Resep Masakan

Aneka Olahan Kentang

 

Banyak yang bisa dibuat dari kentang. Aneka olahan kentang antara lain : donat kentang, kue lumpur, kroket, perkedel, muffin kentang, pastel tutup dll.

Kali ini aku nyobain buat 2 buah cemilan dari kentang memakai tepung kentang yang kapan hari beli di mbak Diah Didi dan intip-intip resep di blognya.

 

Kroket manis keju

Wah ini paling gampang buatnya, cuma perlu waktu sebentar saja. Cocok banget nih buat bekal sekolah anak-anak.

Bahannya gampang kok, 100 gram tepung kentang diseduh dengan air panas sampai berbentuk adonan kentang kukus yang halus keset, campur dengan 1 sachet susu kental manis putih, tambahkan sedikit garam dan 50 gram keju parut. Aduk semuanya, bentuk bulatan lonjong kecil, celupkan ke kocokan telur, gulingkan di tepung panir dan goreng. Jadi deh!

 

kroket manis keju

 

Aku cari di supermarket, tepung panir yang warna orange nggak nemu, jadi pake tepung roti biasa saja. Kalau warnanya orange pasti lebih cantik. Kroket ini dimakan dengan saos tomat oleh anak-anak. Dimakan pake saos tomat, kok aneh ya pikirku. Tapi begitu kucoba, enak juga ternyata hihihi, pake saos sambal tambah mantap deh. Kroket ini langsung ludes deh dalam sekejap dan anak-anak minta buat lagi besoknya.

 

Donat Kentang

Pinginnya bisa bikin donat kentang yang menul-menul empuk itu lho, yang nggak usah diuleni dan dicetak pake sutil donat. Bikin donat praktis yang biasa (bukan donat kentang)  sudah pernah buat, kali ini pingin bikin yang donat kentang. Untuk ketiga kalinya aku bersama anak-anak bikin donat kentang, masih penasaran bikin donat pake sutil donatnya kok nggak bisa-bisa. Coba kalau ada donat maker, asyik banget, adonan tinggal dimasukkan ke dalamnya, jadi donat yang bentuknya cantik deh.

Percobaan pertama dan kedua gagal pake sutil donat, jadi akhirnya digoreng sesendok demi sesendok bentuk bola saja. Memang lebih cepat sih, tapi tetap saja penasaran pingin bisa pake sutil donatnya.

Percobaan yang ketiga ini, adonan kumasukkan ke dalam plastik yang ujungnya kugunting dikit. Kedua anakku yang bagian mengisi sutil donat dengan adonatnya, aku bagian goreng aja, lebih enak hihihi.

 

donat kentang menul-menul

donat kentang praktis dan empuk

 

Akhirnya percobaan yang ketiga kalinya ini berhasil juga pake sutil donatnya, tuntas deh rasa penasaran kami. Ternyata di percobaan terdahulu, ngisi adonannya kurang banyak dan menggunting ujung plastiknya kebesaran, kurang kecil. Sekarang sudah nggak penasaran lagi, sudah bisa pake sutil donatnya. Hasil donatnya, menul-menul banget. Anak-anak paling suka donat yang diberi toping lelehan cokelat blok, aku suka yang diberi gula halus dikit aja.

 

aneka olahan kentang

 

Resep donat kentang

(Resep Diah Didi Kitchen :  www.diahdidi.com)

 

Bahan 1, aduk rata dengan whisk :

50 gram tepung kentang, seduh dengan 200 ml air panas( boleh ditambah atau dikurangi) sampai jadi adonan kentang kukus yang lembut (timbang adonan, dipakai 100 gram saja).–> aku pake 35 gram saja tepung kentangnya.

2 butir telur

50 gram mentega –> aku pakai blueband yang sudah dicairkan.

50 gram gula pasir

 

Bahan 2, aduk rata :

200 gram susu cair

1/2 bungkus fermipan

 

Bahan 3, ayak :

300 gram tepung terigu protein sedang

1/2 sendok teh garam

 

Cara membuat :

1. Aduk rata bahan 1, masukkan bahan 2 , aduk rata.

2. Tambahkan bahan 3, aduk asal rata saja..jangan terlalu kuat.

3. Diamkan 30 menit di tutup plastik.

4. Cetak adonan pakai sutil donat (dicelup minyak panas dulu) atau langsung disendok bentuk bola.

5. Goreng di minyak yang sudah di panaskan dulu tapi dengan api kecil hingga matang sempurna.

 

 

Kapan-kapan mau nyobain aneka olahan kentang yang lainnya juga ah 😀

 

19 Comments

  1. Lidya August 12, 2015
    • Lianny August 12, 2015
  2. Gustyanita Pratiwi August 12, 2015
    • Lianny August 13, 2015
  3. Ika Amna August 12, 2015
    • Lianny August 13, 2015
  4. CyberWarna August 12, 2015
    • Lianny August 13, 2015
      • CyberWarna August 14, 2015
  5. Lusi August 12, 2015
    • Lianny August 13, 2015
  6. Noe August 13, 2015
    • Lianny August 13, 2015
  7. Uniek Kaswarganti August 13, 2015
    • Lianny August 14, 2015
  8. diah siregar August 14, 2015
    • Lianny August 15, 2015
  9. Sary Melati August 18, 2015
    • Lianny August 19, 2015

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.