Resep Masakan

Kiwi Pancake

 

“Bosen, Ma. Nggak pergi-pergi, nggak ngapa-ngapain, di rumah terus.”

Itu celetukan anak-anak beberapa waktu lalu. Ya, liburan panjang telah tiba bagi anak sekolah. Libur satu bulan kalau tidak ngapa-ngapain memang bosen juga ya. Tapi meskipun cuma liburan di rumah, tetap bisa menyenangkan kok, cari saja kegiatan yang bikin enjoy tapi tetap bermanfaat. Seperti membuat kerajinan tangan atau memasak. Saat itu kedua putriku, Christina (kelas 8) dan Alicia ( 5 SD) pengin bikin kue.

“Yuk, kita bikin kue, Ma.”

“Bikin kue apa, ya?”

Aku mulai bingung, tahulah aku nggak jago bikin kue, apalagi tidak punya oven. Jadi mesti nyari resep kue yang tidak memakai oven. Secara tak sengaja, pandanganku tertuju pada GULAKU yang ada di atas meja makan. Di kemasannya ada resep kiwi pancake dengan gambar yang menarik. Kutunjukkan gambar itu pada mereka.

 

kiwi pancake gulaku

 

“Bikin pancake ini, mau nggak?”

“Mauuu!” Mereka berteriak antusias.

Saat kubaca resep kiwi pancake yang ada di situ, hampir semua bahannya tersedia di rumah. Kekurangannya cuma susu, yogurt dan buah kiwi sebagai hiasannya. Segera aku menuju supermarket terdekat, ternyata tidak ada buah kiwi di sana, susunya juga berbeda dengan yang ada di rumah, hanya ada susu full cream. Ya sudah, kuputuskan untuk membelinya.

“Mau bikin kue sekarang atau besok saja, kalau sudah beli buah kiwi?”

“Sekarang saja, nggak usah kiwi nggak apa-apa.”

Rupanya kedua putriku penasaran pengin segera mencoba membuat pancake. Akhirnya kubiarkan mereka membuat adonan sendiri. Aku cuma membantu menyiapkan bahan-bahannya saja.

Β bahan pancake

Gb. adonan pancake* Adonan yang sudah jadi *

 

Adonan jadi dan dituangkan dalam wajan. Agak sulit sih karena ukuran wajannya besar. Coba kalau punya wajan kecil, pasti pas untuk ukuran membuat pancake. Akhirnya putriku bilang, dibuat agak lebar saja, nanti setelah matang baru dibentuk bulat. Oke, percobaan dimulai. Percobaan pertama gagal karena meski telah berwarna kecoklatan, tapi saat diicipi kok rasa adonannya masih terasa kurang matang. Percobaan kedua dan selanjutnya lumayan berhasil, tapi bentuknya tidak terlalu tebal. Saat proses pembuatan pancake itu aku hanya mendampingi saja. Kubiarkan putri sulungku melakukan semuanya sendiri, sampai adonan habis.

Lalu adonan yang sudah matang itu dibentuknya bulat memakai pisau, jadi pinggirannya terlihat tidak rata. Bentuknya juga tidak sama, ada yang kecil ada yang lebih besar. Tidak apa-apa, yang penting jadi. Putriku tetap tertawa senang karena berhasil membuat pancake, meski tak sempurna.

Inilah hasil pancake yang dibuat oleh Christina :

Β pancake

kiwi pancake

 

Kalau dibandingkan dengan gambar yang ada di kemasan GULAKU, memang beda jauh tampilannya. Tapi saat kucoba sepotong pancake dengan olesan vla di atasnya, hhmm enak kok rasanya. Vla nya manis *eh kalau buatku terlalu manis, mungkin karena pakai susu yang full cream, jadi rasa manisnya bertambah.Β Kalau buat anak-anak sih, suka aja dengan vla nya, malah ambil banyak-banyak. Pancake ini meskipun dimakan tanpa vla, rasanya tetap nikmat. Sayang sekali tidak ada buah kiwinya, coba kalau ada buah kiwi pasti rasanya pas banget, pancake dan vla manis bercampur buah kiwi yang segar, yummmyyyy. Kapan-kapan nyoba bikin lagi pakai buah kiwi, ah.

Tidak sampe satu jam, pancake itu langsung ludes masuk perut kami berlima. Nyam nyam…. enak sekali. Anakku yang bikin, aku tinggal makan saja hahahha πŸ™‚

 

Mau buat juga? Ini resepnya yang tertera di kemasan Gulaku.

 

RESEP KIWI PANCAKE

 

Bahan A

50 g GULAKU

3 btr kuning telur

50 ml yogurt

200 ml susu

50 g mentega, lelehkan

 

Bahan B

250 g tepung terigu

2 sdt baking powder

 

Vla

50 g GULAKU

250 ml susu

2 sdm maizena

1 btr kuning telur

1/4 sdt vanili

 

Hiasan : buah kiwi, kupas

 

CARA MEMBUAT

Campur GULAKU dan semua bahan A. Ayak bahan B dalam mangkok terpisah. Tuangkan bertahap adonan bahan A. Aduk rata. Panaskan wajan datar, tuang adonan pancake agak tebal.

 

VLA : Campur GULAKU dan semua bahan, masak di atas api kecil sambil diaduk hingga mengental. Sajikan pancake dengan vla dan potongan buah kiwi.

Yuk, bikin kiwi pancake. Selamat mencoba…

19 Comments

  1. Bibi Titi Teliti June 26, 2014
    • Lianny June 30, 2014
  2. vera June 26, 2014
    • Lianny June 30, 2014
  3. cputriarty June 26, 2014
    • Lianny June 30, 2014
  4. Lidya June 27, 2014
    • Lianny June 30, 2014
  5. Astin Astanti June 27, 2014
    • Lianny June 30, 2014
  6. Dr. Racmat Tubagus June 28, 2014
    • Lianny June 30, 2014
  7. Idah Ceris June 29, 2014
    • Lianny June 30, 2014
  8. Evi ARENGA June 30, 2014
  9. Icoel June 30, 2014
  10. hanari July 5, 2014
  11. Inna Riana July 14, 2014
    • Lianny July 16, 2014

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.