Category: Food

Resep Masakan

Tongkol Masak Kecap

  Ikan tongkol merupakan salah satu kesukaan anak-anakku. Biasanya cuma digoreng biasa saja dan disajikan dengan sayur gambas. Tapi lama-lama bosen juga ya kalau cuma digoreng terus. Mau dimasak bumbu merah, selain bumbu-bumbunya nggak lengkap, anakku juga nggak suka pedas. Searching dulu ah daripada bingung. Dan akhirnya nemu resep yang …
Resep Masakan

Bikin Burger Sendiri

  “Mama…” “Ya?” “Sekali-kali buat dong makanan seperti waktu kita nginep di hotel waktu liburan.” “Nasi goreng , ya?” “Bukaaannnn, sosis, roti atau omelet. Terus ada jus, ada buahnya juga.” “Hhhmmm buat burger aja, ya. Nanti Mama siapin bahannya, kalian susun sendiri.” “Asyik!” Eh padahal burger nggak ada ya di …
Resep Masakan

Pizza Roti Tawar Bikin Ketagihan

  Anak-anak kalau pagi sebelum berangkat sekolah selalu sarapan dulu, meskipun biasanya porsi nasi saat sarapan lebih sedikit dari porsi untuk makan siang. Yang penting, perut sudah terisi sehingga nggak akan pusing dan sakit perut di sekolah. Nah, biasanya saat hari Minggu atau liburan, mereka suka minta makan roti saja …
Resep Masakan

Kiwi Pancake

  “Bosen, Ma. Nggak pergi-pergi, nggak ngapa-ngapain, di rumah terus.” Itu celetukan anak-anak beberapa waktu lalu. Ya, liburan panjang telah tiba bagi anak sekolah. Libur satu bulan kalau tidak ngapa-ngapain memang bosen juga ya. Tapi meskipun cuma liburan di rumah, tetap bisa menyenangkan kok, cari saja kegiatan yang bikin enjoy …
Resep Masakan

Tempe Goreng Kotak

Menggoreng tempe itu bisa dilakukan cuma dengan beberapa menit. Tempe diiris, dibumbui bawang putih dan garam, digoreng, selesai. Mudah banget, dan kalau sedang malas, irisan tempe tinggal dicelupkan ke tepung bumbu lalu digoreng. Nah, ceritanya ini aku akan  menggoreng tempe, tapi kok bosan juga kalau cuma menggoreng tempe seperti biasanya. …
Resep Masakan

Perkedel Daging

Perkedel pasti sudah tidak asing dengan lidah kita ya. Biasanya makanan ini dipakai sebagai pendamping nasi kuning. Dan banyak juga yang menyajikan perkedel bersama dengan masakan sup. Saat awal-awal aku membuat perkedel, aku merebus kentangnya terlebih dahulu baru kemudian dihaluskan. Setelah itu diberi tepung terigu dan telur yang dicampur menjadi …
Resep Masakan

Semur Bakso Dan Tahu

Semur yang umum sih biasanya semur daging ya, bisa daging sapi atau daging ayam. Berhubung pada saat itu penjual sayur keliling langgananku tidak membawa daging, padahal anakku pengen banget makan semur, akhirnya aku memutuskan untuk memasak semur dari bahan yang ada di kulkas saat itu. Telur, tahu dan kentang itu …