Traveling

Itinerary Liburan Keluarga ke Lombok 5 Hari 4 Malam

 

Welcome to Lombok!

Ini pertama kalinya, kami pergi ke Lombok. Lombok, dengan julukannya pulau seribu masjid ini, punya banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi. Pantai-pantainya indah, nggak kalah indahnya dengan pantai-pantai di Bali.
Kami liburan di Lombok ini 10 orang, kami sekeluarga berlima, ditambah dengan keluarga dari teman suamiku, berlima juga. Kami menyewa mobil di Lombok melalui jasa seorang perantara, nah beliau ini juga bersedia menjadi sopir dan mengantarkan kami keliling di Lombok ini.

 

Itinerary Liburan Keluarga ke Lombok 5 Hari 4 Malam (5 Days, 4 Nights)

 

Day 1 : Selong Belanak, Tanjung Aan, Bukit Merese

Kami berangkat dari Bali dan tiba di Lombok International Airport pukul 11.00 siang. Tempat wisata pertama yang kami kunjungi adalah Pantai Selong Belanak. Pantainya indah banget, pasirnya putih dan air lautnya biru jernih, ombaknya tenang. Siang-siang ke pantai, bayangkan deh panasnya yah, langsung deh oles-oles sunblock biar badan nggak gosong. Puas main di pantai, kami makan jagung bakar dan minum air kelapa muda di salah satu warung yang ada di situ, yang menyewakan juga papan surfing.

 

pantai selong belanak lombok

 

Kami kelamaan main di Pantai Selong Belanak ini. Sekitar jam 15.00 sore kami baru melanjutkan perjalanan untuk makan siang. Kami makan siang di Artati Restaurant. Anakku pesan nasi goreng, red curry dan spaghetti. Yang aku suka di sini adalah pemandangannya yang bagus, kalo makanannya sih biasa menurutku.

Lanjut setelah itu ke pantai Tanjung Aan dan Bukit Merese. Kami ingin melihat sunset di Bukit Merese, tapi sayang sudah nggak keburu. Padahal bagus sekali pemandangan di Bukit Merese, kalau sunset pasti akan lebih indah lagi. Anginnya di sini kenceeeng bangeeet! Mungkin karena sudah hampir malam juga kali, ya. Duh, badan seperti mau terbang aja, oleng-oleng diterpa angin. Jadi kami cuma foto-foto sebentar di sini, meskipun dengan rambut yang berantakan haha.

Setelah itu kami langsung menuju Melati Hotel di daerah Kuta Mandalika, tempat kami menginap di hari pertama di Lombok ini. Akses jalan menuju ke daerah Kuta Mandalika ini bikin kagum, jalannya sudah sangat bagus.

Karena sudah sekitar jam 20.00 malam, setelah check in, mandi, kami lalu jalan kaki di seputaran hotel untuk makan malam. Bingung mau makan di mana, akhirnya kami masuk salah satu tempat makan (dari hotel jalan ke arah kanan). Masakannya lumayan enak, tapi aku lupa nama tempatnya apa *maafkeun πŸ˜€
Habis makan malam, kembali ke hotel dan istirahat.

 

Day 2 : Pantai Kuta Mandalika, Desa Sade, Desa Sukarara, Gili Trawangan

Kami makan pagi di hotel sekitar jam 08.00 pagi, kemudian langsung check out dan menuju ke Pantai Kuta Mandalika. Pantainya cantik dengan hamparan pasir berwarna putih. Di pantai ini ada fasilitas umum seperti toilet. Teman suami sempat motret dan video-in toiletnya, wow ternyata toiletnya bagus loh. Dari luar aja, kami lihat bangunannya itu aja udah keliatan bagus, ternyata dalamnya juga bagus.

Seperti di Pantai Selong Belanak, suasana di Pantai Kuta Mandalika ini juga sepi waktu itu. Yang ada hanya anak-anak kecil yang berjualan gelang. Kami sudah diberi tau, kalau ditawari gelang, lebih baik ditolak secara halus. Karena kalau beli satu saja, bakal akan dikerubuti oleh anak-anak yang lainnya.

