Personal

6 Hal Ini Menjadi Pertimbangan Saat Membeli Makan di Luar

 

6 Hal Ini Menjadi Pertimbangan Saat Membeli Makan di Luar

 

Suka masak sendiri di rumah atau beli makanan di luar?

Masak sendiri pasti jauh lebih sehat dan hemat, tapi ada kalanya kan memilih beli makanan di luar, mungkin saat weekend atau sebulan sekali. Bisa beli dibawa pulang atau makan langsung di tempat makan tersebut.

Faktor-faktor apa sih yang membuat teman-teman memilih tempat makan tersebut? Apakah karena rasa masakannya yang enak atau karena keunikan tempatnya? Atau karena hal-hal lainnya?

 

Biasanya 6 hal ini menjadi pertimbangan saat membeli makan di luar:

 

  1. Rasa

Rasa makanan yang enak tentu akan membuat pengunjung datang dan datang lagi. Rasa makanan ini faktor paling menentukan menurutku. Ya, nggak mungkin kan kita datang ke tempat makan yang makanannya nggak enak dan nggak cocok dengan selera kita?

 

2. Kebersihan

Kebersihan penting banget nih. Nggak mau kan kita beli makanan di tempat yang jorok, ntar pulang-pulang malah sakit perut. Memang sih kita nggak bisa inti-intip dapurnya, cara masaknya bersih atau nggak, tapi sekilas lihat tempatnya aja, kita juga bisa menilai *semoga nggak salah menilai πŸ˜€

Pernah nih, aku beli makanan di pedagang kaki lima, makanannya enak rasanya, harga pasti terjangkau, tapiiiiii aku ngeliat pas cuci piringnya itu, cuma pake 2 ember kecil aja.Β  Piring setelah disabun dimasukkan ke ember 1, setelah itu dibilas di ember ke 2, langsung di lap gitu aja. Huuuahh… abis itu nggak pernah deh makan langsung di tempatnya itu, paling juga beli aja dibungkus bawa pulang kalo lagi pengin.

 

3. Harga

Biasanya yang dicari masakan enak dengan harga bersahabat. Apalagi buat para pelajar atau mahasiswa, biasanya yang dicari makanan yang porsinya lumayan banyak, harganya terjangkau dan tentu saja rasa masakan cocok dengan selera. Tapi jika memang rasanya enak, soal harga nggak terlalu jadi masalah kok biasanya.

 

4. Service

Nah service ternyata penting juga lho untuk menarik pengunjung. Kita bakalan happy dan merasa nyaman deh jika pergi ke suatu tempat makan, pegawainya murah senyum dan ramah. Kebalikannya tuh, jika pegawainya rada-rada judes pasti males kan pergi ke tempat itu lagi. Kecualiiii… ya kecuali Β memang rasa makanannya memang enak sih.

Pengalaman pribadi nih, aku pernah ke tempat makan yang ternyata penjualnya nggak ramah. Kesan pertamaku, rada judes gitu. Rasa makanannya lumayan enak. Ada 4 kali aku pergi ke sana, mencoba cuek Β dengan sikap penjualnya. Tapi abis itu nyerah deh, aku nggak pernah datang lagi, males aja ketemu sama penjualnya. Padahal bukan pelayanan bak putri raja yang kuinginkan, cukup diberi sedikit senyum aja sudah bikin hati jadi nyaman.

 

5. Mencoba Tempat makan baru

Kalo di kotaku nih, tempat makan baru biasanya rame pengunjung apalagi jika sudah ada promosi sebelum tempat makan itu buka. Biasalah, penasaran pengin mencoba menu-menu makanan di tempat baru tersebut. Jika enak, pasti bakalan datang lagi. Semakin rame pengunjungnya, semakin penasaran kita untuk mencoba. Kebalikannya nih, jika tempat makan itu sepi, kita jadi ragu-ragu deh mau masuk, jangan-jangan nggak enak masakannya. Ada yang berpikir seperti ini juga?

Aku sendiri kalo belum pernah masuk ke tempat makan baru itu, meskipun rame atau sepi, ya tetap masuk aja biar nggak penasaran lagi. Namanya juga pengin nyobain tempat baru, kalo cocok ya bakal balik lagi, kalo nggak cocok ya cukup sekali aja ke situ. Yang penting sudah nggak penasaran lagi hahaha.

