Kontes Personal

Fun Blogging 7, Satu Harapan Terwujud

 

Sudah lama sebenarnya aku mendengar tentang Fun Blogging.

Fun blogging ini sudah menginjak usia satu tahun pada bulan Oktober kemarin.

Teman-teman tentu sudah mengenal tiga blogger hebat yang menjadi founder Fun Blogging yaitu mbak Haya Aliya Zaki, mbak Shintaries dan mbak Ani Berta.

Mbak Haya yang dikenal sebagai editor dan trainer kepenulisan ini sudah banyak menerbitkan buku (antologi dan solo), sering memenangkan lomba blog dan pernah kerja bareng Singapore Tourism Board.

Mbak Shinta yang terkenal jago desain dan otak-atik coding, beberapa waktu lalu mendapat award sebagai blog lifestyle terbaik. Menelurkan beberapa project lain yaitu Blogger Perempuan dan Jakarta Corners.

Mbak Ani Berta bisa disebut sebagai blogger internasional. Digandeng oleh Australian Aid serta Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, diundang ke Asean Women Conference Februari nanti di Kualalumpur mewakili Indonesia.

Meskipun prestasi mereka bertiga sudah banyak, tapi mereka tetap rendah hati dan tak pelit berbagi ilmu. Buktinya mereka mau membagikan ilmu yang mereka miliki lewat workshop Fun Blogging ini.

 

Fun Blogging 7 diadakan di Surabaya! Aku harus ikut!

Saat dicolek mbak Ani di Facebook dan membaca bahwa Fun Blogging 7 akan digelar di Surabaya, aku begitu antusias. Aku harus Ikut! Ya, mengharapkan Fun Blogging hadir di kotaku rasanya kecil kemungkinannya, jadi aku harus datang ke Surabaya. Ini kesempatanku untuk bertemu dengan 3 founder Fun Blogging. Ya, jujur saja, disamping ingin menimba ilmu, tujuan utamaku ikut Fun Blogging ini adalah ingin bertemu dengan ketiga narasumber Fun Blogging.

Aku berkata ke suami kalau aku ingin ikut acara Fun Blogging di Surabaya, suamiku ternyata mengizinkan. Langsung malam itu juga aku daftar lewat email.

Sekarang urusan berangkatnya yang bingung, mau naik kereta api atau memakai kendaraan sendiri diantar suami. Kalau naik kereta, jadwalnya jam 5 pagi sampai sana sekitar jam 9 pagi. Setelah itu harus naik kendaraan lain ke tempat acara. Mungkin sekitar jam 9.30 sudah sampai. Yah, telat dong! Memang cuma sebentar sih telatnya, tapi tetap nggak nyaman kalau datang telat.

Kalau naik kereta yang jadwal berangkatnya jam 1 malam, sampe Surabaya jam 5 pagi. Habis itu ngapain ya, ada 4 jam nganggur. Belum lagi pulangnya harus naik kereta lagi, setauku jadwal kereta sekitar jam 4 sore, nggak mungkin dong pulang duluan kalau acara belum selesai. Aku kan pingin foto bareng teman-teman blogger yang lain seusai acara *aji mumpung, mumpung ketemu πŸ˜€

Akhirnya kami putuskan waktu itu berangkat hari Jumat agar tidak telat besok Sabtunya, memakai kendaraan sendiri diantar suami. Anak-anak nanti akan kami titipkan dan menginap di rumah neneknya.

 

Drama menjelang keberangkatan

Menjelang hari keberangkatan, hari Rabu malam, si bungsu tiba-tiba badannya panas, tenggorokannya juga sakit. Duh, mulai panik deh. Bisa-bisa batal pergi ke Surabaya.

β€œKalau sampai si bungsu masih panas, terpaksa kamu pergi sendiri naik kereta ke Surabaya,” kata suami. Tapi suamiku nggak tega sih membiarkan aku pergi sendiri, takut nyasar katanya. Lagipula kalau anak sakit, nggak tenang dong kalau tetap memaksakan diri berangkat.

