Resep Masakan

Aneka Olahan Buah Mangga

 

Sekarang sudah mulai musim mangga nih.

Pohon mangga di halaman rumahku sudah mulai berbuah, tapi tahun ini nggak sebanyak pertama kali panen mangga. Yang ada di rumah, jenis mangga manalagi, yang biasanya ada bintik-bintik di daging buahnya. Kalau di rumah orangtuaku dulu, jenisnya mangga arumanis tapi kami menyebutnya mangga gadung, sudah ditebang sih pohonnya.

Kalau menurutku mangga manalagi mengkal enak banget dibuat manisan atau rujak. Kalau mangga arumanis aku lebih suka makan yang sudah matang, rasanya manis sekali enak dimakan langsung.

 

pohon mangga manalagi*Pohon mangga manalagi*

 

Khasiat buah mangga

Buah mangga ternyata berkhasiat juga bagi kesehatan, beberapa khasiat buah mangga antara lain :

  • Mangga tinggi konsentrasi carotenoids, suatu nutrisi antioksidan dan berbagai senyawa kimia asal tumbuhan (phytochemicals) yang berkhasiat antikanker.
  • Kandungan kalium dan magnesium bermanfaat bagi mereka yang sering kram otot, stress, menderita gangguan jantung, dan acidosis.
  • Buah mangga dan bijinya bermanfaat mengurangi resiko kanker kandung empedu, radang buah zakar (testis), mengatasi gangguan saluran cerna (diare, tidak nafsu makan), batuk, anemia, dan kudis.

 

Aneka olahan buah mangga :

  • Dimakan langsung

Buah mangga yang sudah matang, enak sekali dimakan langsung karena rasanya yang manis. Dulu waktu kecil, aku suka sekali makan buah mangga langsung, sehabis dicuci langsung dibelah dua tanpa dikupas kulitnya, diiris bentuk kotak-kotak dan dimekarkan. Aku menyebutnya mangga mekar.

 

mangga mekar

 

  • Dibuat minuman

Mangga enak juga dibuat minuman dengan cara di jus atau dibuat es serut, bisa juga dibuat puding mangga. Kalo dibuat jus mangga, paling enak kalau mangganya sudah matang, jadi rasa jusnya sudah manis, tanpa perlu tambahan gula lagi. Anakku yang cowok suka banget nih minum jus mangga.

 

  • Dibuat manisan / asinan / rujak

Mangga yang dibuat manisan/asinan/rujak biasanya menggunakan mangga yang masih mengkal. Nah, kalo mangga dibuat manisan/asinan/rujak aku suka banget, segeerrr apalagi sambalnya dibuat agak pedas huaahh enaknyaaa. Makan rujak nggak ada mangganya rasanya kurang lengkap menurutku.

 

manisan manggaNgeblog sambil nyemilin manisan mangga, asyik banget lho *jadinya malah manisan mangga sudah habis duluan, draft masih kosong hihihi.

 

  • Dibuat masakan

Mangga sering juga digunakan sebagai bahan dasar aneka masakan. Banyak sih aneka masakan dari mangga misalnya saja : botok peda dengan mangga muda atau pepes ikan kembung dengan mangga muda. Di Tailand terkenal sekali dengan Khao Niew Mamuang (Mango Sticky Rice) hidangan penutup dari ketan bersantan dan mangga.

 

khao niew mamuang (mango-sticky-rice)* Khao niew mamuang, Sumber gb: www.indochinavoyages.com *

 

  • Dibuat keripik

Tidak hanya buah pisang atau apel yang bisa dibuat keripik, buah mangga juga bisa dibuat keripik ternyata.

 

  • Dibuat sambal

Sambal pencit, siapa yang suka? Akuuuu *ngacung sendiri hehehe. Aku suka banget dengan sambal pencit, jadi pedas ada asem-asemnya, hhhmmmm…. Nikmat bener deh makan dengan nasi anget dan sayur lalap.

 

sambal pencit

 

  • Dibuat saus

Mangga bisa juga dibuat saus lho, aku pernah liat menu makanan ayam saus mangga, ikan gurami fillet saus mangga dll, tapi aku belum pernah nyobain sih sepertinya enak juga.

 

  • Dibuat cake (kue)

Kalo bosan makan buah mangga langsung, bisa dibuat kue saja. Aku sering nemu resep cake mangga atau pie mangga. Mumpung masih musim mangga nih, teman-teman bisa nyoba buat cake mangga, googling aja resepnya banyak kok 😀

 

Teman-teman suka buah mangga dibuat apa, dimakan langsung atau dibuat aneka masakan? Share dong di komen *pingin tau 😀

 

41 Comments

  1. Anik Wijayanti October 4, 2015
  2. prajuritkecil99 October 4, 2015
    • Lianny October 4, 2015
  3. Nunung Yuni A October 4, 2015
    • Lianny October 4, 2015
  4. Idah Ceris October 4, 2015
    • Lianny October 4, 2015
  5. Haya Aliya Zaki October 4, 2015
    • Lianny October 5, 2015
  6. turiscantik October 5, 2015
    • Lianny October 5, 2015
  7. Istiana Sutanti October 5, 2015
    • Lianny October 5, 2015
  8. sari widiarti October 5, 2015
    • Lianny October 6, 2015
  9. Ria Rochma October 5, 2015
    • Lianny October 6, 2015
  10. Wen October 5, 2015
    • Lianny October 6, 2015
  11. D Sukmana Adi October 5, 2015
    • Lianny October 6, 2015
  12. Melly Feyadin October 6, 2015
    • Lianny October 6, 2015
  13. Djangkaru Bumi October 6, 2015
    • Lianny October 6, 2015
  14. gustyanita pratiwi October 6, 2015
    • Lianny October 7, 2015
  15. Lusi October 7, 2015
    • Lianny October 7, 2015
  16. Ila Rizky October 7, 2015
    • Lianny October 7, 2015
  17. Lidya October 7, 2015
    • Lianny October 8, 2015
  18. ara October 14, 2015
    • Lianny October 14, 2015
  19. Juki October 14, 2015
    • Lianny October 14, 2015
  20. Pingback: Aneka Olahan Buah Mangga October 28, 2015
  21. narta November 24, 2015
    • Lianny November 24, 2015
  22. cumilebay November 24, 2016

Leave a Reply