Aneka Tips

Bepergian Bersama Anak Naik Kereta Api? Jangan Lupa Bawa Barang-Barang Ini!

 

barang yang wajib dibawa saat bepergian naik kereta api bersama anak

 

Kemarin, saat melakukan perjalanan ke Surabaya menggunakan kereta api, aku lihat banyak juga suami isteri beserta anak mereka yang masih balita di kereta. Bahkan beberapa waktu lalu aku melihat pasangan muda yang membawa bayinya naik kereta api.

Yah, naik kereta bisa jadi pilihan saat melakukan perjalanan jauh, mungkin saat liburan atau mudik ke kampung halaman. Kondisi kereta sekarang sudah beda dengan dulu. Dulu masih banyak penjual makanan/barang yang masuk menawarkan dagangannya di kereta, seperti di dalam bus. Dulu, kereta ekonomi nggak ada nomor bangkunya, jadi bisa diisi penumpang sampai ada yang berdiri dan penumpang juga masih bebas merokok.

Sekarang kereta sudah ber AC dan bersih, nggak boleh ada penumpang yang merokok. Jadi merasa nyaman membawa anak naik kereta sekarang. Meskipun begitu, bepergian bersama balita naik kereta api tetap butuh persiapan ekstra. Namanya membawa anak kecil jelas lebih riweuh.

 

Barang-barang di bawah ini jangan sampai lupa dibawa, ya:

 

  1. Minuman, makanan / snack

Jika membawa anak lebih baik bawa makanan yang sudah disiapkan dari rumah. Makanan yang ditawarkan staff kereta api belum tentu disukai anak. Jadi lebih amannya bawa makanan atau cemilan dari rumah aja. Jika anak-anak lapar bisa segera membuka dan makan bekal kesukaan anak tadi. Perut lapar bisa menyebabkan anak menjadi rewel sepanjang perjalanan.

  1. Susu, botol dan perlengkapannya

Untuk bayi biasanya masih minum ASI ya, tapi untuk bayi yang minum sufor karena si ibu mungkin ASI nya nggak keluar, jangan sampe kelupaan bawa sufor, botol dan perlengkapannya.

Beberapa waktu lalu di kereta ada seorang ibu yang membawa bayi berusia 6 bulan. Kata si ibu, anaknya minum sufor karena ASI nggak lancar. Berhubung anaknya alergi susu sapi, si ibu memberi susu neocate untuk anaknya.

Nah cumaaaan si ibu bikin susu di botol kok ribet banget ya, sambil gendong bayinya, sibuk ambil susu dari kalengnya. Menurutku ini nggak praktis, tuh kaleng kalo sampai kesenggol bisa tumpah isinya hiks. Untuk perjalanan jauh sepeti ini lebih baik sufor sudah dimasukkan dalam wadah-wadah kecil dan ditakar sesuai kapasitas minum si anak biasanya. Jadi tinggal tuang aja nanti ke botol, tambah air, udah nggak usah buka kaleng, nggak usah nakar-nakar lagi. Nggak ribet!

  1. Diapers

Untuk perjalanan jauh naik transportasi umum seperti kereta api, anak-anak terutama bayi di bawah setahun, kan biasanya belum bisa omong kalo mau pipis atau pup, wajib banget pakai diapers. 

Kebayang kan gimana jadinya kalo si bayi nggak pakai diapers terus pipis atau pup saat digendong si ibu, ampuuuun deh si ibu gimana coba ganti bajunya. Iya kalo perginya bareng suami, si bayi bisa diambil alih suami sementara si ibu ganti baju. Kalo perginya sendirian bersama bayi aja? Bakal riweuh dong.

Beberapa waktu lalu ada sepasang suami istri bawa anaknya yang masih bayi di kereta, eh terjadi ‘insiden’ mendadak, bayi nya pup, untung si bayi pake diapers. Jadi tinggal buang diapers yang kotor, bersihkan pantat si bayi dan pakaikan lagi diapers yang baru. Si bayi waktu itu pakai Goon diapers.

  1. Minyak telon / minyak kayu putih biar perut si anak nggak kembung
  2. Obat-obatan semisal obat panas, obat pilek dsb
  3. Mainan kesukaan anak

Bawa mainan kesukaan anak, nggak usah semua dibawa, satu aja mainan yang kecil udah cukup, semisal boneka untuk anak perempuan atau mobil-mobilan untuk anak laki-laki. Membawa mainan kesukaan akan membuat si anak lebih bisa duduk tenang daripada si anak sliwar-sliwer kesana kemari.

Sebetulnya sah-sah aja sih mereka jalan-jalan di kereta jika merasa capek duduk terus menerus, tapi kalo frekuensinya terlalu sering bisa mengganggu penumpang lain juga. Apalagi jika naik kereta ekonomi dan duduk dekat jendela, kalo bolak-balik keluar kursi, penumpang di sekitarnya mungkin bisa terganggu.

 

Baca juga: Berani Travelling Sendiri?

 

Nah, itu tadi barang-barang yang wajib dibawa saat bepergian naik kereta api  bersama anak. Bawa barang sesedikit dan sepraktis mungkin tapi untuk barang-barang penting yang diperlukan sepanjang perjalanan ya tetap wajib dibawa.

Satu hal penting juga selain barang bawaan, untuk tempat duduk sebisa mungkin pesan tempat duduk lebih. Jadi misal 3 orang yaitu bapak, ibu dan anak ya pesan 3 tempat duduk. Jangan main untung-untungan, pesan cuma 2 tempat duduk.

Oh nanti kan tempat duduk sebelah kalo nggak ada penumpang, anak bisa didudukkan sendiri, hemat kan jadinya nggak usah bayar 1 kursi.

Walah, jangan deh ya, iya kalo kursi sebelah kosong, kalo ada penumpangnya gimana? Apa nggak capek memangku anak balita sepanjang perjalanan? Kalo sejam masih nggak apa-apa, lah kalo perjalanannya lebih dari 6 jam? *bayangin sendiri hihi. Meskipun anaknya masih bayi, ya tetap kalo bisa pesan 1 kursi lebih agar si ibu atau bapak bisa duduk lebih leluasa dan nyaman sambil menggendong si bayi.

Teman-teman sering kah bepergian bersama anak naik kereta api? Dari enam barang di atas, barang apalagi yang biasanya wajib dibawa? Sharing ya 😀

 

70 Comments

  1. Lidya March 26, 2018
    • Lianny March 26, 2018
  2. Ade anita March 26, 2018
    • Lianny March 26, 2018
  3. Dian Safitri March 26, 2018
    • Lianny March 26, 2018
  4. Indah Nuria March 26, 2018
    • Lianny March 26, 2018
  5. Astin Astanti March 26, 2018
    • Lianny March 26, 2018
  6. Lina W. Sasmita March 26, 2018
    • Lianny March 26, 2018
  7. evylia hardy March 26, 2018
    • Lianny March 26, 2018
  8. Nova Violita March 26, 2018
    • Lianny March 26, 2018
  9. Aswinda Utari March 26, 2018
    • Lianny March 26, 2018
  10. Dian Radiata March 26, 2018
    • Lianny March 27, 2018
  11. Tuty Queen March 26, 2018
    • Lianny March 27, 2018
  12. mpo ratne March 27, 2018
    • Lianny March 27, 2018
  13. April Hamsa March 27, 2018
    • Lianny March 27, 2018
  14. rizka edmanda March 27, 2018
    • Lianny March 27, 2018
  15. Lya Amalia March 27, 2018
    • Lianny March 27, 2018
  16. Edwina March 27, 2018
    • Lianny March 27, 2018
  17. Okti Li March 27, 2018
    • Lianny March 27, 2018
  18. Naqiyyah Syam March 27, 2018
    • Lianny March 27, 2018
  19. Anton Ciptady March 27, 2018
    • Lianny March 27, 2018
  20. Maschun.com March 27, 2018
    • Lianny April 17, 2018
  21. Ani Berta March 27, 2018
    • Lianny April 17, 2018
  22. lendyagasshi March 28, 2018
    • Lianny April 17, 2018
  23. Faridilla Ainun March 28, 2018
    • Lianny April 17, 2018
  24. Faradila Putri March 28, 2018
    • Lianny April 17, 2018
  25. Mayuf March 29, 2018
    • Lianny April 17, 2018
  26. Nova DW March 30, 2018
    • Lianny April 17, 2018
  27. Andrie Kristianto March 31, 2018
    • Lianny April 17, 2018
  28. Lusi April 2, 2018
    • Lianny April 16, 2018
  29. Fanny Fristhika Nila April 3, 2018
    • Lianny April 17, 2018
  30. Ria Kurniasih April 3, 2018
    • Lianny April 17, 2018
  31. Ria Rochma April 5, 2018
    • Lianny April 17, 2018
  32. Blogsabda April 7, 2018
    • Lianny April 17, 2018
  33. Ransel Peri April 9, 2018
    • Lianny April 17, 2018
  34. idris April 21, 2018
    • Lianny April 22, 2018
  35. Muhammad Syafiq April 24, 2018
    • Lianny April 30, 2018

Leave a Reply