Reviews & Sponsored

Berbagai Kreasi Keren dari Batik

 

Siapa sih yang tidak mengenal batik?

Batik merupakan kerajinan yang mempunyai nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia, khususnya Jawa. Batik semakin dikenal sekarang, tidak hanya di Indonesia tetapi juga negara tetangga. Ya, batik merupakan warisan budaya Indonesia yang kini telah mendunia.

Saat anakku kelas 5 SD ada acara pengenalan batik budaya Indonesia di sekolah, jadi murid-murid kelas 5 waktu itu diajak untuk mengunjungi salah satu rumah batik yang ada di Jember dan belajar membatik di situ. Wah tentunya saat itu merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan buat mereka.

Banyak daerah di Indonesia terkenal dengan batiknya, misalnya saja batik Jogya, batik Pekalongan, batik Solo, batik Bali, batik Madura dll, yang tentu saja corak batik dari tiap daerah itu berbeda, ada ciri khas masing-masing.

Sekarang ini berbagai kreasi keren dari batik banyak bermunculan, sangat kreatif dan bagus-bagus sekali menurutku.

 

Berbagai kreasi keren dari batik antara lain :

 

1. Baju batik

Nah, yang paling umum memang biasanya baju batik. Baju batik juga tidak terbatas baju atasan saja, tapi juga bisa dikreasikan sebagai rok batik, celana batik, daster batik, blazer batik, jaket batik atau dress batik. Anak-anakku sekarang juga memakai seragam batik ke sekolah tiap hari Sabtu.

 

rok batik

 

2. Tas batik

Kreasi tas batik sekarang juga sangat digemari, mulai dari dompet batik, handbag batik sampai ransel batik.

 

dompet batik* Dompet batik ini kubeli di Bali dan kujadikan salah satu hadiah GA ku dulu*

 

tas batik

Tas Batik

* Tas batik warna ungu ini keren banget *siapa nih penggemar warna ungu? hihihi*

 

3. Assesories batik

Kreasi ikat pinggang, tusuk konde batik, scarf batik, bando batik atau pashmina batik membuat penampilan kita jadi lebih keren lho.

 

pashmina batik

 

4. Sepatu batik

Sekarang ini sepatu batik juga sangat digemari oleh banyak orang. Memakai sepatu batik itu kesannya jadi unik dan berbeda. Bayangin deh pake wedges batik seperti gambar di bawah ini, keren kan! Bisa banget tuh dipake pergi ke pesta 🙂

 

wedges batik

 

5. Kerajinan tangan dari batik

Berbagai kerajinan tangan dari batik lainnya banyak juga diproduksi misalnya saja gantungan kunci, tatakan (alas) gelas batik, tempat tissue batik atau kipas batik. Anak-anak waktu pelajaran KTK di sekolah beberapa kali juga menggunakan kreasi dari batik, contohnya pigura dari kertas bermotif batik, kendi yang dibalut kain batik dll.

 

berbagai kreasi keren dari batik*Contoh kreasi dari batik, pelajaran KTK anak2 di sekolah. Cari kendinya di pasar tuh susah banget hehe*

 

Wuah ternyata banyak sekali ya berbagai kreasi keren dari batik. Kita mestinya bangga negara kita terkenal dengan batiknya. Yuk, kita lestarikan batik Indonesia ini agar semakin dikenal seluruh negara di dunia.

Teman-teman suka kreasi batik juga? Suka apa nih, tas batik, baju batik atau sepatu batik? Share dong 🙂

 

selamat hari batik nasional* Gambar dari om Google *

 

Selamat hari batik Nasional!

– 2 Oktober 2015 –

 

*Sumber gb rok batik, pashmina batik, handbag batik, wedges batik : tokopedia.com.

 

 

23 Comments

  1. Widyanti Yuliandari October 2, 2015
    • Lianny October 3, 2015
  2. Dwi Puspita Nurmalinda October 2, 2015
    • Lianny October 3, 2015
  3. Istiana Sutanti October 2, 2015
    • Lianny October 3, 2015
  4. Lidya October 2, 2015
    • Lianny October 3, 2015
  5. cputriarty October 2, 2015
    • Lianny October 3, 2015
  6. Hastira October 3, 2015
    • Lianny October 3, 2015
  7. narta October 3, 2015
    • Lianny October 3, 2015
  8. Dedy Akas Website October 3, 2015
    • Lianny October 3, 2015
  9. Lusi October 5, 2015
    • Lianny October 6, 2015
  10. Ila Rizky October 7, 2015
    • Lianny October 7, 2015
  11. narta November 24, 2015
    • Lianny November 24, 2015
  12. Kreasi Decoupage January 14, 2016

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.