Resep Masakan

Bread Pudding With Vanilla Sauce

 

Bread Pudding With Vanila Sauce

 

Roti tawar termasuk roti yang biasanya selalu tersedia di rumah, cocok buat teman minum teh di sore hari atau buat sarapan di pagi hari. Kita bisa membuat berbagai macam olahan roti tawar yang lezat jika sudah bosan menyantap roti tawar yang dioles selai.

Bikin aja pizza roti tawar yang lezat, atau bikin puding roti tawar. Aku pernah membuat puding roti tawar yang dicampur dengan agar-agar, bisa dilihat di postingan: puding roti tawar lembut dan enak.

Sekarang pengin bikin puding roti tawar panggang dengan saus vanila, resep dari Tintinrayner. Dulu juga pernah membuat puding roti tawar panggang dengan resep berbeda, tanpa saus. Sama enaknya sih menurutku.

 

Bahan Bread Pudding

 

Resep Bread Pudding With Vanilla Sauce
Bahan bread pudding:
200 gr roti tawar
100 gr butter
4 butir telur
100 gr gula pasir
350 cc susu cair full cream
Kismis/chocochips sesuai selera
1 sdm vanilla pasta

Cara membuat:
1. Potong/sobek-sobek roti tawar, sebar di pinggan tahan panas/ramekin/ loyang/aluminium foil.
2. Sebarkan kismis/chocochips sesuai selera.
3. Hangatkan susu dan butter sampai lumer, sisihkan. Di wadah lain, kocok lepas telur dan gula pasir
4. Masukkan campuran susu + butter tadi ke dalam campuran telur sambil dikocok lepas pakai whisk aja sampai merata.
5.Tuang merata dalam pinggan berisi roti tawar. (Taburi bubuk cinnamon + gula palem kalau suka).
6. Panggang di oven dg suhu 160 derajat sekitar 45 menitan (Sesuaikan oven masing-masing)
7. Angkat, siram dengan saus vanila.

 

Cara membuat bread pudding

 

Bahan vanilla sauce:
200 cc susu cair
1 kuning telur
2 sdm gula pasir
1 sdm pasta vanila
1 sdt maizena
1 sdt rhum (boleh skip)

Bahan Vanilla Sauce

 

Cara membuat:

1. Hangatkan susu cair sampai keluar gelembung-gelembung kecil di tepi (sekitar 3 menitan) Matikan api, sisihkan.
2. Di wadah lain kocok lepas kuning telur, gula pasir, pasta vanila, maizena dan rhum (boleh skip).
3. Masukkan kocokan kuning telur ke susu hangat, aduk cepat sampai mengental dengan api kecil.

 

Cara membuat Vanilla Sauce

Bread Pudding

 

Untuk toppingnya aku pakai kismis dan sedikit keju. Tapi menurutku lebih enak nggak pakai keju karena dari margarinnya sudah ada rasa asinnya. Yup, di resep tertulis butter tapi berhubung stok butter habis, jadi aku pakai margarin hehe. Ntar mau nyoba buat lagi yang nggak pakai keju ah πŸ™‚ Oya supaya kismisnya nggak terlalu kering dan pahit, saatΒ  dipanggang bisa ditutup dengan aluminium foil.

 

Bread Pudding with Vanilla Sauce

 

Sengaja aku pakai loyang agak tinggi karena saat dipanggang nanti, puding roti tawarnya akan naik tinggi. Nanti begitu matang dan dikeluarkan dari oven, tingginya akan menurun. Memang begitu sih biasanya puding roti tawar ini.

 

Puding roti tawar dengan saus vanila

 

Bread Pudding with vanilla Sauce

 

Bread pudding with vanilla sauce ini bisa dimakan hangat atau dingin sesuai selera, sama lezatnya. Kalo aku pribadi sih pilih disajikan hangat kalau untuk sarapan, nah kalau dimakan siang atau sore hari aku pilih disajikan dingin. Yummy!

 

52 Comments

  1. Leyla November 28, 2016
    • Lianny November 29, 2016
  2. Winda Carmelita November 28, 2016
    • Ria November 29, 2016
  3. kania November 28, 2016
    • Lianny November 29, 2016
  4. Asma Karimah November 28, 2016
    • Lianny November 29, 2016
  5. kaos dakwah November 28, 2016
    • Lianny November 29, 2016
  6. Hastira November 29, 2016
    • Lianny November 29, 2016
  7. Rach Alida Bahaweres November 29, 2016
    • Lianny November 29, 2016
  8. PutriKPM November 29, 2016
    • Lianny November 29, 2016
  9. Okti Li November 29, 2016
    • Lianny November 29, 2016
  10. andyhardiyanti November 29, 2016
    • Lianny November 29, 2016
  11. Leli November 29, 2016
    • Lianny November 29, 2016
  12. Ratna Dewi November 29, 2016
    • Lianny November 29, 2016
  13. Nchie Hanie November 29, 2016
    • Lianny November 29, 2016
  14. Noe November 29, 2016
    • Lianny November 29, 2016
  15. Ria Rochma November 29, 2016
    • Lianny November 29, 2016
  16. Astin Astanti November 29, 2016
    • Lianny November 29, 2016
  17. yurmawita yurmawita yurmawita November 29, 2016
    • Lianny November 29, 2016
  18. Jual daun bidara November 30, 2016
  19. eka fikry November 30, 2016
  20. Nurul Fitri Fatkhani November 30, 2016
  21. Satu jam December 5, 2016
  22. Gustyanita Pratiwi December 15, 2016
  23. Keke Naima December 15, 2016
  24. Lusi December 19, 2016
  25. fanny fristhika nila December 19, 2016
    • Lianny December 20, 2016
  26. Uniek Kaswarganti December 27, 2016
  27. nitalanaf January 7, 2017
    • Lianny January 8, 2017
  28. Amel Collection 77 September 30, 2017
  29. KAOS FULL PRINT October 31, 2017
  30. Anis Khoir November 11, 2017
    • Lianny November 13, 2017
  31. Astin December 1, 2017
    • Lianny December 7, 2017

Leave a Reply

My Instagram