Resep Masakan

Burger Nasi Untuk Bekal Sekolah Anak

 

Pernah makan burger nasi?

Pernah liat sih di televisi ada yang berjualan burger nasi. Sebetulnya burger nasi ini ya biasa saja, nasi dengan lauknya, cuma nasinya dipadatkan dibentuk seperti roti burger, lauknya diletakkan di tengah-tengahnya.

Hari Jumat sore minggu lalu aku nyobain bikin burger nasi dengan resep yang kudapat saat searching. Bahannya cuma sedikit dan kebetulan hampir semuanya tersedia di dapur, kecuali daun selada, bawang bombay dan mayonnaise.

Ya sudah, akhirnya bikin nggak pakai ketiga bahan itu.

 

bahan burger nasi*Itu ayamnya habis dikukus, terus kuhancurkan, jadinya bingung saat mau membentuknya jadi bulatan*

 

Di resepnya, daging ayam dikukus mestinya 5 menit, nah aku kelamaan ngukusnya. Sehabis dikukus ayamnya kuhancurin lagi, saat akan kubentuk bulat pipih kok malah nggak bisa. Bingung kan, gimana cara nyelupin ke kocokan telur kalau dagingnya nggak bisa dibentuk? Akhirnya kucampur dengan sedikit tepung terigu agar bisa dibentuk dan langsung dicelup ke kocokan telur dan tepung roti. Hasilnya, bentuknya nggak karuan hahaha.

 

daging burger*Tuh bentuknya jadi nggak karuan, mirip dadar jagung ya*

 

Setelah selesai menggoreng, anak-anak nyobain makan burger nasinya. Kebetulan di kulkas ada sisa saus BBQ, jadi kupakai saja dicampur dengan saus tomat. Waktu kutanya rasanya gimana? Kata si bungsu, agak-agak aneh rasanya hehehe, mungkin karena keju dimakan dengan nasi, ya? Aku icip sedikit, memang agak aneh tapi lumayan enak juga kok rasanya, apalagi saat kukasih saus sambal, ehhm sepertinya kalo ditambah mayonnaise dan sayur rasanya lebih pas. Anakku yang cowok suka dengan daging burgernya.

Besok paginya aku nyoba buat burger nasi lagi tapi pake nasi goreng. Untuk dagingnya, kali ini kubentuk bulat pipih dulu sebelum dikukus, kukusnya sengaja kubuat 10 menit. Nah jadinya setelah selesai mengukus, dagingnya otomatis sudah terbentuk bulat pipih, tinggal celup ke kocokan telur, gulingkan di tepung roti dan goreng. Bentuknya cantik sekarang.

 

adonan daging burger sebelum dikukus*Adonan daging sebaiknya dibentuk dulu sebelum dikukus*

 

adonan daging burger yang sudah matang*Adonan daging burger yang sudah matang*

 

adonan daging burger dibalur tepung roti*Daging burger tinggal dicelup ke kocokan telur dan balur dengan tepung roti sebelum digoreng*

 

Sebetulnya mau kujadikan bekal anak-anak saja, biar dimakan di sekolah. Tapi karena nggak punya kertas pembungkus nasinya dan anak-anak pingin dibuat sarapan saja, jadilah burger nasi ini dibuat sarapan pagi itu. Kali ini anak-anak makan burger nasi nggak diberi saus tomat karena nasi goreng kan sudah ada rasanya, kata mereka.

 

burger nasi lezat dan mengenyangkan*Kali ini nasinya pakai nasi goreng, itu tinggal ditutup lagi atasnya dengan nasi*

 

Burger nasi cukup mengenyangkan dan cepat membuatnya, bisa dijadikan bekal untuk anak sekolah. Tapi agar bentuk nasinya bisa tetap bulat, mesti dibungkus dengan kertas seperti saat kita beli burger itu.

 

burger nasi untuk bekal sekolah anak*Burger nasi ini mengenyangkan, kalo nasinya lemesan dikit lebih gampang membentuknya*

 

Teman-teman yang mau nyobain bikin, ini resep yang kudapat dari web breaktime dengan sedikit modifikasi.

 

Resep Burger Nasi

Bahan kulit: 250 gram nasi putih

 

Bahan isi:

  • 100 gram daging ayam cincang
  • ΒΌ sendok teh merica bubuk
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • Β½ sendok teh garam
  • 150 gr tepung roti berwarna kuning –> aku pake tepung roti biasa
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • Minyak untuk menggoreng

 

Bahan pelengkap

  • 1 buah bawang bombay, cincang halus atau memanjang —> aku skip
  • 5 lembar daun selada Β Β  –> aku skip
  • 1 buah tomat
  • 5 lembar keju
  • 20 gram mayones —> aku skip
  • 20 gram saus tomat
  • 20 gram saus BBQ

 

Cara membuat:

  • Campur daging ayam cincang, garam, merica dan bawang putih, bentuk menjadi bulatan pipih.
  • Kukus selama 10 menit.
  • Daging burger yang sudah matang tadi, celupkan ke dalam kocokan telur dan gulingkan ke dalam tepung roti.
  • Goreng hingga berubah warna menjadi kuning keemasan.
  • Cetak nasi putih berbentuk bulat pipih.
  • Tata daging ayam goreng dan bahan pelengkap di atas nasi, tutup lagi dengan nasi di atasnya.
  • Sajikan selagi hangat.

 

Porsi : 3 buah daging burger berukuran sedang. Bisa dibuat lebih kecil menjadi 4 buah daging burger. Untuk nasinya, selain nasi putih bisa diganti dengan nasi goreng, atau nasi kuning. Unik, kan? πŸ˜€

 

Cobain yuk bikin burger nasi untuk bekal sekolah anak!

 

30 Comments

  1. Dwi Puspita Nurmalinda September 11, 2015
    • Lianny September 12, 2015
  2. momtraveler September 11, 2015
    • Lianny September 12, 2015
  3. echaimutenan September 11, 2015
    • Lianny September 12, 2015
  4. rahmiaziza September 12, 2015
    • Lianny September 12, 2015
  5. ipah kholipah September 12, 2015
    • Lianny September 12, 2015
  6. Uniek Kaswarganti September 12, 2015
    • Lianny September 12, 2015
  7. Ayu Widyani September 12, 2015
    • Lianny September 12, 2015
  8. Kania September 12, 2015
    • Lianny September 14, 2015
  9. Lidya September 13, 2015
    • Lianny September 14, 2015
  10. evisrirezeki September 13, 2015
    • Lianny September 14, 2015
  11. Lusi September 13, 2015
    • Lianny September 14, 2015
  12. windamaki September 14, 2015
    • Lianny September 14, 2015
  13. Emi AFrilia September 16, 2015
    • Lianny September 16, 2015
  14. pungky September 22, 2015
    • Lianny September 22, 2015
  15. Kuka September 28, 2015
    • Lianny September 30, 2015

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.