Bepergian Bersama Anak Naik Kereta Api? Jangan Lupa Bawa Barang-Barang Ini!

 

barang yang wajib dibawa saat bepergian naik kereta api bersama anak

 

Kemarin, saat melakukan perjalanan ke Surabaya menggunakan kereta api, aku lihat banyak juga suami isteri beserta anak mereka yang masih balita di kereta. Bahkan beberapa waktu lalu aku melihat pasangan muda yang membawa bayinya naik kereta api.

Yah, naik kereta bisa jadi pilihan saat melakukan perjalanan jauh, mungkin saat liburan atau mudik ke kampung halaman. Kondisi kereta sekarang sudah beda dengan dulu. Dulu masih banyak penjual makanan/barang yang masuk menawarkan dagangannya di kereta, seperti di dalam bus. Dulu, kereta ekonomi nggak ada nomor bangkunya, jadi bisa diisi penumpang sampai ada yang berdiri dan penumpang juga masih bebas merokok.

Sekarang kereta sudah ber AC dan bersih, nggak boleh ada penumpang yang merokok. Jadi merasa nyaman membawa anak naik kereta sekarang. Meskipun begitu, bepergian bersama balita naik kereta api tetap butuh persiapan ekstra. Namanya membawa anak kecil jelas lebih riweuh.

 

Barang-barang di bawah ini jangan sampai lupa dibawa, ya:

 

  1. Minuman, makanan / snack

Jika membawa anak lebih baik bawa makanan yang sudah disiapkan dari rumah. Makanan yang ditawarkan staff kereta api belum tentu disukai anak. Jadi lebih amannya bawa makanan atau cemilan dari rumah aja. Jika anak-anak lapar bisa segera membuka dan makan bekal kesukaan anak tadi. Perut lapar bisa menyebabkan anak menjadi rewel sepanjang perjalanan.

  1. Susu, botol dan perlengkapannya

Untuk bayi biasanya masih minum ASI ya, tapi untuk bayi yang minum sufor karena si ibu mungkin ASI nya nggak keluar, jangan sampe kelupaan bawa sufor, botol dan perlengkapannya.

Beberapa waktu lalu di kereta ada seorang ibu yang membawa bayi berusia 6 bulan. Kata si ibu, anaknya minum sufor karena ASI nggak lancar. Berhubung anaknya alergi susu sapi, si ibu memberi susu neocate untuk anaknya.

Nah cumaaaan si ibu bikin susu di botol kok ribet banget ya, sambil gendong bayinya, sibuk ambil susu dari kalengnya. Menurutku ini nggak praktis, tuh kaleng kalo sampai kesenggol bisa tumpah isinya hiks. Untuk perjalanan jauh sepeti ini lebih baik sufor sudah dimasukkan dalam wadah-wadah kecil dan ditakar sesuai kapasitas minum si anak biasanya. Jadi tinggal tuang aja nanti ke botol, tambah air, udah nggak usah buka kaleng, nggak usah nakar-nakar lagi. Nggak ribet!

  1. Diapers

Untuk perjalanan jauh naik transportasi umum seperti kereta api, anak-anak terutama bayi di bawah setahun, kan biasanya belum bisa omong kalo mau pipis atau pup, wajib banget pakai diapers. 

Kebayang kan gimana jadinya kalo si bayi nggak pakai diapers terus pipis atau pup saat digendong si ibu, ampuuuun deh si ibu gimana coba ganti bajunya. Iya kalo perginya bareng suami, si bayi bisa diambil alih suami sementara si ibu ganti baju. Kalo perginya sendirian bersama bayi aja? Bakal riweuh dong.

Beberapa waktu lalu ada sepasang suami istri bawa anaknya yang masih bayi di kereta, eh terjadi ‘insiden’ mendadak, bayi nya pup, untung si bayi pake diapers. Jadi tinggal buang diapers yang kotor, bersihkan pantat si bayi dan pakaikan lagi diapers yang baru. Si bayi waktu itu pakai Goon diapers.