Begitu kami jalan ke arah pantai, anak-anak ini menawarkan gelangnya. Nah temen suamiku tanya, harganya berapa? Wuaah beneran, anak-anak lainnya langsung β€˜mengerubuti’ teman suamiku itu, menawarkan gelang jualannya. Padahal dia tadi cuma nanya harga doang πŸ˜€ Akhirnya dibeli juga gelang yang ditawarkan. Andai saja, anak-anak ini disediakan tempat untuk berjualan, pasti akan lebih teratur ya, nggak rebutan juga πŸ™‚

 

 

Lanjut, kami menuju ke Desa Sade, di sini bisa lihat rumah-rumah adat susu sasak. Ada pemandu lokal yang akan mengantar kita berkeliling setelah sebelumnya bercerita tentang suku sasak, termasuk adat kawin lari dan tradisi menenun. Wanita desa Sade harus wajib bisa menenun, nggak boleh menikah kalo masih belum bisa menenun. Kain-kain hasil tenunan itu bisa kita lihat di desa ini.

 

desa sade lombok

 

Dari Desa Sade, kami menuju ke Desa Sukarara. Di sini kita juga akan melihat wanita-wanita yang sedang menenun dan berbagai hasil kerajinan tenun yang dijual di koperasinya.

 

desa sukarara lombok

 

Kami makan siang di RM. Bintaro Jaya Lombok. Kami pesan ikan bakar, cah kangkung, plecing kangkung dan ayam taliwang. Disajikan gratis beberuk terong. Aku suka semua menu makanan yang kami pesan, cocok di lidahku. Terutama itu beberuk terung nya, enaak!

Setelah makan siang kami ke pelabuhan Teluk Nara. Dalam perjalanan kami mampir ke toko oleh-oleh Lombok Exotic, beli kaos, kembaran untuk 10 orang. Sampai di pelabuhan Teluk Nara, mobil di tinggal di sana dan kami menyewa speed boat menuju ke Gili Trawangan, dapat harga pulang pergi 1 juta. Sekitar 13 menit kami sudah sampai dan langsung check in di Hotel Vila Ombak Resort.

 

gili trawangan lombok

 

Setelah meletakkan barang-barang di kamar, kami menuju ke daerah Hotel Ombak Sunset, untuk melihat sunset yang katanya bagus dilihat dari situ. Ternyata memang beneran bagus, indah banget!

 

sunset di gili trawangan lombok

 

Kami melihat sunset ini dengan menggunakan sepeda. Sewa sepeda 1 hari dihitung 100 rb per orang. Kami sewa 6 sepeda, jadi 6 orang naik sepeda, 4 orang naik andong.

Puas lihat sunset, kami balik lagi ke hotel dan makan malam di night market yang ada di situ. Kalo malam suasana sekitaran hotel rame, berderet-deret yang jual makanan, tinggal kita mau pilih yang mana. Kami lihat ada satu tempat yang rame, sampai antri panjang, dan karena penasaran kami ikut-ikutan antri, beli makanan di situ haha. Ternyata masakan Indonesia.
Habis makan malam, balik hotel, istirahat.

 

Day 3 : Villa Hantu, Senggigi

Kami nggak makan pagi di hotel karena kami pesan kamar room only. Kami jalan kaki ke arah kiri dari hotel, menuju ke tempat makan Bu Dewi. Sebelumnya sudah searching sih tempat makan di Gili Trawangan, dan banyak yang rekomen di warung Bu Dewi, masakan Indonesia, harganya lumayan murah.

Setelah makan pagi, kami yang sewa sepeda kemarin, 7 orang, kembali eksplore seputaran Gili Trawangan. Ya, sayang kan udah sewa sepeda kalau nggak dipakai. Sementara kami bertiga yang nggak ikutan naik sepeda, menunggu di hotel sambal siap-siap untuk check out.

Check out sudah, kami titip semua barang kami dulu di lobby hotel dan keluar cari makan. Nah kalo siang gini, rada sepi yang jualan di Gili Trawangan, beda dengan malam hari. Kami masuk ke salah satu tempat makan, harganya lumayan mahal, kami pesan 3 menu saja waktu itu untuk berlima, karena nggak tau porsinya seberapa.

Setelah makanan datang, aku ikutan icip. Yang bisa kuterima di lidah cuma burger pesanan pak suami. Sedangkan yang dua, punya anakku, aku nggak suka, rasanya aneh buatku, tapi anak-anakku suka menu yang mereka pesan, mereka makan sampai habis. Katanya enak. Duh kalo lidahku memang lebih cocok masakan-masakan Indonesia deh haha πŸ˜€
Makan apa dong aku, laper juga nih perut. Akhirnya aku beli gili gelato dan croissant buat makan siang. Enak! Aku sukaaa!

Setelah makan siang, kami kembali ke pelabuhan Teluk Nara naik speed boat lagi, ambil mobil yang parkir inap di situ semalam dan lanjut menuju ke Senggigi, tempat kami akan menginap di hari ke 3 dan ke 4 .