β€œKamu sakit kok sekarang. Mama mau pergi, kamu sakit.”

β€œMama pergi saja, nggak apa-apa kok,” katanya. Hiks, jadi nggak tega kan ninggalin si bungsu ini kalau masih sakit.

Duh, maafkan Mama ya, Nak. Mama cuma galau aja kalau nggak jadi berangkat.

Aku sudah memutuskan, kalau kondisinya belum membaik, aku tidak akan berangkat ke Surabaya. Malam itu kuberi si bungsu obat penurun panas sambil terus berdoa semoga panas badannya cepat turun.

Kamis pagi, suhu badannya sudah normal lagi dan dia ngotot berangkat sekolah karena ada ulangan. Sempat panas lagi siangnya di sekolah dan minum obat penurun panas yang kubawakan. Syukurlah malam harinya suhu badan tetap stabil, tenggorokannya aja yang bertambah sakit. Puji Tuhan, Jumat pagi suhu badannya juga masih normal. Jadi kami putuskan berangkat hari itu, anakku sudah kusiapkan obat untuk sakit tenggorokan dan sudah kuberi nasihat dari A sampai Z hehehe.

Jumat waktu kami berangkat itu gantian kepalaku yang pusing dan badanku demam, tenggorokan juga sakit. Duh, ini kok bisa sama sakitnya dengan anakku. Takut parah akhirnya kuminum juga obat demam yang kubawa saat itu. Sekitar 6 jam perjalanan, akhirnya kami sampai di Surabaya. Syukurlah demamku juga sudah turun, tinggal sakit tenggorokannya saja yang masih terasa.

 

Fun Blogging 7, aku datang!

 

Fun Blogging 7

 

Hari yang kutunggu sejak sebulan lalu akhirnya tiba juga. Fun Blogging 7, aku datang!

Workshop Fun Blogging 7 ini diadakan pada tanggal 7 Nopember 2015, pukul : 09.00 – 16.00 WIB. Β Bertempat di Intiland Tower lantai 2, Jl. Panglima Sudirman 101-103 Surabaya.

Aku berangkat jam 08.10 pagi, sampai di sana bingung juga karena masih sepi, akhirnya melipir ke toilet hahaha. Keluar dari toilet, kulihat mbak Haya, mbak Shintaries dan mbak Ani Berta masuk ke kantor Qwords di lantai dua itu. Rombongan teman-teman blogger juga muncul dari lift.

 

Narasumber Fun Blogging 7Narasumber Fun Blogging 7 – Sumber foto : FB Shintaries –

 

Masuk ke dalam ruangan, ternyata duduknya lesehan, jadi lebih nyantai deh. Ini enak banget kalo ada tumpengnya hehehe. Jam sudah menunjukkan pukul 09.30 ketika acara dimulai. Agak terlambat karena menunggu teman-teman yang lain datang. Acara dibuka dengan perkenalan diri teman-teman yang hadir, wah ternyata blogger yang hadir bukan domisili Surabaya saja lho, ada yang dari Sidoarjo, Malang, Kediri, Gresik, Jombang, Bondowoso bahkan Jakarta.

Tempat dudukku di pojok belakang, jadi tidak leluasa untuk foto-foto narasumber. Tapi syukurlah, materi yang dibawakan masih terdengar jelas.

Acara selanjutnya adalah perkenalan dari salah satu sponsor yaitu Qwords.com diwakili oleh mas Frenavit.

 

qwords.com

 

Setelah itu masuk ke acara inti.

 

Sesi pertama dibawakan oleh mbak Haya, berbicara tentang writing great konten.

