya Mak Irits, meski dalam mimpi *kabur sebelum ditimpuk panci kreditan Mak Irits πŸ˜€

 

8 Comments

  1. Bibi Titi Teliti June 8, 2015
    • Lianny June 9, 2015
  2. Rahmi June 8, 2015
    • Lianny June 9, 2015
  3. Indah Juli June 9, 2015
    • Lianny June 9, 2015
  4. Lusi June 10, 2015
    • Lianny June 11, 2015

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.