Di tengah perjalanan kami melewati villa hantu, waktu itu sekitar jam 3 sore. Namanya sih villa, tapi bukan seperti villa. Jadi dulunya ini mau dibangun villa di situ, tapi nggak diteruskan. Jadi lah seperti sekarang ini, bangunan tua setengah jadi, dinamakan villa hantu, tapi nggak serem sama sekali karena bangunannya kan terbuka, malah pemandangannya bagus loh, apalagi kalo sunset. Tapi kalo menunggu sunset, bisa kemalaman kami ke Senggigi. Jadi cuma foto-foto sebentar lalu melanjutkan lagi perjalanan.

 

villa hantu lombok

 

Lanjut, kami makan malam dulu di RM. Sate Rembiga Lombokoe. Pas jam buka puasa, rumah makannya rame. Sate rembiganya enak, empuk! Aku suka! Cocok lah makan di sini.
Setelah makan malam, kami melanjutkan perjalanan. Sampai di hotel Lombok Holiday Resort, check in dan istirahat.

 

Day 4 : Snorkeling, Pantai Pink, Gili Pasir

Makan pagi di hotel, lalu lanjut perjalanan ke Pelabuhan Tanjung luar. Tujuan kami adalah pantai Pink.
Sebetulnya ada 2 cara menuju pantai pink, lewat jalur darat atau jalur laut. Kami lewat jalur laut. Setelah sampai di pelabuhan, kami menyewa private boat, harga waktu itu 800 ribu pulang pergi.

Dalam perjalanan, ada satu tempat penangkaran lobster, kapal kami berhenti di situ. Yang tertarik beli lobster, bisa tawar-tawar deh dengan bapaknya nanti. Kalo mau lihat aja ya nggak apa-apa. Kami beli lobster, tawar menawar, deal harga 1 lobster 100 ribu. Kami bawa lobster hidupnya dalam kapal, nanti akan dibakar setelah sampai di pantai Pink.

 

Sebelum tiba di Pantai Pink ini, anak-anak mencoba snorkeling, kalau aku cukup ngasih makan ikan aja dari dalam kapal, takut snorkeling, nggak bisa renang dan males basah-basahan haha. Lihat ikan berebut roti tawar aja udah seneeeeng!

 

snorkeling di lombok

 

Sampai di pantai Pink, kami makan siang paket seafood yang kami bawa. Satu paket 60 rb, sudah ada ikan bakar, cumi goreng tepung, udang, kare rajungan, sayur, nasi dan sambal. Nikmat sekali! Apalagi di tambah lobster yang kami beli tadi. Maknyus!

 

Kami duduk di warung yang ada di pantai Pink itu. Di warungnya ini sendiri nggak berjualan seafood, kalo nggak salah menu nya mie. Nah lobster yang kami bawa, dibakar di warung ini.

Kami tiba di pantai Pink siang hari, saat matahari lagi terik-teriknya, nggak terlalu kelihatan pasir warna pink nya. Katanya paling bagus saat pagi hari, warna pinky akan lebih terlihat jelas.

 

pantai pink lombok

 

Setelah dari pantai pink, kami ke gili pasir, itu sekitar jam 3 sore. Wuah ternyata giIi pasir juga indah. Terlihat hamparan pasir yang luas. Gili Pasir akan terlihat atau muncul ke permukaan laut hanya saat air surut, akan tetapi saat air laut pasang, Gili pasir nggak akan dapat terlihat. Syukurlah kami datang di saat yang tepat, jadi bisa memandang cantiknya Gili Pasir ini. Ada bintang-bintang laut yang cantik juga.

 

gili pasir lombok

 

Dari sini kami balik pulang kembali ke pelabuhan. Lanjut kami makan malam di RM Ayam Taliwang Irama 3. Pas mau jam berbuka puasa waktu itu. Lumayan rame. Kami cuma pesan ayam taliwang aja. Lama banget nunggunya. Kami lihat banyak yang datang setelah kami, makanannya udah keluar dulu. Entah mereka sudah pesan sebelumnya atau bagaimana, kami nggak tau.

Menunggu hampir 1 jam, akhirnya pegawai nya datang bawa air putih kemasan gelas. Lima belas menit kemudian baru makanan kami datang. Hampir selesai makan, minuman yang kami pesan belum datangΒ  padahal kami cuma pesan es teh. Kami mau cancel aja minumannya, kan makanan udah habis. Tapi udah dibuatin katanya, ya udah akhirnya nunggu minuman datang.
Habis makan malam, kami mampir ke pusat oleh-oleh Sasaku, kemudian balik pulang ke hotel. Istirahat.

 

Day 5 : Kembali ke Bali
Makan pagi di hotel, check out lalu menuju ke Lombok International Airtport, kembali ke Bali.

 

Itu itinerary liburan keluarga di Lombok 5 Hari 4 Malam. Ya, sebetulnya ini bisa dibilang cuma 4 hari aja sih, karena hari ke 5 itu nggak kemana-mana, cuma ke bandaran aja, balik ke Bali.

Senang sekali bisa pergi ke Lombok bersama suami dan anak-anak. Tempat-tempat wisatanya indah, suasananya jauh lebih tenang dan sepi dibanding Bali, mungkin masih belum terlalu rame ya akibat gempa tahun lalu.

Liburan di Lombok bikin happy, cuma sayangnya nih foto-fotoku yang di pantai, ampuuun deh rambutnya pada β€˜mumbul’ semua, berantakan banget! Bisa dihitung jari fotoku yang rambutnya ’normal’ hahaha. Nggak punya jepit, nggak bawa tali rambut juga, akhirnya pasrah, yang penting ada fotonya buat kenang-kenangan. Kalo yang cowok, meski diterpa angin kencang, rambutnya masih terlihat β€˜baik-baik’ saja, duh iriii deh.

Ingin ke Lombok lagi? Iyaaaa! Karena masih banyak tempat wisata lain di Lombok yang belum dikunjungi. Semoga suatu saat bisa ke sana lagi bersama keluarga. Amin.

Note ***: Hotel dan kuliner di Lombok aku tulis di postingan berbeda ya, kepanjangan kalo ditulis di sini πŸ˜€

 

Tips Liburan ke Lombok:

β€’ Kalau bisa sih, jangan pergi saat bulan puasa, karena banyak tempat makan dan toko oleh-oleh yang tutup.
β€’ Kalau akhirnya pergi di bulan puasa, siap-siap nih saat makan malam di luar, tempat makannya biasanya rame karena waktu jam berbuka puasa. Harus siap menunggu dengan sabar hehe.
β€’ Penting! Lebih baik di hotel aja saat malam sebelum lebaran, terutama yang di kota Mataram, karena biasanya ada pawai takbiran. Mulai sore, sudah banyak berdatangan masyarakat dari berbagai penjuru kota Mataram untuk memeriahkan pawai takbiran ini. Biar nggak kejebak macet, nyantai di hotel aja.
β€’ Selalu pakai sunblock saat berpanas ria di pantai. Sedia juga payung, topi atau kacamata hitam jika perlu.
β€’ Sedia minyak kayu putih, tolak angin (eh ini bukan endorse ya hehe) atau apapun agar badan nggak masuk angin, terutama yang bawa anak-anak. Pantai-pantai di Lombok yang kami kunjungi, anginnya kenceeeeeeng bangeeet!
β€’ Kalo ke Gili Trawangan naik speed boat dan nginepnya juga cuma semalem misalnya, sebaiknya bawa ransel aja, biar praktis.
β€’ Agar bisa eksplore Gili Trawangan lebih banyak, yang belum bisa naik sepeda mungkin bisa belajar dulu *jangan tiru aku yang nggak bisa naik sepeda haha. Nggak boleh kendaraan bermotor di sana, jadi cuma bisa naik sepeda, jalan kaki atau naik andong. Jalan kaki bisa, tapi kalau jaraknya jauh ya capek juga ya, sementara kalo naik andong itu mahal.

 

ITINERARY LIBURAN LOMBOK
Day 1
Dari Bali ke Lombok tiba di Lombok International Airport sekitar jam 11.00 siang
Menuju ke pantai Selong Belanak
Makan siang di Artati Restaurant
Menuju ke pantai Tanjung Aan
Menuju Bukit Merese
Check in Melati Hotel
Makan malam di sekitar Melati Hotel
Istirahat

Day 2
Breakfast di Melati Hotel
Menuju Pantai Kuta Mandalika Lombok
Menuju Desa Sade
Menuju Desa Sukarara
Makan siang di RM. Bintaro Jaya Lombok
Pusat oleh-oleh Lombok Exotic
Pelabuhan Teluk Nara Menuju Gili Trawangan
Check in Hotel Vila Ombak Resort, Gili Trawangan
Sewa sepeda, menuju ke Ombak Sunset untuk lihat sunset
Makan malam di night market Gili Trawangan
Istirahat

Day 3
Makan pagi di Warung Bu Dewi, Gili Trawangan
Keliling seputar Gili Naik Sepeda
Makan siang di Gili Trawangan
Check out, menuju ke Pelabuhan Teluk Nara
Menuju ke Senggigi, melewati:
– Villa Hantu
– Bukit Malaka
Makan malam di Sate Rembiga Lombokoe
Check in Lombok Holiday Resort, Senggigi
Istirahat

Day 4
Breakfast di Lombok Holiday Resort
Menuju ke Pelabuhan Tanjung Luar, naik kapal ke Pantai Pink
Melihat penangkaran lobster
Snorkeling
Makan siang di Pantai Pink
Menuju Gili Pasir
Makan malam di Ayam Taliwang Irama 3
Mampir Pusat oleh-oleh Sasaku
Kembali ke hotel
Istirahat

Day 5
Breakfast di hotel Lombok Holiday Resort
Check out, menuju Lombok International Airport , kembali ke Bali

 

 

92 Comments

  1. Herva Yulyanti August 1, 2019
    • Lianny August 2, 2019
  2. nurulrahma August 1, 2019
    • Lianny August 2, 2019
  3. Niken Nawang Sari August 2, 2019
    • Lianny August 2, 2019
  4. Faridilla Ainun August 2, 2019
    • Lianny August 2, 2019
  5. Lidya August 2, 2019
    • Lianny August 2, 2019
      • Lidya August 4, 2019
        • Lianny August 5, 2019
  6. Dedew August 2, 2019
    • Lianny August 2, 2019
  7. Jalan-Jalan KeNai August 2, 2019
    • Lianny August 2, 2019
    • Leyla Hana August 3, 2019
      • Lianny August 5, 2019
    • Rahmah August 4, 2019
      • Lianny August 5, 2019
  8. Nanik Nara August 2, 2019
    • Lianny August 2, 2019
  9. Yeni Sovia August 2, 2019
    • Lianny August 2, 2019
      • Ruli retno August 2, 2019
        • Lianny August 2, 2019
  10. nurulrahma August 2, 2019
    • Lianny August 2, 2019
      • Nchie Hanie August 2, 2019
        • Lianny August 3, 2019
  11. Lusi August 2, 2019
    • Lianny August 3, 2019
  12. Reyne Raea August 2, 2019
    • Lianny August 3, 2019
  13. Mutia Karamoy August 3, 2019
    • Lianny August 3, 2019
  14. Hikmah Khaerunnisa August 3, 2019
    • Lianny August 3, 2019
  15. Rach Alida August 3, 2019
    • Lianny August 3, 2019
  16. Bibi Titi Teliti August 3, 2019
    • Lianny August 3, 2019
  17. Nia K. Haryanto August 3, 2019
    • Lianny August 3, 2019
  18. Mechta August 3, 2019
    • Lianny August 3, 2019
  19. Rahmah August 3, 2019
    • Lianny August 3, 2019
  20. iidYanie August 3, 2019
    • Lianny August 3, 2019
  21. Ran August 3, 2019
    • Lianny August 5, 2019
  22. Mugniar August 3, 2019
    • Lianny August 5, 2019
  23. Rachmanita August 3, 2019
    • Lianny August 5, 2019
  24. Afifah Haq August 3, 2019
    • Lianny August 5, 2019
  25. Diah Kusumastuti August 3, 2019
    • Lianny August 5, 2019
  26. Liza August 3, 2019
    • Lianny August 5, 2019
  27. Yuni August 4, 2019
    • Lianny August 5, 2019
  28. Helena August 4, 2019
    • Lianny August 5, 2019
  29. Christina A. S August 4, 2019
    • Lianny August 5, 2019
  30. rizka edmanda August 4, 2019
    • Lianny August 5, 2019
  31. Siska Dwyta August 4, 2019
    • Lianny August 5, 2019
  32. Kurnia amelia August 4, 2019
    • Lianny August 5, 2019
  33. Sumarti August 4, 2019
    • Lianny August 5, 2019
  34. Uniek Kaswarganti August 4, 2019
    • Lianny August 5, 2019
  35. Ida August 4, 2019
    • Lianny August 5, 2019
  36. Elly Nurul August 4, 2019
    • Lianny August 5, 2019
  37. Arda Sitepu August 4, 2019
    • Lianny August 5, 2019
  38. Hastira August 5, 2019
    • Lianny August 5, 2019
  39. Novitania August 5, 2019
    • Lianny August 6, 2019
  40. Nita gembul blog August 17, 2019
    • Lianny August 19, 2019
  41. Lusi October 13, 2019
    • Lianny October 14, 2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.