β€œContent is king. Promotion is queen.” ( Bob Mayer )

 

Writing great content, Haya Aliya Zaki

 

Mbak Haya mengatakan bahwa sesungguhnya napas blog kita adalah konten, karena itu hendaknya kita menulis konten dengan jujur dan sesuai dengan pengalaman kita. Mbak Haya juga memaparkan tips agar tulisan bertenaga, diantaranya adalah kita harus menulis dengan jujur, memperhatikan EYD (termasuk huruf kapital dan pemakaian tanda baca), memperhatikan logika serta melakukan self editing. Jadi selesai menulis, endapkan dulu tulisan kita sebentar, baca lagi apakah sudah sesuai EYD, apakah masih ada typo (kesalahan ketik) atau tidak. Setelah itu barulah tulisan itu kita publish.

Β  β€œTulislah draft pertamamu dengan perasaan, lalu tulis ulang dengan pikiranmu.” – Film Finding Forrester Β 

 

Sesi pertama selesai dilanjutkan oleh pengenalan singkat dari salah satu sponsor yaitu mobil123.com, diwakili oleh Pak Rangga.

 

mobil123.com

 

Setelah itu acara break sejenak, dilanjutkan makan siang dulu. Satu kotak makan Hokben mampu mengenyangkan perutku, malah jadi kekenyangan hahaha.

 

Hokben* Makan hokben dulu, yuk. Hokben nggak ada lho di Jember hihihi *lalu tiba-tiba ingat anak-anak di rumah *

 

Lanjut sesi kedua dengan narasumber mbak Shinta Ries. Mengusung tema : Advancing your blog platform.

 

Advancing your blog platform, Shintaries

 

Mbak Shinta menjelaskan seputar blog. Bagaimana tampilan blog yang baik, tidak membuat sakit mata dan tidak membuat jantungan. Betul juga, aku pernah lho saat blogwalking malam hari, sedang membaca artikel di blog tersebut, baru saja beberapa detik, tiba-tiba terdengar suara lagu yang bikin kaget hahaha. Mbak Shinta menjelaskan juga etika beriklan di blog, alat-alat utama yang menjadi senjata para blogger untuk memaksimalkan kebutuhan dalam laporan para pemasang iklan/pengguna jasa blogger.

Materi mbak Shinta ini cukup bikin puyeng, jadi harus dicerna lagi pelan-pelan di rumah πŸ˜€

 

Sesi yang ketiga dibawakan oleh Mbak Ani Berta tentang memaksimalkan benefit sosial media.

 

Memaksimalkan benefit sosial media, Ani Berta

 

Sosial media ternyata sangat berperan dalam meningkatkan branding blog kita, mendatangkan traffic dan itu berarti juga bisa membuka kesempatan bagi kita mendulang pundi-pundi rupiah dari ngeblog. Mbak Ani juga menjelaskan bagaimana mengoptimalkan blog dan sosial media kita, kiat memperoleh job review dan tanggung jawab setelah menerima job review.

Wow, ternyata sosial media banyak manfaatnya juga. Aku selama ini nggak terlalu aktif di sosial media, bikin status saja setahun paling cuma 2 kali, itupun ucapan selamat tahun baru hehehe.

Mbak Ani Β sharing pengalamannya juga bahwa berkat ngeblog, bisa tampil di media, jalan-jalan gratis ke luar kota dan luar pulau serta mendapat materi yang jumlahnya nggak sedikit.

Mbak Ani menutup sesi terakhir ini dengan kata-kata yang bikin aku merenung panjang.

β€œCari sesuatu yang bisa bermanfaat untuk orang lain, bukan fokus mencari sesuatu yang bisa dijual. Karena rezeki akan mengikuti di saat ada niat baik dan tulus. Seumpama gelas, kosongkanlah gelas kita agar mampu menampung air sebanyak-banyaknya masuk dalam gelas itu.”

Wow, mak jleb banget kata-kata mbak Ani.

 

Rendah hati.

Ya, itulah pesan yang kutangkap. Itulah yang seharusnya dilakukan. Blogger yang baik tidak akan pernah sombong, selalu mengosongkan gelasnya untuk belajar dan terus belajar, menimba ilmu dari berbagai sumber. Mencoba terus berbagi dengan ikhlas hal-hal yang positif dan memberikan manfaat bagi orang lain. Rezeki pada akhirnya akan mengikuti niat baik dan tulus kita.

