Resep Masakan

Aneka Resep Saus Rumahan Sederhana

 

Aneka Resep Saus Rumahan Sederhana. Minggu lalu aku bongkar-bongkar container lama, eh nemu banyak guntingan resep masakan dari majalah banyak banget, seperti nemu harta karun nih. Ada juga resep-resep masakan yang kutulis tangan dan tulisannya hampir hilang. Memang dari dulu sukanya ngumpulin resep aja tapi jarang dipraktekkan hehehe. Aku hobi ngumpulin resep itu sewaktu masih SMA, wow sudah lama banget, kalo kuhitung-hitung sudah sekitar 25 tahunan *duh ketahuan deh umurnya 😀

 

aneka resep saus rumahan sederhanaKertas sudah kekuningan dan tulisan sudah pudar.

 

Salah satu resep yang kutemukan adalah aneka resep saus rumahan sederhana, wah bisa banget nih dipraktekkan. Sekali-kali membuat saus sendiri, asyik juga lho. Dari banyak resep saus yang kutulis itu, baru dua saja yang pernah aku buat yaitu saus asam manis dan saus vla.

Saus asam manis biasanya kubuat saat memasak koloke, fuyunghai atau gurami asam manis. Kalau vla sudah jelas, sebagai pendamping puding. Dimakan dalam keadaan dingin tambah nikmat rasanya.

 

aneka resep saus rumahan sederhana

Puding dengan saus vla

 

Berikut aku tuliskan aneka resep saus rumahan sederhana ini ya, siapa tau ada yang pengin mencoba membuat. Sekalian buat arsip diriku sendiri karena tulisan di kertas itu sudah hampir hilang. Kalau ditulis di blog ini, sewaktu-waktu aku ingin baca lagi resepnya tinggal liat aja di postingan ini. Untuk sumber resepnya nggak tercantum di kertas itu, entah dulu aku lihat dari mana itu, lupa.

Enak nggak rasanya? Harus nyoba praktek dulu deh baru tau enak atau nggak enak. Ntar kalo sudah praktek, kukasih bocoran mana yang enak hihihi *digetok pembaca.

 

Aneka Resep Saus Rumahan Sederhana

 

Saus mayones

Bahan : 1 butir telur, 1 mangkuk mentega/margarine, 2 sdm sari jeruk nipis.

Cara membuat saus mayones:

Telur direbus, diambil kuningnya, dikocok bersama 1 sdm sari jeruk nipis dan ditambah sedikit demi sedikit mentega/margarine yang sudah dicairkan. Bila mentega sudah habis, tuangkan lagi sisa sari jeruk nipis (1 sdm) sampai asam rasanya. Jika saus mayones ini kurang kental, bisa ditambah kuning telur rebus yang sudah dihancurkan sampai kental.

 

Saus Tar-Tar

Bahan : 1 mangkok mayones, 1 buah ketimun, 2 sdm sari tomat, 1 butir telur ayam.

Bumbu : 3 siung bawang putih, 1 buah cabe merah.

Cara membuat saus tar-tar:

Ketimun diiris kecil-kecil lalu dirajang halus. Telur direbus dan dipotong kecil-kecil. Campurkan semua bahan dan diaduk perlahan. Biasanya saus tar-tar dimakan dengan kroket atau risoles.

 

Saus Mentega

Bahan : 4 sdm mentega, 2 sdm air kaldu, 1 sdm kecap manis.

Bumbu : garam, pala dan penyedap rasa.

Cara membuat saus mentega:

Mentega dicairkan lalu dimasukkan garam dan bahan lainnya. Biasanya dimakan bersama gorengan.

 

Saus Tomat

Bahan : 1 mangkok sari tomat,  4 sdm mentega/margarine, 4 sdm tepung terigu, ½ mangkuk air panas.

Bumbu : 4 buah bawang merah, garam dan penyedap secukupnya.

Cara membuat saus tomat:

Bawang merah diiris halus lalu ditumis dengan mentega/margarine sampai harum. Tambahkan tepung terigu yang telah diaduk dengan air panas. Aduk terus sampai mendidih. Kemudian masukkan sari tomat, garam dan penyedap. Sering-sering diaduk dan biarkan sampai kental.

 

Saus Sate

Bahan : 1 mangkok kacang tanah (tanpa kulit), kecap manis dan jeruk pecel secukupnya.

Bumbu : 5 buah bawang merah, 2 siung bawang putih, 5 buah cabe merah, gula dan garam secukupnya.

Cara membuat saus sate:

Kacang digoreng lalu dihaluskan. Cabe merah dan bawang putih dihaluskan lalu campur semua bahan.  Kemudian campurkan bawang merah yang telah digoreng.

 

Saus Vla

Bahan :

1 mangkok susu sapi (aku pakai susu cair Ultra 250 ml)

1 butir telur ayam,

2 1/2 mangkok gula (aku pakai gula 90 gram)

3 sdt tepung maizena.

Bumbu : Vanili dan garam sedikit.

Cara membuat saus vla:

Telur diambil kuningnya lalu dikocok, dimasak dengan susu dan dibubuhi gula. Kemudian tuang tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan air. Bubuhi garam secukupnya.

ps : Untuk rasa manis dan kekentalan vla sesuai selera aja, tinggal tambahin gula dan maizenanya.

 

Saus Jeruk

Bahan : 1 mangkuk gula pasir, 3 sdm maizena, ½ mangkuk sari jeruk peras, ½ mangkuk mentega, 3 mangkuk air.

Bumbu : garam.

Cara membuat saus jeruk:

Mentega dicairkan lalu masukkan air berikut sari jeruk peras serta gula pasir. Kalau sudah mendidih tuangkan maizena yang sudah dilarutkan dengan air, bubuhi garam secukupnya.

 

Saus Egg Gravy

Bahan : 1 butir telur, 2 sdm tepung terigu, 2 mangkuk susu panas, minyak goreng/mentega secukupnya

Bumbu : garam dan penyedap.

Cara membuat saus egg gravy:

Telur diaduk dengn mntega pada wajan panci dengan api sedang. Tuang tepung terigu yang sudah dilarutkan dengan susu. Bubuhi bumbu dan diaduk terus hingga matang kental.

 

Saus Kecap

Bahan : 2 sdm kecap manis dan asin, 1 sdm mentega.

Bumbu : 2 buah bawang merah, 3 buah tomat, garam, pala dan penyedap.

Cara membuat saus kecap:

Bawang merah dirajang halus lalu ditumis dengan mentega. Tomat diiris halus lalu dimasukkan kembali, biarkan sampai keluar airnya barulah masukkan kecap asin dan kecap manis. Kalau sudah kental masukkan garam, pala dan penyedap. Dapat juga ditambah air kira-kira 3 sdm.

 

Saus asam manis

Bahan : 2 sdm mentega/ margarine, 1 buah wortel, 1 sdm tepung kanji, 1 sdm sari tomat, 1 sdm kecap asin.

Bumbu : 2 siung bawang putih, 2 buah cabe merah, 1 potong jahe, 2 batang daun bawang merah, sari jeruk nipis, garam gula dan penyedap.

Cara membuat saus asam manis:

Wortel diiris-iris sebesar batang korek api. Cabe merah dihilangkan isinya. Tumis bawang putih dengan mentega dan masukkan irisan wortel, cabe dan jahe, biarkan sampai layu. Kemudian masukkan air 1 mangkuk, kecap dan sari tomat. Bubuhi pula dengan gula, garam dan pemyedap, tunggu sampai mendidih. Tuangkan tepung kanji yang sudah dilarutkan dengan sedikit air. Saus ini harus asam manis rasanya.

 

Saus Telur

Bahan : 4 butir telur ayam, 2 sdm mentega/margarine, sari jeruk nipis secukupnya.

Bumbu : garam secukupnya.

Cara membuat saus telur :

Telur direbus lalu diambil kuningnya dan dihancurkan. Bahan dicampur semuanya. Dapat juga ditambah dengan tumisan bawang bombay yang dirajang halus.

 

Banyak juga ya aneka resep saus rumahan sederhana ini. Kapan-kapan aku mau nyoba membuat aneka saus ini satu per satu.

Happy cooking! 😀

 

23 Comments

  1. Lidya February 29, 2016
    • Lianny February 29, 2016
  2. momtraveler February 29, 2016
    • Lianny February 29, 2016
  3. Aprillia Ekasari February 29, 2016
    • Lianny March 1, 2016
  4. Turiscantik February 29, 2016
    • Lianny March 1, 2016
  5. Noe March 2, 2016
  6. cumilebay March 3, 2016
    • Lianny March 3, 2016
  7. Ranny March 4, 2016
    • Lianny March 4, 2016
  8. Dwi Puspita March 5, 2016
    • Lianny March 5, 2016
  9. Indah Nuria Savitri March 7, 2016
    • Lianny March 8, 2016
  10. adams aljawiyu March 10, 2016
    • Lianny March 11, 2016
  11. Astin Astanti March 26, 2016
    • Lianny March 29, 2016
  12. ferry November 23, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.