Bread Pudding With Vanilla Sauce

 

Bread Pudding With Vanila Sauce

 

Roti tawar termasuk roti yang biasanya selalu tersedia di rumah, cocok buat teman minum teh di sore hari atau buat sarapan di pagi hari. Kita bisa membuat berbagai macam olahan roti tawar yang lezat jika sudah bosan menyantap roti tawar yang dioles selai.

Bikin aja pizza roti tawar yang lezat, atau bikin puding roti tawar. Aku pernah membuat puding roti tawar yang dicampur dengan agar-agar, bisa dilihat di postingan: puding roti tawar lembut dan enak.

Sekarang pengin bikin puding roti tawar panggang dengan saus vanila, resep dari Tintinrayner. Dulu juga pernah membuat puding roti tawar panggang dengan resep berbeda, tanpa saus. Sama enaknya sih menurutku.

 

Bahan Bread Pudding

 

Resep Bread Pudding With Vanilla Sauce
Bahan bread pudding:
200 gr roti tawar
100 gr butter
4 butir telur
100 gr gula pasir
350 cc susu cair full cream
Kismis/chocochips sesuai selera
1 sdm vanilla pasta

Cara membuat:
1. Potong/sobek-sobek roti tawar, sebar di pinggan tahan panas/ramekin/ loyang/aluminium foil.
2. Sebarkan kismis/chocochips sesuai selera.
3. Hangatkan susu dan butter sampai lumer, sisihkan. Di wadah lain, kocok lepas telur dan gula pasir
4. Masukkan campuran susu + butter tadi ke dalam campuran telur sambil dikocok lepas pakai whisk aja sampai merata.
5.Tuang merata dalam pinggan berisi roti tawar. (Taburi bubuk cinnamon + gula palem kalau suka).
6. Panggang di oven dg suhu 160 derajat sekitar 45 menitan (Sesuaikan oven masing-masing)
7. Angkat, siram dengan saus vanila.

 

Cara membuat bread pudding

 

Bahan vanilla sauce:
200 cc susu cair
1 kuning telur
2 sdm gula pasir
1 sdm pasta vanila
1 sdt maizena
1 sdt rhum (boleh skip)

Bahan Vanilla Sauce

 

Cara membuat:

1. Hangatkan susu cair sampai keluar gelembung-gelembung kecil di tepi (sekitar 3 menitan) Matikan api, sisihkan.
2. Di wadah lain kocok lepas kuning telur, gula pasir, pasta vanila, maizena dan rhum (boleh skip).
3. Masukkan kocokan kuning telur ke susu hangat, aduk cepat sampai mengental dengan api kecil.

 

Cara membuat Vanilla Sauce

Bread Pudding

 

Untuk toppingnya aku pakai kismis dan sedikit keju. Tapi menurutku lebih enak nggak pakai keju karena dari margarinnya sudah ada rasa asinnya. Yup, di resep tertulis butter tapi berhubung stok butter habis, jadi aku pakai margarin hehe. Ntar mau nyoba buat lagi yang nggak pakai keju ah πŸ™‚ Oya supaya kismisnya nggak terlalu kering dan pahit, saatΒ  dipanggang bisa ditutup dengan aluminium foil.

 

Bread Pudding with Vanilla Sauce

 

Sengaja aku pakai loyang agak tinggi karena saat dipanggang nanti, puding roti tawarnya akan naik tinggi. Nanti begitu matang dan dikeluarkan dari oven, tingginya akan menurun. Memang begitu sih biasanya puding roti tawar ini.

 

Puding roti tawar dengan saus vanila

 

Bread Pudding with vanilla Sauce

 

Bread pudding with vanilla sauce ini bisa dimakan hangat atau dingin sesuai selera, sama lezatnya. Kalo aku pribadi sih pilih disajikan hangat kalau untuk sarapan, nah kalau dimakan siang atau sore hari aku pilih disajikan dingin. Yummy!

 

Be Sociable, Share!

About Lianny

Happy mom with three nice children

This entry was posted in Resep Masakan and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

52 Responses to Bread Pudding With Vanilla Sauce

  1. Leyla says:

    Wah gampang nih Mak, tapi anak2ku masih pilih2 makanan. Makasih resepnya ya..

  2. Mbak Lianny, aku ngiler liat foto terakhir. Jadi pengen beli oven euy liat resep2nya Mbak Lianny πŸ˜€

  3. kania says:

    maaak, keliatan enak bangettt. mau coba di magic jar bisa kali ya, belum punya oven

  4. Asma Karimah says:

    ADUH MENGGIURKAN SEKALI, MAK! Ah, sayangnya di kos-kosan cuma ada ricecooker nih. Eksperimen pakai ricecooker kali, ya, tapi paling hasilnya nanti jadi agak sedikit basah hehehe.
    Thankyou resepnya, Mak. Bookmark dulu biar kalo udah ada oven siap dicoba2 heheh.

    • Lianny says:

      hihi sama dengan komen di atas, mau pake rice cooker bikinnya. Ntar kalo berhasil bilang-bilang ya mbak, aku mau coba bikin juga pake rice cooker πŸ™‚

  5. kaos dakwah says:

    kalo lihat hasilnya gini jadi pengen juga, tapi sayang gak bisa bikinnya, nanti malah gak enak kl bikin sendiri

  6. Hastira says:

    yummy nian, dan sehat ya

  7. AKu pernah buat mba LIannya dan enak ya walaupun pembuatannya mudah banget
    Makasih sudah reminder mba. Jadi pengen buat lagi πŸ™‚

  8. PutriKPM says:

    Salah lagi mampir kesini jam segini πŸ™ aku suka pudding roti. Selain emang gampang buatnya rasanya juga enak apalagi pake vanilla. Nyam!

  9. Okti Li says:

    Musim hujan gini cocok makan yang hangat dan manis
    btw, karena saya suka malas, kalau udah dipanggang rotinya, paling biar cepat dan mudah langsung pakai susu kental manis aja sebagai sausnya πŸ™‚
    kebetulan anak juga suka-suka aja, hihihi… #alasan

  10. Duh enaknyoooo.. buka resto deh mbak. Hihihi.. Apa namanya yaa The Blogger Resto. Hihihihi

  11. Leli says:

    Bookmark duluuuu πŸ˜€
    Jadi ngiler

  12. Ratna Dewi says:

    Selalu suka resep-resepnya Mbak Lianny, gampang diaplikasikan. Simpan dulu ah yang ini.

  13. Nchie Hanie says:

    Aku sering banget bikin puding kaya gini mbaaa, enak dan makanan paporit banget anakku, buatnya juga gampang banget.

    Hmm ngiler, ahh tiap mampir sini ga tepat, pas perutku jadwalnya ngemil aja.

  14. Noe says:

    Puding roti tawar kayak gini biasanya aku beoi.di Carrefour enak. Haha. Ternyata bikinnya gk terlalu sulit ya mba

  15. Ria Rochma says:

    Yummy.. enaknyaaaa..
    Benar-benar bisa jadi teman istirahat sore πŸ™‚

  16. enak Mbak, lalu cari pinjeman oven kalau kek gini.

  17. Hmm yummy…mauu aku mau bikin, Tempo hati pernah bikin ini tapi dikukus, tapi kok ada air airnya gitu ya..apa kurang telor ya?

  18. Cook banget nih buat sarapan anak, hehe. Tinggal emak emaknya aja mau atau nggak buatnya hehe?

  19. eka fikry says:

    menggodaaaa, apalagi ada kismisnya, aku doyan tuh mbak, heheheh

  20. Setiap mampir ke sini, selalu disajikan resep yang bahannya mudah di dapat dan cara buatnya juga mudah. Tinggal niatnya untuk dipraktekin ya…he he he
    Makasih resepnya Mbak Lianny…

  21. Satu jam says:

    mau mau mau…… ada yang mau bikinin untuk aku gak ya.. πŸ™‚

  22. Aku roti tawar suka banget ga kemakan, akibat lupa, e tau tau besoknya jamuran, trims for de resep mb li, bisa nih kueksekusi biar roti tawarnya nda kebuang sia sia

  23. Keke Naima says:

    Pakai loyang yang lebih tinggi, ya. Oke, saya catat. Terima kasih, Mbak πŸ™‚

  24. Lusi says:

    Wah ini bread puddingnya enak tenan pakai sauce

  25. makanan favoritku ^o^… yg namanya roti mah diapain aja pasti enak.. tapi dijadiin puding memang yg terenak :D… apalagi ada kismis2nya…. mba, ini kalo dikukus bisa ga ya? ga ada oven soalnya di rumah

  26. Waaahh cocok nih, kayaknya gampang buat belajaran bikin bread pudding. Ntar an ah coba buat Vivi n Faris πŸ™‚

  27. nitalanaf says:

    Wow nggak pakai agar-agar ya dan dipanggang. Hasilnya jadi kayak pizza tinggi ya πŸ˜€

  28. Terima kasih telah share resep masakannya semoga bisa saya aplikasikan di keluarga saya, sangat informatif artikelnta

  29. Wah cocok sekali untuk dijadikan sarapan pagi yang menyehatkan

  30. Anis Khoir says:

    Waw, lihat aja ngiler mbak aku
    Pengen praktek pake kimi

  31. Astin says:

    aku pingin coba mbak, sepertinya gak ribet ya. Tinggal beli rotaw dulu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *