6 Oleh-Oleh Khas Solo Favoritku

 

Tiap kota pasti punya makanan khas daerahnya sendiri-sendiri. Kalau Jogya terkenal dengan gudegnya, kota Solo terkenal dengan nasi liwetnya.

Mama lahir di Solo dan setelah menikah tinggal di Jawa Timur. Sementara adik-adik Mama semuanya masih tinggal di Solo. Jadinya waktu masih kecil, aku sering diajak ke Solo kalau liburan sekolah. Biasanya naik bus, terkadang naik kereta api. Terakhir aku ke Solo waktu masih SMP, sudah lama banget, sudah 20 tahun lebih. Kangen juga untuk pergi ke Solo dan mengunjungi keluarga di sana.

Kangen makan serabi Solo dan nasi liwet yang gurih. Kangen pergi rame-rame ke Tawangmangu yang hawanya dingin banget *lha kok jadi curhatan nostalgia ini πŸ˜€

Kalau pulang dari Solo atau saat ada saudara dari Solo yang datang mengunjungi Mama dan Papa di Jawa Timur, mereka biasanya bawa oleh-oleh khas Solo yang terkenal itu. Bisa nebak nggak oleh-oleh khas Solo apa yang biasanya kami dapat?

 

Ini 6 oleh-oleh khas Solo favoritku :

 

  1. Usus ayam

 

Oleh-Oleh khas Solo : usus ayam Solo

Nah, usus ayam ini renyah dan gurih, biasanya kami makan dengan nasi hangat, enak rasanya. Kalo dibuat cemilan (dimakan langsung) suka seret di tenggorokan dan terlalu asin buatku rasanya.

 

2. Mandarin Orion Solo

 

Oleh-Oleh khas Solo : Mandarin Orion SoloSumber gb : tokopedia.com

 

Spiku Mandarin orion Solo ini betul-betul lembut, favoritnya anak-anak banget ini. Cocok sebagai teman minum teh atau dibawa ke sekolah oleh anak-anak, buat bekal dimakan saat istirahat sekolah.

 

3. Abon Mesran Solo

 

Oleh-Oleh khas Solo : Abon Mesran SoloSumber gb : tokopedia.com

 

Abon Mesran Solo terbuat dari olahan daging ayam atau daging sapi dengan rasa cenderung manis. Anak-anak suka abon ini, dibuat sarapan kalo nggak ada lauk karena mamanya bangun kesiangan hihihi. Enak dimakan dengan nasi hangat atau saat makan nasi goreng. Aku sendiri nggak terlalu suka dengan abon *dulu aja waktu kuliah ngekost terpaksa makan abon kalo dompet lagi kempes πŸ˜€

 

4. Rambak petis

 

Oleh-Oleh khas Solo : rambak petis Solo

 

Rambak adalah makanan khas Jawa yang dibuat dari kulit kerbau atau sapi yang digoreng kering. Rambak ini sangat renyah dan gurih, apalagi dimakan dengan petis yang agak pedas, tambah maknyuss deh rasanya.

 

5. Intip

 

Oleh-Oleh khas Solo : intip SoloSumber gb : www.surakarta.go.id/konten/solo-culinary-destination

 

Nah, ini kesukaanku, mirip rengginang sih tapi ukurannya bulat besar. Intip sendiriΒ adalah kerak nasi yang dijemur sampai kering, kemudian digoreng dalam minyak yang panas. Lalu diberi sedikit gula jawa cair di atas gorengan intip sehingga rasanya manis.

 

6. Bakpia Balong Sumber Rejeki

 

Oleh-Oleh khas Solo : Bakpia Balong Sumber Rejeki

 

Aku biasanya makan yang rasa kacang hijau dan cokelat, dua-duanya enak. Kulit bakpianya tidak keras, isi didalamnya baik cokelat dan kacang hijau lumayan banyak lho, mantap deh.

 

Itulah 6 oleh-oleh khas Solo favoritku. Sebenarnya ada satu lagi sih yaitu ayam goreng, cuma aku lupa namanya ayam goreng apa. Bisa dibawa pulang, isi dalam kotak kardusnya itu ada ayam satu ekor, ada sambelnya seperti sambal bajak. Enak banget, dulu aku makannya suka nambah kalo makan dengan lauk ayam goreng ini.

Apalagi ya oleh-oleh khas Solo lainnya? Yuk, share oleh-oleh khas Solo favorit teman-teman πŸ˜€

 

Be Sociable, Share!

