Resep Masakan

Aneka Olahan Sosis

 

Suka sosis nggak?

Sosis (baik sosis sapi ataupun sosis ayam) yang ada di supermarket sekarang ini banyak jenisnya. Ada sosis serbaguna, sosis goreng, sosis untuk sop dan sosis siap makan.

Sosis yang siap makan, nggak perlu dimasak dulu.

Sosis yang siap makan ini bisa jadi alternatif saat kemping. Anak-anak waktu kelas 7 ada acara kemping pramuka, dibagi menjadi beberapa kelompok dan masing-masing kelompok membawa peralatan makan sendiri, mulai dari kompor, gas elpiji, peralatan makan dan bahan-bahan untuk memasak selama 3 hari. Dalam keadaan seperti itu, penting sekali membawa bahan yang praktis semisal kornet, sosis, abon, dendeng , roti dan mie instan. Ya sesekali makan makanan instan yang praktis, asal nggak sering aja kan.

Sosis yang perlu dimasak terlebih dulu.

Kalau sosis ini harus masuk freezer biar nggak rusak. Untuk sosis yang dipakai sebagai campuran sayur atau ditumis, aku biasanya pakai sosis yang ada tulisan sosis serbaguna. Kalau sosis mau digoreng, aku beli yang ada tulisannya sosis goreng. Untuk sop, pilih sosis yang biasanya digunakan untuk sop.

Aneka olahan sosis yang bisa dibuat :

  • Nasi goreng sosis
  • Pizza roti tawar, sosis bisa dipakai sebagai topping
  • Sup ayam, bisa ditambahkan sosis ke dalamnya.
  • Sosis digoreng biasa saja, dimakan dengan saos tomat.
  • Sosis sebagai campuran sayur.
  • Sosis dimasak asam manis.
  • Roti gulung sosis.
  • Sosis digoreng pakai telur.
  • dll.

 

??????????* Kiri, sosis cuma digoreng langsung dan dimakan dengan saos tomat. Kanan, pizza roti tawar dengan toping sosis *

 

aneka olahan sosis2* Aneka olahan masakan menggunakan sosis *

 

Nah, kalau sosis digoreng pakai telur itu (gb kanan bawah) praktis banget membuatnya, 2 menit juga sudah siap saji. Biasanya untuk sarapan anak-anak sebelum berangkat sekolah, aku memang menyiapkan masakan yang gampang dan waktu memasaknya singkat, seperti telur, nasi goreng atau sayur yang ditumis. Sosis goreng telur ini juga bisa jadi salah satu pilihanku.

Kalau sosis digoreng gitu saja dan dimakan dengan nasi, anak-anak kurang suka. Mereka bilang, kalau sosis cuma digoreng dicocol pakai saos tomat itu enaknya dimakan sama kentang, roti atau dibuat cemilan. Eehh kupikir-pikir bener juga ya, kurang enak kalau dimakan dengan nasi. Tapi kalau sosisnya digoreng pakai telur, anak-anak suka, dimakan dengan nasi enak, kata mereka.

Jadi sosis itu dipotong-potong menjadi beberapa bagian kemudian goreng sebentar dan angkat. Masukkan ke dalam kocokan telur yang diberi sedikit garam, lalu goreng kembali. Kalau mau langsung dimasukkan kocokan telur lantas digoreng juga bisa kok. Sosis goreng telur ini dimakan dengan nasi hangat, enak…. renyahnya telur terasa.

Masih banyak lagi sih, aneka olahan sosis lainnya.

Kalau kamu, suka diolah menjadi masakan apa sosisnya? Share resepnya dong πŸ™‚

 

39 Comments

  1. Reni Judhanto March 4, 2015
    • Lianny March 4, 2015
  2. Ope March 4, 2015
    • Lianny March 4, 2015
  3. Vhoy Syazwana March 4, 2015
    • Lianny March 4, 2015
  4. Hastira March 4, 2015
    • Lianny March 4, 2015
  5. Bibi Titi Teliti March 4, 2015
    • Lianny March 4, 2015
  6. Indah Nuria savitri March 4, 2015
    • Lianny March 4, 2015
  7. fanny fristhika nila March 4, 2015
    • Lianny March 5, 2015
  8. Lusi March 4, 2015
    • Lianny March 5, 2015
  9. fandhy March 4, 2015
    • Lianny March 5, 2015
  10. Ria Rochma March 5, 2015
    • Lianny March 5, 2015
  11. ipah kholipah March 5, 2015
    • Lianny March 5, 2015
  12. Pakde Cholik March 5, 2015
    • Lianny March 5, 2015
  13. Fita Chakra March 5, 2015
    • Lianny March 7, 2015
  14. jannu March 5, 2015
    • Lianny March 7, 2015
  15. ika koentjoro March 6, 2015
    • Lianny March 7, 2015
  16. Rinie March 6, 2015
    • Lianny March 7, 2015
  17. Lidya March 13, 2015
    • Lianny March 14, 2015
  18. Pingback: Sosis Asam Manis | Lianny Hendrawati March 17, 2015
  19. olivia kamal July 14, 2015
    • Lianny July 23, 2015
  20. Asep Setiawan February 2, 2016
    • Lianny February 2, 2016
  21. Nefertite Fatriyanti March 5, 2016

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.