  1. Minyak telon / minyak kayu putih biar perut si anak nggak kembung
  2. Obat-obatan semisal obat panas, obat pilek dsb
  3. Mainan kesukaan anak

Bawa mainan kesukaan anak, nggak usah semua dibawa, satu aja mainan yang kecil udah cukup, semisal boneka untuk anak perempuan atau mobil-mobilan untuk anak laki-laki. Membawa mainan kesukaan akan membuat si anak lebih bisa duduk tenang daripada si anak sliwar-sliwer kesana kemari.

Sebetulnya sah-sah aja sih mereka jalan-jalan di kereta jika merasa capek duduk terus menerus, tapi kalo frekuensinya terlalu sering bisa mengganggu penumpang lain juga. Apalagi jika naik kereta ekonomi dan duduk dekat jendela, kalo bolak-balik keluar kursi, penumpang di sekitarnya mungkin bisa terganggu.

 

Baca juga: Berani Travelling Sendiri?

 

Nah, itu tadi barang-barang yang wajib dibawa saat bepergian naik kereta api  bersama anak. Bawa barang sesedikit dan sepraktis mungkin tapi untuk barang-barang penting yang diperlukan sepanjang perjalanan ya tetap wajib dibawa.

Satu hal penting juga selain barang bawaan, untuk tempat duduk sebisa mungkin pesan tempat duduk lebih. Jadi misal 3 orang yaitu bapak, ibu dan anak ya pesan 3 tempat duduk. Jangan main untung-untungan, pesan cuma 2 tempat duduk.

Oh nanti kan tempat duduk sebelah kalo nggak ada penumpang, anak bisa didudukkan sendiri, hemat kan jadinya nggak usah bayar 1 kursi.

Walah, jangan deh ya, iya kalo kursi sebelah kosong, kalo ada penumpangnya gimana? Apa nggak capek memangku anak balita sepanjang perjalanan? Kalo sejam masih nggak apa-apa, lah kalo perjalanannya lebih dari 6 jam? *bayangin sendiri hihi. Meskipun anaknya masih bayi, ya tetap kalo bisa pesan 1 kursi lebih agar si ibu atau bapak bisa duduk lebih leluasa dan nyaman sambil menggendong si bayi.

Teman-teman sering kah bepergian bersama anak naik kereta api? Dari enam barang di atas, barang apalagi yang biasanya wajib dibawa? Sharing ya 😀

 

Be Sociable, Share!

About Lianny

Happy mom with three nice children
This entry was posted in Aneka Tips and tagged , , . Bookmark the permalink.

68 Responses to Bepergian Bersama Anak Naik Kereta Api? Jangan Lupa Bawa Barang-Barang Ini!

  1. Lidya says:

    makanan wajib banget bawa, apalagi kalo anaknya doyan makan 😀

  2. Ade anita says:

    Aku idem.. Permen dan minuman kudu banget. Kalo makanan sih gak deh krn suka ada larangan makan di dalam kereta

    • Lianny says:

      Oya aku baru tau ada larangan makan di kereta.
      Kalo pengalamanku sih, sampai saat ini kereta yang aku naiki ngebolehin bawa dan makan di dalam kereta api.

  3. Dian Safitri says:

    Aku belum punya anak aja kalau cemilan wajin banget. Apalagi kalau jarak lumayan jauh, kan lumayan buat menghilangkan kebosanan.

  4. Indah Nuria says:

    Segala gadget dan teman-temannya sama buku mba.. biar ngg kerasa perjalanannya. Plus kamera or hape buat foto-foto hehe

    • Lianny says:

      Iya mba, ada 2 anak kecil kakak beradik yang dibawain hp. Di kereta mereka main game, bergiliran jadinya duduk anteng 😀

  5. Perjalanan pulang ke Kampung kemarin, aku dan keluarga juga naik kereta api Mbak. Pertama kali untuk Fira dan kebberapa kali untuk Faiz. Tentu aku konsen dengan barang-barang yang wajib dibawa selama perjalanan, khususnya untuk anak-anak ya. Ada makanan dan minuman, susu dan botol susunya, diapers, obat-obatan, baju ganti Fira, tas plastik untuk sampah meski di kereta juga disediakan, maianan untuk anak-anak sampai gadget juga aku bawain, trus selimut untuk masing-masing anak sampai aku bawaain. Kebiasaan kalau bawa mobil sendiri begitiu Mbak, yang enggak kebawa ya itu, bantal. Alhamdulillahnya, di kereta api disewain kan tuh bantal y

  6. Alhamdulillah anaknya udah 8 tahun jadi nggak repot bawa susu dan diapers kalau naik kereta api.

  7. evylia hardy says:

    Buku 😄 dari masa batita anak2 suka buku sih, jadi pergi ke mana-mana kudu nenteng buku, sampai sekarang

  8. Nova Violita says:

    Baju ganti cadangan jangan lupa ya….
    Soal anak suka belepotan jajanan.., jadi kalo kotor gampang ganti..

  9. Travelling? Bawa bocil? Wah, kebayang rempongnya mba lian. Hihi. Kebetulan sy masih tipe nitip anak kalo soal travelling. Soalnya rempong. Tp liat post ini jadi gatel pengen nantang diri sendiri buat bawa bocil. Pst dy senang y soalnya blm pernah naik kereta api. Thanks for sharing!

  10. Dian Radiata says:

    Nomer 1-6 sama banget nih waktu anak-anak masih batita. Sekarang udah umur 5 dan 10 tahun, jadi lebih ringan bawaan. Yang masih tetap selalu dibawa paling cemilan, buku bacaan, plus minyak kayu putih dan obat2an.

  11. Tuty Queen says:

    Aku juga gitu mbak, kalau mau bepergian mesti benar-benar prepare barang-barang yang paling dibutuhkan selama naik kereta api, apalagi kalau bawa anak ya mbaak…

  12. mpo ratne says:

    Betul bawaan tsb emang perlu di bawa. Yg namanya bawa anak. Perlengkapan lebih banyak dari bawaan orang tuanya

    • Lianny says:

      hahaha iya, perlengkapan anak2 memang lebih banyak biasanya dibanding ortunya. Kalo bisa memang dibuat sepraktis mungkin ya bawanya, yang utama barang2 penting jangan sampai terlupa.

  13. April Hamsa says:

    Saya sekarang kalau pergi2 meski anak2 masih kecil tetep pesen 4 kursi hehe. Makanan dsn mainan penting banget mbk, maklum anak2 bosenan 😀

  14. wah jadi kangen naik kereta api.. hihi

  15. Lya Amalia says:

    Noted nih mbak besok kalo ada baby. Thanks infonya

  16. Edwina says:

    Sekarang naik kereta semakin nyaman ya, mbak. Keretanya bersih, ber-AC, dan tersedia colokan listrik kalau naik yang ke Bandung. Ada kafetaria juga yang menjual makanan dan minuman.

  17. Okti Li says:

    Berhubung anak sudah bisa ke toilet sendiri jadi sudah tidak pernah ada lagi diaper dan kawan-kawannya, hehehe.
    Kalau pakai kereta yg selalu dibawa sekarang bantal leher

    • Lianny says:

      Seneng ya kalo anak-anak bisa ke toilet sendiri, mau pergi kemana-mana jadi lebih nyaman.
      Bawa bantal leher ya? Noted! 🙂

  18. Makasih sharingnya Mbk, anakku mau kereta api bareng gurunya.

  19. Jangan lupa, bawa suami buat gantiiin posisi istri ngemong disaat letih heheee…salam.

  20. Maschun.com says:

    boleh juga nich jadi bahan rekemndasi kalau naik bus untuk pulang kampung bersama keluarga nich.

  21. Ani Berta says:

    List wajib ini, saya forward ke adik yang punya balita 😀
    TFS Mba

  22. lendyagasshi says:

    Pergi sekeluarga menggunakan transportasi umum itu sangaaatt menyenangkan buat kami.
    Jadi banyak pelajaran yang bisa diambil saat perjalanan.
    Dan buat kami, yang ga boleh lupa memang makanan sama minuman.
    Haahha…doyan banget ngemil kalo perjalanan. Apalagi lamaa dan panjaang…

  23. Makanan dan mainan untuk anak wajib ya mba. Biar anak betah di perjalanan kereta yang biasanya lama

    • Lianny says:

      Yup, ntar kalo anak-anak mendadak laper dan minta makan, udah nggak bingung lagi karena sudah siap makanan/camilan kesukaan anak-anak.