 

6. Unik

Keunikan bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Unik menu masakannya, unik dekorasi tempatnya, unik penyajiannya, unik nama makanannya dan segala macam keunikan lainnya pasti membuat penasaran.

Nama menu makanan sekarang ini memang aneh-aneh ya, suka bikin ketawa geli baca namanya dan tentunya bikin penasaran untuk mencoba. Seperti postingan mb Ade Anita di blog cari angin, mb Ade mampir di rumah makan nasi goreng mafia. Menunya ada nasi goreng god father, nasi goreng gangster, nasi goreng yakuza, nasi goreng brandal dan nasi gila. Tuh aneh-aneh banget nama menunya!

Aku juga pernah tuh, pesan es gara-gara penasaran dengan namanya, es bagong dan es petruk, wuaaah langsung kebayang itu sosok gareng dan petruk yang dulu sering kulihat di televisi hahahaha.

Nggak cuma nama menu masakan aja lho yang unik, nama tempat makan juga unik-unik. Di kotaku ada tempat makan namanya β€œBlengerr”. Ada yang bisa nebak, kenapa dinamakan sepert itu? Yup, porsinya banyak. Kita kalo makan kebanyakan kan bisa β€œblenger” karena kekenyangan.

Baca: Makan Sampai Blenger di Rumah Makan Blengerr

Soal penyajian juga ada yang unik, misalnya di Kedai Qunyit, nasi goreng yang kita pesan dihidangkan bukan di piring, tapi semacam wajan berukuran sedang. Bayangkan kita makan dengan wadah wajan hahaha.

 

Yup, biasanya 6 hal ini menjadi pertimbangan saat membeli makan di luar. Aku pribadi biasanya cari yang masakannya enak, bersih, harga terjangkau dan pelayanannya baik.

Kalo teman-teman, gimana? Sharing yuk di komen *kepo πŸ˜€

 

61 Comments

  1. Ceritaeka September 2, 2016
    • Lianny September 4, 2016
  2. Ade anita September 2, 2016
    • Lianny September 4, 2016
  3. Noe September 2, 2016
    • Lianny September 4, 2016
  4. Indah Nuria Savitri September 2, 2016
    • Lianny September 4, 2016
  5. Dwi Puspita September 2, 2016
    • Lianny September 4, 2016
  6. Rach Alida Bahaweres September 3, 2016
    • Lianny September 4, 2016
  7. Khoirur Rohmah September 3, 2016
    • Lianny September 4, 2016
  8. Nurul Fitri Fatkhani September 3, 2016
    • Lianny September 4, 2016
  9. ebja interior September 3, 2016
    • Lianny September 4, 2016
  10. Hidayah Sulistyowati September 3, 2016
    • Lianny September 4, 2016
  11. Susindra September 3, 2016
    • Lianny September 4, 2016
  12. lingga permesti September 3, 2016
    • Lianny September 4, 2016
  13. April Hamsa September 3, 2016
    • Lianny September 4, 2016
  14. Dwi (nining) September 3, 2016
    • Lianny September 4, 2016
  15. Rusydina Tamimi September 4, 2016
    • Lianny September 4, 2016
  16. Nchie Hanie September 4, 2016
    • Lianny September 4, 2016
  17. Leyla September 4, 2016
    • Lianny September 4, 2016
  18. Maya Siswadi September 4, 2016
    • Lianny September 4, 2016
  19. Bibi Titi Teliti September 5, 2016
    • Lianny September 5, 2016
  20. nitalanaf September 5, 2016
    • Lianny September 5, 2016
  21. ria tumimomor September 5, 2016
    • Lianny September 5, 2016
  22. Gustyanita Pratiwi September 5, 2016
    • Lianny September 6, 2016
  23. Idah Ceris September 6, 2016
    • Lianny September 6, 2016
  24. Reni Judhanto September 7, 2016
    • Lianny September 7, 2016
  25. Milda Ini September 7, 2016
    • Lianny September 8, 2016
  26. Ratna Dewi September 9, 2016
    • Lianny September 10, 2016
  27. fanny fristhika nila September 9, 2016
    • Lianny September 10, 2016
  28. Nisa September 10, 2016
    • Lianny September 10, 2016
  29. frutablendhwiasli.net September 21, 2016
    • Lianny September 21, 2016
  30. agen pengiriman October 12, 2016
  31. Lidya October 20, 2016
    • Lianny October 20, 2016

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.