About Lianny

Happy mom with three nice children
This entry was posted in Food and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

44 Responses to 6 Oleh-Oleh Khas Solo Favoritku

  1. Intip…intip ada yang manis dan gurih ^^

  2. nova says:

    Klo intip aku pernah nyobain..yg lain belum he2

  3. Ratna Dewi says:

    Aku jg suka intip asin, suka bikin sendiri, gampang kok. Kalo oleh2 Solo aku suka kripik usus sama serabi solo maak, kalo kulinernya suka soto di Solo, enyaaakkk…

  4. Shinta says:

    mau semuanya dong mbaa qiqiqi
    kirim kirim yahhh

  5. momtraveler says:

    Kalo selain makanan batik oke juga x ya πŸ™‚

  6. Masih ada lagi tuh mbak, krupuk karak. Aku seringnya beli di pabariknya, kebetulan temen suami yang punya. Tapi kalo weekdays mesti pesan dulu via telpon, kalo nggak bakal nggak kebagian, hihiii

  7. echaimutenan says:

    hikz postingnya oleh2 ae…kapan aku dikasih oleh2 jember hikz
    *ngarep

  8. Dedew says:

    pengen abon mesran hiks….kangen juga udah lama ngga ke solo, padahal deket banget, busnya lalu lalang depan rumah

  9. Lidya says:

    aku suka usus ayam, krupuk ceker juga suka. disan aharganya brapa mbakLi usus ayam?

  10. Noe says:

    Mbaaa… Oleh2 mulu nih, bikin pingin ngemil. Wkwkwk *balada busui bentar2 laper*

  11. nophi says:

    Enaknya mbaaaa, belum pernah nyoba semua, belum pernah ke solo πŸ™‚
    Usus ayamnya pasti kriuk yaaa

  12. saya sering ke Jogja, dan melewati Solo, pengen rasanya bisa berpetualang di kota nasi liwet ini, tetapi selalu saja miss, semoga nasi liwet ini tetap ada dan tambah enak, aamiin

  13. Nah dari semua itu aku paling suka roti mandarinnya dan paling ga suka intipnya hehehe…
    Jadi pengen ke solo lagi deh untuk makan nasi liwetnya

  14. Ila Rizky says:

    aku baru tahu, mba. pas ke solo lupa nyari oleh-oleh, hehe πŸ˜€ kalo intip biasanya dikasih tetangga. gede banget ya, bisa buat seminggu dicemilnya πŸ˜€

  15. Syahid Ulhaq says:

    Saya penikmat bakpia dan Bakpia Balong Sumber Rejeki merupakan salah satu bakpia terbaik rasanya. πŸ˜€

  16. Wah bisa jadi referensi buat yang wisata ke Solo, terima kasih infonya πŸ˜€

  17. Fazzams says:

    Bisa jadi refrensi untuk oleh-oleh buat camer :3

    Thanks Mbak, haha

  18. Yoekaa says:

    Intip aku kurang suka hahah… yang lainnya belum pernah cobaaa…

  19. nanang says:

    pengen bak pia bolang

  20. Wia says:

    Ada Serabi Notosuman. πŸ™‚

  21. bakpia balong nya tuh kayaknya enak bgt.. hmmm yummy..

  22. TekoNeko says:

    oleh-oleh yang sering dibawa pulang oleh kakak ku biasanya intip…btw, bakpia balong belum pernah nyoba….

  23. Luthfan says:

    Bisa coba nih kalo mampir ke solo. Makasih atas infonya

  24. Lagi googling list oleh-oleh Solo, eh hasil search kedua teratasnya postingan mba lianny nih hehe πŸ™‚
    Dari semua listnya, aku justru paling tertarik sm ayam goreng yg mba mention di bawaaah hihi klo inget kabar kabari ya mbaa nama ayamnya apaa πŸ˜€

    • Lianny says:

      Sudah tau namanya, kapan hari ke Solo sempat beli akhirnya. Tapi belum ku posting di blog. Namanya Ayam Widuran πŸ™‚

  25. Ahmad says:

    ehmmm … bakpia enaknya …. kapan-kpan ke solo beli makanan khas ini … πŸ™‚

  26. Pingback: Mendapat Oleh-Oleh Khas Bandung, Gepuk Ny. Ong - Lianny HendrawatiLianny Hendrawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *