Resep Masakan Reviews & Sponsored

Brownies Kukus Cokelat Putih

 

resep brownies kukus cokelat putih enak

 

Senin kemarin Christina, anak sulungku, libur sekolah abis terima sisipan (hasil tugas, ulangan dan ujian tengah semester). Mumpung sedang libur, kuajak bikin kue aja. Mau bikin brownies kok ternyata cokelat bubuk dan cokelat blok nya habis, yang ada cokelat blok putih.

Apa bisa bikin brownies pake cokelat blok putih? Iseng aku googling resep brownies cokelat putih kukus, eh kok nemu banyak resep di situ. Setelah kubaca beberapa resep, aku ambil satu yang dari sajian sedap.

Christina langsung semangat diajakin bikin brownies kukus cokelat putih. Cokelat putih memang kesukaannya, rasa cokelat putih memang lebih manis dari yang cokelat. Kalo aku lebih suka yang cokelat aja.

Dia bagian mengocok bahan adonan pake mixer, sementara aku menyiapkan bahan lainnya, yaitu melelehkan margarine dan cokelat blok putihnya. Senengnya kalo bikin kue bareng seperti ini, jadi bisa bagi tugas dan nggak riewuh seorang diri hehehe.

Sedikit modifikasi dari resepnya :

Tertulis di resep telur sejumlah 6 biji, karena aku menggunakan telur ayam kampung yang ukurannya agak kecil, aku tambahin satu jadi 7 biji telur, bahan lainnya sama. Kalau ingin kue yang nggak terlalu manis, takaran gulanya bisa dikurangi sesuai selera.

Cokelat bloknya tidak kupotong-potong, tapi kuparut agar lebih mudah lelehnya. Untuk pengembang aku pakai SP. Margarin aku pake blueband. Karena nggak punya loyang persegi panjang, aku pake loyang bulat berukuran diameter 22 cm karena kulihat adonannya lumayan banyak. Lama mengukus kutambah, jadi sekitar 25 menit.

 

bahan brownies kukus cokelat putih*Bahan-bahan untuk membuat brownies kukus cokelat putih *

Yup, mulai yuk bikin kuenya. Kalo bikin kue selalu was-was takut kuenya bantat, nggak ngembang hehe.

 

kukus adonan brownies cokelat putih*Kukusan dipanaskan dulu ya, baru loyang berisi adonan dimasukkan *
brownies kukus cokelat putih* Brownies kukus cokelat putih sudah matang. Saringan dandang posisinya memang agak miring, jadilah kuenya agak tinggi sebelah *

 

Nah ini waktu penutup dandang dibuka, sepertinya adonan mengembang deh. Aku coba tusuk pake garpu, nggak ada yang lengket. Kuenya berhasil ngembang dengan baik. Kenapa kalau aku buat kue sendiri kok hasilnya kurang mengembang, kalo bikin barengan anak-anak hasilnya bisa bagus? Entahlah *tergantung yang megang mixer kali, ya πŸ˜€

Rasanya gimana sih brownies kukus cokelat putih ini?

Rasa cokelat putihnya nggak terlalu terasa. Menurutku kok rasanya malah mirip dengan bolu kukus, apa karena terlalu empuk dan lembut ya? Kalo brownies biasanya kan agak padat. Mungkin kalo kue ini hasilnya bantat malah jadi seperti brownies *lha ini kok malah ngarep hasil kuenya bantat hihihi.

Kebetulan di rumah masih ada selai stroberi, jadi setelah brownies jadi, atasnya diberi topping stroberi rasanya tambah mantap deh. Sayang nggak punya buah stroberi.

 

brownies cokelat putih kukus* Beri topping selai stroberi, coba kalo ada buah stroberi, pasti lebih mantap deh rasanya *

 

Buat yang mau nyoba bikin brownies kukus cokelat putih, ini kutulis resep asli dari sajian sedap yang kupraktikkan.

 

Β Resep Brownies Kukus Cokelat Putih

Bahan:

6 butir telur
200 gr gula pasir
1/2 sdm emulsifier (sp/tbm)
140 gr tepung terigu protein sedang
1/2 sdt baking powder
70 gr margarin
60 gr cokelat masak putih, potong-potong

Bahan Hiasan:
25 gr selai stroberi

Cara membuat:

  1. Kocok telur, gula pasir, dan emulsifier sampai mengembang.
  2. Masukkan tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata.
  3. Panaskan margarin sampai leleh. Matikan api. Tambahkan potongan cokelat masak putih. Aduk hingga larut.
  4. Tuang campuran cokelat sedikit-sedikit ke dalam kocokan telur sambil diaduk perlahan.
  5. Tuang adonan ke dalam loyang 26x26x4 cm yang dialas kertas roti tanpa dioles margarin.
  6. Kukus di atas api sedang 15 menit hingga matang.
  7. Hias dengan selai stroberi.

 

Untuk 20 potong

Resep dari : www.sajiansedap.com/recipe/detail/16876/brownis-kukus-cokelat-putih

 

brownies kukus cokelat putih enak* Yuk, cicipi brownies kukus cokelat putihnyaaaa *

 

Yuk, sekali-kali bikin brownies pake cokelat putih. Selamat mencoba resep brownies kukus cokelat putih!

 

43 Comments

  1. cputriarty October 15, 2015
    • Lianny October 15, 2015
  2. Diah Kusumastuti October 15, 2015
    • Lianny October 16, 2015
  3. miami October 15, 2015
    • Lianny October 16, 2015
  4. Eka Fikry October 15, 2015
    • Lianny October 16, 2015
  5. Gustyanita Pratiwi October 15, 2015
    • Lianny October 16, 2015
  6. mi asta October 15, 2015
    • Lianny October 16, 2015
  7. Rahmah October 15, 2015
    • Lianny October 16, 2015
  8. Idah Ceris October 15, 2015
    • Lianny October 16, 2015
  9. tempat wisata Indonesia October 16, 2015
    • Lianny October 16, 2015
  10. parenting October 16, 2015
    • Lianny October 17, 2015
  11. Dwi Puspita Nurmalinda October 16, 2015
    • Lianny October 17, 2015
  12. Fikri October 16, 2015
    • Lianny October 17, 2015
  13. Leyla Hana October 16, 2015
    • Lianny October 17, 2015
  14. echaimutenan October 16, 2015
    • Lianny October 17, 2015
  15. Lidya October 18, 2015
    • Lianny October 19, 2015
  16. Silviana Noerita October 18, 2015
    • Lianny October 19, 2015
  17. prih October 18, 2015
    • Lianny October 19, 2015
  18. Lusi October 18, 2015
    • Lianny October 19, 2015
  19. Abdul Kholiq Hasan October 18, 2015
    • Lianny October 19, 2015
  20. jiah October 20, 2015
    • Lianny October 20, 2015
  21. oka nurlaila October 22, 2015
    • Lianny October 22, 2015
  22. muwasaun November 9, 2016

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.