5 Tips Agar Nasi Tidak Cepat Kuning dan Bau

 

Pernah ngalamin nggak nasi yang kita masak di rice cooker warnanya kuning, bau dan cepat basi?

Aku pernah mengalaminya saat rice cooker lama di rumah rusak, nggak bisa nyala. Akhirnya ganti rice cooker baru.

Awalnya sempat bingung juga saat nasi warnanya berubah jadi kekuningan dan cepat bau. Masak pagi, siang hari warnanya sudah agak-agak kuning dan baunya nggak seberapa enak. Kupikir, ini apa berasnya yang bermasalah? Tapi sepertinya bukan berasnya karena aku tidak pernah ganti-ganti beras, jadi selalu pake beras merek yang sama dari dulu. Lha dulu nasinya warnanya putih dan tahan lama nggak bau, masak sore kalau nasinya masih sisa sampai besok pagi nggak basi kok.

Tiba-tiba inget, dulu waktu sering nungguin si bungsu di sekolah waktu pertama kali masuk playgroup, ada mama2 yang bilang kalo nasi masakannya sering kuning lalu ditetesi air perasan jeruk nipis, nasinya jadi lebih putih dan tahan lama nggak gampang bau. Waktu itu aku belum pernah mencobanya karena dulu kan nasiku di rice cooker sudah putih kok, ngapain ditetesi jeruk nipis.

Akhirnya setelah mengalami kejadian nasi cepat kuning dan bau itu, aku memberanikan diri mencoba menetesi beras yang mau dimasak dengan air perasan jeruk nipis. Agak takut juga sih, takut nasinya ada rasa asem-asemnya. Aku coba meneteskan air perasan jeruk nipis sekitar satu sendok makan saja, nggak berani banyak-banyak. Ternyata nggak ada rasa asemnya sama sekali, dan warna nasi memang jadi lebih putih dan tahan lama, nggak gampang bau lagi. Asyik!

 

5 Tips agar nasi tidak cepat kuning dan bauSumber gb : thedailyenlightenment.com/2011/09/have-you-washed-your-bowl-yet/

 

5 Tips agar nasi tidak cepat kuning dan bau :

1. Beras harus dicuci bersih.

2. Rajin bersihkan rice cooker, buka dan bersihkan bagian atas dalam tutup rice cooker serta penampung uap.

3. Jika nasi di rice cooker matang, segera buka tutup rice cooker dan aduk nasi agar uap nasi keluar. Menurut Prof. Djoko Said, seorang peneliti bidang pangan, uap nasi yang tersimpan akan mempercepat berkembangnya mikroorganisme sehingga nasi akan berwarna kuning dan cepat bau.

4. Setelah beras dicuci, dimasukkan rice cooker dan diberi air, tetesi dengan perasan jeruk nipis, aduk rata.

5. Sebaiknya masak nasi untuk sehari saja sesuai jumlah penghuni rumah, jadi nasi tidak ada sisa malam harinya.

 

Semoga postingan ini bermanfaat. Silahkan jika ada yang mau menambahkan beberapa tips di atas πŸ™‚

 

Be Sociable, Share!

About Lianny

Happy mom with three nice children
This entry was posted in Aneka Tips, Reviews & Sponsored and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

47 Responses to 5 Tips Agar Nasi Tidak Cepat Kuning dan Bau

  1. oRiN says:

    iya, mbak.. nasi di rumahku juga cepat kuning dan bau. tapi ibuku suka pake jeruk nipis… kalau lupa “ngaduk”, nasinya pahit sebagian haha.. tapi pakai jeruk ini memang jadi lebih awet sih πŸ˜€

  2. Bibi Titi Teliti says:

    Whoaaaa…
    Baru tau mbaaaak…
    Kalo ternyata biar gak cepet kuning di tetesin jeruk nipis…
    Baiklaaaah…akan dicobaaaa πŸ™‚

  3. terimakasih tips nya mbak πŸ™‚ bermanfaat banget…

  4. Idah Ceris says:

    Saya kira ricecookernya minta diganti. Ternyata cukup tetesin air jeruk nipis, ya. πŸ˜€

  5. Catatan Pikiran Random says:

    Tips menarik Mbak. Sering masak seperti yang Mbak tulis. Kuning gitu. Padahal gak masak nasi kuning. Hehehe.

