Resep Masakan

Butter rolls empuk dan enak, ini resepnya!

 

Baru pertama kali nyobain bikin butter rolls dan langsung suka. Rotinya empuk dan rasanya enak!

Awalnya sih aku ngeliat postingan resep butter rolls ini di IG Kitchen Experimentalist @icenguik dan langsung penasaran untuk nyobain. Kebetulan semua bahan-bahan yang diperlukan ada di rumah, jadi deh langsung eksekusi 😊

 

Ini resep dan cara membuat butter rolls empuk dan enak

 

Resep Butter Rolls
Method: Straight dough/Direct kneading

Bahan
300 gram terigu protein tinggi (cakra kembar emas/komachi)
15 gram susu bubuk
40 gram gula pasir
204 gram total timbangan 1 kuning telur dan susu cair dingin
3 gram garam
4 gram ragi instan
50 gram unsalted butter

Extra:
Unsalted butter

 

Cara membuat
1. Campur terigu, susu bubuk, gula, garam dan susu dingin. Aduk hingga setengah kalis, masukkan ragi instan dan butter.

2. Ulen hingga kalis elastis (melewati windowpane test), angkat lalu diamkan adonan 45 menit – 1 jam, disesuaikan dengan suhu ruang.

3. Timbang adonan sesuai selera (aku perbiji 30 gram), bulatkan, diamkan 10 menit, gilas memanjang, rolling dengan lattice roller bagian tengah ke ujung, gulung, tata di loyang

4. Diamkan sampai mengembang dua kali lipat, kurang lebih 45 menit-1,5 jam

5. Panaskan oven 180-190°C atau sesuai oven masing-masing, oles dengan telur kocok lepas dan susu dengan perbandingan 1:1

6. Panggang selama 15 menit (sesuaikan oven masing-masing), setelah matang oles lagi dengan ekstra butter selagi panas.

 

 

 bahan butter rolls

 

Seperti biasa kalo bikin roti, aku cuma mengandalkan kekuatan tangan aja buat menguleninya. Dan makin sadar kalo menguleni pakai tangan itu beraat huhuhu, tangan ini kok makin lama makin nggak kuat ya buat menguleni adonan roti *jadi ingat umur 😀

 

cara membuat butter rolls

 

membentuk butter rolls

 

Aku pakai salted butter jadi takaran garam aku kurangi dikit. Ngebentuk adonannya juga nggak bisa rapi, jadinya roti satu dengan yang lain beda-beda bentuknya hahaha. Memang paling gampang tuh bikin roti bentuk bulet aja ya, simple.

 

butter rolls empuk dan enak

 

resep butter rolls empuk dan enak

 

Begitu matang dan keluar oven, langsung oles permukaan roti dengan butter. Wangi butternya bikin nggak sabar pengin makan aja. Hhhm rotinya empuk, nggak pakai isian apapun ini tetap enak. Cocok deh roti ini buat sarapan di pagi hari ditemani segelas teh hangat. Yummy!

 

 

60 Comments

  1. Sandra Nova April 11, 2019
    • Lianny April 12, 2019
  2. Rahmi Aziza April 11, 2019
    • Lianny April 12, 2019
  3. Rosanna Simanjuntak April 11, 2019
    • Lianny April 12, 2019
  4. Jalan-Jalan KeNai April 11, 2019
    • Lianny April 12, 2019
  5. Wiwied Widya April 11, 2019
    • Lianny April 12, 2019
  6. Astin Astanti April 12, 2019
    • Lianny April 12, 2019
  7. Uniek Kaswarganti April 12, 2019
    • Lianny April 12, 2019
  8. Nia Nastiti April 12, 2019
    • Lianny April 12, 2019
  9. Erin April 12, 2019
    • Lianny April 13, 2019
  10. Merida merry April 12, 2019
    • Lianny April 13, 2019
  11. Mirna Puji Rahayu April 12, 2019
    • Lianny April 13, 2019
  12. Lisdha April 13, 2019
    • Lianny April 13, 2019
  13. Echaimutenan April 13, 2019
    • Lianny April 13, 2019
  14. Eri Udiyawati April 13, 2019
    • Lianny April 13, 2019
  15. Rita Asmaraningsih April 13, 2019
    • Lianny April 13, 2019
  16. Hikmah Khaerunnisa April 13, 2019
    • Lianny April 13, 2019
  17. Dian Restu Agustina April 13, 2019
    • Lianny April 13, 2019
  18. Ugik Madyo April 13, 2019
    • Lianny April 16, 2019
  19. Suciarti Wahyuningtyas April 13, 2019
    • Lianny April 16, 2019
  20. Lina W. Sasmita April 13, 2019
    • Lianny April 16, 2019
  21. Liswanti April 13, 2019
    • Lianny April 16, 2019
  22. lendyagasshi April 13, 2019
    • Lianny April 16, 2019
  23. duniamasak April 15, 2019
    • Lianny April 16, 2019
  24. Hastira April 16, 2019
    • Lianny April 16, 2019
  25. abang ichal April 16, 2019
    • Lianny April 16, 2019
  26. Kalinna April 20, 2019
    • Lianny April 26, 2019
  27. TIAN LUSTIANA April 22, 2019
    • Lianny April 26, 2019
  28. Nur Rochma April 23, 2019
    • Lianny April 29, 2019
  29. Tuteh April 26, 2019
    • Lianny April 29, 2019
  30. Ima satrianto May 2, 2019
  31. Fanny Fristhika Nila May 2, 2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.