Fun Blogging ini ditutup dengan foto bersama semua yang hadir di Fun Blogging 7. Akhirnya, selesai juga acara Fun Blogging 7 ini.

 

fun blogging7* Ikut mejeng sebagai salah satu peserta terjauh Fun Blogging 7 *

 

foto bersama fun blogging7Sumber : Foto koleksi milik mbak Ria Rochma

 

foto bersama fun blogging7* Sumber : Foto koleksi mbak Ria Rochma, Widyanti Yuliandari dan Silviana *

 

Terima kasih banyak mbak Haya, mbak Shinta dan mbak Ani yang mau membagikan ilmunya, yang sabar menjawab pertanyaan-pertanyaan kami dan selalu tersenyum ramah meskipun badan pasti sudah capek berat.

Acara Fun Blogging 7 ini disponsori oleh Qwords.com, mobil123.com dan juga smartfren yang baru-baru ini mengeluarkan jaringan terbaru dengan teknologi 4G LTE. Ngomong-ngomong tentang Smartfren aku sudah terbantu banyak selama ini dengan jaringan internetnya.Β  Internet yang lancar memang sudah menjadi kebutuhan bagi seorang blogger. Senjata andalanku saat ngeblog (apalagi jika bepergian ke luar kota) adalah modem dari Smartfren. Mulai dari si hitam mungil, si putih dan terakhir si M2Y. Saat datang ke acara Fun Blogging 7 inipun, M2Y sudah siap di dalam tasku. Happy blogging with Smartfren! #GoForIt!

 

Semangat ngeblog #GoForIt* Yuk, semangat ngeblog! #GoForIt *

 

Banyak hal yang sudah kudapat dari Fun Blogging 7 ini, antara lain :

1.Mendapat ilmu yang bermanfaat dari ketiga narasumber tentang : menulis konten yang baik, menguasai platform blog dan memaksimalkan benefit sosial media.

2. Bisa bertemu langsung dengan teman-teman blogger yang biasanya hanya saling sapa di blog atau sosial media.

3. Bisa mengenal teman-teman baru.

4. Terakhir, yang paling membuatku senang sekaligus terharu, akhirnya aku bisa bertemu langsung dan foto bersama ketiga founder Fun Blogging 7.

 


Just for Fun Blogging 7 , link youtube di sini

Mencoba membuat video di hp, setelah membuat video di lapie, lapie nya mati 4 kali *emang gaptek deh hiks, eh mungkin lapienya yang minta ganti πŸ˜€

 

Fun Blogging 7, satu harapan terwujud

Satu harapanku terwujud lewat acara Fun Blogging 7 ini. Harapanku yang sudah terwujud adalah bertemu dengan ketiga founder Fun Blogging. Yup, ketiga wanita hebat itu sudah membawa arti tersendiri di hatiku, ehem!

Mbak Shinta yang sudah memoles blogku hingga tampilannya cantik seperti sekarang ini. Beliau sabar banget menghadapai kecerewetanku hihi.

Mbak Haya, pernah memberi hadiah kejutan buatku. Tau-tau ada paket datang pagi-pagi, nama pengirimnya Haya Aliya Zaki. Apaan ya? Setelah kubuka isinya, jadi mewek deh. Terharu banget, apalagi saat baca tulisan yang tertera di situ. Mbak Haya, tulisanmu sudah menjadi salah satu penyemangatku.

 

paket* Tulisanku yang pertama di media dan mbak Haya mengirim koran ini ke rumah. Ah biarlah dibilang lebay, tapi tulisan tangan mbak Haya ini memang membuatku nangis bombay *

 

Mbak Ani Berta, teman ngeblog di Blogdetik sejak tahun 2008. Siapa sih yang nggak kenal dengan pemilik blog Fight Never Ending ini? Kami sering blogwalking dan komen. Ah jadi inget masa-masa itu, seru banget dengan pertanyaan dan award berantai hihi. Yang ngeblog di Blogdetik mungkin kenal dengan Kw, Nchie, Fanabis, Kuti, Tonosaur, Lies surya dll. Sudah lama aku ingin ketemu dengan mbak Ani Berta ini. Mbak Ani, kaos Blogdetik ungu hadiah GA sudah kupakai kemana-mana lho.

Itulah mengapa aku ingin sekali bertemu dengan mereka bertiga. Ingin sekali!

Yah, akhirnya satu harapanku dikabulkan Tuhan. Aku bisa bertemu denganΒ tigaΒ  wanitaΒ  hebat ini di acara Fun Blogging Β 7. Terima kasih Fun Blogging 7.

 

Foto bersama narasumber FunBlogging 7* Foto bersama seusai acara. Wajah-wajah lelah, tapi tetap semangat. Smile! Makasih banyak mbak Haya, mbak Shinta, mbak Ani buat ilmunya *

 

Sekarang, saat kupandang fotoku bersama mereka bertiga, rasanya masih tidak percaya, tapi ini nyata.

 

***

 

68 Comments

  1. Noe November 16, 2015
    • Lianny November 16, 2015
  2. Tatit Ujiani November 16, 2015
    • Lianny November 16, 2015
  3. Budi Mulyono November 16, 2015
    • Lianny November 16, 2015
  4. Mak edith November 16, 2015
    • Lianny November 16, 2015
  5. Silviana Noerita November 16, 2015
    • Lianny November 16, 2015
  6. Dwi Puspita Nurmalinda November 16, 2015
    • Lianny November 16, 2015
  7. kania November 16, 2015
    • Lianny November 16, 2015
  8. cputriarty November 16, 2015
    • Lianny November 16, 2015
  9. Rahmah November 16, 2015
    • Lianny November 16, 2015
  10. belalang cerewet November 16, 2015
    • Lianny November 16, 2015
  11. Melly Feyadin November 16, 2015
    • Lianny November 16, 2015
  12. eda November 16, 2015
    • Lianny November 16, 2015
  13. Titi Alfa Khairia November 16, 2015
    • Lianny November 16, 2015
  14. @danirachmat November 16, 2015
    • Lianny November 16, 2015
  15. Ani Berta November 16, 2015
    • Lianny November 17, 2015
  16. Jannu November 16, 2015
    • Lianny November 17, 2015
  17. echaimutenan November 16, 2015
    • Lianny November 17, 2015
  18. Kopiah Putih November 17, 2015
    • Lianny November 17, 2015
  19. Rika Verry Kurniawan November 17, 2015
    • Lianny November 17, 2015
  20. Ade anita November 17, 2015
    • Lianny November 17, 2015
  21. Astin Astanti November 17, 2015
    • Lianny November 17, 2015
  22. @kakdidik13 November 17, 2015
    • Lianny November 17, 2015
  23. Ratna Dewi November 17, 2015
    • Lianny November 17, 2015
  24. Sukadi November 17, 2015
    • Lianny November 18, 2015
  25. beautyasti1 November 18, 2015
    • Lianny November 18, 2015
  26. Pakde Cholik November 18, 2015
    • Lianny November 18, 2015
  27. Bibi Titi Teliti November 18, 2015
    • Lianny November 18, 2015
  28. Alaika November 18, 2015
    • Lianny November 19, 2015
  29. clara November 18, 2015
    • Lianny November 19, 2015
  30. opickaza November 19, 2015
    • Lianny November 19, 2015
  31. nailul huda November 19, 2015
    • Lianny November 20, 2015
  32. Papapz November 20, 2015
    • Lianny November 20, 2015
  33. Lidya November 22, 2015
    • Lianny November 23, 2015
  34. prih November 23, 2015
    • Lianny November 23, 2015

Leave a Reply