Resep Masakan

Aneka Olahan Pisang – Cake Pisang Kukus

 

Buah pisang merupakan kegemaran keluarga kami. Saat aku hamil dulu, aku banyak makan pisang karena pisang mengandung asam folat yang baik untuk pertumbuhan janin. Anak-anakku ternyata juga suka makan pisang.

Pisang bisa diolah menjadi berbagai bentuk cemilan yang enak.

Aneka olahan pisang antara lain :

  • Dimakan langsung

Pisang yang biasanya dimakan langsung adalah pisang ambon, pisang susu atau pisang emas.

  • Dibuat kolak

Kalau buat kolak, anak-anak suka ambil pisangnya saja, sedangkan ketela, singkong atau labu yang ada di kolak nggak dimakan. Kalo pisangnya sudah habis, barulah ambil yang lainnya hihi.

  • Digoreng

Siapa yang nggak suka pisang goreng? Pasti banyak yang suka, ya. Yang umum dibuat pisang goreng biasa aja, terkadang diberi parutan keju diatasnya. Bisa juga dibuat pisang caramel yang rasanya manis.

 

pisang karamel

 

  • Dipanggang

Anak-anak suka juga dengan pisang panggang, tinggal dipanggang di pan anti lengket yang dioles sedikit margarine, diberi meses, parutan keju dan susu kental manis putih.

 

pisang panggang meses keju

 

  • Dibuat cake/roti

Pisang enak juga dibuat menjadi roti/cake pisang , bisa juga dibuat menjadi bolen pisang.

 

Banyak banget yang bisa dibuat dari pisang ini dan semuanya aku sukaaaaa!

Beberapa waktu lalu, aku beli pisang karena ingin mencoba membuat kue pisang (banana cake). Sengaja kupilih yang kulit pisangnya sudah muncul bintik-bintiknya karena pasti rasanya manis dan enak kalo dibikin kue. Eh pisangnya malah dimakan langsung sama anak-anak karena rasanya emang manis. Dulu juga gitu, nggak jadi bikin kue gara-gara habis dimakan anak-anak hihihi. Akhirnya kusembunyikan 1 buah pisang karena nggak mau gagal lagi bikin kuenya. Sudah pingin nyobain bikin kue dari resep di JTT punya mb Endang yang enak banget keliatannya *yang pingin tau resepnya, bisa liat langsung websitenya. Kuenya untuk dipanggang sih, tapi aku mau nyoba dikukus aja.

Di resepnya butuh 2 pisang berukuran sedang, nah karena aku cuma punya pisang sebiji aja, takaran resepnya kukurangi separohnya. Jadinya adonannya dikit bangeeett, apalagi nggak punya loyang ukuran paling kecil jadilah hasilnya gepeng hahaha. Setelah matang baru inget, kenapa nggak nyoba dipanggang di double pan yang kupunya, ya.

Ini resep kue pisang kukus yang kubuat dengan pisang sebiji doang hahaha *ini masak sungguhan apa main masak2an sih 😀

 

bahan cake pisang kukus

 

cake pisang kukus sdh jadi di loyang

 

Resep Cake Pisang Kukus

Bahan :

1 biji pisang ambon

1 telur

25 gr gula pasir

50 gr tepung terigu

30 gr mentega dilelehkan

Cara membuat :

1. Cairkan mentega dengan api kecil, angkat dan biarkan hingga dingin.

2. Dalam mangkok, lumatkan pisang dengan garpu.

3. Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang, kental dan berwarna putih.

4. Masukkan pisang yang sudah dilumatkan.

5. Masukkan tepung sedikit demi sedikit dengan cara diayak, aduk perlahan dengan spatula

6. Campur adonan tadi dengan mentega leleh.

7. Tuangkan ke dalam loyang dan kukus hingga matang.

cake pisang kukus sederhana

 

cake pisang kukus gampang dan enak

 

Cuma dapat 7 potong kecil kuenya, nggak apa-apa deh yang penting bisa ngicip kue pisang kukus itu rasanya seperti apa, enaakk kok, manis dan lembut. Cocok nih buat cemilan anak-anak.

 

14 Comments

  1. kania June 12, 2015
    • Lianny June 13, 2015
  2. Ila Rizky June 12, 2015
    • Lianny June 13, 2015
  3. Lusi June 12, 2015
    • Lianny June 13, 2015
  4. HM Zwan June 13, 2015
    • Lianny June 13, 2015
  5. Lia June 17, 2015
    • Lianny June 18, 2015
  6. echaimutenan June 25, 2015
    • Lianny June 25, 2015
  7. adams aljawiyu March 10, 2016
  8. alligator sky November 5, 2016

Leave a Reply