  6. kania says:

    ooo pake jeruk nipis ya mba…dulu saya kalo masak nasi cepat basi karena airnya kebanyakan, sekarang kalo airnya terlalu sedikit malah keras πŸ™

  7. as says:

    Aku pernah pake jeruk nipis kalau sedang gak malas dong. Tapi kejadian sama berualng-ualng nasi basi dan kuning, ya wes…rice cokkernya aku cuci.

    Btw, buka tutup lalau diaduk dulu ya.. TFS

    • Lianny says:

      Kalo aku netesi air perasan jeruk nipisnya saat beras mau dimasak di rice cooker, aduk dulu. Setelah nasi matang, ya diaduk lagi.

  8. Jiah says:

    Dikasih jeruk nipis?? Ooo

    kalo aku biasa, mateng aduk2, diungkat namanya

  9. Lia says:

    setelah matang biasanay aku buka tutup rice cooker trus lap tutupya supaya airny agak kenasi

  10. Okeee… aku akan coba mbak… BTW itu tips kan bahas rice cooker…. apa berlaku juga utk magic jar / magic com?

  11. Ria Rochma says:

    Kalau ibuku, ngasih tipsnya dengan beras dikasih perasan jeruk nipis dikit aja waktu belum dimasak. Sejauh ini sih berhasil, tp mmg faktor rice cooker juga pengaruh πŸ™‚

  12. Photo Blog says:

    Saya belon pernah ngalamin bau kalo cuman sehari atau 2 hari. Yang penting juga bu, rice cooker haus rajin dibersihkan dan juga nyuci berasnya harus bersih.

  13. prih says:

    aih ternyata bertambah panjang daftar kebaikan jeruk nipis, terima kasih Jeng….

  14. Selama ini belum pernah nasi cept menguning (semoga tidak). Wah terima kasih infonya

  15. biasanya kalau udara panas langsung cepet rusak ya mbak.. Aku belum pernah coba pake jeruk nipis.. Oke juga yaaa

  16. Dwi Puspita says:

    berarti kuncinya hanya di jeruk nipis ya..ic mak…makasih ya tipsnya πŸ™‚

  17. mangcara says:

    harus langsung dicobain ni soalnya blm pernah denger pakai perasan jeruk nipis mah πŸ™‚
    selain itu kayanya tergantung jenis berasnya juga mba, sy pernah beberapa kali beli dipasar yang kiloan ternyata ga lama mateng beras jadi kuning, tapi kalau beli yg karungan 5-10KG beda, berasnya putih walau sebetulnya harganya ga beda jauh

  18. kamera gopro says:

    info penting buat anak2 kost…. xixixi

  19. Yoekaa says:

    Yang membuka nasi agar uang nasi keluar itu aku baru tahu mbak.. makasih banget tipsnya sangat membantu

    • Lianny says:

      Sama-sama, senang jika artikel ini bisa bermanfaat πŸ™‚

      • Ika says:

        Iya nih,nasiku kadang masak sore,bsk pagie sdh kuning,lembek,bau g enak.
        Tau tips ini coba ta ptaktekkan dl.pdhal ini sdh rcna mau bli magic com br.
        Pdhla magic com kmarin blm lama jg lo….
        Smoga blm hrs bli baru dl.
        Maksh tipsx….

        • Lianny says:

          Semoga berhasil ya. Jadi nasi kuning bisa juga karena kualitas berasnya. Pengalaman nih waktu ganti beras, ternyata hasilnya putih bagus. Berarti bukan di rice cookernya, untung saja belum beli rice cooker baru πŸ˜€

  20. Printer DTG says:

    Mbak Lianny,
    BTW diaduknya itu pas baru matang banget atau bisa beberapa waktu abis “cekrek” mbak?
    Dan apa cukup sekali itu doang ngaduknya atau mesti bbrp kali? Ntar kalau inget, diaduk lagi gitu misalnya.

  21. cumilebay says:

    Kalo emak gw demennya di kasih daun pandan biar wangi

  22. Ahmad says:

    saya baru tau kalau di tetesi air jeruk nipis bisa membuat nasi tidak cepat kuning ……..

  23. coklat hitam says:

    sangat bermanfaat sekali mba tipsnya. dulu bingung banget cara ngatasinya. saya baru nemu ni artikel. terima kasih infonya. saya coba praktekan.

  24. aku prnh ngalamin nih mba… bukan kuning sih, tp cepet bau aja… aku coba deh tetesin jeruk nipis yaaa… aku mikirnya sih krn rice cookernya memang… tp ini termasuk masih baru sbnrnya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*