Amankah Makan Kuning Telur Warna Oranye?

 

Amankah makan kuning telur warna oranye? Teman-teman mungkin mempunyai pertanyaan yang sama denganku.

Kemarin anakku masak mie instan kuah ditambahi dengan telur ayam kampung. Setelah selesai masak, telur yang ada di mangkuk mie itu ditunjukkan kepadaku.

β€œMa, ini telurnya kok oranye warnanya. Nggak apa-apa dimakan?”

Lha aku juga bingung sebenarnya, boleh nggak sih makan telur yang warna kuning telurnya oranye. Karena telurnya sudah bercampur dengan mie, aku bilang dimakan saja, nggak apa-apa. Dulu juga pernah dua kali, dapet telur ayam kampung yang kuning telurnya berwarna oranye dan waktu itu kumakan saja sih.

Nah, pagi tadi saat ingin membuat telur dadar untuk sarapan, ternyata kuning telurnya warna oranye lagi. Mulai mikir, kenapa ya kok warna kuning telurnya seperti ini? Amankah makan kuning telur warna oranye? Akhirnya kubuang saja telur itu dan berharap telur berikutnya warna kuningnya nggak oranye. Ternyata sama aja, dua telur yang kubuka berikutnya, kuning telurnya berwarna oranye. Akhirnya tetap kugoreng saja telur-telur itu. Setelah itu aku googling cari tau karena penasaran, kalau memang nggak aman ya terpaksa nanti dibuang lagi. Kalau aman-aman saja kan sayang buang telur dua πŸ˜€

Hasil googling dari berbagai sumber, aku baru tau kalo ada 3 warna kuning telur yang umum dijumpai, yaitu warna kuning, warna kuning agak oranye dan warna oranye tua. Dikatakan bahwa warna kuning telur itu didapat dari hasil makanan yang dimakan ayam petelur. Ayam betina yang makan sayuran, biasanya makan banyak jagung oranye, akan menghasilkan kuning telur yang warnanya lebih gelap/pekat. Sedangkan ayam yang biasanya makan dari pakan ternak, ataupun jagung warna putih akan menghasilkan kuning telur yang warnanya lebih muda.

Dipercaya bahwa makin pekat warna kuning telurnya, makin sehat telur tersebut karena banyak mengandung vitamin A (karotenoid) di dalamnya. Untuk penyajiannya, telur yang dimasak matang lebih sehat daripada yang masih setengah matang atau mentah. Telur mentah bisa saja terkontaminasi bakteri Salmonella, salah satunya lewat kontaminasi tinja yang mengandung bakteri pada kulit telur.

 

amankah makan kuning telur warna oranye?Sumber gb : http://www.healthyfoodhouse.com/guess-which-one-of-these-egg-yolks-is-actually-from-a-healthy-chicken/

 

Dulu waktu kecil aku suka sekali makan telur terutama kuning telurnya *menurutku, rasanya lebih gurih dibanding putih telur. Sehari kadang sampai 3 kali makan telur rebus. Kalo sekarang umur sudah tuwir, kesehatan mesti dijaga nih, ntar kolesterol kalo makan telur banyak-banyak hihihihi πŸ˜€

Teman-teman sudah tau tentang berbagai warna kuning telur ini? Duh kok aku baru tau sekarang. Tapi nggak apa-apalah yang penting sekarang sudah tau, jadi nggak was-was lagi saat menemukan telur dengan kuning telur warna oranye.

Tapi bagaimanapun tetap harus waspada agar tidak makan telur yang dipalsukan ya.

 

Be Sociable, Share!

About Lianny

Happy mom with three nice children

This entry was posted in Personal, Reviews & Sponsored and tagged , , . Bookmark the permalink.

37 Responses to Amankah Makan Kuning Telur Warna Oranye?

  1. isnuansa says:

    Ngeri ya Mbak, sampai ada telur yang dipalsukan. Saya termasuk penggemar telur, mulai dari disambelin, diceplok, didadar, dimasukin dalam sayur opor, sampai dimasak kecap. Hahahaha. Murah meriah juga soalnya lauk telur.

    Yang pasti sih harus dipastikan mateng 100% kalau saya. πŸ™‚

  2. Ety Abdoel says:

    Baru tahu informasi ini. Suka nemu warna kuning telur yg oranye tapi gak pernah mikir aman atau tidak. Makasih infonya mba Liany

  3. Irowati says:

    Biasanya kata temen sy klo yg warna orange kuning telurnya lbh bagus dipkai cake mak, katanya lebih gurih… sy sih blm pernah nyobaa… hihi

  4. Lidya says:

    akukadang gak ngeh mbak warnanya aku pikir sama semua πŸ™‚

  5. Aku juga pernah nemu yg orange mbak, dan sempet kaget juga. Tapi tetanggaku ngasih tahu gpp, tergantung yg dimakan si ayam πŸ™‚

  6. damarojat says:

    sayang ya mak dibuang. tp gpp, yg penting jadi tambah pengetahuan ya.

    eh kl saya kok mlh lbh suka telur ayam ras ya. soalmya dulu punya ayam kampung dan kl ibu masak telur ngambil dari petarangan. jadi gimanaaa gitu. krn ayamnya dikasih nama segala sih mak, jadi mau makan tuh mikirnya gini, “ini kan telurnya si blorok.” hahaha…

    • Lianny says:

      Suka nggak tega ya makan telur ayam peliharaan sendiri hehehe. Aku dulu juga gitu waktu ternak lobster, nggak tega makan lobster sendiri πŸ™‚

  7. echaimutenan says:

    aku pecinta telurrrr…
    tap ibaru merhatiin warna-warnanya
    aku pikir yang kuning tua gitu udah kematengan –”
    rasanya ya sama aja

  8. Lusi says:

    Waaah selama ini aku nggak perhatian, soalnya nyaris selalu masak kilat sih, jadi asal pecahin langsung diolah.

  9. Wahh…rugi nih kebuang 1 :D… tp aku jd nambah ilmu mba… baru tau kalo telur yg kuniingnya lbh oren dan pekat lebih bagus… berlaku utk telur asin juga nih? aku paling suka telur asin kalo kuningnya itu oren soalnya… gurih nya berasa πŸ˜‰

  10. Hooo.. jadi gituuuu. aku juga sukaa telor. kayanya ini mah emang makanan favorit semuanya yak, hehehe

  11. Baru tahu kalau Ada warna oranye, kuning telurnya. Macam” aja IH, harus waspada ^^

  12. Saya malah alergi telur, Mbak
    Disarankan Untuk tidak makan telur kecuali telur ayam kampung. Yang susah itu kalau makan kue Karena banyak mengandung telur. Sebelum tau alergi lebih suka makan putihnya hihihi

  13. ow, baru tahu nih, teryata semakin pekat semakin bagus gizinya ya, thx infonya : )

  14. Noe says:

    Aku penggemar telur sejak kecil, gk bkl mau mkn klo gk sm telur, duluu haha. Dan br skrg tau soal perbedaan warna kuning telur ini, thanks thanks mak Li

  15. Anak kos mah, warnanya ijo juga diembat. Haha

  16. Savira Irma... says:

    iya aq juga dpt say bli telor 1kg isi kuningnya oranye smua kyk telor yang mengandung fha gt….ternyata bagus ymmmakasih infonya sis

  17. Heru Arya says:

    Aduh mbak… Baca ini tuh, jadi ngeri mau makan telur. Tapi, aku bersyukur, sih, nemu artikel ini, setidaknya (walaupun telat) tetep bisa tau dan ngerti cara membedakannya. Makasih, mbak.

  18. Rizqon says:

    Mbak aku pingin nyari telur oren tua tapi kok ketemunya justru yg kuning terus yaπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Mungkin mbak punya tips cara membedakan dus(kemasan) telur oren atau kuning?

    Kalo pas waktu itu mbak gimana?

    Terimakasih sebelumnya…..

    • Lianny says:

      Kebetulan aja waktu itu telur kampung yang kubeli banyak yang warna orange kuning telurnya.
      Kata orang2 klo beli di supermarket, biasanya telur yg ada tulisan omega3 itu dalemnya warna orange, tapi aku belum pernah nyoba beli sih.

  19. Zaki says:

    Terimakasih infonya , pas liat telornya warna oren langsung googling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *