Resep Masakan

Kastengel, Kue Kering Pertamaku

 

Hari Minggu kemarin, mama tiba-tiba beli oven tangkring, biar bisa bikin kue kering kata mama. Selama ini memang bikin kuenya yang dikukus atau digoreng saja. Oven tangkringnya ada thermometer suhunya dan terdiri dari 3 susun.

 

oven tangkring* Ini oven tangring 3 susun, di dalamnya ada rak kawat 1 dan ada termometer suhunya *

 

Langsung saja anak-anak pingin bikin kue kastengel, apalagi si sulung yang suka banget dengan keju. Kebetulan di kardus oven ada lembaran berisi 6 buah resep, salah satu resepnya adalah kastengel. Ya sudah akhirnya praktekin aja deh resep yang ada di lembaran itu.

Aku bikin kastengel bareng anak-anak. Ini adalah pertama kalinya nyoba bikin kue kering, dan nyiapin adonan kali ini heboh bangeeetttt!

 

bahan kastengel* nyiapin bahan adonan kastengel *

 

Waktu mengocok adonan, wadah adonannya ternyata kurang gede, jadilah adonan “muncrat/nyembur” sana sini keluar dari wadahnya.  Setelah itu saat giliran adonan digiling, gilingnya pake botol sirup karena nggak punya alat buat giling adonan hahaha *pake sembarang alat. Ternyata banyak juga lho adonannya, bisa sampai 4 loyang.

 

adonan kastengel* Adonan sudah jadi, siap digiling *

 

Sesuai petunjuk kan oven dipanaskan terlebih dahulu kurang lebih selama 15 menit atau suhu mencapai 180 derajat celcius, baru kemudian adonan dimasukkan.

Kutunggu-tunggu sampai setengah jam lebih kok panasnya nggak naik-naik, berhenti di kisaran 100 derajat celcius, padahal di resep tertulis oven di suhu 160 – 170 derajat celcius selama 30 menit. Bingung kan jadinya secara ini pertama kalinya pakai oven.

 

adonan kastengel di loyang* Adonan kastengel siap dipanggang *

 

Akhirnya kumasukkan saja adonannya ke dalam oven. Sering kuintip itu bawahnya sudah cokelat belum. Saat di bagian bawah sudah cokelat, atasnya masih belum matang. Kupanggang lagi beberapa menit, sampai atasnya sudah agak kecoklatan, adonan kukeluarkan. Akhirnyaaaa jadi juga kue kastangelnya meskipun “terlalu cokelat” hihihi. Rasanya gurih dan renyah.

 

kastengel kue kering pertamaku*Sudah matang, kastangel kue kering pertamaku!

 

kue kering kastengel* Ini ngasih keju banyak banget *

 

variasi bentuk kastengel*Iseng aja, anak-anak membentuk adonan jadi bentuk macam2 : hello kitty, gitar, dinosaurus, bintang dll.  Manual saja, pake tangan karena nggak punya cetakan kue kering*

 

O ya, loyang kumasukkan satu per satu, jadi satu loyang matang, baru masukkan loyang lainnya karena rak kawat cuma ada satu.  Mau kumasukkan 2 loyang sekaligus, kok sepertinya agak2 miring kalau nggak ada rak kawatnya, nggak jadi masukin dua. Ini buat dari jam 2 siang sampai jam 5 sore lebih baru selesai, capeknyaaaa padahal bikinnya bertiga. Jangan diketawain yah, maklum ini pertama kalinya bikin kue kering dan pertama kalinya pakai oven tangkring.

Teman-teman yang pakai oven tangkring, share dong pengalamannya di komen. Makasih  🙂

 

Resep Kue Kastengel

 

Bahan :

200 gr mentega tawar

100 gr margarine

3 butir kuning telur

1 sdt garam

1 sdt kaldu ayam bubuk

250 gr keju edam, parut  –> nggak nemu keju edam di supermarket dekat rumah jadilah aku pake keju cheddar saja

50 gr susu bubuk full cream

450 gr tepung terigu protein rendah

 

Bahan olesan & topping :

1 kuning telur, kocok

1 sdm madu  –> aku nggak pake madu

50 gr keju parut

 

Cara pembuatan :

  1. Kocok mentega, margarine, garam dan kaldu ayam bubuk menggunakan mixer dengan kecepatan sedang hingga rata.
  2. Masukkan kuning telur satu per satu. Aduk kembali hingga rata.
  3. Ayak terlebih dahulu tepung terigu dan susu. Lalu masukkan ke dalam adonan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk rata.
  4. Masukkan keju edam parut, aduk hingga rata menggunakan spatula.
  5. Gilas adonan setebal 1.5 cm kemudian potong-potong sesuai selera.
  6. Letakkan di atas loyang yang sudah diolesi margarine. Oles adonan kue dengan bahan oles dan taburkan keju parut di atasnya.
  7. Panggang pada suhu 160 – 170 derajat celcius selama kurang lebih 30 menit.
  8. Angkat dan siap dihidangkan.

 

 

22 Comments

  1. rahmiaziza July 14, 2015
    • Lianny July 23, 2015
  2. Noe July 14, 2015
    • Lianny July 23, 2015
  3. Syahdian Novianti July 14, 2015
    • Lianny July 23, 2015
  4. Tian Lustiana July 14, 2015
    • Lianny July 23, 2015
  5. Nia Haryanto July 14, 2015
    • Lianny July 23, 2015
  6. Lia July 14, 2015
    • Lianny July 23, 2015
  7. ade anita July 15, 2015
    • Lianny July 23, 2015
  8. andy hardiyanti July 15, 2015
    • Lianny July 23, 2015
  9. Choirul Huda July 20, 2015
    • Lianny July 23, 2015
  10. sabda awal July 21, 2015
    • Lianny July 23, 2015
  11. Dedy Akas Website August 5, 2015
    • Lianny August 5, 2015

Leave a Reply

My Instagram