  24. Noted mbak! Aku belum pernah travelling sama anak naik kereta api karena bingung bawa apa aja. Pas banget deh artikel ini 🙂

  25. Mayuf says:

    Cemilan pokoknya di utamakan lah ya mba, hehe

  26. Nova DW says:

    Mainan, susu, camilan, bantal leher nggak boleh lupa dibawa pas bepergian. Apalagi naik kereta api sampai berjam-jam. Kalo udah besar, boleh deh si kecil jalan2 di lorong, asal tetap diawasi. Biar tdk bosan hehe

  27. Naik kereta lama juga ya mba, saya pertama kali naik kereta itu waktu kecil diajak orang tua pulang kampung, kondisinya yah seperti yang dulu masih ada yang ngerokok, sekarang udah enak, orang jualan udah ga ada dan merokok pun sudah diminimalisirkan..

    • Lianny says:

      Ya, dulu masih ada yang ngerokok dan asapnya bikin kepala pusing hehehe. Syukurlah sekarang naik kereta nyaman banget.

  28. Lusi says:

    Terakhir kami naik kereta, bangku sebelah itu ada keluarga terdiri bapak, ibu & 2 anak. Mereka beli tiket 4, jadi bangku bisa dibikin berhadapan. Eh pas malam waktunya tidur, si ibu duduk di kursi mangku kepala si bungsu. Si bungsu tidur selonjor. Bangku satunya dipakai sisulung tidur selonjor. Bapaknya? Bapaknya duduk dibawah, di lantai kereta, kepalanya disenderin di bangku sisulung sambil jagain si sulung. Akutu mbrebes mili tapi tersenyum. Sayangnya mereka sama anak2 mereka, ya.

    • Lianny says:

      Nah terakhir aku naik kereta, aku juga lihat suami, isteri yang sedang hamil dan anaknya sekitar umur 3 th an. Bangku itu untuk bertiga, tapi si Bapak milih berdiri di samping bangku biar anaknya yang tidur bisa tidur selonjor. Bikin terharu ya mbak.

  29. Isssh kebayang kalo neocatenya tumpah huhuhu.. Mehong banget itu susu :D. Anakku dulu minum itu jg krn alergi. Akupun kalo pergi2, pasti sufor udh ditakar2, jd ga ush pusing bawa kalengnya segala. Berat juga kan..

    Tp anak2ku blm pernah diajak naik kereta pas bayi :p. Akunya yg ga mau mba. Tkut repot. Mending pesawat biar cepet sampe. Jd si bayi ga kelamaan di jln.

    • Lianny says:

      Takut rewel di jalan kalo kelamaan ya Fan? Aku juga nih, pas anak-anak udah gede baru berani naik kereta api, itu pun setelah kereta nya bersih dan nyaman.

  30. Lengkap banget persiapanya mbak, makasih mbak, jadi tau apa aja yang perlu dipersiapan saat berpergian naik kereta 🙂

  31. Ria Rochma says:

    Long weekend bulan ini kemarin, aku perdana ngajak dua anak jalan-jalan naik kereta ke Banyuwangi. Bener deh mbak, barangnya anak-anak saja, satu tas besar sendiri lho. Mulai dari makanan, minuman, snack, diaper, mainan, jaket, bahkan bantal yang biasa di pakai di mobil, dibawa juga. Dua bantal lagi, biar nggak rebutan. haha

    • Lianny says:

      Barang anak-anak harus komplit ya mba hehehe.
      Btw naik kereta apa nih ke Banyuwangi? Wuah nglewatin Jember dong 🙂

  32. Blogsabda says:

    perjalanan yang sangat panjang di kereta ya mbak, kalau saya yang wajib tentunya makanan, biar sambil ngemil dan ga ngebosanin,

    saya yang maish single, bawa buku juga mbak, menambah ilmu selagi dalam perjalanan

    • Lianny says:

      Buku juga bisa dibawa untuk mengatasi rasa bosan ya saat perjalanan lama.
      Tapi aku termasuk cepat pusing kalo baca buku saat kereta jalan 🙂

  33. Ransel Peri says:

    Kalo naek kereta api, emang wajib sih bawa camilan atau makanan sendiri biar hemat. hwakaka

  34. idris says:

    Klo makanan dan minuman emank harus bangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *