Personal Reviews & Sponsored

Amankah Makan Kuning Telur Warna Oranye?

 

Amankah makan kuning telur warna oranye? Teman-teman mungkin mempunyai pertanyaan yang sama denganku.

Kemarin anakku masak mie instan kuah ditambahi dengan telur ayam kampung. Setelah selesai masak, telur yang ada di mangkuk mie itu ditunjukkan kepadaku.

“Ma, ini telurnya kok oranye warnanya. Nggak apa-apa dimakan?”

Lha aku juga bingung sebenarnya, boleh nggak sih makan telur yang warna kuning telurnya oranye. Karena telurnya sudah bercampur dengan mie, aku bilang dimakan saja, nggak apa-apa. Dulu juga pernah dua kali, dapet telur ayam kampung yang kuning telurnya berwarna oranye dan waktu itu kumakan saja sih.

Nah, pagi tadi saat ingin membuat telur dadar untuk sarapan, ternyata kuning telurnya warna oranye lagi. Mulai mikir, kenapa ya kok warna kuning telurnya seperti ini? Amankah makan kuning telur warna oranye? Akhirnya kubuang saja telur itu dan berharap telur berikutnya warna kuningnya nggak oranye. Ternyata sama aja, dua telur yang kubuka berikutnya, kuning telurnya berwarna oranye. Akhirnya tetap kugoreng saja telur-telur itu. Setelah itu aku googling cari tau karena penasaran, kalau memang nggak aman ya terpaksa nanti dibuang lagi. Kalau aman-aman saja kan sayang buang telur dua 😀

Hasil googling dari berbagai sumber, aku baru tau kalo ada 3 warna kuning telur yang umum dijumpai, yaitu warna kuning, warna kuning agak oranye dan warna oranye tua. Dikatakan bahwa warna kuning telur itu didapat dari hasil makanan yang dimakan ayam petelur. Ayam betina yang makan sayuran, biasanya makan banyak jagung oranye, akan menghasilkan kuning telur yang warnanya lebih gelap/pekat. Sedangkan ayam yang biasanya makan dari pakan ternak, ataupun jagung warna putih akan menghasilkan kuning telur yang warnanya lebih muda.

Dipercaya bahwa makin pekat warna kuning telurnya, makin sehat telur tersebut karena banyak mengandung vitamin A (karotenoid) di dalamnya. Untuk penyajiannya, telur yang dimasak matang lebih sehat daripada yang masih setengah matang atau mentah. Telur mentah bisa saja terkontaminasi bakteri Salmonella, salah satunya lewat kontaminasi tinja yang mengandung bakteri pada kulit telur.

 

amankah makan kuning telur warna oranye?Sumber gb : http://www.healthyfoodhouse.com/guess-which-one-of-these-egg-yolks-is-actually-from-a-healthy-chicken/

 

Dulu waktu kecil aku suka sekali makan telur terutama kuning telurnya *menurutku, rasanya lebih gurih dibanding putih telur. Sehari kadang sampai 3 kali makan telur rebus. Kalo sekarang umur sudah tuwir, kesehatan mesti dijaga nih, ntar kolesterol kalo makan telur banyak-banyak hihihihi 😀

Teman-teman sudah tau tentang berbagai warna kuning telur ini? Duh kok aku baru tau sekarang. Tapi nggak apa-apalah yang penting sekarang sudah tau, jadi nggak was-was lagi saat menemukan telur dengan kuning telur warna oranye.

Tapi bagaimanapun tetap harus waspada agar tidak makan telur yang dipalsukan ya.

 

37 Comments

  1. isnuansa September 14, 2015
    • Lianny September 15, 2015
  2. Ety Abdoel September 14, 2015
    • Lianny September 15, 2015
  3. Irowati September 14, 2015
    • Lianny September 15, 2015
  4. Lidya September 14, 2015
    • Lianny September 15, 2015
  5. Hidayah Sulistyowati September 14, 2015
    • Lianny September 15, 2015
  6. damarojat September 14, 2015
    • Lianny September 15, 2015
  7. echaimutenan September 14, 2015
    • Lianny September 15, 2015
  8. Lusi September 14, 2015
    • Lianny September 15, 2015
  9. fanny fristhika nila September 14, 2015
    • Lianny September 15, 2015
  10. Istiana Sutanti September 15, 2015
    • Lianny September 15, 2015
  11. TITIS AYUNINGSIH September 15, 2015
    • Lianny September 15, 2015
  12. Efi Fitriyyah September 16, 2015
    • Lianny September 16, 2015
  13. resep permen jelly September 17, 2015
    • Lianny September 17, 2015
  14. Noe September 20, 2015
    • Lianny September 22, 2015
  15. N. Firmansyah September 27, 2015
    • Lianny September 28, 2015
  16. Savira Irma... February 7, 2016
    • Lianny February 7, 2016
  17. Heru Arya October 31, 2016
    • Lianny October 31, 2016
  18. Rizqon May 14, 2017
    • Lianny May 15, 2017
  19. Zaki July 4, 2017

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.